Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

INTERLAC Drops, 1000 Hari Pertama Kehidupan Lebih Baik

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada anak-anak saya adalah masalah pencernaan. Menurut saya karena salah satu penyebabnya adalah saya termasuk orang yang makannya pilih-pilih. Sehingga kebutuhan akan nutrisi menjadi kurang dapat terpenuhi dengan baik dan hal tersebut berimbas kepada anak di masa kehamilan dan menyusui.

Pernah terjadi pada anak kedua saya, ia mengalami konstipasi, perut kerap kali kembung, lebih sering gumoh hingga diare berulang. Hingga akhirnya saya bawa ke dokter untuk meminta pertolongan, memang sih hal tersebut tergolong normal pada bayi yang hanya mengkonsumsi asi, tapi saya sudah tak tega melihatnya dan sangat khawatir karena ia menjadi lebih rewel dari biasanya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya agar masalah pencernaan tersebut tidak terulang kembali kepada anak ketiga, saya lebih mempersiapkan diri sejak masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai atau tepatnya saat masa kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari) salah satunya lebih menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Bunda sudah pernah mendengar mengenai 1000 hari pertama kehidupan pada anak-anak ?, atau sudah pernah tahu namun masih ragu untuk informasinya, berikut saya tuliskan pemaparan dari berbagai sumber yah.


Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan

Periode 1000 hari pertama anak, mempunyai dampak yang luar biasa untuk kesehatan masa depan dan pertumbuhan anak secara fisik maupun kognitif, karena faktanya :
70% dari kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama
80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama

Terdapat 3 faktor utama yang saling berkaitan dan sama pentingnya selama 1000 hari pertama anak, yaitu : nutrisi, genetik dan mikrobiota usus. Selain itu perkembangbiakan bakteri baik di usus bayi memiliki kaitan erat dengan kesehatan di 1000 hari pertama anak.

1000 hari pertama dimulai dari kandungan, dimana mikrobiota sehat pada ibu hamil adalah hadiah perlindungan terbaik untuk 1000 hari pertama anak. Namun, tidak semua ibu hamil memiliki kandungan bakteri usus yang baik.

Terutama untuk bayi yang lahir secara caesar, tidak melewati vagina selama proses kelahirannya, yang menyebabkan kondisi ketidakseimbangan pada kandungan bakteri baik dan buruk pada ususnya saat awal kelahiran (bakteri baik masih sedikit). 

Inilah salah satu alasan sebaiknya dan bila memungkinkan bayi dapat dilahirkan secara normal sehingga mendapatkan transfer bakteri baik dari ibu hamil saat proses kelahiran, karena ketidakseimbangan bakteri baik dan buruk pada usus bayi tersebut dapat bertahan hingga 7 tahun.

Kebetulan saya salah satu ibu yang tak dapat melahirkan secara normal untuk ketiga buah hati saya, sehingga selain menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh ketika hamil dan sekarang dimasa menyusui.

Sesuai dengan anjuran dokter, secara rutin saya memberikan INTERLAC drops dengan kandungan probiotik yang memang dapat mendukung di 1000 hari pertama kehidupan sekaligus sebagai suplementasi bakteri baik bagi si kecil.


Mengenal Probiotik

Apa itu probiotik ?

Probiotik merupakan bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat (sesuai) dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO, 2022)

Apa bedanya dengan prebiotik ?

Prebiotik adalah makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh : oligosakarida/fructooligasaccharide (FOS)

Probiotik bukanlah obat, BPOM mengkategorikan sebagai suplemen. Probiotik adalah bakteri baik yang memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.

Dua jenis bakteri yang harus diketahui

Bakteri baik (friendly bacteria) yaitu bakteri komensal yang memberikan manfaat kesehatan untuk menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toxin, alergen dan mikro organisme berbahaya dan membantu proses pencernaan.

Bakteri pantogen (unfriendly bacteria) yang menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toxin, berisiko sebabkan efek karsinogenik dan menyebabkan sakit atau gangguan pada saluran cerna.

Syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO :

WHO mendefinisikan probiotik sebagai mikro organisme hidup yang bila di konsumsi dalam jumlah yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya, dengan syarat sebagai berikut :

1. Berasal dari manusia
2. Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna
3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
4. Menghasilkan zat antimikroba
5. Mampu melawan mikroorganisme jahat (pathogen)
6. Terdokumentasi penelitian klinis yang baik


Tentang INTERLAC

INTERLAC adalah satu-satunya produk probiotik yang mengandung probiotik lactobacillus reuteri DSM 17938 yang merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

INTERLAC merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai world leader in probiotic.


Gangguan di saluran pencernaan diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, hygiene yang buruk, stress, diare maupun pemakaian obat yang berlebihan hingga peningkatan jumlah bakteri jahat (pathogen). Untuk mencegah dan mengatasi dengan menjaga kebiasaan hidup yang baik dan konsumsi suplemen probiotic.

Manfaat & kegunaan INTERLAC

INTERLAC sebagai probiotik anak dan probiotik untuk bayi dengan rentang usia 0-3 tahun :
1. Menjaga kesehatan saluran cerna, sehingga terhindar dari penyakit seperti diare, konstipasi (sembelit), sakit perut, kembung dan gumoh pada bayi (regurgitasi)
2. Sebagai terapi dan pencegahan kolik infatil 
3. Menaikkan sistem imun atau daya tahan tubuh
4. Mencegah alergi 
5. Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik 

Waktu mengkonsumsi INTERLAC

INTERLAC sebaiknya dikonsumsi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan untuk mendukung tumbuh kembang. Penggunaan INTERLAC boleh sebelum atau setelah makan dan dapat dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang, karena INTERLAC merupakan suplemen bukan obat, konsumsi INTERLAC jangka panjang dapat membantu menjaga saluran cerna dan daya tahan tubuh.

 5 ciri khas INTERLAC drop asli :

Sebagai produk probiotik yang banyak manfaatnya dan disarankan penggunaannya oleh para dokter, sehingga saat ini banyak beredar  INTERLAC palsu dipasaran. Cara membedakan produknya sebenarnya cukup mudah dan sangat terlihat bedanya, lebih detailnya bisa melihat di link ini.

1. INTERLAC drop asli, diujung kemasan saat diteteskan disendok tidak meleber
2. INTERLAC drop asli, kemasan botolnya lebih tinggi (5,8 cm) daripada yang palsu
3. INTERLAC drop asli, pada ujung botol lebih menonjol keluar
4. INTERLAC drop asli, pada tutup botol bagian dalam terlihat melebar
5. INTERLAC drop asli, tulisan kode pada bagian bawah botol lebih jelas

Tempat pembelian INTERLAC

Untuk memastikan keasliaan produk ada baiknya hanya membeli di tempat berikut yang saya rekomendasikan yaitu : 
1. Bila membeli secara online melalui e-commerce pastikan membeli produk INTERLAC hanya dari  Interbat Official Store
2. Untuk pembelian offline bisa di baby shop, apotik modern & terpercaya seperti : Viva Health, Watsons dan Guardian.
3. Atau untuk lebih praktis bisa beli produk INTERLAC disini

INTERLAC drop bebas dari cemaran Iberbahaya 

INTERLAC drops mengandung bakteri baik lactobacillus reuteri DSM 17938, bukan tergolong dalam sediaan sirup dan tidak menggunakan bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya yang berpotensi mengandung cemaran EG & DEG.

INTERLAC drops sudah diperkuat dengan Surat Keterangan BPOM yang menyatakan INTERLAC bebas dari EG & DEG dan cemaran berbahaya lainnya.


Kesimpulan 

Semua probiotik berbeda-beda, INTERLAC memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO, memilih INTERLAC berarti memilih probiotik yang teruji klinis, aman dan efektif sesuai rekomendasi dokter di lebih dari 90 negara. Cukup dengan pemberian 1x sehari, Interlac akan membantu meningkatkan kesehatan cerna dan sistem imun pada si kecil.

Selamat mencoba yah bun.

Komentar

  1. Anakku dlu saat bayi sering banget bermasalah dengan pencernaanya suka sulit pup. Trnyata memang kesehatan saluran cernanya gk bagus makanya butuh banget interlac suplemen probiotik untuk menjaga saluran cerna anak

    BalasHapus
  2. Lebih baik menjaga dan selalu sedia Interlac gini yaa dibanding terlanjur anak terkena diare..

    Kitanya jadi sedih sendiri ya kalau dia jadi gk nafsu makan dan BB turun drastis saat diare, huhu. Makanya penting banget ya untuk menjaga saluran cernanya dengan probiotik yang tepat 🤗

    BalasHapus
  3. Bener banget, masalah pencernaan anak memang sering jadi masalah mengingat kesehatannya yang rentan di musim seperti ini. Apalagi kalau sudah sakit rewel, sulit juga mengatasi masalah perut anak. Wah mantep ini interlac bisa jadi solusi, baru tahu ada bakteri baik yang diperlukan anak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sekarang udah mudah ya mendapatkan probiotik yang standar WHO. Aku juga baru tahu loh kalo probiotik itu ada standarnya sendiri2. Kukira dulu ya sembarang aja gitu, ternyata emang ada aturan bakunya.

    BalasHapus
  5. Probiotik dari interlac ini memang sudah rekomen banget ya mbak, karena sudah diakui oleh WHO

    BalasHapus
  6. Ternyata Interlac ini bisa dikonsumsi di 1000 hari pertama kehidupan anak ya mba. Berarti boleh juga ya dikonsumsi dari anak lahir kan ya

    BalasHapus
  7. Ini salah satu produk yang mesti ada di rumah sih. Apalagi sekarang musim sakit inah itu juga kan.

    BalasHapus
  8. Interlac Drop praktis dan aman bgt dikonsumsi ya, ga perlu ribet saat ngasih ke bayi tinggal ditetesin aja

    BalasHapus
  9. aku baru tahu sih tentang pentingnya probiotic ini, dan senangnya kalau sudah produk yang terjamin keamanannya untuk si kecil ya :) apalagi bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya di 1000 hari pertama.

    BalasHapus
  10. Kasian kan ya kalo pencernaan anak bermasalah jadi gak nyaman dan rewel

    BalasHapus
  11. Anak anak itu kalau nggak sembelit ya mencret. Biasanya gitu, apalagi kalau sudah makan MPASI. Orangtua harus pandai memilih asupan yang sehat untuk anak, terutama masa masih bayi. Untung sekarang ada Intelac, yang bisa bantu mengatasi masalah pencernaan bayi.

    BalasHapus
  12. Buat pilih suplemen probiotik buat anak memang harus teliti ya kita harus tahu suplemen yang sesuai dengan stndar WHO sperti Interlac Drops yang bagus untuk menjaga saluran cerna anak

    BalasHapus
  13. Pencernaan bayi memang masih sangat sensitif. Makanya mudah terganggu saluran cernanya. Orangtua harus tau dan mulai nyetok Interlac Drops, nih. Supaya bisa tetap menjaga kesehatan saluran cerna bayi

    BalasHapus
  14. Aku baru mengerti nih Mba, ternyata melahirkan secara normal pun menjadi proses pemindahan bakteri baik pada usus ibu dan si kecil yang prosesnya nggak didapatkan ketika melahirkan secara caesar.

    BalasHapus
  15. Yes pengalaman Khal waktu masih bayi pemcernaannya belum sempurna jadi lebih sensitif terhadap makanan. Dulu belum ada interlac waktu anakku bayi sekaramg enak deh udah ada.

    BalasHapus
  16. Wah ternyata probiotik itu penting ya buat pencernaan kita. Nanti ah aku juga mau coba kasih anakku probiotik siapa tahu sembelitnya berkurang setelah konsumsi probiotik

    BalasHapus
  17. Insight bermanfaat nih mbak buat daku, bahwa persiapan 1000HPK itu perlu dipahami ya, karena dampaknya buat tumbuh dan kembang si kecil kedepannya.

    BalasHapus
  18. Luar biasa pentingnya memerhatikan 1000 HPK pada anak ini.
    Memberikan produk terbaik yakni Interlac Drops, mampu jaga daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah terserang sakit terutama di saluran cernanya.

    BalasHapus
  19. 1000 hari pertama adalah masa krusial untuk anak ya, sebagai orang tua, terlebih bagi Ibu kita harus sangat memperhatikan masalah yang satu ini.
    anakku yang nomor 2 juga nih sering bermasalah dengan pencernaannya, kemarin coba konsumsi Interlac juga tapi yang tablet, semoga dengan iktiar ini kesehatan saluran cernanya jadi lebih baik.

    BalasHapus
  20. Wajib banget ya stok Interlac Drops dirumah agar stamina dan daya tahan tubuh si kecil tetap terjaga apalagi kandungan probiotiknya itu loh

    BalasHapus
  21. Interlac Drop adalah probiotik terbaik yang membantu mengoptimalkan perkembangan 1000 hari pertama anak ya mbak

    BalasHapus
  22. Ini vitamin anak bagus banget supaya ga drop yah Kak si anak dan ada kandungan pribiotiknya juga

    BalasHapus
  23. 1000 HPK emang dampaknya ga main main, penting banget dimaksimalkan. Soal probiotik aku dulu awam nih sampai akhirnya ikut talkshow dari Interlac dan ternyata jadi tau seberapa bermanfaat yaa bakteri baik

    BalasHapus
  24. Wah.. Dapat ilmu baru nih saya. Baru tau lebih jelas tentang probiotik dan prebiotik. Ternyata itu semua penting ya buat 1000 hari pertama kehidupan. Makasih buat sharingnya mbak. Sukak!

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak