Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Review Patra Comfort Anyer

"Ke pantai anyer lagi..." 
celoteh Zaidan riang sekali, ketika bulan maret lalu kami berlibur lagi kesana.

Setiap tahun setidaknya sekali-lah kami sekeluarga akan pergi kesana, salah satu alasannya karena Zaidan yang sangat suka bermain dan berenang di pantai. Setiap kali kesana kami juga menginap di hotel.

Setelah sebelumnya sudah mencoba menginap di beberapa penginapan yang ada di daerah tersebut dan dua diantaranya yang pernah saya review yaitu : Hotel Aston lalu di The The Jayakarta Villa kali ini kami menginap di penginapan lainnya yang ada disana, yaitu Patra Comfort Anyer.

Sebenarnya dahulu saya pernah menginap juga disini tapi sudah lama sekali, pertama kali menginap di hotel tersebut ketika saya dan ayah Zaidan masih berstatus sebagai pacar dan kami menginap disana untuk acara outing dari kantor kami.


Hari itu sudah sekitar jam 4 sore, kami akhirnya tiba di Patra Comfort Anyer penginapan yang bergaya cottage. Untuk teman-teman yang belum tahu bedanya hotel dengan cottage, sedikit saya informasikan yah.

Untuk Hotel biasanya bentuk bangunan gedung bertingkat yang berisi berbagai macam jenis kamar dalam satu bangunan, namun untuk Cottage biasanya kamar berada dalam masing-masing bangunan berupa seperti rumah atau pondok kecil yang terpisah-pisah tapi masih dalam satu kawasan yang sama

Pada Patra Comfort Anyer ini, ada beberapa tipe kamar, yang saya pesan adalah deluxe suite sebanyak 2 unit. Yang baru saya ketahui ketika kami datang tipe cottage ini mempunyai pintu penghubung (connecting door), sehingga lebih nyaman untuk kami yang datang dengan keluarga besar.


Review Cottage

Sebelum memasuki cottage, kita akan diarahkan oleh security yang membuka pintu gerbang untuk menuju bangunan resepsionis untuk check in dan mengambil kunci. Setelah selesai check in, kita akan diantar oleh petugas menuju ke cottage yang akan kita tempati.

Dibagian depan masing-masing cottage terdapat area carport yang memungkinkan untuk diparkir 2 kendaraan roda empat. Masing-masing cottage terpisahkan oleh tembok tebal, jadi bila datang hanya dengan keluarga kecil saja akan sangat terjaga privasinya.

Sesuai dengan informasi dari bagian booking, untuk kamar yang kami pesan yaitu type suite deluxe ini bagian depan menghadap langsung ke arah pantai yang didepannya juga terdapat halaman luas dengan rumput hijau yang membuat anak-anak dapat dengan nyaman bermain sambi berlarian.

Di depan setiap cottage pada bagian depan ini juga terdapat balkon dengan dilengkapi 2 kursi dan sebuah meja terbuat dari kayu, cocok untuk kita yang ingin bersantai di kala sore atau pagi hari sambil memandangi indahnya matahari yang terbenam atau baru terbit.

tampak depan cottage dengan carport
tampak belakang cottage dengan pemandangan lansung ke pantai
balkon dengan kursi dan meja kayu untuk bersantai 


Review Kamar

Memasuki dalam cottage, saya hanya mengingatkan untuk kita jangan terlalu mempunyai ekspektasi tinggi yah karena Patra Comfort Anyer ini bukanlah cottage mewah, namun menurut saya cukup nyaman dan aman untuk ditempati bersama keluarga.

Setelah masuk dengan menggunakan kunci, iya bukan pakai kartu. Kita akan mendapati kamar mandi disebelah kiri yang terdapat toilet duduk, perlengkapan toiletris diatas sebuah wastafel juga lengkap termasuk 2 buah handuk bersih dan tempat untuk mandi terdapat shower dengan pilihan air panas dan air dingin.

 Sementara disebelah kanan terdapat lemari dengan meja yang tertata free complimentary berupa dua botol air mineral ukuran 500 ml dan kopi, teh, gula sachet, tapi sayangnya saya tidak mendapatkan gelas hanya ketel elektrik saja.

Area kamar mandi sebenarnya bersih yah, cuma perawatannya tidak terlalu mumpuni, begitu juga di area free complimentary, sayang sekali lemari es kecilnya seharusnya bisa diganti dengan yang lebih baru, walaupun memang lemari es tersebut masih berfungsi dengan baik namun melihat kondisinya sudah tak layak untuk digunakan pada sebuah tempat penginapan.

Untuk tempat tidur saya mendapatkan yang twin bed karena memang booking last minute sehingga hanya type ini yang tersisa untuk kamarnya. Ketika kami datang tempat tidur tertata rapi, bersih, baik sprei maupun selimut tidak ada noda.

Ukuran kamar pun cukup luas, tv dan ac berfungsi dengan baik. Namun tidak pada wifi-nya walaupun sudah diinformasikan di recepsionis untuk passwordnya tapi tidak dapat terkoneksi ke internetnya, akhirnya kami pun tidak menggunakan wifi yang disediakan.

Sebenarnya didalam kamar ada telpon namun tidak difungsikan sebagaimana mestinya karena telah di informasikan oleh resepsionis untuk menghubungi nomor wa yang ada pada amplop kecil  yang berisi juga kartu sarapan, dan kami enggan melakukan komplain untuk wifi karena memang ingin menikmati liburan tanpa gangguan dari hp juga.




Review Pantai

Dengan segala kekurangan, namun ada hal menarik, yang membuat saya ingin datang kesini yaitu karena mempunyai area private beach yang sangat panjang dan luas. Lebih luas daripada penginapan lain yang mempunyai private beach juga. 

 Mempunyai tiga jenis pantai yang berbeda yang pertama itu ada yang berkarang dan cocok dijadikan untuk tempat memancing, disebelahnya baru ada pantai landai dan bisa digunakan untuk berenang dan anak-anak bermain pasir dan terpisahkan oleh karang besar terdapat pantai namun ombaknya besar, area pasirnya curam dan lautnya dalam.

pantai bisa untuk berenang dan bermain pasir
pantai untuk memancing 
pantai dengan ombak besar, namun pasir putih dan curam
pantai dengan ombak besar, namun pasir putih dan curam

Salah satu fasilitas di tepi pantai yang sangat membantu adanya kran air shower untuk bilas setelah bermain dipantai, walaupun disetiap cottage dibagian pintu depan tersedia kran air namun hanya untuk cuci kaki saja, tidak untuk mandi sehingga dapat menghindari bagian dalam cottage menjadi lebih kotor karena pasir tercecer dan air yang menetes.





Disekitar area pantai banyak sekali penduduk sekitar yang menawarkan dagangannya, jadi untuk kita yang tidak ingin repot mampir untuk membeli oleh-oleh bisa membeli dari mereka. Banyak pilihannya mulai dari makanan hingga kerajinan tangan, pintar menawar adalah kunci yah tapi jangan menawar terlalu murah juga yah teman.

Kebetulan hari itu pak suami membeli 1,5 kg udang segar seharga 150 ribu dari seorang nelayan, ini saya rekomendasi deh untuk dibeli karena ketika kami masak dirumah malam hari setelah pulang dari Anyer ini rasa udangnya sangat enak, manis, dagingnya pun tebal karena ukuran udang pun besar-besar.


Review Restoran & Sarapan

Pemandangan dari tempat sarapan sangat mengesankan terutama dibagian outdoor karena kita dapat merasakan breakfast with sea view walaupun tempat yang paling tepat tidak terlalu luas sehingga memang tidak semua tamu dapat menikmati sarapan ditempat tersebut.

Tempat sarapan berada di sebuah gedung yang berada di atas tebing, untuk kesana memang cukup effort yah karena harus mendaki anak tangga dulu yang lumayan banyak, tersedia pilihan indoor dan outdoor.

Untuk cita rasa masakan standar yah dan pilihan juga tidak terlalu variatif, pagi itu tersedia nasi goreng, nasi putih dengan lauk ayam goreng, cap cay dan beberapa lauk lainnya. Sementara di area lainnya tersedia roti bakar, bubur ayam,  cereal dengan susu untuk anak-anak, egg station, beberapa jenis buah-buahan potong serta untuk minuman tersedia air putih dan orange juice saja.

Saat sarapan ini saya harus membayar biaya tambahan untuk anak dan keponakan yang berusia 7 dan 9 tahun, sebesar 70 ribu untuk mereka berdua. 






Kesimpulan 

Setelah 2 hari dan 1 malam menginap di Patra Comfort Anyer saya mungkin tidak akan menginap disini lagi bila bersama keluarga, namun bila ada tawaran dari kantor kan bersifat gratis yah tidak masalah. 

Dengan biaya permalam yang saya bayarkan sebesar 1,5 juta untuk 2 kamar, dengan fasilitas dan kondisi kamar masih jauh dari memuaskan saya sebagai tamu. Semoga kedepannya akan ada renovasi untuk kamar dan fasilitas yang kurang memadai sebagai sebuah cottage.

Namun sebenarnya saya mengagumi sekali untuk area pantai di Patra Comfort Anyer ini, terutama untuk luas areanya apalagi bila cuaca sedang bagus yah akan puas sekali berenang dan bermain pasir disini bersama dengan anak-anak.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman yang tengah mencari review untuk tempat penginapan di sekitar Pantai Anyer yah, oiya untuk booking kamar saya lakukan langsung ke Patra Comfort Anyer dinomor wa berikut : +62 811-1242-700 atau bisa cek instagramnya @patra.anyer.

Komentar

  1. Hemm serunya ke pantai anyer apalagi bisa menginap di tempat senyaman ini. Ke pantai memang waktunya refreshing paling cocok memang. Candu memang suasana pantai tuh, jadi pengin berlibur ke sana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak