Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Malam Tahun Baru Di Hotel Mercure Convention Center Ancol

Kali pertama menikmati suasana malam pergantian tahun dengan menginap di hotel, pilihan hotelnya jatuh kepada Mercure Convention Centre Ancol yang berada di utara Jakarta.

Awalnya tidak ada rencana untuk bisa menghabiskan waktu disana, namun karena menemukan voucher menginap murah dari salah satu travel agent langganan dan saya pikir sekaligus memberikan Zaidan hadiah untuk nilai raportnya yang bagus dan mengisi waktu selama liburan sekolah semester satunya.

Berjaga-jaga dari ramainya pengunjung Ancol dan menghindari terjebak kemacetan kendaraan, kami pun sudah tiba sejak sore hari sekitar jam 3 di hotel Mercure Convention Centre Ancol.

Masuk area ancol tidak ada antrian berarti yah, kita masuk lewat pintu samping dimana terdapat banyak boat diparkirkan. Karena hal tersebut, saya perkirakan suasana hotel pun akan tampak tidak jauh berbeda ternyata salah total, kondisi hotel sudah ramai sekali.

Setelah paksu mengantarkan kita ke lobby dan menurunkan barang, lalu ia pun mencari parkir kendaraan yang tersedia di halaman depan hotel, sampai paksu selesai memarkir kendaraan saya masih juga menunggu untuk proses check in.

Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Lobby
Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Dekorasi Natal
Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Pintu Masuk
Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Resepsionis

Sementara itu petugas bell boy sangat sigap membantu, mereka segera menaruh semua barang bawaan kita ke dalam trolley khusus, sambil menunggu giliran saya untuk dilayani, anak-anak berkeliling sekitar area resepsionis yang cukup luas ini dan didekorasi dengan sentuhan natal dan tahun baru.

Terdapat coffee shop di bagian depan resepsionis, kemudian ada toko souvenir juga dan terdapat 2 akses lift untuk menuju kamar yang berada di sisi kiri dan kanan. Selain itu karena menyambut Tahun Baru, dihotel pun diselenggarakan sebuah acara musik untuk para tamu-tamu dengan htm sekitar 600 ribu-an.

Review Kamar

Sebenarnya proses check in tidak lah terlalu lama, mungkin sekitar 10-15 menit. Kami mendapatkan kamar nomor 617, kamar dengan tone warna coklat yang kami dapati dengan pemandangan halaman parkir kendaraan, inginnya sih pemandangan pantai atau laut tapi sayang sekali kamar tersebut sudah penuh.

Hotel Mercure Convention Centre Ancol
Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Lorong Kamar

Didalam kamar yang kami tempati terdapat 2 single bed, rapi dengan sprei dan sarung bantal berwarna putih yang kemudian saat malam hari tempat tidur tersebut kami rapatkan. Area kamar cukup nyaman dan cukup besar, mungkin penyebabnya adalah karena lantainya yang bermotif kayu, sehingga memberikan kesan selain lebih nyaman juga lebih hangat.

Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Kamar

Setelah pintu masuk di sebelah kanan terdapat toilet dengan pintu geser. Di area toilet ini menjadi satu dengan kamar mandi dan wastafel. Pada wastafel terdapat hair dryer yang berfungsi dengan baik dan toiletris lengkap yang kita dapatkan secara cuma-cuma.

Dikamar mandi terdapat kaca besar dengan penutup kerai, saya termasuk yang menyukai desain seperti ini untuk kamar hotel, salah satu alasannya kita orang tua dapat memantau anak yang tengah mandi dari area tempat tidur, apalagi kalau di dalam kamar mandi terdapat bath tub.

Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Bathroom

Berhadapan dengan pintu kamar mandi, terdapat lemari dengan isi beberapa gantungan baju. Sama halnya dengan pintu toilet, pintu lemari juga dengan sistem geser, didalamnya terdapat safety box juga tersedia dua pasang sandal kamar.

Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Foyer

Hotel Mercure Convention Centre Ancol - Free Complimentary (inc coffee & tea)

Tepat berada di depan tempat tidur terdapat televisi yang digantung, dibawahnya terdapat meja multifungsi, dibagian ujung kanan terdapat kursi dan lampu meja, bisa digunakan untuk meja kerja ataupun meja makan. Sementara itu dibagian ujung kiri ukuran mejanya lebih rendah untuk menaruh tas-tas dan juga koper.

Pada meja terdapat beberapa laci, saya gunakan untuk menaruh koper-koper berukuran kecil yang kami bawa, kami seperti biasa membawa dua koper anak saja. Kemudian terdapat sebuah kaca besar yang sebenarnya bisa dibuka namun terkunci dengan rapat.

Dibawah jendela terdapat sebuah meja dengan 2 kursi untuk santai atau dapat juga digunakan untuk meja makan. Oiya di sisi kanan dan kiri tempat tidur terdapat meja kecil yang diatasnya terdapat lampu kamar. Kemudian untuk ac kamar adalah ac sentral dan berfungsi dengan baik, namun karena hari itu hujan sepanjang hari, jadi kami tidak menggunakannya karena sudah dingin sekali.

Review Kolam Renang

Salah satu alasan saya memilih menginap di Mercure Convention Center Ancol karena terdapat water park untuk anak-anak walaupun tidak besar ukurannya dan hanya ada dua sliding saja, namun terdapat juga kolam renang khusus untuk anak-anak yang berisikan bola-bola plastik.

Sayang sekali hari terakhir di tahun 2022 ini hujan terus sepanjang hari, ketika kami datang pun hujan baru saja reda, setelah masuk kamar lalu saya dan anak-anak makan kemudian kami segera menuju kolam renang.

Namun agak kecewa karena begitu kami akan memasuki area kolam renang, kami diberitahukan oleh petugas hotel bila kolam sudah akan ditutup di jam 5 sore karena akan difungsikan untuk acara tahun baru.

Tidak ingin mengecewakan anak-anak yang sudah ingin sekali berenang dan sudah berganti pakaian renang juga, akhirnya saya meminta izin kepada petugasnya agar anak-anak tetap dapat masuk ke kolam renang hanya untuk melihat-lihat.

Hotel Mercure Convention Center Ancol - Kolam Renang
Hotel Mercure Convention Center Ancol - Taman

Hujan gerimis mulai turun lagi begitu kami masuk area kolam renang dan karena kami datang bersama Baby Z akhirnya saya putuskan untuk kembali masuk ke dalam lobby hotel saja. Hingga setengah jam kemudian hujan pun berhenti dan saya duduk menunggu paksu dan anak-anak tak kunjung kembali, saya pun kembali ke area kolam renang dan mendapati mereka tengah asiek berenang.

Akhirnya sambil menunggu anak-anak dan paksu saya berkeliling sebentar karena masih hujan rintik-rintik sore itu, area kolam renang cukup luas menurut saya, di sekitar kolam renang terdapat taman-taman yang sebenarnya di tata rapi dan cocok sekali untuk berfoto ria, tapi karena hujan jadi tidak memungkinkan.

Penutup Cerita

Malam hari menjelang pergantian tahun kami hanya keluar sore hari hingga waktu magrib, kami lebih banyak menghabiskan waktu di kamar saja, karena hujan gerimis tak kunjung reda, kami juga tidak ingin terjebak macet bila memaksakan keluar kamar dan berjalan-jalan dengan mobil disekitar jalanan Ancol.

Namun tengah malam sekitar hampir jam 12, paksu dan Zaidan menyempatkan keluar kamar hotel demi melihat ramainya pesta kembang api secara langsung, sementara saya tetap berdiam dikamar dengan Zeanissa dan baby Z karena mereka sudah tertidur lelap.

Sebenarnya dari dalam kamar walaupun dari kejauhan pun terlihat ramainya pesta kembang api yang dipasang sebagai simbol pergantian tahun ini. Untungnya walau riuh sekali suara kembang api dan petasan anak-anak tidak ada yang terbangun dari tidurnya.

Hotel Mercure Convention Center Ancol - Restoran Tampak Samping

Staycation di hotel kali ini harga kamarnya tidak termasuk dengan sarapan dipagi hari, salah satu alasannya karena saya dan paksu agak kesulitan bila sarapan di restoran yang ramai dengan tamu, tidak kondusif kondisinya dengan anak-anak jadi kami putuskan untuk sarapan di kamar saja, lebih santai dan bisa makan dengan nikmat dan pastinya kenyang maksimal.

Untuk sarapan ini kami sudah membeli di malam hari sekaligus bersamaan dengan membeli makan malam di Indomart yang berada disebelah hotel. Sarapan praktis saja pop mie, sereal dengan susu dan beberapa roti manis dan cookies.

Walaupun tidak banyak aktivitas yang dapat kami lakukan di Hotel Mercure Convention Centre Ancol, namun sebagai pengalam pertama menginap disini sangat menyenangkan, para staf hotel sangat ramah dan membantu sekali, ruangan kamar kami pun nyaman, bersih dan aman, tidak ada masalah dengan fasilitas kamar.

Saya merekomendasikan Hotel Mercure Convention Centre Ancol bila ingin menginap bersama keluarga disini, karena selain fasilitasnya cukup lengkap, area hotel juga sangat dekat dengan pantai festival sehingga memungkinkan anak-anak untuk dapat bermain pasir disini.

Selain itu juga letak hotel ini paling strategis, selain dekat dengan pantai juga dekat dengan dunia fantasi, Atlantis Water Adventure maupun Ecopark dan tempat rekreasi lainnya yang ada di Ancol.

Ayah bunda sudah ada yang pernah menginap di Hotel Mercure Convention Centre Ancol ini ? Yuk sharing cerita kalian di kolom komentar yah.