Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Jl. Gn. Menir, Ciasihan, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810, Indonesia

Kopi Tubing, Tempat Ngopi Yang Kids Friendly

Kali pertama di tahun 2024 ini kami sekeluarga kembali jalan-jalan ke Bogor, kali ini tepatnya ke daerah Pamijahan. Untuk tiba disana cukup banyak menghabiskan waktu dijalan, terutama setelah keluar dari pintu tol Sentul Selatan. 

Setelah hampir 3 jam lamanya diperjalanan, ketiga anak saya sudah mulai bosan hingga tertidur didalam mobil ketika akhirnya hampir jam makan siang kami baru tiba di Kopi Tubing Cafe & Coffee.

Tujuan utama kami bukan untuk menikmati makanan di cafe atau pun menyeruput kopi disini, namun saya dan pak suami membawa anak-anak kesini karena ingin mereka dapat bermain di Tubing Park.


Tentang Kopi Tubing 
Kopi Tubing menawarkan konsep tempat wisata yang family friendly, tak hanya terdapat kolam renang, outdoor play park, mini zoo, kegiatan tubing di sungai hingga area pasir yang memberikan pengalaman berbeda serasa di pantai padahal di pinggir sungai.

Yang mengejutkan saya juga, yang awalnya saya pikir disini hanya terdapat coffee shop, cafe dan arena bermain anak saja ternyata disini juga tersedia penginapan dengan pilihan villa dan glamping dengan tenda. Sangat menarik untuk dicoba untuk kami sekeluarga.


Sayangnya kami datang tidak untuk menginap, semoga lain kali ada rejeki dan waktunya juga, jadi marilah kita review coffee shop, cafe & Tubing Park yang memang secara langsung sudah kami nikmati tempatnya.

Disini coffee shop dan Tubing Park dipisahkan oleh sebuah jalan raya, yang datang untuk menikmati kopi dan makanan di cafe serta ingin melakukan tubing di sungai bisa langsung ambil parkir di sebelah kanan jalan raya bila membawa motor.

Namun bila membawa mobil, parkir kendaraannya ada disebelah kiri, satu tempat dengan area Tubing Park. Area parkir kendaraan roda empat ini tempatnya cukup luas dan terbagi dua, untuk parkir sebenarnya lebih saya sarankan ambil yang di paling atas tepat di depan mini zoo. Sehingga anak-anak tidak perlu jalan menanjak atau bila membawa stroller cukup dapat menghemat tenaga mendorongnya.


Tentang Tubing Park
Tubing Park seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, merupakan area bermain anak dengan berbagai fasilitas, mungkin karena itu setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah mulai dari anak usia 6 tahun keatas hingga dewasa dan biaya parkir mobil juga sama yaitu 10 ribu rupiah namun tanpa berbatas waktu.

Area Tubing Park cukup luas namun juga compact, sehingga untuk menikmati tempat ini tidak perlu berjalan jauh sekali diantara tempat yang satu dengan tempat yang lain tapi juga tidak yang kecil sekali sehingga terasa sumpek.

Hari itu walau hujan terus turun, namun ramai oleh pengunjung, sekali lagi bukan ramai yang membuat kita tidak dapat menikmati tempat ini yah. Rata-rata pengunjung yang datang memang keluarga dengan anak kecil usia 1 sampai dengan 12 tahun. Sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan disini untuk mereka, seperti yang berikut :


Play Park
Namun untuk anak-anak yang ingin bermain di play park ada biayanya lagi, untuk weekend sebesar 50 ribu rupiah per anak (mulai dari usia 2 tahun keatas) untuk waktu satu jam, biaya sudah termasuk dengan satu orang pendamping. 

Area bermain cukup luas dan tempat bermain juga bervariasi, kecuali alat bermain seperti mobil dan motoran hanya ada 3 unit saja, sehingga memang yang tidak banyak sekali pilihan mainan yah, tapi tempatnya menurut saya bagus dan ketiga anak saya senang sekali bermain disini.

Pada bagian bawah area play park dialasi dengan rumput buatan, anak-anak tidak diperkenankan menggunakan sandal atau sepatu saat bermain disini, selain itu ada dua orang mba penjaga yang mengawasi anak-anak bermain, untuk orang tua yang enggan ikut bermain bisa menunggu diluar pagar dan disediakan kursi, jadi tidak lelah berdiri.



Mini Zoo
Hari itu (11/2) hujan turun berkali-kali sejak dari kami tiba, untungnya setiap kali hujan turun tidak terlalu lama, sehingga anak-anak tetap dapat menikmati fasilitas yang ada. Dimulai dengan melihat binatang di mini zoo, sayangnya hari itu hanya ada beberapa ekor domba, kita bisa memberikan makan juga disini, namun karena tengah turun hujan, kami tak lama disini apalagi anak-anak juga mengeluhkan bau dari domba yang cukup mengganggu penciuman mereka.



Kolam Renang
Kami lanjutkan perjalanan menuju kolam renang yang berada tepat di depan cafe, terdapat dua kolam renang dangkal untuk anak-anak disini, yang pertama berbentuk bulat mungkin hanya memiliki kedalaman 50 cm saja, sementara yang satunya dengan kedalaman sampai dengan 150 cm berbentuk persegi panjang serta lebih luas ukurannya.

Tidak ada lifeguard disini, selalu waspada untuk mengawasi anak-anak yah dan sebaiknya bila anak-anak belum bisa berenang dipakaikan lifeguard vest atau bisa juga dengan memakaikan ban pelampung untuk renang. Oiya untuk kolam renang ini berbayar 25 ribu rupiah per orang namun tanpa ada batasan waktu.



Restoran
Anak-anak beberapa kali harus berhenti berenang karena hujan turun mengguyur cukup deras, sambil menunggu kami pun memesan makanan berupa nasi goreng, nasi putih dengan ayam goreng dan mie godok jawa serta cemilan kentang goreng dengan sosis goreng, sementara untuk minuman pak suami memesan vietnam drif coffee sementara saya dan anak-anak hanya memesan air mineral saja.

Untuk harga menurut saya relatif mahal, makanan main course mulai dari 60 ribu rupiah, namun porsinya cukup banyak, rasanya juga lumayan enak dan penyajian pun cepat, jadi cukup memuaskan. Di restoran tempat makan terdapat banyak pilihan kursi dan tempatnya cukup luas, nyaman dan estetik, cocok sekali untuk foto-foto, selain itu pelayan dan kasir juga ramah dan sangat membantu.

Tepat disebelah restoran ada dua toilet, yang salah satunya juga difungsikan untuk anak-anak bilasan ataupun mandi setelah berenang, tempatnya terpisah yah antara laki-laki dan perempuan, disini juga tersedia mushola yang berada di gajebo dan jangan khawatir yang lupa membawa mukena atau sarung, semua tersedia disini. 


Untuk area makan di restoran ini selain bangunan utama, juga ada bangunan lain disebelahnya, menurut saya sih bila kita datang dengan rombongan lebih dari 10 orang lebih baik booking tempat terbuka yang seperti rumah joglo ini, sehingga saat makan lebih nyaman tanpa ada gangguan dari pengunjung lainnya.

Selain itu terdapat juga beberapa pilihan gajebo untuk makan, nah yang ini bisa memuat lima sampai delapan orang, dari sini kita bisa melihat pemandangan sungai, sawah buatan, area bermain pasir serta kita juga bisa melihat rimbunya pepohonan yang menyejukkan mata.



Sand & River Area
Setelah puas berenang di kolam renang, saya mengajak anak-anak untuk melihat sungai Cikuluwung dan berencana untuk bermain air disana, karena sebelumnya saya melihat ada keluarga lain yang bermain disungai ini, namun karena hujan turun beberapa kali sepertinya debit air bertambah dan saya dan pak suami tidak mau ambil resiko sehingga akhirnya anak-anak malah senang bermain pasir. 

Pada area pasir ini terdapat beberapa kursi santai dengan payung-payung besar, benar-benar seperti dipinggir pantai namun dengan pemandangan sungai, menurut saya tempat ini cukup well prepared karena tersedia juga keran dengan air bersih untuk membersihkan kaki dan tangan setelah anak-anak bermain pasir disini.




Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe

Selesai menjelajah Tubing park, saya dan paksu pun mengajak anak-anak untuk melihat Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe, sebenarnya agak memaksa mereka untuk kesini sih, karena mereka bertiga masih ingin bermain di play park, namun karena waktu bermain juga sudah habis, tidak ada pilihan lain lagi kan.

Agak pr untuk ke Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe karena letaknya dibawah, sehingga kita perlu menuruni anak tangga yang cukup banyak untuk sampai disana, Selain ada bangunan dua lantai yang cukup besar terdapat sawah yang di desain estetik dengan banyak disediakan spot foto.



Kedai Kopi Tubing ini terletak dekat sekali dengan sungai Cikuluwung dan pengunjung yang datang juga bisa menjajal arum jeram Cikuluwung River Tubing dengan membayar sejumlah biaya tertentu.


Tidak mau menantang adrenalin pun kita bisa menikmati pemandangan air sungai Cikuwulung yang jernih dan di tepiannya masih banyak pepohonan, sehingga kita dapat merasakan rindangnya dan sejuk udara disini.

Sebenarnya lebih enak lagi bila sambil menikmati makanan dari cafe yang menyajikan menu makanan dan minuman yang sama dengan restoran yang ada di Tubing Park, bedanya disini kita bisa menikmati kopi tubing juga.


Kedai kopi memang bukan tempat favorit anak-anak yah, jadi kami kesini hanya berfoto-foto dibeberapa tempat lalu mampir ke dalam Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe untuk memesan kopinya satu gelas, karena yang ngopi memang hanya paksu sementara saya memesan kopinya ukuran 1 liter untuk oleh-oleh teman-teman dikantor.

Untuk harga kopi disini juga standar dan rasanya cukup enak menurut paksu dan teman-teman yang mencicipi kopinya, bolehlah untuk dicoba kalau kalian juga coffee lovers.


Plus Minus Kopi Tubing

Sebenarnya Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe ini tempat yang komplit yah untuk dikunjungi oleh keluarga, karena ada tempat ngopi untuk orang tua sekaligus juga ada tempat main untuk anak-anak, namun letaknya jauh sekali bahkan dari kota Bogor untuk sampai disini saja memakan waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam dan jalan menuju kesana itu agak sempit, kecil dan melewati daerah pasar yang ramai.

Namun tetap saya rekomendasikan sih, setidaknya sekali lah untuk datang kesini dan kalau bisa sekalian menginap saja, jadi akan lebih puas, oiya saya belum tahu kalau menginap disini apa Tubing Park dengan segala fasilitas bermainnya bisa diakses secara gratis atau tetap berbayar.

Semoga review singkat ini membantu yah ayah bunda yang penasaran dengan Kopi Tubing Coffee Shop & Cafe yang menjadi salah satu destinasi liburan dan pernah viral beberapa tahun lalu.





Komentar

  1. Kebayang nih saya perjalanan sampai tempat ini mba, jadi kayak.lewat kota dulu lah ya sebelum masuk desa. Tapi sekali dayung ini dua tiga pulau didapat lah ya istilahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba, terbayar lelahnya diperjalanan begitu sampai di Kopi Tubing ini

      Hapus
  2. Bogor itu selalu saja ada yang baru ya. Kopi Tubing ini sudah pernah saya dengar jadi memang ada niat pengen kesana sih. Tapi kayaknya lebih seru kalau bawa teman-teman travelmate biar lebih asik menikmati alam, kopi dan q-time bersama bestie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok mba apalagi kalau temennya juga pada suka ngopi, mantap deh kesini bareng2

      Hapus
  3. Tempatnya bagus banget mbak, ada area bermain dan juga suasananya masih alam banget. Kalau main ke Bogor mau ngajakin anakku ke sini ahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba diagendakan sm anak-anak dan paksu

      Hapus
  4. Keliatannya menarik areanya. Sentul dekat Depok. Nanti abis lebaran coba dikondisikan maen kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu ceritanya juga di share diblog yah kak

      Hapus
  5. Satu lagi destinasi yg patut utk dikunjungi nih. Bisa ajak keponakan buat liburan tipis-tipis nanti. Atau MainJalan bareng bestiee utk melepas penat. Happy liat kakak sekeluarga jalan ke sana. Terima kasih rekomendasinya Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, tempat yang cocok untuk liburan sm teman atau keluarga

      Hapus
  6. Keren tempat ngopinya, kak. Ada taman buat anak2 bermain juga ya. Pasti anak2 bakal seneng banget tuh main seharian di sana. Hehe

    BalasHapus
  7. Wah, ini nggak cuma kids friendly ya
    Tapi bisa jadi tempat wisata juga
    Tempat rileks sejenak
    Viewnya cantik banget

    BalasHapus
  8. Dengan fasilitas senyaman dan selengkap ini, memang seru kalau direncanakan sekalian camping ya. Bersatu dengan alam, dan masih bisa menikmati udara segar.

    BalasHapus
  9. Jauuuh yah tapi emang bagussss mending nginep aja sekalian deh, hahaha
    kalau akses buat mengajak lansia gimana mbak? di foto-foto itu kan banyak tangga, bakal capek gak sih? atau dari parkiran ke kafenya dekat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lansia masih bisa mba, bahkan untuk yang berkursi roda karena ada jalan khusus juga untuk yang bawa stroller dan tempatnya ini luasnya cukuplah untuk orang tua gak terlalu banyak jalan juga

      Hapus
  10. Saya masukkan list lah ini karena bakal sering ke Bogor ^^ Beneran kids friendly karena playgroundnya seasik itu untuk anak-anak dan pemandangannya juga indah..

    BalasHapus
  11. Woww menarik sekali... Salut aku sekarang sudah banyak kafe yang ada Playgroundnya..
    Sampe kalo mau ngajak anak ke Playground, mereka biasanya request menu dari rumah..

    BalasHapus
  12. Ada banyak sekali yang bisa di explore ketika bermain ke Tubing Park Bogor. Semua senang kalau liburan ke tempat se-having fun inih.. View-nya juga cakeepp bangeett~

    BalasHapus
  13. Perlu dicatat, tempat menarik untuk dikunjungi saat ada di Bogor. Suasana yang pemandangan air sungai dan pepohonan.

    BalasHapus
  14. Bakalan betah anak-anak kalau seperti ini tempatnya
    Orangtua pun sejenak healing dari penat
    Ah rasanya pengen segera ke sana buat reels

    BalasHapus
  15. Wahhh, komplit banget kak. Ini sih gak hanya sekedar ngopi, tapi juga healing buat sekeluarga. Apalagi harganya juga cukup terjangkau untuk setiap fasilitas yg ditawarkan. Restorannya pun bikin ngiler ini sih, haha

    BalasHapus
  16. Wah tempatnya ini asik banget mbak. Apalagi pemandangannya yang asri.
    Walaupun masuk area anak bayar 50 rb tapi anak-anak pasti senang ya main karena udaranya sejuk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak