Review Harris Suites Puri Mansion, Hotel Terbaru Di Jakarta Barat

"emang kita mau nginep di hotel mana sih bun ?" tanya Zaidan penasaran.
Saya malas memberitahunya karena sebenarnya diberitahu pun ia tak tahu tempatnya dan yang ada malah membuat ia menjadi makin tak sabar sehingga terus bertanya kapan kita akan berangkat ke hotel.

Bulan april ini rencanya saya akan dan keluarga akan menginap di salah satu hotel yang ada ditengah kota Jakarta, namun karena ada flash sale dari salah travel agent online saya malah membooking salah satu hotel yang menawarkan harga murah sekali.

Akhirnya hari minggu lalu (11/4) saya dan keluarga staycation di Harris Suites Puri Mansion yang berada di daerah kembangan Jakarta Barat yang untuk sampai di hotel ini dari rumah saya hanya butuh waktu 15 menit karena jaraknya hanya 6 km saja.

Sebelumnya saya pernah tahu mengenai hotel ini dari salah satu teman kantor yang pada natal tahun lalu menginap disini dan memberitahukan bila fasilitas dan pelayanan hotel ini memuaskan sebagai hotel yang baru saja grand opening bulan oktober tahun 2020.

Minggu siang ketika akan berangkat hujan turun cukup lebat di rumah, untung saja hotelnya dekat dari rumah jadi kami santai saja dan tidak terburu-buru. Namun ternyata hujan yang turun tidak rata, begitu mendekati daerah hotel, tidak ada hujan alias yah kering saja disana.

Karena ini adalah kedatangan pertama kami ke Harris Suites Puri Mansion walaupun dekat kami pun tetap menggunakan google map agar tidak tersasar sampai ketujuan dan untungnya sebagai bangunan baru Harris Suites Puri Mansion sudah terdeteksi di google map.

Pintu masuk menuju Harris Suites Puri Mansion sama dengan Apartement Puri Mansion namun untuk menuju ke hotel kita diarahkan untuk menaiki flyover. Keberadaan flyover ini memang khusus untuk diakses oleh para tamu menuju masuk dan keluar Harris Suites Puri Mansion.

Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion

Begitu memasuki flyover setelah pengecekan security terlihatlah bangunan Harris Suites Puri Mansion yang menjulang tinggi dan diapit oleh tiga apartemen puri mansion. Pemandangan ini membuat Zaidan dan sepupunya terpukau sekali.


Review Lobby & Parkir Kendaraan
Ketika sampai dan turun dari kendaraan di lobby, seorang petugas mengarahkan kami untuk cek suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan hand sanitaizer yang tersedia, barulah kami memasuki area lobby yang luas, rapi dan ramai.

Tidak menyangka akan seramai itu, karena banyak yang check in dan check out juga dan baru tahu kemudian karena di Harris Suites Puri Mansion salah satu tamu baru selesai menyelenggarakan pesta pernikahan juga.

Yang saya suka dari area lobby yang sekaligus terdapat area resepsionis ini terang sekali namun sayangnya untuk pelayanan kurang memuaskan saya, karena saya sudah booking minta high floor namun tidak tanggapi dengan baik.

Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion

Harris Suites Puri Mansion - lorong menuju lift kamar
Harris Suites Puri Mansion

Justru awalnya saya ditawarkan kamar yang ready yaitu smooking room dari lantai 2 sampai dengan lantai 20 dan saya dapat dilantai 10, karena untuk non smooking room dari lantai 21 sampai dengan 39 masih belum ada yang ready dan bila mau kamar dilantai tersebut harus menunggu hingga jam 4 sore.

Awalnya saya mengiyakan karena takutnya anak-anak yang sudah tak sabar ingin berenang kecewa karena menunggu terlalu lama, namun adik saya menolak karena dalam rombongan kami banyak anak kecil dan tidak ingin ada aroma rokok di dalam kamar.

Walaupun dari petugas sudah menyampaikan bila kamar terjamin tidak akan ada bau rokok dan balkon sudah dibuka juga untuk menghindari adanya bau rokok tersebut, namun kami putuskan untuk menunggu kamar non smooking yang ready.

Sambil menunggu kamar, kami pun turun ke lantai bawah dimana terdapat restoran yang difungsikan untuk makan malam dan sarapan, kemudian keluar dari area restoran terdapat kolam renang dengan ukuran olimpic yang luas sekali.

Harris Suites Puri Mansion

Yang menyenangkan juga karena Harris Suites Puri Mansion ini berada dalam satu kawasan dengan apartemen sehingga ada fasilitas apartemen yang dapat kita gunakan, seperti playground untuk anak-anak, lapangan basket dan ada juga supermarket kecil.

Untuk parkir kendaraan hanya tersedia di basement dan sangat cukup luas. Hingga bulan april 2021 ini belum ada dikenakan biaya parkir untuk tamu hotel baik yang menginap ataupun tidak menginap.


Review Kamar Tidur & Kamar Mandi
Sebenarnya kamar yang kami dapatkan yaitu dilantai 21 tidak sesuai dengan ekspektasi saya, karena ketika masuk ke dalam kamar hotelnya lebih seperti design apartemen yah bukan seperti suite room yang luas. 

Begitu memasuki kamar terdapat kitchen set disebelah kanan, disinilah terdapat free complimentary product berupa 2 botol air mineral, yang kemasannya lucu menggemaskan. Kemudian tersedia kopi, gula dan teh dalam bentuk sachet, ketel listrik, coffee maker dan tempat mencuci piring. 

Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion

Pada bagian bawah lemari terdapat kulkas berukuran kecil yang juga di desain menarik. Sayang sekali yah walaupun tersedia kitchen set namun tidak ada perlengkapan makan yang disediakan seperti piring, sendok atau garpu, karena biasanya bila ada kitchen set juga sudah termasuk isi alat makan atau masaknya.

Masih diruang yang sama terdapat tv digital berukuran cukup besar yang di depannya terdapat set meja makan dengan model membulat dengan 3 kursi yang empuk. Diluar terdapat balkon kecil yang untuk membuka pintunya, tamu diharuskan menandatangani surat perjanjian di bagian resepsionis.

Sepertinya balkon memang tidak pernah dibuka di kamar yang kami tempati karena setelah dibuka pada pagi harinya, lantainya kotor sekali sampai hitam kaki kami. Untuk pembukaan pintu balkon juga lama sekali prosesnya saya minta dibukakan dari malam tapi baru pagi hari setelah saya menelpon kembali ke bagian resepsionis ada teknisi yang datang ke kamar.

Harris Suites Puri Mansion - king size room
Harris Suites Puri Mansion - twin bed room

Terdapat dua kamar yang berukuran luas hampir sama namun dengan isi bed yang berbeda, untuk kamar utama menggunakan king size bed sementara untuk kamar kedua menggunakan twin size bed. Untuk kamar utama mempunyai akses langsung ke pintu menuju kamar mandi.

Untuk isi dan kelengkapan di kamar tidak ada yang berbeda, terdapat tv digital di depan tempat tidur, tersedia lemari dengan konsep terbuka tanpa pintu, terdapat safety box, laundry bag dan juga sandal jepit sebanyak 2 pasang pada masing-masing kamar.

Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion


Kamar mandi hanya ada satu saja walaupun toiletnya ada dua dan terdapat dua akses masuk untuk ke kamar mandi dan toilet ini. Pintu lainnya ada di dekat area ruang makan. Di dalam kamar mandi terdapat dua macam shower, tersedia handuk bersih sebanyak 4 buah, sebuah keset kaki dan toiletris berupa shampo, sabun cair, sikat gigi 2 buah dan 1 pasta gigi merk pepsodent.

Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion
Harris Suites Puri Mansion

Untuk toiletris agak mengecewakan yah karena memang untuk kamar kami diperuntukan untuk 4 orang namun toiletris yang didapatkan hanya untuk 2 orang, untungnya saya selalu membawa perlengkapan mandi sendiri jadi tidak perlu minta lagi ke housekeepig hotel.


Review Kolam Renang
Sore hari hingga hampir jam 6 sore anak-anak menikmati sekali berenang di kolam renang berukuran olympic dan terdapat juga kolam khusus untuk anak-anak yang cukup luas. Walaupun hotel ini baru beroperasi selama 6 bulan namun untuk area outdoor sangat rindang sekali.

Harris Suites Puri Mansion - kolam renang
Harris Suites Puri Mansion

Terdapat banyak pohon yang membuat area sekitar kolam renang terlihat hijau dimata, selain itu juga karena areanya sangat luas jadi saya pun merasa nyaman dan bebas berenang tanpa merasa khawatir di tengah pandemi ini. 

Untuk kursi-kursi santai memang tidak terlalu banyak di pinggir kolam renang namun karena pengguna kolam renang juga tak terlalu ramai masih cukuplah. Untuk handuk juga disediakan yah, bisa diambil di dalam area restoran.

Kolam renang buka dari pagi hingga jam 8 malam, namun jam 6 sore sudah tidak ada lagi yang berenang dan yang membuat saya merasa nyaman karena air kolam renang tidak terlalu berbau kaporit, sehingga tidak menyebabkan mata perih juga.

Namun sayangnya di area kolam renang tidak ada lifeguard yang standby berjaga untuk itu para orang tua wajib yah memperhatikan anak-anak ketika berenang atau sekedar bermain air saja di kolam renang.


Review Restoran & Sarapan
Seperti biasa karena anak-anak saya sangat senang berenang, kami pun berangkat untuk sarapan pagi sekali di jam 7 pagi satu jam setelah sarapan dibuka untuk tamu.

Restoran di Harris Suites Puri Mansion berada satu lantai dengan area kolam renang atau dibawah lobby, kita bisa menggunakan akses lift atau elevator. Selain itu di depan restoran pada sebelah kanan terdapat tempat gym yang tidak terlalu luas sementara di sebelah kiri terdapat kids playground yang tidak dibuka karena pandemi.
Harris Suites Puri Mansion - Restoran
Harris Suites Puri Mansion - Restoran
Harris Suites Puri Mansion - Restoran

Harris Suites Puri Mansion - Restoran
Harris Suites Puri Mansion - Restoran

Restoran tampak luas dan terdapat banyak sekali meja dan kursi yang disediakan. Untuk menu juga cukup beragam, terutama untuk pilihan roti.

Untuk mengambil makanan utama kita akan dibantu oleh seorang petugas untuk mengambilnya,  begitu juga di area egg station. Namun saya lihat di restoran memang tidak terlalu banyak petugas, karena petugas yang mengambilkan makan merangkap tugas membersihkan meja yang telah dipakai para tamu.

Pagi itu saya cukup banyak mencoba sarapan yang disediakan mulai dari nasi goreng yang berwarna kuning, hingga menutup sarapan denga mencoba mie dan bakso. Untuk rasa tidak ada yang saya temukan enak sekali sih, namun masih ada rasanya alias tidak hambar.

Awalnya saya pikir mungkin tamu hotel di hari senin tidak terlalu banyak karena ketika kami sarapan, hanya ada 3 sampai 4 keluarga lainnya yang datang silih berganti jadi restoran lebih terlihat sepi daripada ramai, namun ternyata ketika kami selesai berenang di jam 10, restoran justru terlihat lebih ramai.


Kesimpulan
Sebagai hotel yang paling dekat dengan area rumah denga fasilitas kolam renang yang luas, Harris Suites Puri Mansion ini menjadi favorit saya dan keluarga dengan segala kelebihan dan kekurangannya yah. Mudah-mudahan sih pelayanan di bagian resepsionis bisa lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Sesuai dengan pengalaman pribad, saya merasa kurang puas disini apalagi karena saat check in petugas sebelah bisa memberikan tamu untuk kamar dengan lantai yang lebih tinggi dan tidak dijanjikan kesiapan kamar terlalu lama seperti halnya saya.

Oiya satu lagi sayang sekali di area kolam renang masih kurang terjaga kebersihannya, karena ketika saya dan keluarga datang untuk berenang, dipinggir-pinggir kolam renang beberapa kali menemukan timbunan sampah dedaunan dan juga pospak bekas. 

Untuk itu mungkin bisa ditambahkan untuk keranjang sampah dan petugas yang juga rutin membersihkan area kolam renangnya, karena lumayan menggangu terutaama melihat pospak dibuang sembarangan oleh tamu karena kesulitan menemukan tempat sampah.


Happy staycation.

Komentar

  1. semoga makin bagus pelayanannya ya mbak, yang paling oke sih area kolam renangnya ya mbak bikin puas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba udah gitu gak bau kaporit banget jadinya enak mata gak pedih juga

      Hapus
  2. Saya pernah menginap di cabang Harris yang lain, yaitu Harris di Malang.

    Menurut saya, desain eksterior dan interior Harris ini memang menarik, jadi mengundang ekspektasi tinggi untuk menginap di dalamnya. Tetapi saya merasa pegawainya sering kesulitan konsen mengerjakan permintaan tamu, sering lupa, dan semacamnya. Saya duga, sebetulnya pegawainya masih terlalu sedikit dan seringkali harus bekerja ganda untuk bisa memenuhi standar hotel (kamar bersih, bisa tidur, bisa makan kenyang).

    Itu bisa menjelaskan kenapa non-smoking room di lantai atas itu tidak ready pada jam 14.00. Tidak cukup tersedia kamar yang siap, kebetulan Mbak Maya minta yang spesifik (non-smoking, dan kamarnya muat untuk banyak orang).

    Mudah-mudahan Mbak Maya dilayani lebih baik di cabang Harris yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga gitu yah kak, hampir mirip pengalamannya sama aku kak,apa karena pandemi juga yah mereka mengurangi pegawai ?, thanks sharingnya kak

      Hapus
  3. Wah asik juga ya ternyata ada playground untuk anak-anak main :D

    BalasHapus
  4. Semoga masukan dari mba Mba Maya terbaca oleh pihak manajemen hotelnya ya. Penting banget soalnya untuk meningkatkan customer satisfaction yang biasanya menjadi prioritas utama.

    BalasHapus
  5. Seruuu ya mba bisa staycation di harris suites puri mansion meskipun agak kecewa sama bagian resepsionis. Aku jg ga mau sih masuk ke area smooking room, jadi lebih baik menunggu saja.
    Reviewnya lengkap disertai kelebihan dan kekurangan. Smg aku jg bisa segera liburan dan nginep hotel nih yay

    BalasHapus
  6. nginep di harris ini emang menyenangkan yaa karena stafnya ramah-ramah. kalau saya sih kurang suka ama kasurnya yang terlalu sempit wkwk tapi soal lain2nya sukaa bgt. apalagi di harris malang :D

    BalasHapus
  7. wuih mewah dan nyaman banget ini Harris Suite Puri mansion hotel buat staycation bareng keluarga

    BalasHapus
  8. duh, aku kangen staycation mba tapi suami nggak kasih ijin hahaa apalagi harris tuh biasanya suami dna anakku suka :)

    BalasHapus
  9. seru banget nih mbak staycationnya, hotelnya juga kelihatan nyaman banget. memang seru kumpul bareng keluarga

    BalasHapus
  10. kayaknya aku belum pernah menginap di Harris manapun deh, tapi sedih banget harus nunggu sampe jam 4 untuk minta ruangan yang non-smoking, apalagi klo udah booked dan request sebelumnya :(

    BalasHapus
  11. Ulasan menarik mbak. Desain interior hotelnya bagus ya, dan fasilitasnya lumayan lengkap. Jadi pingin menginap kesana juga deh :D

    BalasHapus
  12. wah ini baru ya di Jakarta? kayaknya udah ada harris lain ya di jakarta. keren nih Harris makin melebarkan sayap aja.. semoga yang di kota lain di jawa timur juga ditambah yaa kayak di banyuwangi misalnya hehe

    BalasHapus
  13. Hadeuh siapa org kampungan yang buang pospak deket kolam renang itu ya? huhu
    Petugasnya juga gak nyisir sekitar kolam ya? Sayang banget ya
    Kalau aku pun jg gk mau sih di ruangan yg bekas org merokok even katanya dah diberesin hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau mba tamu mana itu yang buat pospak sembarangan aja dan petugasnya juga gak ready juga, sayang banget sih jd bikin sakit mata liatnya

      Hapus
  14. Kondisi petugas yang berjaga kurang kayanya memang lagi ada pengurangan ya Ka, bisnis hotel kan lagi sepi banget tuh. View kolam nya menarik banget, lumayan banget buat hotel yang ada didekat rumah untuk sekedar mengusir kebosanan sih menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi sih mba tapi sayang kalau sampe karena mengurangi pegawai juga menurunkan standar kebersihan hotelnya, apalagi ini hotelnya masih baru, imagenya jadi kurang baik juga kan

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga

Pengalaman Trial Class di EF