Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Interlac, Rekomendasi Probiotik Solusi Untuk Bayi Kolik


Sebagai ibu dengan 3 orang anak saya pikir saya cukup berpengalaman di fase bayi baru lahir, namun ternyata memang menjadi orang tua itu proses belajarnya tidak pernah berhenti, selalu ada saja hal baru yang harus kita tahu dan kita pelajari lagi.

Bila kedua kakaknya ketika mengalami kolik dapat diatasi dengan pijat ilu menggunakan, minyak-minyak seperti zaitun dan kelapa, calming rub cream atau essential oil ternyata tidak demikian dengan anak ketiga saya. Ia mengalami kolik dan lebih sulit ditangani dibanding dari kedua kakaknya.

Pengalaman dengan dua kakaknya juga yang mengajarkan kepada saya agar segera menangani ketika bayi mengalami kolik, karena satu hal yang saya tidak suka ketika bayi saya mengalami kolik, dapat mengganggu waktu istirahat terutama di malam hari, kita jadi sering bergadang, serta merta kualitas istirahat pun menurun dan yang paling parah membuat jam istirahat jadi berantakan.


Apa itu kolik ?

Kolik atau disebut juga sebagai kolik infantil pada bayi adalah suatu keadaan dimana bayi terlihat rewel, menangis berkepanjangan, menjadi pemarah, dan sulit dikendalikan, biasanya kolik terjadi pada bayi berusia mulai dari 2 minggu hingga berusia 4 bulan.  

Mungkin karena tanpa sebab yang jelas kita juga dapat terkecoh memahami kolik, apalagi bila kita adalah orang tua baru, memang agak tersamar kolik yang ditandai dengan tangisan seperti halnya ketika diapers bayi yang sudah penuh sehingga membuatnya tidak nyaman lalu menangis atau karena bayi dalam kondisi lapar, bayi pun menangis.

Salah satu cara mengenali tangisan bayi sebagai kolik bukannya yang lain, bila kita mendapati tangisan bayi terdengar membahana pada sore dan malam hari atau bayi menjadi rewel padahal tidak sedang sakit demam, batuk atau pilek. 

Untuk itu, mengikuti saran dari dokter spesialis anak untuk mengatasi kolik tersebut, saya pun diresepkan Interlac drops yang mempunyai kandungan probiotik berisi bakteri baik yang menjadi solusi untuk mengatasi kolik pada anak bungsu saya.

Ternyata Interlac drops memang rekomendasi kebanyakan dokter spesialis anak untuk masalah pencernaan pada bayi baru lahir, hal tersebut saya ketahui ketika beberapa waktu lalu datang menghadiri acara Gathering Interlac (25/1/2024) di Jalarasa, The Breeze BSD, dengan tema : Probiotik, solusi untuk bayi kolik.


Gathering Interlac

Dapat menghadiri acara Gathering Interlac ini sekaligus meng-update, meng-upgrade ilmu sekaligus tempat sharing pengalaman sesama ibu dengan brand ambassador Interlac yaitu mom Reisa Broto Asmoro.

 Membuat kita sebagai ibu menjadi semakin tahu bilamana kolik lebih sering terjadi daripada yang kita sangka, bahkan dari data menyebutkan bahwa 1 dari 4 bayi baru lahir di Indonesia terkena kolik dan tidak terdiagnosa.

Hal tersebut terjadi karena bayi sering menangis dan menangis menjadi stigma hal yang biasa karena berbagai hal yang tidak dapat disampaikan bayi dengan berbicara sehingga pada kasus kolik yang parah sekalipun, kita sebagai orang tua tidak pernah terpikir untuk melakukan terapi akibat kolik.

Padahal ada fakta yang mengejutkan dari penjelasan mom Reisa, bila bayi dengan kolik yang tidak didiagnosa atau diterapi ternyata memilki dampak jangka panjang seperti berisiko lebih tinggi terkena ADHD atau kesulitan berkonsentrasi, nyeri pada perut, dermatitis atopik, alergi, rhinitis, maupun asma.

Di dalam dunia kesehatan, hal ini yang disebut sebagai Gut-Brain Axis, yang secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan dua arah antara saluran pencernaan (gut) dengan otak manusia (brain) dan bila terjadi kolik berarti ada gangguan interaksi diantara otak dan saluran cerna tersebut.

Ditambahkan pula oleh mom Reisa, kolik ini multi faktor penyebabnya dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya :

  1. Perkembangan saluran cerna pada bayi yang belum sempurna
  2. Alergi susu sapi ataupun asi
  3. Intoleransi laktosa
Namun penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan mikrobiota saluran cerna, dimana bayi penderita kolik memiliki kandungan bakteri baik atau probiotik yang lebih rendah dan bakteri jahat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi sehat.

Mempunyai bayi sehat merupakan impian semua ibu, seperti halnya yang diharapkan oleh seluruh tamu undangan hari itu yang terlihat antusias menyimak berbagai macam informasi mengenai kolik, bahkan acara pun semakin bertambah ramai ketika dengan semangatnya banyak para Ibu yang silih berganti memberikan pertanyaan seputar bayi dan kolik.

Tidak hanya diisi dengan talkshow untuk menambah keseruan dan kecerian di siang hari itu, diadakan juga Tiktok Challange yang diikuti oleh 5 orang ibu yang menjadi perwakilan dari 4 baris tempat area kami duduk.

Yang paling berkesan untuk saya dari event gathering ini karena ada foto saya dengan baby z terpajang di semacam hall of fame yang berada di depan pintu masuk, bersama beberapa ibu yang mendapatkan kesempatan seperti saya juga.

Semakin berbahagia karena selepas acara berakhir, semua undangan gathering bersama Interlac ini, masing-masing mendapatkan hampers berisi dua botol Interlac drop. Terima kasih Interlac.


Tentang Interlac

Interlac merupakan produk yang di produksi oleh BioGaia yang kemudian di distribusikan oleh PT. Interbat di Indonesia. Terdapat beberapa varian dari produk Interlac, menyesuaikan dengan kebutuhan untuk seluruh keluarga, karena Interlac memang dapat dikonsumsi oleh bayi baru lahir hingga orang dewasa. Beberapa diantaranya adalah seperti yang terlihat pada gambar berikut :

Interlac Drops merupakan suplemen kesehatan yang mengandung Lactobacillus reuteri DSM 17938, sehingga dapat membatu memelihara kesehatan pencernaan. Selain itu Interlac drops satu-satunya solusi kolik yang teruji secara klinis dan a direkomendasi sebagai terapi dan pencegahan kolik dengan efikasi dan keamanan yang terbukti.

Interlac drops dapat digunakan setiap hari sebagai terapi dan pencegahan kolik, aman digunakan mulai dari bayi baru lahir, dengan rasa netral dan gluten free. Selain itu karena Interlac merupakan suplemen sehingga dapat digunakan saat bayi sakit, dapat digunakan bersamaan dengan obat, kecuali dengan antibiotik harus diberi jeda setidaknya selama satu jam.

Terdapat banyak manfaat yang berhasil saya catatkan dari Gathering lalu setelah bayi rutin selama kurang lebih seminggu mengkonsumsi Interlac drops, diantaranya adalah :

  1. Berkurangnya waktu menangis bayi hingga 74% setelah satu minggu pemakaian 
  2. Penurunan durasi menangis bayi yang diterapi dengan interlac, tingkat keberhasilannya 95%
  3. Dapat mengurangi jumlah bakteri jahat E-Coli dalam pup si kecil yang membahayakan serta mengurangi gas dan meningkatkan pola gerakan usus. 
  4. Meningkatkan kualitas hidup orang tua, terutama ibu seiring dengan berkurangnya kolik pada si kecil 
  5. Dapat membantu mengasihi lebih lama, karena ketika bayi kolik ibu menjadi stress dan stress tersebut mengakibatkan penurunan produksi asi, ketika kolik diterapi, asi tidak seret lagi, produksi asi menjadi lancar dan waktu menyusui jadi lebih lama.
Untuk itu disarankan pemberian asupan probiotik seperti Interlac drops sejak dini karena dapat menjadi langkah penting dalam memelihara kesehatan bayi. Cukup dengan 5 tetes 1x perhari atau sesuai dengan anjuran dokter.

Cara pakai Interlac drops juga sangat mudah :

  1. Kocok dengan baik setiap kali sebelum digunakan.
  2. Miringkan botol hingga cairan menetes keluar dan berikan dengan bantuan sendok (boleh plastik, kayu atau steinless steel
  3. Setelah kemasan dibuka sebaiknya simpan dibawah suhu 25 derajat celcius atau di dalam lemari es, selalu simpan dalam kondisi botol tertutup rapat dan terlindungi dari cahaya matahari.
Untuk pembelian Interlac drops mudah ditemukan baik itu di offline store seperti babyshop modern, supermarket : Guardian, Watsons, Boots dan lainnya atau apotek terpercaya. Sementara untuk pembelian secara online pastikan membeli di Interbat Official Store : Shopee, Tokopedia dan lainnya.


Kesimpulan Tentang Interlac & Kolik

Saat ini masih banyak para ibu yang belum paham benar mengenai kolik, terutama efek untuk jangka panjangnya bagi pertumbuhan dan perkembangan di masa yang akan datang, sebaiknya kita sebagai orang tua ketika sudah mengetahui bayi mengalami kolik segera melakukan tindakan untuk penyembuhan salah satunya dengan memberikan Interlac drops sebagai asupan probiotik.

Bayi yang mendapatkan cukup asupan bakteri baik tidak hanya dapat menjadi lebih sehat, namun juga membantu ibu dapat mengasihi dan membersamai dengan lebih baik dan maksimal. 

Ingat yah bu, golden period of intervention itu dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan yang dapat menentukan kesehatan dan perkembangan otak anak dimasa yang akan datang, maka tidak hanya nutrisi yang diperhatikan namun juga suplementasi bakteri baiknya memiliki peran yang sama pentingnya.

... dan terima kasih Interlac telah membantu saya memperkaya pengetahuan untuk menciptakan generasi emas bagi Indonesia dan semoga ibu yang membaca tulisan ini juga dapat merasakan hal yang serupa dengan saya.

Komentar

  1. Jadi ingat waktu Gendish kolik mbak, serba bingung. Nangis nya gak berhenti-henti sampai panik sendiri, sayangnya dulu aku belum kenal sama Interlac jadi cuma dipijat kolik aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga sempat mengalami sm anak pertama seperti ini mba, baru menjadi orang tua jadi masih lebih panik juga

      Hapus
  2. Freesy setiyo utami18 Februari 2024 pukul 13.04

    Produknya emang bagus ya mba di rekomendasikan dokter jd byk hal yg aku tau tentang kolik

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, aku pun awalnya tahu interlac karena rekomendasi dsa

      Hapus
  3. Waduh, memang hati-hati ya sama kolik, kadang kita anggap anak nangis wajar saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kita memang sebagai orang tua memang suka abai dan mengganggap sepele kolik ternyata efek jangka panjang sangat mengejutkan yah

      Hapus
  4. Kadang sembelit anak tuh ga tau krn anak bayi cm bisa nangis kejer dan alhamdulillah ya skrg ada probiotik yang jadi solusi aku pun masih pakai interlac sampe skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah setuju nih mba, selain mengatasi kolik, interlac drops juga dapat mengatasi sembelit pada anak

      Hapus
  5. Memang agak bingung membedakan arti tangisan anak, harus dicek dulu segala kemungkinan penyebabnya, takut nya malah kena kolik ya mba. Untung aja sekarang ada Interlac yang bisa mencegah Kolik, dan aman untuk bayi dari baru lahir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, kita yang mungkin baru di phase menjadi orang tua terbantu sekali yah interlac yang dapat mengatasi kolik pada anak kita

      Hapus
  6. Menarik ya ada acara gathering gitu, biaa nambah pengetahuan lagi. Apalagi bahas kolik yang masih banyak orang belum paham atasinya dengan Interlac.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba nurul, aku juga terbantu bgt deh krn jadi update ilmu parenting lagi terutama dengan sharing dari mom reisa

      Hapus
  7. Aku dulu kiranya kalo anak rewel pokoknya mau nyusu aja gitu mba jadi langsung sodorin ASI. Ternyata tangisan bayi itu berjuta makna yaa. Duh maafkan aku anakku, ibumu dlu belum banyak belajar.

    BalasHapus
  8. heuheu sama mba tian, aku pun awalnya seperti itu apalagi anakku pertama itu laki-laki kan dan banyak yang kasih tahu juga kalau anak laki-laki itu lebih banyak menyusunya daripada anak perempuan jadi yang tiap kali rewel langsung sodorin asi aja

    BalasHapus
  9. Interlac selalu jadi andalan aku nih mbak. Anakku yang sudah besar juga tetap konsumsi interlac

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba bahkan aku pun konsumsi interlac juga

      Hapus
  10. Salfok sama foto-foto kita yang jadi salah satu dekorasi di acara itu masa, pas di lokasi aku ngga ngeh kalo ada itu🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal ada di depan loh mba, dekat pintu masuk, hihihi... fokus ke eventnya yah mba

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak