Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Resep Pie Susu Teplon Dengan Takaran Sendok Makan



Adakah yang sama seperti saya setelah lama dirumah aja malah jadi sering bolak balik ke dapur untuk baking ataupun cooking ?

Terlebih lagi saat ini moment-nya adalah bulan ramadhan dimana kita umat muslim wajib berpuasa dan banyak hal yang identik sekali dengan berpuasa di Indonesia seperti ngabuburit untuk jajan makanan takjil, masak menu untuk berbuka dan sahur hingga bikin beragam aneka kue kering untuk lebaran.

Jadi akhirnya orang-orang pun makin rajin ke dapur buat cooking ataupun baking.

Dari dulu saya nggak pernah hobi berkutat di dapur, cooking dan baking bukan hal yang menjadi favorit saya, lebih sering ayahnya zaidan deh yang bebikinan bahkan dari zaman kita masih pacaran.

Awalnya saya jadi main melulu ke dapur gara-gara adik saya yang ceritanya mau pamer kemampuan untuk buat Pie Susu Teplon. Setelah saya coba sendiri hasilnya, ternyata resep ala-alanya emang enak, jadilah saya belajar juga untuk membuatnya.



Antara adik saya ini emang tahu kemampuan baking saya yang jauh banget dari mampu atau dia sengaja mau meledek saya jadi dibuatkanlah olehnya semua takaran menggunakan sendok makan, alasannya biar saya lebih mudah ketika membuat sendirian, jadi takaran untuk semua bahan yang digunakan nggak pakai timbangan. Ukuran satu sendok makan itu benar-benar penuh yah.

Bahan Adonan Kulit
10 sdm Terigu merk Kunci Biru
5 sdm Margarin merk Blue Band
2 sdm skm merk Frisian Flag
Sejumput garam

Cara Buat
1. campurkan semua bahan adonan kulit
2. Uleni sampai kalis
3. Taruh adonan dalam teplon diameter 16 cm
4.  Ratakan adonan hingga membentuk mangkok
5. Tusuk-tusuk merata bagian bawah dengan garpu agar ketika dimasak uap dapat keluar





Bahan Adonan Fla
7 sdm air putih
2 sdm Tepung merk Maizena
10 sdm skm merk Frisian Flag
1 butir telur

Cara Buat
1. Campurkan semua bahan
2. Kocok lepas sampai merata
3. Tuang ke dalam adonan kulit dengan di saring



Cara masak
Masak dengan api kecil, tunggu kurang lebih 20 menit atau sampai fla dalam adonan kulit mengental atau menjadi padat. Sesekali lap tutup kaca pada teplon agar tidak ada air menetes ke dalam fla. Hidangkan selagi hangat.

Mudah banget sih ini buatnya apalagi kalau makin rajin buat pasti makin jago deh. Nah berikut catatan selama beberapa kali buat semacam trial dan error gitu deh :

1. Gunakan teplon yang tebal karena ketika saya pakai teplon yang tipis, hasil akhirnya pie susu jadi retak dan bagian bawahnya gosong jadi akhirnya saya pakai teplon yang lebih tebal dan hasilnya pun memuaskan. Nah ini saya pakai teplon merk DIDINIKA, kalau mau order boleh yah dm ke instagram saya : @mayarumi (teteup jualan)




2. Bahan yang saya pakai juga sudah saya coba pakai dengan merk lain, seperti untuk margarin yang paling bagus memang pakai blue band karena saat di uleni lebih cepat kalis.




3. Yang paling pe-er buat adonan membentuk mangkuk, harus banget berkali-kali coba baru deh benar-benar dapat bentuk yang bagus sesuai dengan harapan.




Yang punya kendala sama seperti saya merasa nggak mampu jadi malas bikin, cobain dulu deh jangan nyerah duluan, sharing yah kalau ada yang sudah berhasil recook dengan resep tersebut diatas atau kalau gagal juga, biar kita sama-sama belajar lagi.

Selamat mencoba yah...






loph,
Maya Rumi

Komentar

  1. saya pernah nyoba mba tapi gagal dan gosong hiks..nanti kapan-kapan coba lagi deh. soalnya ini lagi happening banget.

    BalasHapus
  2. yuk mba coba recook pake resep aq, mungkin cocok jd gak gosong lagi. Thanks udah mampir ya

    BalasHapus
  3. Saya waktu Ramadhan lumayan sering makan ini. Anak saya yang bikin. Pemilihan merk SKM juga bisa mempengaruhi rasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, skm sesuai dengan selera saja karena banyak merk juga

      Hapus
  4. aku dong malah salfok ke teflonmu mbak, gemes amat sih itu. Btw, aku pun selama di rumah bolak-balik ke dapur melulu karena selain masak menu harian dan yang pasti emang pada request cemilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba chichie aq jual juga teflonnya, hahaha boleh loh kalau mau beli.. iya sejak dirumahaja jadi sering ke dapur dan jadi demen cobain resep2 baru yah

      Hapus
  5. Wah mba meni rajin bikin cemilannya. Aku ga pernah masak pie susu. Kayaknya bisa dicoba nih di rumah. Enak dan sehat ya. Cuma deg-degan juga aku takut gagal soalnya ga jago masak hahaha 😂. Perlu skill tinggi ga mba masak kue pie susu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq pun sama dengan bunda erysha gak jago cooking atau baking makanya ini bikin takaran pakai sendok makan, biar gampang buatnya, cobain buat yah bun

      Hapus
  6. Lihat cara buat pie ini, jadi teringat makanan prancis yang nama nya quicce..bedanya isiannya pakai jamur dan rasanya asin, bukan manis..selalu teringat quicce setiap melihat pie..

    BalasHapus
  7. bisa di coba ini mumpung di rumah dan butuh banyak kegiatan positif coba cus

    BalasHapus
  8. Aaah...cantik banget.
    Pie teflon ini yang kebayang bentuk pie nya besaaarrr gitu yaah...
    Jadi seperti pizza makannya, dipotong segitiga.

    BalasHapus
  9. Wah cantik pie nya..
    Pasti rasanya juga enak..
    Emang lagi viral ya sekarang bikin pie susu homemade

    BalasHapus
  10. Malah salfok ke teflonnya.. lucu bangeett mbak. Merk apa kalau boleh tau?

    Aku sampai sekarang belum tertarik bereksperimen bikin pie susu ini. Lebih milih beli aja karena masih belum siap kalau gagal kayak kebanyakan orang-orang. Secara aku ini gak pinter baca resep n buta takaran :D

    BalasHapus
  11. Wah berhasil, aku beberapa kali gagal buat ini mbak hihi. Btw pan mini nya lucu amat, cocok juga nih buat yang kecil-kecil lebih imut dan takarannya pas.

    BalasHapus
  12. Simple kak caranya, daku pikir tuh ribet yg kek gimana karena belum pernah coba.. Btw, galfok sama tutup teplonnya, unyu gitu hehe

    BalasHapus
  13. Simple banget resepnya kak mudah dipahami kyk newbie sprti saya ntuk masak, nti coba praktekin bikin kue pienya ah

    BalasHapus
  14. Aku salfok sama teflonnya lucu banget bentuknya. Hihi

    BalasHapus
  15. Lucu banget telfonnya. Dari awal pie susu ini booming udah pengen coba tapi masih keburu males. Hihi.

    BalasHapus
  16. Sudah pernah coba buat nih, ga sulit ya untuk membuat pie di rumah. Azzam suka banget dengan pie buatan saya, resepnya dapat dari TikTok

    BalasHapus
  17. Lha kok ternyata gampang amat bahan-bahan untuk bikin pie susu ini ya mbak? Kayaknya perlu dicoba nih kapan-kapan. Terima kasih resepnya ya mbak Maya, dan salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, iya aq pun baru tahu ternyata tak sesulit yang dibayangkan buatnya dan hasilnya seenak itu.. hihi ditunggu yah mbak recooknya

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak