Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Jl. Taman Palem Raya No.10, Meruya Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610, Indonesia

Sport Club Anwa Puri, Harga terjangkau, Waterpark Wow

Liburan pertama bersama keluarga di tahun 2024 ini, kita pergi ke kolam renang yang letaknya tak jauh dari rumah dan hanya memakan waktu sekitar 10 menit untuk tiba di tujuan, yaitu : Sport Club Anwa Puri.

Ini bukan kali pertama kami sekeluarga main disini, karena dekat dari rumah tempat ini pun menjadi favorit kami, sehingga kali ini saya pun ingin berbagai pengalaman kami selama berenang disini bersama dengan anak-anak.

Sesuai dengan namanya Sport Club Anwa Puri, tempat ini sebenarnya tidak hanya memiliki fasilitas kolam renang dan waterpark namun juga terdapat lapangan tenis, gym untuk aerobic dan fitness serta kelas bela diri seperti karate dan juga terdapat ruang serbaguna yang disewakan.

Namun selama ini kami memang hanya datang untuk menikmati area kolam renangnya saja. Sehingga review di blog ini pun sebatas untuk kondisi dan pengalaman menggunakan kolam renang tersebut yah.


Review Parkir 

Ketika kami datang Sport Club Anwa Puri tengah direnovasi pada bagian depannya, sehingga untuk tempat parkir menjadi lebih terbatas terutama untuk parkir kendaraan roda dua yang memang berada di depan pintu masuk sebelah kiri.

Sementara untuk parkir kendaraan roda empat ada pilihan di dalam gedung maupun diluar gedung dan tempat parkir yang disediakan cukup luas, selain itu petugas keamanan yang bertidak sebagai tukang parkir juga membantu dengan baik mengarahkan dan menunjukkan tempat parkir.

Untuk yang datang pertama kali ke Sport Club Anwa Puri ini berada di dalam perumahan Villa Meruya daerah Jakarta Barat, sepertinya bukan sport club yang dikhususkan untuk penghuni dan memang dibuka untuk umum. Letaknya strategis dan mudah dicari dengan menggunakan google maps.

Untuk biaya parkir baik itu motor dan mobil tidak di tarifkan besarannya, seikhlasnya dan secukupnya, saya pernah datang dengan motor memberikan uang parkir dua ribu rupiah, kalau mobil lima ribu rupiah, namun lain waktu pernah juga karena lupa membawa uang saya tidak memberi uang parkir ketika menjemput anak saya dengan motor setelah pulang les kumon disini.


Review Harga Tiket Masuk

Setelah memarkir kendaraan, kami pun segera masuk ke sebuah gedung yang juga difungsikan sebagai marketing gallery dan terdapat tempat les pelajaran untuk anak-anak.

Karena tengah di renovasi pintu masuk menuju kolam renang berpindah menjadi disamping. Untuk kolam renang sudah dibuka dari jam 6 pagi dan akan tutup di jam 6 sore, harga tiket masuk (htm) untuk weekend 60 ribu per orang dan anak dengan tinggi minimum 90 cm sudah harus membayar.

Untuk harga tiket ini kerap kali berubah biasanya saya melakukan pengecekan ke instagramnya @sportclubanwapuri untuk mengetahui harga pastinya.

Dengan htm sebesar itu dan pengunjung bebas bermain dari pagi hingga petang alias 12 jam, cukup murah menurut saya, apalagi dengan fasilitas dari kolam renang yang baik dan mumpuni. Terutama dengan tambahan keberadaan waterpark yang terbilang baru dan luas.


Review Fasilitas 

Daya tarik utama kami senang kesini karena tersedianya waterpark baru yang disukai oleh anak-anak, sebelumnya ada waterpark namun ukurannya kecil saja dan kolam sekitarnya juga kecil, kedua waterpark ini bisa digunakan oleh anak usia setahun hingga remaja.

Terdapat beberapa pilihan sliding area yang terdapat di waterpark besar, pilihan  sliding area juga tersedia dipinggir, sehingga anak puas bermain seluncur tanpa harus antri-antri.

Area kolam renang diwaterpark ini juga ada yang dangkal sehingga anak usia setahun dapat bermain air dengan orang tua. Tetap waspada juga yah ayah bunda karena ada ember tumpah yang kadang tumpahan airnya mengagetkan anak-anak diusia balita.



Selain ada waterpark yang menarik untuk anak-anak, Sport Club Anwa Puri disini terdapat kolam renang olympic size dengan kedalaman 2.2 meter, ada kolam renang yang kedalamannya hanya 1 meter saja dan untuk anak-anak abg juga terdapat dua jenis sliding yang menantang adrenalin untuk dicoba.

Ada yang mau les berenang ? Disini juga tersedia pelatihannya, bisa ditanyakan untuk besaran biaya di loket pembelian tiket masuk yah.

 

Pada bagian pinggir kolam renang tersedia banyak sekali kursi dan meja-meja dari plastik yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk duduk-duduk santai atau meletakkan barang bawaan. Selain itu di bagian waterpark terdapat kursi dan meja kayu dengan payung-payung dan terdapat gazebo yang disewakan 100 ribu untuk dua jam.

Sebenarnya disini juga terdapat loker, namun jarang ada yang menggunakan dan saya juga baru melihat ketika kami akan pulang dan tidak menanyakan untuk biaya sewanya. Padahal loker-loker ini berada tak jauh dari pintu masuk.

Yang saya suka juga di Sport Club Anwa Puri ini suasana yang tercipta, dengan banyak pepohonan besar yang tumbuh, tempatnya menjadi rindang dan tidak terlalu panas. Selain itu disini juga bersih dan rapi, ada petugas kebersihan yang rutin membersihkan secara berkala.

Dengan suasana demikian membuat pengunjung juga merasa nyaman dan betah berlama-lama berenang atau menemani anak-anak berenang disini, apalagi jajanan yang ditawarkan disini juga banyak pilihan mulai dari mie goreng, nasi goreng, bubur ayam, gorengan hingga indomie rebus dan pop mie, terdapat pilihan aneka minuman dan ada cafe anwa juga dengan tempat duduk yang nyaman.

Biasanya saya menghindari tempat berenang umum karena kurang sreg dengan fasilitas kamar mandi dan toilet yang tersedia, namun di Sport Club Anwa Puri ini terjaga kebersihannya untuk fasilitas tersebut, tempat bilas juga tersedia dibeberapa tempat dan keran airnya juga tersedia dengan baik, walau memang ada yang airnya keluar kecil dan tidak merata.

Untuk kamar bilas tidak ada penutup sama sekali, sehingga memang tidak bisa digunakan untuk mandi walaupun oleh anak-anak, apalagi kalau anaknya seperti anak-anak saya yang merasa tidak nyaman bila harus membuka baju bukan ditempat yang tertutup.

Untuk toilet tidak bercampur dengan kamar mandi, walaupun di dalam kamar mandi juga ada toilet umum, sehingga tidak ada antrian yang bercampur dan kamar mandi benar difungsikan sebagai tempat untuk mandi.

Didalam kamar mandi terdapat sekitar 4 kamar yang cukup luas, yang masing-masing kamar muat untuk 2 atau 3 orang dewasa, didalamnya terdapat 1 pancuran dan 1 baris tempat gantungan, sementara untuk penutup kamar mandinya bukan pintu, hanya hordeng saja.


Kesimpulan

Sudah beberapa kali berenang disini bersama dengan anak-anak dan selama ini tidak pernah menemui masalah, paling lama kami berada disini sekitar tiga jam, kami pernah datang di hari kerja dan ini pertama kali datang di hari libur dan kami datang pagi ketika baru buka untuk menghindari keramaian. 

Selama ini kami belum pernah menemukan tempat ini dalam kondisi yang ramai sekali dan dikedatangan kami kemarin di hari minggu pun kondisinya yang tidak ramai seperti cendol sehingga anak-anak kesulitan untuk berenang.

Disini tidak ada penyewaan ataupun penjualan alat berenang, namun diperbolehkan untuk membawa sendiri, untuk pengunjung yang berenang diwajibkan menggunakan pakaian renang dan menurut peraturannya tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, namun setiap kali datang kami selalu membawa minuman di tumbler dan makanan menggunakan lunch box dan tidak ada pemeriksaan ketika akan masuk.

Untuk keamanan di Sport Club Anwa Puri ini terlihat beberapa kursi tinggu untuk lifeguard namun selama saya berada disana tidak melihat ada yang stand by duduk, namun dia area waterpark ada yang lifeguard yang terlihat memantau.

Jadi selalu awasi anak-anak dengan baik yah ayah bunda, agar liburan tetap menyenangkan dan tidak jadi bencana karena seperti kutipan yang saya tahu, hari sial tidak ada di kalender.

Senang sekali mempunyai tempat berenang yang kondisinya baik dan bersih, mengingat anak-anak saya sangat suka sekali berenang dan yang paling penting harganya juga terjangkau.

Semoga review ini bisa membantu untuk ayah bunda yang ingin mengajak anak-anak liburan murah meriah di akhir pekan atau di hari libur yah, ada yang pernah berenang di Sport Club Anwa Puri ini juga kah ? yuk sharing cerita kamu di kolom komentar.

Komentar

Formulir Kontak