Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Pengalaman Sunat Bayi Di Circum By Mutiara Cikutra

Sejak punya pengalaman sulitnya meminta anak laki-laki untuk di sunat atau khitan. Ketika kehamilan anak ketiga dan sudah tahu bila jenis kelaminnya laki-laki, saya sudah bertekad bulat akan melakukan khitannya ketika ia lahir.

Ternyata ayahnya masih belum yakin dengan keinginan saya tersebut jadinya sunat pun urung dilakukan.

Namun ternyata awal bulan mei lalu ketika Zoefarizz akan berusia 9 bulan, justru mendapat rejeki tak terduga sehingga kami bisa melakukan sunat untuk baby z secara gratis dari Circum By Mutiara Cikutra.

Setelah melakukan sharing di media sosial instagram banyak yang mengirimkan dm, menanyakan lebih lanjut tentang metode, biaya dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sunat di Circum.

Sehingga saya rasa perlu untuk menuliskan sekaligus menginformasi lebih jelas dan lengkap untuk sunat atau khitan ini sesuai dengan pengalaman saya di Circum yang kebetulan melakukan sunatnya pada bayi yang masih jarang dilakukan oleh orang tua saat ini.




Manfaat Khitan Pada Bayi

Awalnya keluarga, saudara dan teman-teman mengira anak ketiga kami Zoefarizz terkena penyakit sehingga kami sebagai orang tua terpaksa melakukan sunat di usia dini untuknya. 

Alhamdullilah, Zoefarizz kondisinya sehat tidak ada penyakit dan justru kami melakukan sunat lebih awal untuk menghindari beberapa penyakit kelamin yang umumnya dialami oleh anak laki-laki yang belum disunat.

Senangnya keinginan kami ini juga disambut baik oleh dr. Mahrush Luthfi yang membantu kami melakukan sunat pada Zoefarizz. Beliau juga menambahkan sebenarnya justru sunat pada bayi baru lahir sangat dianjurkan karena lebih cepat pulih dan lebih minim rasa sakit pada anaknya.

Mengutip dari American Academy of Pediatrics, sunat pada bayi lebih besar manfaatnya ketimbang resikonya. Beberapa manfaat jangka panjang yang diperoleh diantaranya, 

  1. Penurunan resiko kondisi kulit yang mempengaruhi penis, seperti phimosis. Kelainan ini ditandai dengan kulup yang melekat erat pada kepala penis.
  2. Penurunan resiko infeksi saluran kemih (ISK) terutama di tahun pertama kehidupan anak.
Selain manfaat tentu juga ada resiko melakuan sunat di usia bayi, informasi dari dr sama dengan sunat pada usia anak lebih besar mungkin saja terjadi pendarahan saat prosedur sunat berlangsung, jadi tidak hanya untuk bayi saja. Kemudian mungkin akan terjadi infeksi pasca prosedur sunat hingga nyeri yang akan membuat bayi menjadi rewel.

Alhamdullilah setelah 10 hari dan kondisi sunat sudah benar-benar pulih, anak saya tidak ada rewel sama sekali, proses penyembuhan berjalan lancar dirumah, anaknya pun tetap bergerak aktif karena tengah di fase belajar merangkak.


Tentang Circum By Mutiara Cikutra

Awalnya saya tahu mengenai circum ini karena ada teman yang sharing di wag, lalu iseng kepo instagramnya @circumid dan menemukan kang emil beserta istri yang melakukan sunat pada anak ketiganya di usia 9 bulan. 

Makin mengebu keiginan saya untuk segera melakukan sunat segera pada anak saya, makin yakin bisa kok sunat pada bayi dilakukan dan alhamdullilah ternyata tepat pada 25 Mei 2023 sekitar jam 12.30 siang sunat pun dilakukan.

Berawal dari Klinik Mutiara Cikutra yang sudah ada di Bandung sejak tahun 2010, menyediakan berbagai jenis pelayanan kesehatan untuk keluarga. Hingga akhirnya pada tahun 2022 lalu berdirilah secara mandiri layanan sunat Circum by Mutiara Cikutra yang merupakan pusat sunat anak dan dewasa.

Saat ini Circum By Mutiara Cikutra sudah memiliki 4 cabang yaitu di Bandung, Bogor, Jakarta Timur dan BSD. Cabang yang kami datangi yaitu di BSD, tepatnya di Ruko Tol Boulevard F No.2 BSD. Lokasinya berada di ruko pinggir jalan raya, terakurasi dengan baik di google map sehingga mudah ditemukan.


8 Alasan khitan di Circum By Mutiara Cikutra

1. Tempat sunat nyaman dan kids Friendly 
Begitu memasuki klinik sunatnya saya senang sekali, karena hari itu saya datang bersama dengan anak saya dan keponakan yang berusia 3 tahun, iya kami datang beramai-ramai ketempat sunat ini.

Anak-anak kecil ini langsung main di play ground yang juga dilengkapi dengan book corner yang menyediakan cukup banyak buku-buku bacaan yang menarik. yang terakhir tersedia cemilan dan juga dispenser untuk air minum.

Dilantai 1 ini jugalah saya melakukan pendaftaran ulang dan menunggu hingga tiba gilirannya, oiya pelayanan disini dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang saja.

Dekorasi seluruh ruangan termasuk ruangan sunat sangat kids friendly, membuat anak yang akan datang sunat juga tidak sadar kalau datang kesini untuk disunat.


Selain itu orang tua juga tidak khawatir untuk menenangkan anak sebelum prosedur sunat dilakukan akibat mendengar teriakan kemarahan ataupun tangisan kesakitan karena dilakukan dilantai 2 yang terdapat dua kamar tindakan untuk mempercepat proses sunat.


Dilantai 2 ini juga terdapat ruang menyusui dan ganti popok yang bersih dan cukup lengkap fasilitasnya, selain itu juga ada spot foto yang instagramable. Sementara untuk lantai 3 diperuntukan salah satunya untuk ruang sholat.

2. Dokter profesional dengan jam terbang tinggi 
Pelayanan dokter ramah dan informatif dan saat prosedur sunat juga tidak tegang, suster yang bertugas tidak hanya membantu dokter sunat juga melakukan tugasnya dengan baik, namun juga membantu orang tua dengan penjelasan-penjelasan pasca prosedur khitan yang harus dilakukan dirumah.


3. Bebas konsultasi pra dan pasca khitan via whatsapp dengan tim medis
Konsultasi dengan tim circum sangat komunikatif menjelaskan dan menginformasikan walaupun kadang agak slow respon, mungkin karena banyak yang berdikusi juga, namun so far sepengalaman saya konsultasi pra dan pasca khitan berjalan dengan baik dan lancar.

4. Menyediakan berbagai pilihan metode sunat termodern
Utamanya ada 3 metode yaitu : Super Klamp Sealer, Smart Klamp dan Special Method

5. Boleh didampingi orang tua saat proses tindakan
Agar lebih nyaman yang mendampingi hanya kedua orang tua saja, saya ditugaskan oleh dokter untuk memegang tubuh, sementara ayah memegang kedua tangan yang diangkat ke atas dan suster memegang kedua kaki anak kami.

Karena anak kami masih bayi sehingga gerakan kaki dan tangannya tidak terlalu brutal yah, sehingga tidak perlu tenaga dan memang dokter pun mengingatkan untuk membuat anak yang kita pegangi tetap merasa nyaman dan tidak kesakitan.

6. Sunat anak gemuk tanpa terapi hormon dan diet ketat

7. Bisa langsung mandi dan bebas aktifitas
Diperbolehkan untuk mandi, namun karena biasanya saya memandikan anak saya dengan berendam di bak dan berendam ini tidak diperbolehkan yah dan karena saya khawatir sehingga selama 3 hari anak saya hanya saya waslap saja namun tetap bisa bebas beraktifitas.

8. Anti ribet kontrol pasca khitan hanya 1x online maupun offline
Kebetulan jarak rumah dengan klinik Circum ini cukup jauh sehingga saya melakukan kontrol hanya by wa saja dan karena sebelum kita pulang setelah proses sunat sudah diinformasikan dengan baik dan pasca sunat tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan juga.


3 Pilihan Metode Sunat

Untuk orang tua yang baru pertama kali akan melakukan sunat pada anak laki-laki, pilihan metode sunat zaman sekarang sangat beragam sekali dibandingkan zaman dahulu ketika ayah anak-anak masih menjadi anak kecil yah. 

Pertimbangan memilih metode sunat tentu saja yang aman, nyaman dan cepat prosedurnya di Circum by Mutiara Cikutra memberikan 3 pilihan metode sunat, diantaranya adalah :


1. Super Klamp Sealer
Merupakan metode sunat terbaru dengan menggunakan alat klamp disposable sebagai media persisi dan alat persisi elektro surgical unit (ESU) untuk memotong kulit preputium sehingga tidak terjadi pendarahan.
Saat proses sirkumsisi, ESU ini merupakan alat penunjang medis yang biasa digunakan di rumah sakit besar. Selain itu juga diberikan cairan sealer (lem) sebagai pengganti jahitan guna mengurangi resiko pendarahan.


Kelebihan Metode Super Klamp Sealer :
  • Metode klamp terbaru dan termodern dengan hasil yang estetis
  • Pulang tanpa ada klamp menempel pada alat kelamin
  • Tak perlu control ke klinik pasca sunat
  • Perawatan mudah, cukup di semprot anti bakteri saja
  • Tanpa ada penjahitan
  • Dapat langsung mandi atau aktivitas

2. Smart Klamp
Merupakan teknik sunat dengan menggunakan alat sunat sekali pakai (disposable) berteknologi tinggi, yang di desain untuk menghasilkan pengalaman sunat yang lebih aman, cepat, canggih dan rapi.


Kelebihan Metode Smart Klamp :
  • Dapat langsung mandi dan beraktivitas 
  • Tanpa jahitan dan perban
  • Meminimalisir pendarahan
  • Perawatan hanya saat h-1 kontrol

3. Special Method
Merupakan metode sunat untuk kondisi penis yang tidak bisa menggunakan kedua metode tersebut diatas, salah satunya karena penis tenggelam extrim, reparasi khitan atau sudah pernah khitan namun hasilnya tidak sesuai standar dan penis yang perlu tindakan rekonstruksi (seperti webbed penis)

Kelebihan dari Special Method adalah dapat dilakukan pada penis dengan kondisi yang tidak normal dan dapat dilakukan pada anak gemuk tanpa sebelumnya dilakukan terapi hormon dan diet ketat.

Khusus untuk sunat yang dilakukan pada orang yang gemuk, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum hari h sunat, yaitu :
  • Melakukan konsultasi dengan perawat Circum untuk memastikan kondisi penisnya
  • Konsultasi dapat dilakukan secara online atau offline dengan mendatangi klinik terdekat
  • Tindakan bisa langsung dilakukan setelah hasil konsultasi menyatakan anak harus di khitan dengan metode sunat gemuk
  • Sunat gemuk dapat dilakukan tanpa perlu melakukan diet ataupun terapi hormon 

Banyak Hadiahnya Sunat Di Circum

Ketika melakukan pendaftaran untuk sunat kami ditawarkan untuk pelayanan dokumentasi berupa foto, mengingat yang akan ikut ke ruang sunat hanya orang tua saja, jadi kami memutuskan untuk mengambil paket seharga 180 ribu tersebut.


Hasil fotonya memuaskan, dengan harga paket tersebut sudah termasuk mendapatkan banyak foto dalam bentuk soft file serta satu foto dengan bingkai yang dikirim setelah 5 hari kerja dan saya memilih untuk dikirimkan saja kerumah.

Terkait dokumentasi foto ini saya memberikan sedikit saran dan masukan yaitu dimana orang tua yang dikirimkan soft file foto dapat memilih sendiri foto yang akan dicetak dan diberi bingkai, agar lebih puas dengan hasil cetak fotonya dan melakukan konfirmasi juga untuk nama anak yang dicetak di foto karena kebetulan nama anak saya ada kurang huruf dan salah huruf juga.


Setelah tindakan sunat dilakukan, anak-anak diberi hadiah oleh pak dokter, berupa mainan lego, karena masih bayi akhirnya hadian ini buat kakaknya dan ternyata dapat juga snack yang dikemas seperti bingkisan setelah datang ke acara ulang tahun dan juga dapat nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya yang rasanya juga enak sekali.


Testimoni Jujur 

Sejujurnya dapat melakukan sunat di Circum ini benar-benar memuaskan saya sebagai orang tua, bukan karena dapat sunat gratis tanpa bayar yah jadi memberi testimoni yang baik-baiknya saja. Namun memang secara pelayanan, fasilitas juga pra dan pasca sunat dilakukan benar-benar tidak ada kekurangan berarti, semua prosesnya alhamdullilah berjalan lancar.

Senangnya juga ada beberapa teman yang memutuskan melakukan sunat pada anaknya di Circum, walaupun bukan di Circum BSD tempat kami melakukan sunat, namun jadi tahu pelayanannya setiap cabang ternyata sama baiknya. Yang membedakan hanya beda cabang beda biaya sunatnya.

Untuk biaya sunat di Circum, menurut teman yang telah membandingkan dengan klinik sunat lainnya di Circum termasuk yang terjangkau biayanya dan tidak banyak biaya tambahan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti biaya merchandise, saya baru tahu loh ini.

Mumpung masih masa libur sekolah, untuk ayah bunda yang ada rencana melakukan khitan jagoannya yuk bisa cek instagram @circum.id atau kunjungi websitenya www.circum.id untuk konsultasi terlebih dahulu dan informasi promo-promo yang sedang berjalan.

Komentar

  1. Alhamdulillah Zoe sudah sunat, ikut senang bacanya. Semoga cepat besar, sholeh, dan diberkahi.

    Macem2 ya mba sekarang megode sunat. Seriusan langsung bisa mandi ya? Ngebayangin klo bayi disunat akan rewel dan nangis terus. Tapi melihat Zoe sepertinya anteng ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba kalau mandi boleh saja yang penting tidak berendam, alhamdullilah proses lancar dan setelahnya juga tidak ada drama

      Hapus
  2. Anak saya disunat usia 4 tahun. Udah agak besar sih ^_^ kalau bayi disunat kok rasanya kasihan ya? tapi kalau ternyata banyak benefitnya dan terbukti aman, ok juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak pertama ku juga usia 5 tahun mas baru sunat, tapi anak kedua laki-laki ini memang ingin lebih cepat dan alhamdullilah malah lebih tenang sekarang gak mikirin sunat lagi tinggal sekolahnya aja

      Hapus
  3. MashaAllah~
    Barakallahu fiikum.. sudah selesai sunatnya.. Dan kini ananda semakin sehat, shalih dan tumbuh kuat, in syaa Allaa~

    Ikut senang karena tempat sunat dengan metode kekinian banget.
    Ditambah banyak hadiah yang ini bikin orangtua senang ((karena anaknya masih imutimut, mungkin juga belum begitu paham sama hadiahnya yaa..))
    Lancar dan sehat selalu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba seneng sekarang tuh sunat jadi makin mudah dan gak bikin anak trauma juga, hadiahnya jadi buat kaka yang menemani datang

      Hapus
  4. Jadi penasaran berapa harga biayanya, kemarin anakku aku sunat di safubot. Overall semua aman mbak, cm itu ruangannya nyatu dengan yg lain jadi masih bisa denger anak yg jerit2an histeris huhu. Parah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cek langsung mba di websitenya, ada kok biayanya. aku setelah sunat di circum baru tahu safubot dari temen dan dari dia juga jadi tahu harga tidak jauh berbeda cuma di safubot itu ada biaya2 yang menurut temanku bisa lebih dihemat dan akhirnya dia mutusin sunat anaknya di circum juga

      Hapus
  5. Wah, pas banget aku lagi nyari referensi soal khitan anak. Dulu sempat kepikiran mau khitanin anak pas masih bayi aja, udah yg kayak yakin banget tuh, eh ternyata kasian juga emak bapaknya nggak tega sama anak. Sekarang anak udah agak gedean, 3 tahun, kayaknya belum terlambat juga kalo mau khitan lebih awal. Maksunya nggak perlu nunggu anak akil balig, atau sampe sekolah SD baru sunat, yakan. Kalau bisa di awal kenapa harus ditunda, toh hukumnya wajib juga bagi kaum muslimin..

    MasyaAllah abang Zoe pinter banget, masih kecil udah berani khitan. Semoga jadi anak yang sholeh, pinter, sehat dan nurut sama orang tua yang.. ^_^

    BalasHapus
  6. Ketika punya anak laki-laki memang suka galau untuk urusan sunat. Suka ada rasa gak tega. Tapi, sunat kan wajib hehehe. Alhamdulillah rasanya plong ketika anak sudah disunat. Tempat sunatnya ramah anak ya, Mbak :)

    BalasHapus
  7. Penasaran ih sama biayanya, anakku baru 3 tahun sih tapi kayanya kalau ada rezeki mau deh cepet-cepet sunat juga biar lebih bersih dan aman. Proses penyembuhannya berapa lama mbak?

    BalasHapus
  8. Aku kalau baca pengalaman khitan suka cenat-cenut sendiri. Xixi. Keponakan saya juga kemarin dikhitan di usia 2 tahun. Dengan pelayanan, informasi, dan teknologi yang semakin berkembang, rasanya sekarang anak nggak perlu 'ditakut-takuti' lagi ya kalau mau sunat.

    BalasHapus
  9. Btw klinik cikutra yang di Bandung lokasinya cuma 2km-an dari rumahku. dan saya baru tahu kalo klinik Cikutra punya cabang juga di BSD. Saya ikut senang nih baby Zoe udah selesai disunat dan prosesnya pun lancar. semoga baby Zoe tumbuh jadi anak sholeh dan sehat2 selalu ya :)

    BalasHapus
  10. Wah, Alhamdulillah akhirnya lega juga ya sebagai orang tua jika sudah mengkhitan anak, bisa jadi salah satu refrensi saya nih buat khitan anak nanti

    BalasHapus
  11. Asik baby Zoe udah khitan! Tempat khitan sekarang tuh kids friendly, ada mainannya juga yaa sambil main menghilangkan ketegangan.
    Anakku khitan bayi juga, alhamdulillah, dan dapat mainan (tapi buat kakaknya, hahaha).
    Yang ini lengkap banget lho dapat nasi kuning dan dokumentasi segala, sayangnya salah ketik yah.
    Btw harganya berapa kalau pakai lem gini? Aku pernah nanya ke tempat khitan lain sekitar 3-4 juta.

    BalasHapus
  12. Makasih udah sharing Mba.. ^^
    Ternyata sunat saat masih bayi memiliki manfaat yang besar ya dan didukung dengan klinik yang fasilitasnya bagus kayak di Circum ini. Pun saya baru tahu ternyata ada beberapa metode sunat yaa..

    BalasHapus
  13. Eh anak jaman sekarang pada susah sunat ya? Aku dulu kok malah semangat banget, jadi mau-mau aja pas sunat abis lulus SD hehe.

    Syukurlah Zoe sudah sunat dan segala sesuatunya lancar. Btw, Cikutra sendiri deket sama rumahku di Bandung ini. Tapi kebetulan 2 anakku perempuan semua. Infonya bisa aku share saja ke temen-temen lain yang membutuhkan.

    BalasHapus
  14. Di keluarga besarku, anak laki laki juga selalu di sunat saat bayi
    Sunat bayi bukan hal yang membahayakan ya mbak
    Apalagi sekarang banyak sekali metode sunat yang nggak sakit

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak