Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Jl. Raya Carita No.29, Sukajadi, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten 42264, Indonesia

Akhir Pekan Di Pantai Pandan Carita

Satu hal yang patut saya syukuri tinggal di daerah Tangerang karena jarak menuju tempat wisata berupa pantai lebih dekat dibanding dengan yang tinggal di Jakarta, Depok, Bekasi apalagi Bogor.

Emang ada pantai di Tangerang ? tentu saja nggak, namun area pantai terdekat berada di Serang Banten yang letaknya tak jauh dari Tangerang.

Sebenarnya ada juga sih tempat wisata pantai lainnya yaitu pantai Ancol yang kondisi airnya sebenernya bersih tapi entah mengapa pasirnya hitam sekali sehingga penampakan airnya menjadi keruh. Ada juga Pulau Seribu dan banyak sekali pulau lainnya disekitar sana yang dapat dikunjungi, namun terkendala akses transportasi yang lebih sulit dan keluar biaya yang juga tak sedikit.

Setidaknya setahun sekali saya dan keluarga selalu ke Pantai Anyer dan sekitarnya, tidak hanya mengunjungi pantai seharian kadang bila ada rejeki dan waktu untuk cuti saya dan keluarga juga senang staycation di daerah sana.

Tahun 2023 ini perdana lagi main ke pantai, tepatnya pada hari minggu lalu (3/9) kali ini kami melakukan one day trip ke Pantai Pandan Carita.

Tentang Pantai Pandan Carita

Mungkin kalau tidak viral dan mampir di fyp tiktok saya, nggak akan pernah tahu Pantai Pandan Carita ini. Menurut saya Pantai Pandan Carita ini satu-satunya wisata pantai yang menawarkan pengalaman main dipantai ala-ala beach club di Bali.

Sepengalaman saya, kebanyakan daerah wisata pantai di Anyer, Karang Bolong dan Carita tidak di kelola dengan baik ataupun memberikan fasilitas yang memuaskan pengunjungnya.

Sebagai tempat wisata pantai, dimana kegiatan pengunjung sudah pasti bermain dengan air, namun kebutuhan utama untuk toilet yang bersih dan rapi hingga ketersedian tempat untuk mandi atau bersih-bersih setelah berenang tidak terpenuhi, apalagi untuk tempat sholat masih jauh sekali dari kata bagus.

Makanya saya senang sekali bisa mengetahui tempat seperti Pantai Pandan Carita ini, memang sih belum yang luar biasa yah, tapi tidak mengecewakan bila ingin bermain air seharian disini apalagi bersama dengan anak-anak.

Lama Perjalanan Menuju Pantai Pandan Carita

Sore itu sekitar jam 4,  akhirnya kami tiba di Pantai Pandan Carita setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih lima jam. Lama sekali diperjalanan karena kami mampir makan siang terlebih dahulu di Rumah Makan Muara Aro yang menjadi favorti kami bila pergi ke daerah pantai ini.

Namun memang perjalanan menuju Pantai Pandan Carita ini lebih jauh karena berada setelah Pantai Carita, bila tidak mampir makan mungkin sekitar 3 jam harusnya kami sudah tiba disini. ketika kami masuk ke Pantai Pandan Carita tengah dalam kondisi ramai pengunjung, tidak seperti dugaan kami, karena selama menuju ke tempat tersebut jalur kendaraan menuju Jakarta macet sehingga kami pikir ketika kami sampai Pantai Pandan Carita sudah sepi.

Tempat & Harga Tiket Parkir Kendaraan

Setelah paksu memarkirkan kendaraan yang berada di sebrang jalan, beramai-ramai kami pun memasuki area Pantai Pandan Carita yang bagian pintu depannya di desain menarik dengan gapura dari kayu-kayu. Tempat parkir kendaraan cukup luas untuk mobil maupun motor dan tempat parkirnya juga dari aspal yah bukan pasir ataupun tanah yang kadang menyulitkan. Biaya parkir per unit motor itu 5 ribu dan mobil 10 ribu, sepuasnya sepanjang hari kita di Pantai Pandan Carita.

Disepanjang jalan setapaknya banyak pohon-pohon dan didominasi dengan pohon pandan tentunya, selain itu disini pun dihiasi dengan papan bermodel petunjuk arah namun memberikan informasi bagi pengunjung yang datang.

Harga Tiket Masuk Per orang

Tak jauh dari pintu masuk terdapat bangunan semacam loket untuk pembelian tiket masuk, terdapat perbedaan harga tiket masuk untuk weekday sebesar 20 ribu rupiah sementara di weekend atau public holiday sebesar 40 ribu rupiah dan sebenarnya tiket ini berfungsi seperti deposit pengunjung untuk melakukan pembelian berupa makanan dan minuman yang tersedia disana.

Inilah yang menjadi alasan untuk memasuki Pantai Pandan Carita, semua pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar, agar para pengunjung dapat membelanjakan uangnya di cafe dan warung-warung maupun penjaja dagangan yang hilir mudik disana. untuk tiket anak-anak usia 9 tahun keatas sudah membayar penuh, begitu juga dengan lansia sementara bayi ataupun balita masih gratis.

Suasana Pantai Pandan Carita

Didalam Pantai Pandan Carita terdapat banyak tersedia kursi dan meja-meja kayu yang dapat dipilih pengunjung, disebelah kanan terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, selain itu terdapat toilet berbayar 3 ribu rupiah serta mushola yang cukup baik kondisinya.

Untuk mushola terdapat 3 keran untuk berwudhu, cukup sekali untuk digunkan bergantian, hanya sayangnya tempat wudhu ini tidak terpisah untuk laki-laki maupun perempuan, namun untuk tempat sholatnya terpisah dan sama luasnya untuk laki-laki maupun perempuan, selain itu ditempat sholat juga sudah disediakan sajadah yang bersih dan mukena untuk perempuan serta sarung untuk laki-laki.

Sementara itu di sisi kiri terdapat bangunan kecil seperti kafe dengan kursi-kursi tinggi dibagian depannya terdapat kolam renang yang cukup luas, serta toilet berbayar 4 ribu rupiah yang didalamnya juga terdapat shower untuk tempat bilas setelah berenang di pantai.

Untuk pengunjung yang tidak berenang, tidak bermain air dan memilih untuk menikmati suasana dipinggir pantai saja sambil berjalan-jalan atau berfoto-foto bisa membersihkan kaki dari pasir-pasir tanpa perlu memasuki area toilet, walaupun hanya menyediakan 1 keran saja di pinggir kolam renang.

Hampir seluruh tempat di Pantai Pandan Carita ini aesthetic mendukung sekali untuk kita berfoto-foto menambah koleksi album di handphone, untuk penggunaan kamera juga tidak dikenakan biaya kecuali untuk prewedding yah atau penggunaan venue untuk profesional photo.

Biaya Kemping & Sewa Tenda

Ternyata di Pantai Pandai Carita ini juga kita bisa kemping, karena di ujung dekat kolam renang terdapat arena kemping yg disewakan beserta tendanya, Untuk biayanya dikenakan per orang itu 50 ribu dan penyewaan tenda sebesar 100 ribu dengan ukuran tenda untuk dua orang dewasa dan kita pun masih diperbolehkan untuk membawa tenda milik sendiri.

Disamping area kemping ini terdapat panggung juga yang ketika kami datang tengah diisi dengan pertunjukan tradisional khas dari banten yaitu debus. Acara tersebut cukup menghibur pengunjung dan meramaikan sambil menunggu sunset dipinggir pantai sore itu.

Pengalaman Kami di Pantai Pandan Carita

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, waktu kami datang di sore hari ini, Pantai Pandan Carita tengah ramai pengunjung sehingga kami pun kesulitan mendapatkan meja dan kursi untuk duduk, mungkin sekitar 10-15 menit hingga akhirnya kami mendapatkan meja.

Sebenarnya disini juga ada para penjaja sewa tikar dan pengunjung dibebaskan untuk menggelar tikarnya di area mana saja dan untuk memudahkan order makanan dan minuman akan diberikan penanda nomor dari restoran, namun kami enggan menyewa tikar dan lebih memilih menunggu meja yang kosong saja.

Setelah mendapatkan meja, segera saja anak-anak berganti pakaian lalu mereka turun ke pantai untuk bermain pasir dan air juga berenang berkejaran dengan ombak yang sore itu tak terlalu besar, air juga masih belum pasang sehingga anak-anak bisa bermain air dan berenang agak jauh ketengah laut bersama ayah.

Kondisi pantai disini juga sangat menyenangkan cocok untuk berenang, lebih aman karena tidak ada karang dan pantainya pun tidak landai.

Sayang sekali di Pantai Pandan Carita tidak ada life guard yang bertugas sehingga untuk orang tua yang membawa anak harus selalu waspada memperhatikan anak-anak dan selalu menemani ketika mereka bermain dipantai.

Seiring dengan sunset yang hilang dipandangan, anak-anak pun selesai bermain, kami pun memesankan makanan-makanan dan minuman aneka jenis yang tersedia disini.

Pemesanan Makanan & Minuman

Untuk pemesanan makanan dan minuman terdapat counter sendiri dan lumayan antrinya yah, namun untuk proses penghidangan tidak terlalu lama tapi tidak cepat juga.

Tersedia berbagai macam pilihan makanan, tidak hanya makanan berat seperti nasi goreng, mie goreng dan lainnya disini juga tersedia cemilan serta aneka pilihan minuman.

Kebetulan saya tidak ikut memilih pemesanan makanan dan minuman, yang dilakukan oleh kedua adik saya dengan menukar kupon yang diberikan pada saat masuk Pantai Pandan Carita.

Karena pembelanjaan menggunakan kupon sehingga bila ada kelebihan order, kita harus menambah bayar dengan uang cash sementara bila kurang dari harga per kupon 20 ribu akan dihanguskan sisanya, jadi lebih baik lebih pesan.

Makanan dan minuman sore itu sudah banyak yang habis jadi yang kami pesan yang masih ready saja dan rasa makanan dan minuman cukup enak dengan harga yang standar tempat wisata tidak terlalu mahal juga.

Diluar dugaan makanan yang ketika kami pesan diinformasikan sudah habis ternyata sekitar jam 7an malam, salah satu waitress memberikan informasi bila makanan sudah refill dan tersedia kembali, ia pun menawarkan kami untuk memesan pizza yang bisa di take away juga.

Menyayangkan sekali hal tersebut karena tidak diinformasi sebelumnya sehingga kami langsung saja menghabiskan voucher yang kami punya karena berfikir merasa rugi bila akhirnya tidak terpakai untuk membeli makanan dan minum karena sudah pada habis.

Review Kamar Mandi & Toilet

Selesai anak-anak makan mereka bergantian mandi untuk bebersih di pancuran yang disediakan. Yang menjadi salah satu nilai plus disini terdapat toilet cukup nyaman walaupun kebersihan masih jauh dari kata baik yah, setidaknya kotor pada 3 toilet wanita yang tersedia hanya karena pasir-pasir saja yang dibawa oleh pengunjung dari pantai bukan karena sampah atau hal lainnya.

Didalam area toilet ini juga tersedia sekitar 7 pancuran terbuka untuk berbilas setelah berenang, menanggalkan pasir-pasir yang menempel pada kaki maupun baju renang,  namun sayang ada pancuran yang tidak berfungsi baik.

Namun jangan khawatir area toilet juga disediakan terpisah antara laki-laki dan perempuan dan cukup luas tempatnya, hanya menurut saya kurang tempat tertutup untuk berganti pakaian. Pengunjung setelah mandi atau hanya bebersih pasir di area pancuran mengantri ditoilet, ada juga yang mandi di dalam toilet sehingga membuat antrian toilet semakin lama dan panjang.

Kesimpulan

Sepengalaman saya mendatangi area pantai di sepanjang pantai Anyer, Karang Bolong Hingga Carita ini, Pantai Pandan Carita inilah yang paling menyenangkan, kami memang tak berapa lama berada disini, mungkin hanya sekitar 3-4 jam. Namun pengalaman rentang waktu tersebut cukup membuat kami berencana datang kembali kesini bila ingin main dipantai tanpa menginap di hotel.

Semua fasilitas yang seharusnya tersedia di area pantai ada disini, mulai dari toilet, kamar mandi hingga mushola, memang tidak yang bagus sekali tapi menurut saya sudah cukup memadai dan tersedia dengan rapi untuk para pengunjung Pantai Pandai Carita.

Apalagi di Pantai Pandan Carita ini juga ada fasilitas hiburan lain yang juga tersedia namun berbayar seperti banana boat, surfing lesson with instructur atau surfing board rental

Untuk yang tidak ingin berenang dipantai karena malas dengan pasirnya juga bisa berenang di kolam renang yang luas disini, namun lagi-lagi ini juga berbayar, tapi untuk yang ini saya setuju sih berbayar karena kalau tidak yang berenang akan seperti cendol dan kebersihannya tidak bisa dijaga dengan cukup baik.

Mungkin untuk yang biasa piknik membawa makanan tempat ini menjadi kurang ramah dikantong yah tapi menurut saya makanan dan minuman yang dijual disini pun tak terlalu mahal juga harganya, apalagi tiket masuk kesini bisa ditukar dengan makanan dan minuman tanpa ada syarat dan ketentuan yang ribet atau memberatkan pengunjung.

Nilai plus juga untuk Pantai Pandan Carita ini, biaya parkirnya termurah, as i know parkir mobil biasanya itu 50 ribu sampai dengan 100 ribu rupiah dan tempat parkirnya pun kadang zonk karena kondisinya tidak dikhususkan untuk parkir kendaraan.

Yang terakhir, ketika saya sudah pulang dari Pantai Pandai Carita ini, saya meninggalkan pakaian renang anak dan keponakan saya di area pancuran, saya menghubungi melalui dm di instagram namun tidak berbalas tapi di chat wa di balas dan terima kasih sekali untuk admin Pantai Pandan Carita yang membantu kami mengirimkan pakaian tersebut dan kami sudah terima dalam kondisi baik.

Selamat berakhir pekan, semoga review Pantai Pandan Carita ini bisa menjadi pertimbanan untuk di datangi. Ada yang sudah pernah kesini juga ? bagi ceritanya di kolam komentar yah.

Komentar

1. Bagus banget nih ya, Kak Pantai Carita itu. Terlebih lagi pemandangan yang ada di pantainya

Balasan
    1. pantai pandan carita kak, bukan pantai carita, karena ini dua tempat yang berbeda, setuju pantainya bagus sekali

Hapus
  2. Seru banget nih akhir pekan bisa traveling ke pantai. Saya sudah lama tidak ke pantai huhu

1. yuk yuk kak agendakan sebelum masuk musim hujan nih

3. Se3ru banget nih, Kak pergi liburan sama keluarga ke pantai hihi

1. iya happy sekali akhirnya mantai lagi sm keluarga

Hapus
  4. Kok bisa sampai ketinggalan, Kak lupa mungkin ya. Untungnya bisa dikembalikan hihi

Balasan
    1. iya lupa karena ditempat bilas itu gak ada cukup penerangan kak jadi di taruh disitu dan kelupaan deh

Hapus
  5. Lumayan mahal ya, Kak kalau weekend. Tapi kalau dapat makanan dan minuman si lumayan hihi

Balasan
    1. iya kak tp gak rugi bgt sih karena beli tiket sm dengan beli makanan atau minuman disini

Hapus
  6. Saya baru tau kalo pantai pandan carita ini berbeda dengan pantai carita. Soalnya dulu pernah ke pantai caritanya, dan kayaknya pantai ini banyak fasilitas yg lebih oke dibandingkan dengan pantai carita.

1. iya beda mas, pandai pandan ini lebih jauh sedikit dari pantai carita

Hapus
  7. Seru banget bisa main ke Pantai Pandan Carita bersama keluarga. Pantai dengan pasir putih gini idamanku banget Kak, kapan-kapan mau main juga ke Pantai Pandan Carita deh. Btw untuk nginep disana budgetnya berapaan ya Kak?

Balasan
    1. aku gak nginep kak disini, hanya one day trip saja, tapi aku pernah nginep di kondominium lippo carita yang ada disebelah pantai pandan carita, 3 kamar waktu itu dapat harga sekitar 2 juta untuk 1 malam

Hapus
  8. Saya baru tahu nih ada pantai Pandan Carita, selama ini taunya cuma pantai Carita itu saja. Menarik juga ya untuk dikunjungi walopun jaraknya relatif jauh kalo dari Bandung tempat tinggal saya hehe. Lihat pasir pantainya dan suasananya sekilas emang mirip di Bali gitu ya. Nice review kak.

Balasan
    1. iya kalau dari bandung jauh kak, better ke sukabumi sih lebih mirip lagi sm bali pantainya, terima kasih sudah mampir membaca kak

Hapus
  9. Soal akses pantai (tanpa melihat seberapa bagus atau putih tidak pasirnya) bukannya DKI Jakarta dan Bekasi lebih dekat, mbak? 5 jam lumayan juga sih, udah kayak dari Bandung ke Pangandaran. Seingat saya Ancol pasir pantainya putih.

Lengkap ya fasilitasnya, sepertinya udah dikelola swasta sampai ada akun Instagram-nya. Ternyata mbak Maya raramean di sana haha.

Balasan
    1. 5 jam sudah mampir makan mas, hihihi, aku sudah ceritakan juga kok. di ancol memang pasirnya putih tapi airnya jadi kaya hitam gitu loh, aku pun gak tau kenapa

Hapus
  10. Vibes nya udah kaya di pantai-pantai di Bali aja nih. Aku tahun kemarin ke Carita tapi belum sempat maen kesini. Next nyobain ahh maen ke pantai pandan ini. Thanks buat infonya mba maya

1. sama2 mas dede, cerita juga yah kalo mampir ke pantai pandan ini

Hapus
  11. Saya bukan penggemar wisata pantai sebetulnya. Tapi, kalau sesekali aja boleh juga. Biar ada variasi jalan-jalan. Enak nih kelihatannya pantainya. Karena kelihatan bersih dan gak ramai, ya

Balasan
    1. pantai buat ganti suasana aja yah mba, mungkin sebaliknya mba kenai lebih suka gunung

Hapus
  12. Seramah itu yaa.. bermain di Pantai Pandan Carita.
    Meskipun hanya sebentar, tapi meninggalkan kesan yang baik dan semoga semakin banyak tempat wisata yang ramah dan juga sangat perhatian dengan pengunjung.

1. bener teh, puas walau hanya sebentar aja disini

Hapus
  13. Bagus itu peraturannya nggak boleh membawa makanan dan minuman, selain memakmurkan warga sekitar yang berjualan. Dengan adanya peraturan begitu bisa mencegah oknum-oknum yang suka buang sampah sembarangan, jadi pantainya tetep bersih

Balasan
    1. bener mba, tempat wisata juga mendukung usaha warga sekitar, gak untung sendirian sebagai tempat wisata

Hapus
  14. Bagus banget. Semua view yang difoto bagus dan indah. Terlebih langitnya. Aku pertama tau pantai carita itu dari novel, ku kira hanya nama samaran, ternyata emang ada.

1. ada mba, walau kalah terkenal yah sama pantai anyer

Hapus
  15. Padahal ayah mertuaku orang Banten lho mbak tapi aku kayanya baru 2x ke sana dan malah baru sekali main ke pantai Anyer. Menarik nih Pantai Pandan untuk dikunjungi. Kalau dari rumah mbak di Tangerang aja perjalanannya bisa 5 jam, berarti kalau dari Depok bisa 7 jam kali ya?

Balasan
    1. 5 jam itu sudah mampir makan siang dulu mba di restoran daerah anyer, mungkin sekitar 4 jam kalau dari depok, diagendakan mba sekalia maen ke rumah ayah mertua, hihihi

Hapus
  16. Pantainya bagus, pasir putih, udah kayak pantai di Bali ya. Jadi gak perlu lagi jauh-jauh ke Bali, kalo ada reflikanya di sana. Tapi meskipun demikian, smoga bisa ngerasain ke Bali juga, karena nggak cuma tentang pantainya, tapi juga suasananya.

Balasan
    1. kalau kangen bali bisa lah kesini, bali versi lebih murah dan terjangkau yah mas

Hapus
  17. Belum pernah main ke sini, Kak. Tapi auto pengen deh setelah lihat kesegaran di balik foto-foto Kakak ini. Apalagi fasilitasnya cukup melengkapi apa yang diperlukan wisatawan saat kunjungan, ya.

BalasHapus
  18. Kemping di pinggir pantai sepertinya menarik ya mbak. Karena saya baru dengar ada kemping di area perairan 🤭. Moga saya dan keluarga bisa berkunjung ke sana juga

19. Asik banget ya punya tempat wisata yang gak jauh dari tempat tinggal. Kalau lagi butuh angin segar tinggal ajak keluarga cari kesegaran ke pantai. Seru banget liatnya.