Cerita ART saya, Cerita Art kamu juga kah ?!



Ini sebenernya cerita beberapa bulan lalu tapi sampe sekarang masih gemes banget. Jadi mau di sharing aja biar gemesnya berkurang, hihihi.

Ketakutan ibu-ibu setelah hari raya adalah harus menerima kenyataan kalau artnya nggak balik kerja lagi dengan berbagai alasan, yang terjadi di saya juga sama yaitu artnya nggak akan balik kerja lagi tapi alasannya berbeda yaitu karena saya berhentikan seminggu sebelum lebaran.

Bagaimana nggak dipecat kalau di akhir bulan ramadhan orang berlomba-lomba memperbanyak ibadah, amalan dan pahala lah art saya malah membuat dosa dengan mengambil yang bukan miliknya.

Kalau ada yang menebak artnya mengambil duit, anda benar sekali. Uang yang diambil buat saya pribadi sih nggak sedikit karena seharusnya uang dengan jumlah segitu bisa jadi thrnya mbak art.

Yang bikin gemes dan ngeselin ketika ketahuan ambil uang dia nggak ngaku, tapi malah nangis-nangis padahal cctv adalah bukti nyata di hari naas itu nggak ada tamu yang datang kerumah dan cuma dia sama nyokap aja berdua di jam dimana uang itu sudah lenyap dari kamar nyokap

Jadi, ceritanya bermula dari saya yang mau kasih nyokap uang untuk belanja lebaran, karena pas mau saya kasih ke nyokap, kebetulan nyokap lagi belanja di tukang sayur akhirnya uangnya saya letakkan di tempat tidur ditaruh didalam amplop dibawah hp nyokap, bertumpukan gitu.

Maksudnya kalau nyokap ambil hpnya, amplopnya juga kebawa sama dia eh tapi ketika saya sudah berangkat kantor bokap sempet lihat amplop itu tapi nggak naruh lagi diposisi semula jadi yah cuma deketan aja gitu amplop sama hp, sudah gak bertumpuk lagi.

Kronologinya, Jam 8.30 adek saya mau berangkat kantor dan sempat masuk kamar nyokap juga dan masih melihat adanya amplop dan hp di tempat tidur. Jam 9 art saya datang kerumah lalu nggak lama nyokap juga pulang belanja dan langsung menuju dapur buat masak. Akhirnya di Jam 10 nyokap baru ingat belum cek hp dari pagi berangkat belanja, hp diambil tapi amplop sudah lenyap.

Jadi nyokap bener-bener nggak tahu kalau ada amplop berisi uang yang seharusnya jadi milik dia. Nyokap baru tahu ketika malam saya pulang kerja dan saya tanyain amplop itu, yah nyokap spontan jawablah "mama nggak nemuin amplopnya"

Salahnya saya juga lupa sama sekali buat memberi tahu nyokap selama seharian karena ada kesibukan juga dikantor dan mikirnya nggak yang macam-macam juga yah.

Setelah kejadian itu kita langsung lihat cctv yang kebetulan dipasang dirumah, bukan cctv online yah, tapi cctvnya bisa lihat paling tidak rekaman selama seminggu, kemudian akan terhapus sendiri berganti ke seminggu berikutnya.

Dari hasil lihat cctv memang tidak secara langsung memperlihatkan kalau mbak art yang ambil uangnya, karena cctv adanya di ruang makan dengan pandangan ke ruang keluarga dan pintu depan rumah.

Makanya nyokap itu positive thingking banget, awalnya dia nggak percaya kalau art kita jadi pencuri, karena selama ini nyokap menilai kerja dia dirumah bener dan rapi, jadi art ini pekerjaannya adalah beberes rumah, cuci piring, cuci pakaian dan setrika. Jam kerjanya mulai dari jam 9 pagi sampai paling lambat jam 1 siang.

Nyokap malah masih minta saya buat memberikan kesempatan sekali lagi buat mbak art, tapi saya yah kekeuh nggak mau memelihara maling di dalam rumah. Lebih baik kehilangan art kan daripada ketika saya ninggalin rumah dan merasa was-was.

Akhirnya yah sesuai keputusan saya berhentikan art itu dan dia tetap nggak mengaku mengambil uangnya, sampai akhirnya pas hari lebaran ada sahabat nyokap yang silaturahmi kerumah, sebenernya kita dirumah pun nggak cerita ke tetangga kenapa kita berhentikan art kita itu tapi ternyata dia tahu, dan dia bilang kalau art kita itu memang panjang tangan.

Saya pun jadi ingat bila mantan pengasuh zaidan pernah mewanti-wanti saya untuk hati-hati karena katanya si mbak ini pernah mengambil uang di tempat lama kerjanya. Saya pun nggak lekas percaya yah dan masih ingin memberikan kesempatan buat mbak art kerja dirumah saya, yah karena saya butuh juga kan.

Eh ternyata malah kejadian.

Alhamdullilah sekarang sudah punya art lagi, nyokap sempat yang kesal juga karena saya tidak mau mempekerjakan dia lagi karena dari setelah lebaran kita emang nggak dapat-dapat art baru, susahlah nyarinya, tapi saya sih percaya masih ada orang yang mau kerja dengan jujur dan kerjanya pun bagus.

Cukuplah yah uneg-unengya, kalau temen-temen gimana ? punya cerita apa dengan art dirumah yang akhirnya terpaksa memberhentikan kerja ?

note:
art/prt, asisten/pembantu rumah tangga





loph,
Maya Rumi

21 komentar:

  1. Mba May aku sih cctv online euy udah minta suami biar masukin memory card lupa mulu, kalau ART-ku tuh emang suka ambil2 juga mba cuman kudiemin aja tapi puncaknya pas aku lagi pantau CCTV dan dia lagi hosip jelek2in aku dengan ekspresi benci gitu gegara anak bungsuku kan sakit dan jatuh wajar dong aku marahin dia pas lagi ketauan gitu aku langsung ngomong via CCTV "ADA APA?" bubar dong acara ghibahnya wkwkwk langsung kutelepon ke rumah kubilang "kalau ga suka ngomong ke saya, kalau emang mau berhenti silahkan saja" wkwk tapi sama suami ditahan katanya kasian :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ninggalin rumah kosong tanpa ada orang lain yang ngawasin emang lebih bagus cctv online teh, aq kebetulan ada nyokap yg kadang seharian dirumah aja, makanya pake yang offline aja cctvnya.

      padahal udah tau yah teh di rumah ada cctv masih aja itu si mbak ngomongin pake jelek2in kalo gak suka yang lebih baik gak kerja sama kita gitu yah, biar sama2 enak

      Hapus
  2. wah cctv emang perlu ya mbak jaman sekarang, itulah sebabnya saya nggak pakai ART, selain ga mau pusing sama drama lebaran juga ga mau merasa ga aman di rumah sendiri karena aku terbiasa apa2 di geletakin gitu aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga belum lama mbak win pake art karena kasian sama nyokap udah tua dan aq juga lagi hamil jadi untuk beberes rumah mending minta bantu orang lain deh jd nyokap mah masak2 aja.

      gak ada art juga lebih baik pasang mbak cctv dirumah, zaman sekarang mah ngeri malingnya pada berani-berani

      Hapus
  3. Pernah 2x pakai ART. Penuh drama hehehe. Maksudnya pakai ART supaya bisa bantu-bantu. Malah saya sering capek hati. Akhirnya saya gak pakai lagi, Mbak

    BalasHapus
  4. selama hampir 10 tahun pernikahan, aku tidak punya art mba, jadi gak pernah ngerasain gimana punya art hehehe.. orangtua di rumah pun saat aku belum nikah, gak punya art

    BalasHapus
  5. Kalau mencuri emang dosa tak termaafkan mbak, sekarang mencuri, bsok apa :(
    Aku sekali doank pakai ART selama berumah tangga pas anak baru satu, kami jauh dari keluarga, tapi kok lama2 gak tahan krn standarku beda ma dia HAHAHA.
    Akhirnya yawes aku gak pakai lagi, pas punya anak kedua dah deg2an gk pakai ART trnyata bisa haha. Akhirnya kebawa sampai skrng gk nyaman kalau ada yg bantu2 di rumah, mungkin akunya yg bermasalah dengan kehadiran org asing di rumah xixixi

    BalasHapus
  6. Waduhhh, kalo ART-nya bermasalah kayak gitu emang lebih baik langsung disudahi saja kontrak kerjanya, mbak. Dikasih kesempatan pun malah balik kejadian lagi, 'kan?
    Hmmm, bener-bener kudu ekstra hati-hati ya mbak memilih ART, nyarinya pun nggak gampang.
    Untung udah dapet penggantinya ya, mbak. Semoga amanah.

    BalasHapus
  7. ko kesel banget sih dengeer ceritanyaaa, aku baru 5 tahun nikah, dan belum punya anak jadi masih bisa kepegang sama sendiri, emang harus pilih2 banget kayanya ya kalo soal art, kalo udah punya anak sih kayanya aku juga emang butuh bantuan art nih huhu

    BalasHapus
  8. Bener banget CCTV perlu banget di Rumah , selain buat mantau pekerjaan ART juga bisa mantau keadaan rumah juga . makanya di rumah mama Ku Ada ART karena hampir tiap bulan Ada aja drama Korea gegara ART huhuhu padahal dapet ART nya Dr yayasan :(

    BalasHapus
  9. duluu banget di rumah pake ART karena mama sama papaku kerja kan, terus ya masa aku gak dikasih makan dong seharian... dan dia malah kabur bawa emas dan setrikaan di rumah -_-

    BalasHapus
  10. Kesel jg yah klo pny art tp malah kayak gitu. Sampe sekarang blum prnah pake art sih. Jd ga ada pengalaman buat dishare hehe

    BalasHapus
  11. art ya, banyak banget kejadian kayak gini. art ku dulu gak nyolong, tapi tau2 hamil, kebanyakan pacaran haha. udah kejadian lama banget sih, semenjak art hamil itu mamaku udah gak pernah pake art lagi. lebih capek ngurusin art daripada ngurus anak sendiri hahaha

    BalasHapus
  12. Dulu gonta ganti PRT terus mba, kebanyakan PRTnya nggak betah kalo kita stay di ruma seharian (mungkin karena nggak ada yang ngawasin ya)

    BalasHapus
  13. aku blm ada ART mba, tp kalo mendengar banyak kisah, rata-rata ada aja yg bikin gengges. Ak jg ngalamin kok dalam kekerasan sm ART, sewaktu mamahku masi kerja dulu, ak d cubit hingga mamahku naik pitam dan memecat nya jg

    BalasHapus
  14. Ibuku ini strict banget kalau ada ART, apalagi yang sistemnya pulang-pergi (gak tinggal di rumah).
    Menurutku, harus ditekankan lagi siih...batasan ruangan kamar yang boleh dan tidak boleh dimasukin sama ART.
    Kalau semua kamar boleh masuk, jadi ngelunjak (bahasa Jawanya gratakan) kayak gitu...

    BalasHapus
  15. Aduh ini gemes banget deh, udah ngambil tapi gak mau ngaku juga kalau dia yang ambil. ART tuh suka ajaib-ajaib ya ceritanya, karena beberapa teman juka suka cerita tentang ARTnya. Kalau aku kebetulan gak pakai ART.

    BalasHapus
  16. Selama punya ART di rumah Alhamdulillah belum ada yang panjang tangan. Bahaya punya ART suka nyuri, lebih baik segera diberhentiin.
    temen aku ada yang ARTnya suka ambil duit kalo lagi berserakan, jadinya duit harus diamankan di tempatnya jangan sampai berserakan.

    BalasHapus
  17. Kalau drama artku beda sih mbak. Alhamdulillah ga ada yang panjang tangan. Cuma suka ngegosip. Duh, bikin pusing kalau ada art macam ini juga. Udha 4 tahunan aku ga pake art lagi. Tapi ini kayaknya harus nyari lagi karena mau lahiran

    BalasHapus
  18. Gemes ya ART panjang tangan. Aku pernah ngalamin juga. Langsung kupecat juga deh. Soalnya aku sering naruh uang sembarangan.

    BalasHapus
  19. tanpa bermaksud menuduh tapi memang kita harus ekstra hati - hati ya mba dengan ART jaman sekarang. Ada yang baik tapi banyakyang tidak

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.