Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

JSI Resort Megamendung, Glamping Nyaman Yang Ramah Anak


Pengalaman pertama staycation menginap di tenda tapi bukan kemping melainkan glamping singkatan dari glamorous camping, disebut demikian karena walaupun menginap ditenda namun fasilitas dan pelayanan yang diberikan bak hotel berbintang. Tak hanya memberikan rasa nyaman seperti tempat tidur king size, toilet bersih hingga tv dengan channel internasional namun lebih menunjukkan gaya.

Hari itu, kami sekeluarga glamping di daerah puncak, tepatnya di JSI Resort Megamendung yang tak hanya menyediakan penginapan konsep glamping namun juga tersedia tempat menginap di container dan pilihan villa untuk keluarga dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menuju ke JSI Resort Megamendung ini, kami yang datang dari Tangerang memilih keluar tol pasar ciawi karena saat ini untuk tujuan puncak di akhir pekan diberlakukan aturan ganjil genap (gage), kebetulan hari itu tanggal genap dan kendaraan kami berplat nomor ganjil. 

Sebelumnya saya juga meminta informasi rute tercepat menuju lokasi hotel dari bagian reservasi JSI Resort Megamendung dan diarahkan setelah keluar tol pasar ciawi melanjutkan ke Jalan Pertanian dan mengikuti petunjuk arah yang ada dijalan.

Benar saja ternyata JSI Resort Megamendung memasang banyak sekali papan pemberi arah dengan warna orange yang sangat eye catching untuk tamunya sehingga lebih memudahkan menuju hotel selain mengandalkan google map.


Review Resepsionis, Area Parkir Kendaraan & Kolam Renang.

Setelah menyusuri Jalan Pertanian sekitar setengah jam, akhirnya kami sampai di JSI Resort Megamendung kami segera memakirkan kendaraan didepan sebuah bangunan yang kami ketahui sebagai area resepsionis. Di tempat menerima tamu hotel yang luas ini kami ditawari welcome drink, kami datang lebih awal dari jam check in, sehingga tenda kami pun belum sepenuhnya siap ditempati.

Alih-alih bosan menunggu kami pun berkeliling untuk melihat-lihat, Menurut saya bangunan ini lebih dari cukup luasnya untuk menerima tamu hotel, selain dilengkapi dengan banyak pilihan sofa-sofa empuk nan nyaman juga tersedia fasilitas yang memanjakan tamu yang tengah menunggu yaitu 2 buah meja bilyar.

Bagaimana dengan anak-anak ? hotel mengatisipasi hal tersebut dengan sangat baik, tersedia area bermain dibagian ujung lainnya, disini ada sebuah layar dengan proyektor yang dapat menayangkan acara anak-anak, kemudian ada meja-meja dengan krayon dan kertas gambar, ada juga perosotan dan tempat mandi bola, anak saya Zeanissa betah berlama-lama disini.

Tepat disamping pintu keluar dari gedung area resepsionis kita akan menemukan mushola yang nyaman karena terdapat ac, saya sempat mampir kesini bukan untuk shalat tapi untuk menyusui baby z ketika menunggu anak-anak berenang.

Kami kembali datang ketika sore hari sekitar jam 4 untuk berenang disini, tenang saja untuk tamu hotel yang datang berenang, tersedia handuk tebal dan bersih yang dapat digunakan jadi tak perlu membawa handuk dari kamar. 

Dipinggir kolam renang terdapat beberapa sunbed dan kursi-kursi bermeja untuk tempat menunggu, selain itu ada juga cafe yang menyediakan minuman termasuk kelapa dan makanan atau snack dan tentu saja terdapat ruang bilas dan mandi walaupun terbatas hanya ada 2 kamar untuk laki-laki dan 2 kamar lainnya untuk perempuan.

Tak jauh dari area kolam renang, turun kebawah sedikit kita akan melihat area barberque yang biasanya diadakan hanya setiap akhir pekan, yang mulai dipersiapkan sejak sore hari.

Untuk barberque ini all you can eat dan ada biaya sendiri, saya sempat ditawari dengan harga 225 ribu per/pax. Namun kami memilih untuk makan malam diluar hotel.

Semua yang ada diarea ini masih okelah, kecuali petugas resepsionis karena menurut saya kurang cekatan dan kurang koordinasi dalam mengurus kedatangan para tamu. Entah mengapa, petugas mempertanyakan pelunasan pembayaran, padahal h-1 saya sudah mengirimkan bukti bayar via wa ke sales hotel namun dibagian resepsionis tidak tercatatkan.

Selain itu, petugas tidak menginformasikan kamar kami yang sudah siap ditempati sehingga kami harus menunggu lebih lama dari jam check in yang seharusnya, padahal sebelumnya dari resepsionis sudah menginformasikan bila kamar sudah ready akan segera menghubungi kami.

Namun hingga jam 2 siang tidak juga ada telpon ke saya, akhirnya saya berinisiatif mendatangi meja resepsionis lagi untuk mempertanyakan ketersedian kamar kami, barulah mereka mengecek dan informasikan bila kamar sudah bisa ditempati.

Untuk parkir kendaraan di area resepsionis ini sangat luas yang kebetulan juga menjadi area parkir untuk tamu JSI Resort Megamendung yang menginap dengan type container, sebenarnya untuk tamu type glamping pun bisa tetap memarkirkan kendaraanya disini dan kita bisa menggunakan boogie golf car untuk ke kamar namun karena barang bawaan kami banyak jadi kami putuskan untuk membawa mobil sendiri saja agar lebih praktis.


Review Willy's Tent

Pilihan tenda di JSI Resort Megamendung sebenarnya ada dua yaitu, Willy's Tent dan Cherooke Tent. Namun kami memilih Willy's Tent dengan beberapa pertimbangan diantaranya : 

  1. Kamar Willy's Tent memiliki pemandangan indah langsung ke bukit dan terdapat jaring-jaring didepan kamar yang dapat menjadi tempat santai dan bermain untuk anak-anak.
  2. Setiap kamar dilengkapi dengan 1 King size bed dan 1 twin bed sehingga dapat memuat untuk 4 orang, ini cocok sekali dengan kebutuhan kami, anak-anak dapat tidur masing-masing di twin bed sementara saya, paksu dan baby z tidur di king size bed.
  3. Ukuran masing-masing kamar juga sangat luas yaitu, 40 meter persegi dan tersedia shower didalam kamar mandi.

Parkir kendaraan tidak didepan tenda menginap kita, namun ada area khususnya, untuk Willy's tent berada di atas, jadi jalannya agak sedikit mendaki untuk menuju kamar, hari itu saya dibantu petugas untuk membawa koper anak-anak hingga ke dalam kamar.

Pandangan pertama anak-anak langsung teralihkan dengan jaring-jaring berwarna putih yang terpasang didepan tenda, mereka langsung segera turun untuk mencobanya, walaupun diawal merasakan ketakutan namun akhirnya mereka menikmati dan menjadi senang sekali karena seperti menemukan arena bermain baru, untuk ayah bunda yang mempunyai anak balita harus mengawasi anak-anak diarea ini yah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Sekitar tenda sangat rimbun sekali dengan beraneka jenis pohon dan tanaman, apalagi di sore hari suasananya sangat syahdu dengan pemasangan lampu-lampu berwarna kuning. Willy's tent hanya tersedia 6 unit saja, berdiri berjajar yang paling diatas adalah yang nomor 6, hari itu kami menginap di tenda nomor 2, tidak terlalu jauh berjalan kakinya dari area parkir.

Willy's tent sesuai namanya dibangun dari sebuah tenda besar berwarna krem namun karena berkonsep glamping terdapat pintu berkaca yang berkunci menggunakan kartu dan harus ditapping untuk memasukinya.

Sempat terjadi oleh keluarga kami, lupa membawa keluar kartu kunci sehingga kami tidak dapat masuk lagi ke tenda, ternyata di ujung-ujung tenda terdapat resleting yang dapat dibuka sehingga kami pun dapat masuk dari sana. Sebuah hack agar tidak lama menunggu petugas datang meminjamkan kunci cadangan tapi juga agak khawatir dengan keamanan dikamar bila kita tinggalkan.


Di dalam kamar terdapat 3 tempat tidur, salah satunya adalah king size bed dan dua diantaranya adalah twin bed, untuk saya yang keluarga beranggotakan 5 orang ini sangat puas sekali, karena benar-benar bisa tidur dengan puas dan nyaman tanpa harus berhimpitan dalam satu tempat tidur atau menambah pengeluaran dengan extrabed.

Dipojok kiri terdapat televisi berukuran mungkin sekitar 30-40 inc dengan saluran tv internasional termasuk juga netflix, wifi juga tersedia dengan password tertentu, lalu dipojok kiri adalah lemari pakaian dengan 2 pintu yang disampingnya terdapat meja seperti meja kerja namun difungsikan untuk meletakkan free complimentary seperti air mineral, kopi, teh dan gula serta teko dan 2 buah cangkir beserta piring dan sendok.

Disamping meja tersebut terdapat pintu untuk menuju area kamar mandi, sebelum memasuki tempat mandi dengan shower dan toilet duduk, terdapat area cuci tangan dengan meja yang dilaci-lacinya tersimpan 4 buah handuk bersih serta produk amenities yang cukup lengkap dan dibagian bawah laci tertata rapi 4 pasang sandal kamar berukuran dengan 2 lebih besar dan dua lainnya lebih kecil.

Review JSI Convention Hall

Ketika waktu sarapan tiba, awalnya saya pikir untuk tempatnya berada di bangunan yang sama dengan area resepsionis ternyata sarapan diadakan di JSI Convention Hall yang letaknya cukup jauh, untuk ketempat tersebut tamu hotel dapat membawa kendaraan pribadi atau menumpang boogie golf car yang tersedia. 

Dalam perjalanan menuju JSI Convention Hall tersebut kita akan melewati sebuah tempat yang dibuat seperti arena menonton di stadion, informasi yang saya dapatkan di hari sabtu siang ada pertunjukan boogie car dan jeep show, kemudian kita juga akan melewati sebuah lapangan yang dipingginya terdapat banyak alat olahraga dan bersebelahan dengan taman yang luas dan dipenuhi dengan permainan anak kemudian dibagian belakangnya terdapat penginapan berbentuk villa dengan berbagai type.


Area JSI Resort Megamendung ini sangat luas sekali, hampir mendekati hall kita dapat melihat mini zoo dengan binatang seperti burung onta, rusa dan lain sebagainya, selain itu saat ini kita juga akan menemukan lapangan sepak bola yang masih dalam pembuatan dan juga ada gedung yang masih dalam pembangunan.

Begitu tiba di JSI Convention Hall saya cukup terkejut karena hall ini luas sekali yaitu 2300 m, memasuki hall serasa datang ke sebuah pesta pernikahan bukan lagi datang ketempat sarapan sebuah hotel apalagi mendapati menu yang disajikan begitu banyak dan beragam, wuah puas sekali rasanya menikmati sarapan disini.

Pagi itu hall ramai dipenuhi oleh tamu hotel namun ditangani dengan baik karena kursi dan meja bulat tersedia banyak sekali jadi ketika tamu datang untuk makan, tidak ada harus menunggu karena kursi dan meja tak ada yang kosong. Makanan dan minuman juga direfill dengan baik, sampai hampir 2 jam kami berada di tempat makan ini tak menemui makanan yang disediakan hingga kosong tak tersisa, yang kadang cukup mengecewakan tamu yah karena tidak dapat mencoba satu atau dua menu yang ada, terutama untuk tamu yang datang lebih siang.


Yang juga mengejutkan untuk saya pribadi, semua makanan dan minuman yang disajikan terasa enak, tidak ada yang gagal, kelebihan atau kekurangan bumbu, dengan pilihan menu beragam, sehingga ada banyak pilihan juga untuk anak-anak hinga bayi saya yang berusia 8 bulan, area tempat makan nyaman dan luas sehingga memudahkan pergerakan para tamu, oiya tersedia beberapa baby high chair dan seandainya mungkin bisa agar tamu makin betah dapat dihadirkan homeband untuk menemani para tamu menikmati sarapan, tapi dipikir-pikir serasa benar-benar menghadiri pesta pernikahan yah.

Selesai sarapan, saya dan paksu mengajak anak-anak untuk melihat binatang-binatang yang ada di mini zoo yang tadi kami lewati ketika datang, lalu bermain-main di taman, ini besar sekali tamannya dan lengkap sekali dan tempatnya sepi, jadi terasa milik sendiri, belum lagi areanya juga bersebelahan dengan outdoor gym sehingga kami juga dapat mencoba berbagai macam alat olah raga yang ada.


Semua fasilitas yang tersebut diatas dapat kita nikmati secara gratis, untuk yang berbayar juga banyak tersedia disini seperti spa service yang bernama Kayu Spa. Fasilitas lainnya dengan mengusung konsep sebagai adventure hotel, sehingga untuk memuaskan pengalaman tamu tersedia berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan kita dan keluarga selama menginap disini,kita juga dapat mencoba track buatan untuk boogie car yang disewakan 600 ribu per kendaraan dan dapat memuat 2 orang atau juga atv disewakan 300 ribu rupiah per kendaraan per orang, untuk masa sewa sekitar 30 menit.


Kesimpulan Bunda

Yang pasti kami dan keluarga puas sekali dengan glamping disini, pengalaman pertama yang tak akan terlupakan, sebenarnya sehari disini rasanya kurang sekali, next time kami pasti akan kembali lagi mencoba tempat lain untuk menginap atau glamping lagi juga tidak akan menyesal sih.

Untuk pemesanan tempat saya langsung menghubungi sales dari JSI Resort Megamendung, untuk pelayanannya sendiri cukup membantu walaupun terkadang slow respon dan kurang responsif dalam menanggapi chat saya.

Over all, happy happy happy.
Ada juga yang pernah datang ke JSI Resort Megamendung ini ? sharing yuk ceritanya di kolom komentar.


Komentar

  1. Dari review JSI Resort Megamendung, ini bisa jadi list saya kalau nanti liburan ke daerah Puncak. Pengen nyoba glamping di sini sambil nikmatin pemandangan dan udara sejuk khas daerah Puncak.

    BalasHapus
  2. Wah bagus banget nih tempatnya. Cocok banget memang untuk belajar sambil bermain di sana

    BalasHapus
  3. Saya jadi pingin ke sana juga nih hihi, main kayak adiknya gitu. Seru banget kelihatannya

    BalasHapus
  4. Saya juga pernah mainan seperti itu tapi sudah lama sekali. Jadi pingin lagi nihh

    BalasHapus
  5. Memang menyenangkan ya kalau bermain gitu sambil keluarga. Sekalian olahraga juga

    BalasHapus
  6. Sayang banget nih lokasinya jauh banget dari saya. Jadinya nggak bisa bermain ke sana

    BalasHapus
  7. Lengkap bangeeett bukan hanya tendanya yang dibuat senyaman mungkin, tapi ada mini zoo bahkan gym outdoor juga. Walaupun kalau mau sarapan beneran pakai usaha harus naik kendaraan dulu karena area resort-nya yang luaaasss tapi berasa banget happy-nya.

    BalasHapus
  8. Wahh makasih banyak mba review nya, bisa jadi tambahan buat list glamping yang jadi rekomendasi di daerah Puncak atau Bogor nih

    BalasHapus
  9. Seru ya menginap dengan konsep glamping gini. Quality time bareng keluarga dengan tetap melihat pemandangan yang hijau, sejuk, nan asri. Nggak sumpek, apalagi lingkungan outdoornya juga luas.

    BalasHapus
  10. Wah,, boleh nih jadi wish list.. aktivitas sebanyak itu gratisssss ? Beneran gak bisa satu hari wkwk

    BalasHapus
  11. Waaah, seru banget glamping di JSI. Tempatnya luas, anak-anak pasti seneng nih kalau diajak glamping di sini... :D Pingin santai di jaring depan kamarnya deh hehehe

    BalasHapus
  12. Bahagia bangeett..
    Suka liat senyuman si adee.. Kayanya jaringnya lumayan gede-gede, tapi aman ya.. untuk anak-anak pun.
    Belum pernah nge-glamping, jadi penasaran rasanya gimanaaa..

    BalasHapus
  13. Megamendung emang cocok banget untuk camping atau glamping gitu. Duh, jadi rindu Megamendung deh. Semoga bisa ke sana lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak