Senin, 30 Mei 2022

Hotel Royal Safari Garden, Hotel Ramah Anak Di Puncak

Sebenarnya pak suami, ingin mengajak anak-anak berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Salah satu alasannya karena Zeanissa, anak kedua kami belum pernah datang berkunjung kesana, tentu saja penyebabnya karena pandemi corona virus 19.

Dengan kondisi saya saat ini yang tengah mengandung, saya tidak cukup yakin untuk bisa berjalan berkeliling di area kebun binatang ragunan karena tidak hamil saja berkeliling di area tersebut sangat melelahkan.

Akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Hotel Royal Safari Garden saja, salah satu alasannya karena memang kami belum pernah staycation di hotel tersebut dan alasan lainnya setelah melihat review saya menemukan bila di hotel tersebut tidak hanya sebagai tempat menginap.

Pada Hotel Royal Safari Garden terdapat juga tempat wisata untuk dapat melihat hewan-hewan walaupun tidak selengkap di Kebun Binatang Ragunan maupun Taman Safari, kemudian terdapat tempat bermain anak-anak dan juga kolam renang yang dilengkapi dengan arena bermain air.

Hari rabu (25/5) lalu kami pun pergi menginap di Hotel Royal Safari Garden, kami memilih di weekday untuk mendapatkan harga booking yang lebih murah dan untuk menghindari kemacetan di weekend. Kami tiba sekitar pukul 14.30, berbarengan dengan turunnya hujan yang lebat.

Ini adalah kunjungan pertama kami di Hotel Royal Safari Garden, sehingga kami pun baru mengetahui bilamana gedung resepsionis terpisah dengan gedung tempat kami menginap. Kami memilih menginap di gedung giraffe atau lebih tepatnya dengan tipe kamar giraffe executive.


Review Resepsionis & Restoran

Setelah pak suami menurunkan kami di depan gedung resepsionis yang juga sekaligus terdapat toko sovenir, cafe dan restoran untuk breakfast & dinner, sementara pak suami memakirkan kendaraan saya dan anak-anak mendatangi meja resepsionis yang tengah kosong.

Pelayanan check in di resepsionis berjalan cepat dan bersamaan dengan pemberian kunci kamar berupa kartu, terdapat juga password untuk wifi, kupon breakfast dan kupon diskon senilai 50 ribu rupiah untuk pembelian sovenir minimum seharga 200 ribu.

Tidak ada masalah berarti di resepsionis ini, hingga ketika tiba waktu makan malam dan kami akan keluar dari area hotel, kami terpaksa membayar parkir senilai 16 ribu rupiah untuk 3 jam, karena petugas resepionis tidak mencatatkan nomor polisi kendaraan saya sebagai tamu hotel pada sistemnya.

Padahal sebelumnya ketika memasuki kamar, saya segera menelpon ke bagian resepionis untuk menginformasikan nomor polisi kendaraan karena pada saat check in, saya tidak dapat menginformasikan nomor polisi kendaraan saya dan pak suami pun juga tidak ingat dan sesuai dengan informasi dari resepsionis untuk segera menginformasikan bila sudah memasuki kamar, namun tetap saja tidak dicatatkan disistemnya.

Akhirnya setelah makan malam kami pun mampir ke resepsionis untuk mendaftarkan kembali nomor polisi kendaraan kami dan benar saja terasa percuma sekali telpon saya tadi sore karena memang tidak ada di input ke sistemnya.

Semoga hal ini menjadi perhatian lagi untuk Hotel Royal Safari Garden karena hal tersebut tidak hanya terjadi pada keluarga kami tapi juga ada keluarga lainnya yang mengalami hal serupa saat kami akan keluar hotel sehingga terpaksa kendaraan mereka mundur dari tempat pembayaran parkir karena tidak mau bayar parkiran yang memang harusnya tidak dibayarkan lagi oleh tamu hotel.

De Savana Resto
De Savana Resto

Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya, restoran bernama De Savana Resto khusus untuk breakfast & dinner berada dalam satu gedung dengan resepsionis namun berbeda lantainya. Untuk restoran berada di lantai dasar dan ruangannya cukup besar dan sangat menarik sekali desain interiornya. Selain itu petugasnya juga cekatan membersihkan meja-meja kotor setelah ditinggalkan, ramah dan membantu sekali terutama di stand telor yang biasanya paling banyak diminati tamu.

De Savana Resto
De Savana Resto
De Savana Resto
De Savana Resto

Terdapat banyak pilihan tempat duduk yang nyaman untuk makan bersama keluarga dan terdapat aquarium berbentuk tabung ditengah ruangan makan, sementara di bagian pinggirnya terdapat pemandangan binatang-binatang seperti lamur dan zebra. Selain itu untuk menghibur para tamu yang sebagian besar datang dengan anak-anak diadakan juga meet & greet dengan burung-burung beo.

Variasi makanan yang disajikan cukup variatif, mulai stand telor & sosis, stand buah-buahan terdapat buah semangka, pisang, melon & salak, stand minuman tersedia jus jeruk, jus leci dan air putih.

 Kemudian juga terdapat stand khusus roti-roti dan aneka croisant, salad, waffel, sereal, aneka kue-kue dengan potongan kecil dan yang menarik perhatian saya tersedia juga bihun rebus yang cukup enak dan juga bubur sumsum.

untuk stand prasmanan terdapat pilihan nasi putih, nasi liwet atau nasi goreng dengan berbagai jenis lauk pauk seperti tempe mendoan, tahu goreng, ayam goreng, ikan hingga beberapa pilihan sayur dan kerupuk dan bersebelah meja terdapat stand bubur ayam yang lengkap dengan pilihan topingnya serta stand kopi, teh dan susu.

Untuk rasa makanan memang standar saja rasanya, tapi dengan banyaknya pilihan tidak terlalu mengecewakan. Suasana restoran pun sangat ramai sekali, terutama dengan anak-anak berusia dibawah lima tahun, bagi saya ini tidak terlalu masalah namun untuk yang datang kesini tanpa membawa anak-anak mungkin akan cukup mengganggu.

Pelayanan untuk sarapan mulai dibuka dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 10 pagi dan setiap booking kamar termasuk dengan sarapan mendapatkan dua kupon gratis. Bila tidak mendapatkan kupon gratis untuk menikmati sarapan all you can eat ini, anak-anak berusia 5-11 tahun dikenakan biaya sebesar 68 ribu dan untuk dewasa diatas 11 tahun sebesar 138 ribu.


Review Kamar Tipe Giraffe

Area Hotel Royal Safari Garden ini sangat luas sekali, terdapat 2 jenis penginapan yaitu hotel dan villa, untuk hotel terdapat 4 pilihan yang terbaru adalah tipe panda, namun saya memilih tipe giraffe, awalnya menyesal karena tidak memilih tipe terbarunya, namun setelah datang ke gedungnya ternyata lebih dekat dengan area fasilitas bermain anak-anak, ini tipe pilihan hotel yang paling tepat.

Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe

Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe

Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe

Yang cukup kami sayangkan dari tipe giraffe adalah karena dibagian depan gedung tidak ada kanopi, sehingga ketika kami datang kan tengah hujan deras dan hal tersebut cukup merepotkan karena harus menunggu petugas yang bergantian menjemput tamu dengan membawa payung, setelah saya melihat tipe gedung leopard, panda hingga cendrawasih semua dibagian depannya terdapat kanopi sehingga lebih nyaman untuk menurunkan barang-barang walaupun kondisi hujan.

Gedung tipe giraffe terdiri dari 5 lantai dan sesuai dengan namanya dekornya pun serba jerapah baik itu untuk tampilan luar maupun dibagian dalam mulai dari resepionis hingga di dalam kamarnya. Untuk kali ini kami mendapatkan kamar di 209 dengan tempat tidur tipe king yang cukup untuk kami berempat.

Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room

Di depan tempat tidur terdapat tv yang dibagian bawahnya terdapat meja panjang dan dilengkapi dengan kursi, lalu disebelahnya terdapat sofa berukuran panjang juga. Dikamar kami juga terdapat balkon berukuran sedang dilengkapi dengan 2 kursi dan sebuah meja kotak berbahan rotan, dari balkon ini langsung menghadap dengan pemandangan gunung dan area parkir depan gedung.

Ketika kami memasuki kamar dalam kondisi rapi dan bersih, dibagian kanan terdapat lemari untuk pakaian sekaligus untuk menaruh koper-koper dan juga sandal sepatu, disebelahnya terdapat meja berisi free complimentary terdiri dari kopi, gula, teh dan 2 botol air mineral dan 1 box tissu, selain itu juga terdapat 2 cangkir dan ketel elektrik, dibagian bawahnya terdapat safety box dan lemari pendingin berukuran kecil yang berfungsi dengan baik.

Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room
Hotel Royal Safari Garden - The Giraffe Executive Room

Pada bagian sebelah kiri terdapat kamar mandi dengan hand shower sekaligus terdapat juga toilet duduk, meja wastafel yang menyediakan perlengkapan untuk mandi lengkap seperti sampo, sabun, pasta dan sikat gigi, sisir, hingga cotton bud dan plastik kecil. Selain itu kita mendapatkan 2 handuk besar dan sayangnya hair dryer yang disediakan tidak dapat digunakan alias mati.

Untuk booking kamar ini saya membeli langsung dari website resmi Hotel Royal Safari Garden seharga 1,4 juta rupiah mungkin harga tersebut cukup mahal pada waktu weekday, hal tersebut karena saya memesan hanya 2 hari sebelum kedatangan namun setelah melakukan pengecekan pada online travel agent, harganya malah lebih mahal lagi.


Area Bermain Anak-Anak

Tepat di depan gedung giraffe terdapat lapangan cukup besar dan disebrangnya terdapat area bermain anak dengan banyak pilihan. Setelah hujan berhenti sekitar pukul 15.30 sore kami jalan kaki berkeliling ketempat tersebut. Sayangnya area bermain hanya beroperasi hingga pukul 4 sore saja.

Namun Zaidan dan adiknya serta ayah masih sempat mencoba bermain boom-boom car dengan tiket perorang 25 ribu dan setelah bermain Zaidan juga mencoba mie ayam yang tersedia di cafe kecil depan tempat bermain dijual seharga 25 ribu per porsi.

Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden

Semua tempat bermain disini bisa dinikmati dengan membeli karcis bermain dibeberapa loket yang disediakan, selain boom-bom car terdapat mini golf, kereta-keretaan dan perahu berbentuk hippo yang bisa dimainkan di kolam bersama dengan orang tua. Mainan lain yang cukup menantang untuk anak-anak juga disediakan disini yaitu flying fox.

Selain itu disini juga terdapat hewan-hewan yang dapat ditunggani seperti kuda, kuda poni, onta dengan tiket seharga 50 ribu rupiah per orang dan gajah dengan tiket seharga 100 ribu perorang. Zaidan dan adiknya serta ayah memilih untuk naik gajah di esok paginya.

Area bermain ini juga sangat luas, selain itu terdapat juga bird park dan area bird show yang mempunyai 3x jam pertunjukan di jam 10, 11 dan 1 siang. Taman kelinci, area tanaman-tanaman hias, serta yang akan datang dan masih tahap pembangunan adalah area tempat memberi makan untuk jerapah.

Hotel Royal Safari Garden

Untungnya ketika kami usai berkeliling, lewat juga mobil wara wiri sehingga kami tak perlu lagi berjalan kaki untuk kembali ke hotel, cukup membayar 10 ribu rupiah per orang kami bisa berkeliling di area Hotel Royal Safari Garden. Transportasi lain untuk berkeliling disediakan penyewaan sepeda juga, berkeliling sekaligus berolahraga.

Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park
Hotel Royal Safari Garden - Water Park

Dibagian depan hotel terdapat juga water park dan tempat ini dibuka untuk umum, bila kita tidak menginap disini kita bisa bermain dengan membayar sebesar 40 ribu untuk anak-anak sampai dengan 55 ribu rupiah untuk orang dewasa. Area bermainnya tidak terlalu luas namun cukup memuaskan untuk anak-anak.

Sebagai informasi ditempat ini saya tidak melihat ada lifeguard jadi sebaiknya sebagai orang tua awasi dan perhatikan anak-anak selama bermain air disini selain itu, karena tempat bermain air ini juga bercampur antara anak-anak dan orang dewasa dan satu lagi disini tidak menyediakan handuk jadi jangan lupa yah untuk bawa handuk sendiri.


Kesimpulan

Beberapa kali berencana menginap di Hotel Royal Safari Garden namun karena beberapa informasi yang kurang jelas jadi maju dan mundur, salah satunya adalah karena adanya informasi mengenai bangunan hotel yang sudah lama dan kondisinya tidak terlalu baik untuk membawa anak-anak menginap disini.

Ketika kami datang langsung ternyata memang ada beberapa bangunan yang berkesan jadul yah, namun seperti yang telah saya informasikan juga sebelumnya beberapa bangunan telah di renovasi dan yang terbaru adalah gedung panda yang sangat bagus sekali bangunannya.

Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden
Hotel Royal Safari Garden - Cendrawasih
Hotel Royal Safari Garden - The Dolphin


Saran saya memang bila ingin tempat yang lebih nyaman untuk anak-anak sebaiknya memilih menginap di tipe hotel saja daripada di tipe villa, memang sih beberapa villa yang rata-rata terdiri dari 2 lantai lebih menyenangkan terutama bila kita datang bersama keluarga besar.

Selain kejadian di resepsionis yang kurang menyenangkan, selebihnya para pegawai sangat ramah dan membantu sekali, di gedung giraffe pun mereka informatif sekali.

Untuk para tamu yang menginap di Hotel Royal Safari Garden juga mendapatkan harga tiket untuk masuk Taman Safari yang lebih murah, kami kemarin ditawarkan seharga 170 ribu perorang, namun kemarin kami tidak gunakan.

Semoga review ini dapat bermanfaat memberikan informasi bagi ayah dan bunda untuk mengajak si kecil menginap di Hotel Royal Safari Garden yah, untuk informasi lainnya seputar promo dan lainnya bisa mengunjungi instagram @royalsafari_garden atau website resminya www.royalsafarigarden.com.

Happy holiday.

22 komentar:

  1. Menyenangkan banget ya Mba. Aku belum kesampean nih ajak krucils nginep di sana. Pasti girang banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba mumpung lagi libur anak sekolah nih

      Hapus
  2. Ini sih hotel yang pas banget buat staycation bareng kiddos, area bermain anaknya luas dan banyak, mereka juga bisa sekalian fun learning sambil staycation ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba liburan jadi lebih berkesan

      Hapus
  3. Saya udah pernah menginap di sini. Tapi, sekian belas tahun lalu, ketika anak-anak masih kecil pernah menginap di sana. Makanya udah agak lupa juga sama suasananya karena sampai sana udah malam karena macet. Pagi-pagi udah check out hihihi.

    Baca postingan ini, jadi pengen ke sana lagi, deh. Sekalian jalan-jalan ke TSI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba mumpung lagi libur anak sekolah, ada diskon juga loh ke TSI kalau nginep disini

      Hapus
  4. Wah, walau ada situasi yg kurang menyenangkan tp overall baik ya kak.. Bisa kumpul bersama keluarga jg menjadi kesenangan tersendiri.. Apalagi kalau hotelnya luas seperti ini ya, anak lari" kmana jg bebas nih ya.. Bisa naik gajah juga.. Keren sekali nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya overall sih hotel dan pelayanan sudah baik, tapi perlu di tingkatkan lagi saja

      Hapus
  5. Wah lengkap banget mba review hotelnya bkin pengen staycation aja ke safari Garden dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah disana smua kekurangan hotel dllnya bisa ketutup sih ya mba pas deh buat liburan keluarga

    BalasHapus
  6. Udah lama pengen nginep disini tapi suka mager karena sering macet ke arah Cisarua, tapi kalo lihat serunya staycation disini aku kok jd pengen ya abisin liburan sekolah disini

    BalasHapus
  7. Saya tuh suka banget hotel bernuansa alam seperti ini, Mba. Saya juga pengen sih ajak anak ke Taman Safari, belum pernah soalnya. Hot Royal Safari Garden cukup rekomended ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba lia aku juga suka nuasa alamnya, yuk mumpung lagi libur anak sekolah bisa jadi pilihan stayation bareng anak2 dan keluarga

      Hapus
  8. Ya ampun seru banget sih mba tema kamarnya juga dari nama binatang yaa, jadi penasaran kira-kira habis berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup terjangkau sih mba sebenernya untuk booking roomnya tapi pesannya agak jauh hari, aku kebetulan dadakan 2 hari sebelum berangkat jd dapat harga 1,4 juta per malam

      Hapus
  9. konsepnya unik ya Mbak, jadi kayak berkunjung ke Taman Safari ya karena selain dekorasi hotel dan juga kamarnya, anak-anak pun juga bisa menikmati melihat binatang juga bisa main di kolam dong ya :)

    BalasHapus
  10. Wahhh, nyaman banget kayaknya ya staycation di Royal Safari Garden ini. Wahh, iya, suka lupa urusan parkir ini yaa. Semoga jadi perhatian pihak hotel dan berikutnya ngga terjadi lagi hal yang sama

    BalasHapus
  11. Hotel yang hits banget di kawasan Taman Safari ini hehe meskipun belum pernah eksana tapi beberapa kali baca review positif tentang hotel ini. Nama tipe kamarnya unik plus beneran ada gambar hewannya di dalam room nya ternyata.

    BalasHapus
  12. Kebetulan banget mau ajak anakku antara ragunan, taman safari atau staycation aja. Eh nemu review hotel ini, kayaknya mau ajak staycation aja karena udah lengkap atraksi di hotel ini

    BalasHapus
  13. bagian dalam kamarnya mirip kayak kamar di rumah ya, mbak. berarti ini hotelnya sudah lumayan tua ya tapi plusnya dia dekat sama taman safari dan ada waterparknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg tipe giraffe ini termasuk bangunan baru mba, dapat harga diskon juga mba kalo mo ke taman safari

      Hapus
  14. Ini hotel inceranku buat ajak anak-anak nih. Selain suka sama suasana puncak yang dingin, aku lebih suka lihat hewan-hewan secara langsung. Nginep di hotel tipe Panda lebih bagus ya.

    BalasHapus
  15. Aku udah lama naksir tempat ini. Jadi makin kepengen staycation di Royal Safari Garden abis baca tulisan mbak Maya. Semoga bisa dapet pengalaman seru juga :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.