Vaksin Flu, Menjawab Dilema Working Mom Ketika Anak Sakit Flu



Sejak selesainya masa cuti melahirkan selama tiga bulan saya pun kembali kekantor. Saya dan pak suami sepakat untuk memilih mempekerjakan seseorang untuk mengasuh dan menjaga anak kami ketika hari kerja.

Inilah pilihan yang sangat berat untuk semua ibu bekerja ketika hari pertama harus kembali kekantor dan terpaksa meninggalkan bayi kecilnya untuk di asuh bersama dengan orang lain

Dilema yang menjadi moment mellow tersebut pun akhirnya terlalui, sekarang anak saya sudah menginjak usia 5 tahun. Drama bunda pergi kerja kekantor bukannya sudah tidak ada yah, masih ada sampai sekarang hanya frekuensinya yang berkurang.

Ternyata setelah moment mellow yang menjadi drama itu berakhir ada moment lain yang membuat saya sebagai working mom menjadi dilema. 

Dilema yang juga sama beratnya seperti hari pertama kekantor setelah masa cuti melahirkan berakhir. Dilema yang membuat ibu bekerja berharap bisa menjadi amuba sehingga bisa membelah diri.

Sebagian dirinya bisa menyelesaikan segala deadline pekerjaan dikantor dan sebagian lagi bisa berada dirumah untuk menjaga dan mencurahkan perhatian serta kasih sayang agar anak bisa segera sehat dan pulih kondisinya.

Yups, ANAK SAKIT adalah dilema terbesar untuk semua ibu bekerja walaupun sakitnya hanya sakit flu. Para orang tua pasti tahu sekali bila anak-anak sering terjangkiti penyakit flu karena penyakit tersebut mudah menyebar di kalangan anak-anak seperti di sekolah, melalui bersin, batuk, kontak dengan barang-barang yang sudah tersentuh atau terkontaminasi virus flu, sehingga kemudian sering dianggap penyakit sepele.

Bahkan saya dan pak suami dari anak masih bayi hingga sekarang sudah sekolah TK, sepakat untuk tidak membawa anak berobat ke dokter bila hanya terkena flu.

Kami tetap memberikan obat secara teratur tapi hanya obat luar, seperti balsem khusus anak yang di oleskan pada dada dan punggung setelah mandi pagi, mandi sore dan menjelang akan tidur di malam hari.

Lalu menjaga makanan dan minuman yang di konsumsi, biasanya menghindari yang dingin dan digoreng serta menambahkan dengan perhatian dan kasih sayang yang lebih daripada biasanya (lebih memanjakan) agar flu lekas sembuh dan anak bisa segera beraktivitas lagi.

... dan bunda bisa kembali bekerja di kantor tanpa dilema.

Cara tersebut memang berhasil namun butuh waktu yang lama dan terus berulang, sementara saya tidak mungkin meminta izin terus menerus ke kantor dan tidak bisa juga mengambil cuti mendadak, apalagi bila pekerjaan sedang penuh deadline.

Tidak benar-benar menjadi solusi ketika anak terserang flu, jadi sampai sekarang masih mencari jalan keluar yang terbaiknya, apalagi sekarang anak sudah mulai masuk lingkungan sekolah.

***








Hari sabtu lalu (27/7) bertempat di Kembang Kencur, Pejaten Jakarta Selatan. Senang sekali saya dapat menghadiri undangan dari The Urban Mama (TUM) dia acara #TUMBloggersMeetUp "Back To School" #Kenapaharusvaksin.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah dr Atilla Dewanti Sp.A (K) sebagai nara sumber pemberi materi dan Maya Septa seorang artis yang telah memiliki 3 orang anak.

Secara kebetulan sekali sekitar dua minggu lalu anak-anak pun baru mulai aktif kembali belajar disekolah. Hari itu event tersebut khusus membahas vaksin flu, Jadi saya tidak ingin melewatkan informasi yang akan diberikan.

Dari materi yang dipresentasikan oleh dr Atilla Dewanti Sp.A (K) yang siang itu hadir sebagai pengisi acara. Bila selama ini saya hanya tahu flu (disebut juga dengan common flu) adalah penyakit pernapasan  ringan namun mudah menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru.






Fakta barunya adalah ada jenis flu yang kedua yang berbahaya, yaitu flu atau influenza yang menghinggapi anak-anak hingga dapat menimbulkan berbagai komplikasi, berisiko tinggi seperti sinus hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia dan bronchitis. Belum lagi ditambah dengan sistem kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna hingga menyebabkan kematian, terutama untuk anak-anak berusia dibawah 5 tahun.

Penelitian lainnya dari Centers For Disease Control and Prevention memperkirakan bila setiap tahun di rumah sakit di Amerika Serikat, ada sekitar 7000 sampai 26.000 anak-anak dibawah usia 5 tahun telah dirawat karena Influenza. Anak-anak akan sangat mudah terjangkiti penularan flu dilingkungan sekolah dimana tingkat kebersihannya kurang terjamin.

Flu dapat menyebar melalui percikan ludah akibat kontak langsung dari seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi ataupun bersin dengan menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi virus flu dan kemudian menyentuh mulut, mata ataupun hidung.

Ditambahkan sharing pengalaman dari Maya Septa, yang membenarkan bila penularan flu di sekolah yang paling mudah terjadi adalah ketika ada satu anak yang bersin atau batuk lalu melakukan kontak dengan barang-barang dan ada anak lain yang menyentuh barang-barang tersebut maka anak tersebut dalam waktu singkat akan terkontaminasi virus flu.

Seseorang yang terkontaminasi virus influenza dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain hanya dalam waktu 1 hari sampai dengan 5-7 hari setelahnya. Jadi bila saat ini anak-anak menunjukkan gejala seperti :
  • demam mencapai suhu 39.4 celcius sampai 40.5 celcius 
  • nyeri di badan
  • sakit kepala
  • sakit tenggorokan 
  • batuk yang semakin parah
  • merasa kelelahan 
  • pilek dan hidung mampet

Segera bawa anak ke dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dr Atilla Dewanti Sp.A (K) merekomendasikan agar orang tua memberikan vaksin flu, terutama bila anak telah berusia 6 bulan ke atas. Vaksin flu diberikan setahun sekali dan bermanfaat untuk melindungi terhadap anggota keluarga sendiri dan orang lain dan mengurangi resiko terkena flu dan komplikasinya

Vaksin flu adalah pencegahan terbaik karena dibuat dengan menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang ketat, bahkan jutaan orang telah aman menerima vaksin flu selama beberapa dekade, selain itu vaksin flu juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dan biasanya diwajibkan oleh pemerintah penggunaannya bagi mereka yang akan menjalahkan ibadah umroh dan haji.

Selain melakukan vaksinasi flu, kita sebagai orang tua perlu juga melakukan sesering mungkin sounding kepada anak-anak untuk membatasi kontak dengan teman-teman atau siapapun di sekolah yang terkontaminasi virus influenza, menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air hangat, jika tidak ada sabun dan air bisa menggunakan antiseptik berbasis alkohol.

Selesai dengan materi presentasi, acara pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dari sesi inilah saya semakin yakin untuk memberikan vaksin flu pada anak saya, karena untuk saya yang belum pernah mencoba penggunaan vaksin flu, pengalaman yang dibagi oleh orang lain terutama ibu-ibu sangat membantu untuk informasi yang lebih berimbang.

Sebagai penutup dr Atilla Dewanti Sp.A (K) juga menginformasikan untuk efek samping dari penggunaan vaksin flu juga, yang hasilnya tidak mengkhawatirkan karena ini adalah vaksin seperti halnya vaksin wajib yang kita berikan untuk bayi hingga anak-anak.



Hari ini rasanya tenang sekali setelah mengetahui vaksin flu dengan sangat lengkap dan langsung dari nara sumbernya, dapat ilmu yang tidak hanya bermanfaat tapi juga mencerahkan karena sudah tahu jawabannya bila kemudian anak terkena flu cara terbaiknya adalah diberikan vaksin flu. kalau sudah begini saya dan anak saya siap #LawanFluDiSekolah karena vaksin flu #4betterprotection.

Untuk informasi lebih lengkap, ayah dan bunda bisa memfollow akun instagram @kenapaharusvaksin ada banyak sekali informasi yang diberikan mengenai seputar virus influenza dan vaksin flu.

salam sehat







loph,
Maya Rumi

41 komentar:

  1. saya termasuk yang terlambat tahu tentang vaksin flu ini mbak, karena jaman anakku kecil dulu belum hits, sampai dokternya saya tanya perlu nggak jawabnya nggak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aq juga baru tahu mbak, slm ini mikirnya vaksin flu untuk dewasa aja

      Hapus
  2. Anakku dulu juga aku vaksin influenza krn tdk disubsidi pemerintah jd aku di rmh vaksin. Penting untuk imunitas krn anak kdng rentan terkena flu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq juga rencana gitu mbak krn vaksin flu ini membantu sekali untuk imunitas anak

      Hapus
  3. Kebetulan aku juga kerja di lingkungan yang memungkinkan ketemu sama anak-anak sekolah dasar setiap harinya dan benar saja, banyak banget di antara mereka yang flu dan super mengganggu. Sepertinya, vaksin flu ini memang sangat membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disarankan mbak ke orangtunya agar anak2 mendapatkan vaksin flu

      Hapus
  4. Beda ya mba.. klo udh jd ibu trs anak sakit pasti worrt banget deh.. ga tega.. dilem bgt.. btw acara ny seru ya. Bisa nmbah insight juga disana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak apalagi buat ibu pekerja seperti aq, anak sakit bikin worry dan dilema

      Hapus
  5. Nah aku mau nih buat vaksin influenza buat anak, cukup terjangkau sih.. cuma lagi cari rumah vaksin yang nyediain vaksin tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di googling terlebih dahulu mbak krn emang tdk semua rs menyediakan vaksin flu, saran aq sih di rs fatmawati krn aq kesana.

      Hapus
  6. Memang vaksin sebagai bentuk pencegahan ini sangat penting ya mba, aku baru tau flu pun bisa divaksin huhuhu makasih informasinya ya mba

    BalasHapus
  7. Anak anak memang rentan banget tertular penyakit flu, apalgi klo pas disekolah kn kita ga bisa pantau. Kayaknya dng vaksin flue ini bakal berguna dn pnting untuk anak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, lebih baik menjaga kesehatan anak2 dg vaksin flu ini

      Hapus
  8. Duh, di rumahku belom ada yang divaksin flu. Baca ini jadi kepengen banget anak-anak, terutama anak yang kecil divaksin flu. Soalnya pada gampang banget deh kena flu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk segera mbak cari tahu rs terdekat dg rumah yg menyediakan vaksin flu untuk anak

      Hapus
  9. Aku ngalamin nih, pas anak-anak mulai masuk sekolah, eh malah pada sakit flu dan demam. Flu vaksin ini aku sudah tahu dari lama karena jamaah umrah yg mau umrah ada juga disarankan untuk vaksin flu sebagai tambahan selain vaksin meningitis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama mbak aq pun tahunya seperti itu

      Hapus
  10. Flu dan batuk memang sering banget terkena oleh anak-anak
    Dulu aku juga pernah di vaksin flu pas di acara Hari Kesehatan Nasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah semoga acara kesehatan bisa berlanjug memberikan vaksin flu

      Hapus
  11. waaah penting banget emang yaa vaksin flu dan batuk itu, soalnya anak anak emang seringnyabya skait flu dan batuk

    BalasHapus
  12. vaksin flu pasti membantu banget ya mba untuk mengurangi resiko ketar ketir kita as a working mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak liy, anak sehat kerjaan lancar deh

      Hapus
  13. Baru ngeh skrg kenapa anak2 harus diberi vaksin flu Mba. Selama ini kurang aware sama masalah ini. Btw, acaranya asik bgt sih Mba, di ruangan terbuka gt :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mbak seger Lakukan vaksin flu buat anak2 kita demi kesehatan yg lebih baik

      Hapus
  14. Vaksin flu ini maksudnya influenza kan ya mbak? Atau beda lagi?
    Dulu anak2ku divaksin ini juga ma dokternya, walau gak wajib, tapi krn kami bahas ini penting akhirnya kami lakukan. Supaya lbh kuat imunnya kalau ada virus di sekelilingnya

    BalasHapus
  15. pilek influenza ini emang efeknya gak enak banget kita yang udah dewasa pas sakit ini aja uda berasa kudu bedrest apalagi anak-anak ya mbak butuh banget pasti vaksin ini

    BalasHapus
  16. Jadi senjata banget ya untuk mengatasi flu dan batuk ya, aku belum pernah nih vaksin flu

    BalasHapus
  17. Mbaaa aku lupa pernah vaksin flu atau belum
    tapi nanti aku kalau punya anak juga mau kayak gini, biar anak aman dan terlindungi

    BalasHapus
  18. Duh, di rumahku belom ada yang divaksin flu. Baca ini jadi kepengen banget anak-anak, terutama anak yang kecil divaksin flu. Soalnya pada gampang banget deh kena flu.

    BalasHapus
  19. Dalam setahun, anak-anak bisa kena flu minimal 2 Kali nih. Perlu juga kali ya vaksin flu nih. Soalnya kalo flu, bisa sehari dua Hari gak sekolah.

    BalasHapus
  20. Aku aja yg dirumah masih suka worry ya mom sm anak2 yg keliatan bgt sama aku. Gimana dengan dirimu Mom yg emg working Mom... kudu extra yaaa... ttp semangat ya Mom..


    Tapi emang bener ya Mom flu itu membandel dan sering bgt ada. Kita udh jaga spy anak2 kita sehat eh ttp tertular dr anak2 lain. Dan emg jalam satu2nya ttp anak2 butuh vaksin. Dan aku setuju bgt. Supaya menambah kekebalan mereka jg ya Mom..

    Sekalia aku mau cek nih kapan terakhir anakku vaksin flu yaa. Biar ga lupa. Thx infonya ya Moms...

    BalasHapus
  21. Ada vaksin flu sekarang ya? Semoga keluarga kita sehat semua ya mbak. Terlebih anak-anak, kalau flu satu bakalan cepat sekali menularnya

    BalasHapus
  22. itu baju merah yang tengah siapa ya namanya, kayaknya familiar banget, senyumnya itu khas. Aku suka. Sering jd MC ya pas event2 blogger gitu.

    BalasHapus
  23. Anak kalau sakit memang bikin sedih. Bahkan anak-anak saya yang udah remaja begini pun kalau mereka sakit, saya langsung sedih, deh. Beberapa aktivitas saya bisa berhenti sejenak untuk mengurusi anak yang sakit. Termasuk kalau kena flu

    BalasHapus
  24. Sepertinya emang wajib yah untuk vaksin flu ke anak, secara kita gak tau anak itu mempunyai kekebalan tubuh yg bagus atau enggak.

    BalasHapus
  25. Sampai sekarang aku belum pernah vaksin flu, dan anak juga belum.
    Jadi dilema euy.

    BalasHapus
  26. Jadi ibu emang harus siap siaga ya. Ga bs selalu mengandalkan pembantu. Apalagi kalo ada sakit flu kayak gitu. Jika tidak segera diobati, malah bikin merembet ke sana kemari. Ternyata perlu juga ya vaksin flu ini.

    BalasHapus
  27. Flu ini kalau anak-anak gampang banget deh nularnya, soalnya pernah anakku ketularan temannya di sekolah. Waktu aku tanya apakah di sekolah sedang ada yang sakit, dia bilang iya. alhamdulillah banget soalnya anakku jarang flu, eh kemarin mungkin pas lagi drop kondisinya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.