Resep Pie Susu Teplon Dengan Takaran Sendok Makan



Adakah yang sama seperti saya setelah lama dirumah aja malah jadi sering bolak balik ke dapur untuk baking ataupun cooking ?

Terlebih lagi saat ini moment-nya adalah bulan ramadhan dimana kita umat muslim wajib berpuasa dan banyak hal yang identik sekali dengan berpuasa di Indonesia seperti ngabuburit untuk jajan makanan takjil, masak menu untuk berbuka dan sahur hingga bikin beragam aneka kue kering untuk lebaran.

Jadi akhirnya orang-orang pun makin rajin ke dapur buat cooking ataupun baking.

Dari dulu saya nggak pernah hobi berkutat di dapur, cooking dan baking bukan hal yang menjadi favorit saya, lebih sering ayahnya zaidan deh yang bebikinan bahkan dari zaman kita masih pacaran.

Awalnya saya jadi main melulu ke dapur gara-gara adik saya yang ceritanya mau pamer kemampuan untuk buat Pie Susu Teplon. Setelah saya coba sendiri hasilnya, ternyata resep ala-alanya emang enak, jadilah saya belajar juga untuk membuatnya.



Antara adik saya ini emang tahu kemampuan baking saya yang jauh banget dari mampu atau dia sengaja mau meledek saya jadi dibuatkanlah olehnya semua takaran menggunakan sendok makan, alasannya biar saya lebih mudah ketika membuat sendirian, jadi takaran untuk semua bahan yang digunakan nggak pakai timbangan. Ukuran satu sendok makan itu benar-benar penuh yah.

Bahan Adonan Kulit
10 sdm Terigu merk Kunci Biru
5 sdm Margarin merk Blue Band
2 sdm skm merk Frisian Flag
Sejumput garam

Cara Buat
1. campurkan semua bahan adonan kulit
2. Uleni sampai kalis
3. Taruh adonan dalam teplon diameter 16 cm
4.  Ratakan adonan hingga membentuk mangkok
5. Tusuk-tusuk merata bagian bawah dengan garpu agar ketika dimasak uap dapat keluar





Bahan Adonan Fla
7 sdm air putih
2 sdm Tepung merk Maizena
10 sdm skm merk Frisian Flag
1 butir telur

Cara Buat
1. Campurkan semua bahan
2. Kocok lepas sampai merata
3. Tuang ke dalam adonan kulit dengan di saring



Cara masak
Masak dengan api kecil, tunggu kurang lebih 20 menit atau sampai fla dalam adonan kulit mengental atau menjadi padat. Sesekali lap tutup kaca pada teplon agar tidak ada air menetes ke dalam fla. Hidangkan selagi hangat.

Mudah banget sih ini buatnya apalagi kalau makin rajin buat pasti makin jago deh. Nah berikut catatan selama beberapa kali buat semacam trial dan error gitu deh :

1. Gunakan teplon yang tebal karena ketika saya pakai teplon yang tipis, hasil akhirnya pie susu jadi retak dan bagian bawahnya gosong jadi akhirnya saya pakai teplon yang lebih tebal dan hasilnya pun memuaskan. Nah ini saya pakai teplon merk DIDINIKA, kalau mau order boleh yah dm ke instagram saya : @mayarumi (teteup jualan)




2. Bahan yang saya pakai juga sudah saya coba pakai dengan merk lain, seperti untuk margarin yang paling bagus memang pakai blue band karena saat di uleni lebih cepat kalis.




3. Yang paling pe-er buat adonan membentuk mangkuk, harus banget berkali-kali coba baru deh benar-benar dapat bentuk yang bagus sesuai dengan harapan.




Yang punya kendala sama seperti saya merasa nggak mampu jadi malas bikin, cobain dulu deh jangan nyerah duluan, sharing yah kalau ada yang sudah berhasil recook dengan resep tersebut diatas atau kalau gagal juga, biar kita sama-sama belajar lagi.

Selamat mencoba yah...






loph,
Maya Rumi

2 komentar:

  1. saya pernah nyoba mba tapi gagal dan gosong hiks..nanti kapan-kapan coba lagi deh. soalnya ini lagi happening banget.

    BalasHapus
  2. yuk mba coba recook pake resep aq, mungkin cocok jd gak gosong lagi. Thanks udah mampir ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.