All You Can Eat (AYCE) #dirumahaja




Dulu nggak pernah kepikiran akan bisa masak dan makan ala-ala all you can eat (ayce) dirumah aja tapi gara-gara si virus corona ini bisa kejadian juga. Karena memang nggak memungkinkan banget deh buat datang ke restoran khusus ayce seperti Hanamasa dan Shaburi atau langganan tempat makan keluarga saya di Jakarta Barat yaitu Pattaya Steamboat Yakiniku (PSY)

Terimbas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, semua restoran hanya dapat menerima delivery order tanpa bisa menerima pelanggan untuk makan ditempat. Masalahnya kalau ayce di delivery order dan dirumah nggak punya perlengkapan masak Steamboat dan Yakiniku yah nggak bisa juga kan, yah bisa sih kalau maksa pakai panci sama pan grill gitu tapi kayanya kurang puas dan kurang nikmat deh.

Konsep restoran ayce memang lagi sangat marak di Jakarta, sekarang banyak sekali yang menawarkan ayce murah meriah, hanya dengan 100 ribu atau kurang dari itu saja kita bisa menikmati makan sepuasnya semua hidangan menu yang tersedia bersama teman atau keluarga.

Akhirnya saya sama adik-adik saya dan suami-suami kita pun mewujudkan ayce dirumah aja, kita emang lumayan sering kompakan makan ayce karena kalau ramai ramai jadi lebih seru masaknya dan makannya jadi bisa kalap banget jadi nggak rugi gitu kan.


Alat Masak AYCE

Kita sebelumnya dirumah nggak punya itu alat masak khusus ayce yang bisa rebus sekaligus bakar jadi saya cari-carilah di instagram dan market place dan dapat di instagram homebyetu.id. Menemukan pan dengan bentuk yang sesuai harapan, yaitu pan bulat dimana bagian tengahnya cukup luas untuk bakar-bakar daging dan pinggirnya pun bisa untuk rebus-rebus.

bagian atas

bagian bawah

tampak samping


Ternyata setelah pan tersebut datang, saya pikir besar kan eh tahunya... nggak. Bukan ukurannya nggak besar sih cuma bagian rebusnya kurang dalam gitu jadi nggak bisa memuat banyak rebusan, padahal yang akan direbus nggak cuma sayuran kan biasanya tuh ada mie atau bihun terus ada bakso, tahu, telor, dumpling dan lainnya lah yah.

Spesifikasi :
Untuk bakar diameter 22 cm 
Untuk rebus diameter 5
tingginya 3cm 

Untuk material bahan sih oke banget bukan dari kaleng tapi besi yang kokoh gitu, apalagi walau ukuran cukup besar tapi nggak berat dan ukurannya pun pas dengan kompor gas portable cuma harus pakai yang rangka dibagian apinya itu bentuk kotak kalau bulat nggak pas bagian sanggahan dengan bagian bawahnya.

Untuk pan ini saya beli seharga 800 ribu, menurut teman saya yang punya restoran sih ini harga yang lumayan murah karena pan-nya 2 in 1 biasanya pan seperti itu di jual di atas sejuta. Sayangnya di packaging nggak ada keterangan apapun, polosan aja. Untuk spesifikasi yang saya informasikan itu pun saya ukur sendiri. Namun bila ingin beli ini rekomended sih terutama untuk penggunaan dirumah.


Bahan-Bahan Untuk AYCE

Setelah mempersiapkan pan kita lanjut mempersiapkan segala macam bahan yang mau di rebus dan di bakar, untuk yang dibakar kebetulan saya punya teman dari zaman sd yang punya usaha jual frozen food termasuk daging, belilah kita daging yang sudah di iris tipis (slice) dan khusus untuk ayce lumayan loh murah 500 gr daging tanpa lemak seharga 78 ribu dan untuk yang masih ada lemak seharga 66 ribu. Untuk yang mau pesan juga bisa wa teman saya Rahma : 0813 8604 4606.




Untuk isian rebusan bisa macam-macam yah sesuai selera saja, kalau saya dan adik-adik saya sukanya sih mie , bihun, bakso, telor dan tahu serta banyak sekali sayuran seperti pokcay, sawi hijau dan sawi putih. Selain itu kita juga menyiapakan irisan cabe rawit, kecap asin, wijen, margarin untuk olesan di pan dan di daging yang akan di bakar.

Nah untuk rebusan kita pakai bumbu sudah jadi merk Adabi "Perecah Tom Yam" lebih praktis dan ini memang rasanya enak, cocok maksudnya dengan lidah kita sekeluarga.




Ini yah kita ayce dirumah cuma satu jam aja, tapi cepet sekali habisnya karena sudah pada kelaparan gara-gara kelamaan mempersiapkannya, jadi di ayce kedua kalinya kita sudah siapkan terlebih dulu semuanya jadi nggak dadakan sekali buat ayce dan lebih puas. 

Gara-gara harus self quarantine jadi bisa makin kompak sama keluarga, jadi lebih hangat dan dekat juga dengan kegiatan yang nggak terduga sebelumnya karena biasanya pada sibuk dengan urusan masing-masing. Semoga cerita ini bisa jadi rekomendasi yang berbeda buat dilakukan bersama keluarga.






loph,
Maya Rumi



2 komentar:

  1. Duuuh enaknya. Pengen juga bikin kayak gitu di rumah. Tapi dagingnya itu nggak ada yang jual. Kalau beli daging kiloan alamat alot dan bikin gigi sakit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba agak susah memang cari daging yang sudah slice gitu nah kalo kiloan juga susah motong tipis banget seperti itu

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.