Sabtu, 13 November 2021

Serunya Bermain Di Scientia Square Park (SSQ)

Sekitar tahun 2016 lalu saya pernah ketempat ini bersama dengan Zaidan dan ayahnya, saat itu Zaidan baru berusia 2 tahun. Ternyata 5 tahun berlalu dan tempat bermain ini sekarang banyak sekali telah mengalami perubahan.

Tempat ini dikenal dengan nama Scientia Square Park (SSQ) Perubahan yang dilakukannya sebagai salah satu tempat bermain sekaligus belajar anak sangat mengesankan. Selain lebih memberikan keseruan juga memberikan lebih banyak tempat pilihan bermain anak-anak, bahkan menurut saya lebih lengkap.

Kini di Scientia Square Park (SSQ) tidak hanya tersedia ruang terbuka hijau yang luas saja, namun saat ini sudah ada waterpark dan mini zoo, dua arena bermain yang juga menjadi favorit anak-anak. Kalau yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, Scientia Square Park (SSQ) kurang lebih mirip dengan Kebun Binatang Ragunan atau Taman safari Puncak, namun dalam versi lebih mini.


Harga Tiket Masuk, Jam Buka & Akses Jalan

Hari itu (11/11) Bersama dengan kedua adik saya dan anak-anaknya kami berangkat dari rumah sekitar jam 2 siang hari menuju Scientia Square Park (SSQ) yang berada di daerah Serpong Tangerang. Sebenarnya tempat yang buka setiap hari ini, sudah buka dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam.

Untuk yang pertama kali akan datang ke Scientia Square Park (SSQ) untuk menuju kesini jalan tercepatnya melalui tol yang mengarah ke Tangerang dapat memilih tol dalam kota Jakarta atau tol jorr lalu keluar di pintu tol Serpong.

Kami memilih kedatangan di hari kamis atau weekday salah satu alasannya untuk menghindari keramaian dan karena harga tiket masuk (htm) yang lebih murah yaitu 45 ribu saja, sementara untuk htm weekend 95 ribu.Mengikuti prokes dengan ketat, di Scientia Square Park (SSQ) seluruh pengunjung wajib menggunakan masker dan wajib check in di aplikasi peduli lindungi saat kedatangan.

Tidak langsung bermain, kami memutuskan mengajak anak-anak untuk shalat ashar dahulu, mushola terletak di dalam taman tak jauh dari ayunan bulat besar yang menjadi ikon dari Scientia Square Park (SSQ). Sebagai seorang muslim senang sekali rasanya menemukan mushola dalam kondisi bersih, rapi dan juga luas, jadi jangan lupa membawa mukena dan sajadah sendiri.


Area Wajib Di Datangi 

Tempat pertama yang kami singgahi adalah The Metamorphosys, pada 5 tahun lalu tempat ini berisi kupu-kupu namun saat ini berisikan burung hantu, tupai dan ayam-ayam. Desainnya masih sama hanya isinya saja yang telah berganti. 

Tepat di depannya terdapat arena Feeding Rabbit, terdapat sekitar 5 kelinci yang menggemaskan, untuk memberinya makan kita dapat membeli sekantong wortel yang dijual seharga 10 ribu tak jauh dari tempat tersebut. Untuk anak-anak yang suka menunggang kuda juga ada yah disini, karena ukuran kuda yang besar sekali saya tidak mengizinkan anak-anak untuk naik kuda disini. 

Masih dia area yang sama juga terdapat 3 kolam ikan KOI yang cukup besar, disini kita bisa duduk santai sambil memberikan makan ikan-ikan namun kami hanya lewat saja ditempat tersebut karena tidak ada pagar pembatas sehingga khawatir anak-anak akan tercebur dikolam tersebut.


Tepat di sebelahnya ada lagi sebuah kolam yang lebih besar sebagai Fishing Club yang difungsikan untuk tempat memancing dan sudah tersedia alat pancing dan embernya, untuk dapat menggunakan fasilitas tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar 50 ribu sudah termasuk sewa 1 set alat pancing, 1 ember ikan, 1 jaring ikan, 1 saraung tangan kain dan 1 paket umpan (tambahan paket umpan 5 ribu)

Cocok nih buat ayah yang senang memancing sambil menunggu anak-anak dan bunda yang berkeliling di Scientia Square Park (SSQ) karena ikan hasil pancingan juga bisa dibawa pulang loh dengan membayar 4 ribu / 100 gr ikan.

Untuk kolam ikan KOI juga ada di dekat mushola, tepatnya disamping jalan keluar untuk menuju area restoran. Disini juga sama untuk kolamnya tidak ada pagar pembatas sehingga kita orang tua tidak boleh lengah mengawasi anak ketika bermain disini.

Kami melanjutkan petualangan ke bagian belakang dan bertemu dengan mini zoo yang bernama Teepee Barn. Di sini anak-anak akan bertemu dengan beberapa jenis binatang yang menurut saya tidak biasa kita temui di kebun binatang, seperti : alpaca, sapi skotlandia, kuda poni dan mini donkey.

Yang menyenangkan para staf di tempat ini sangat membantu sekali, mulai dari menjelaskan tentang binatang-binatang tersebut kepada anak-anak hingga memudahkan kami yang ingin berfoto bersama dengan para alpaca yang sudah mejeng di panggung siap berfoto ria dengan para pengunjung secara bergantian.

Untuk berfoto dengan para alpaca ataupun binatang lainnya yang ada di  Teepee Barn tidak dikenakan biaya lagi, namun ada pengaturan waktunya. untuk pagi hari dari jam 8 - 10 dan untuk sore hari dari jam 4 - 6, jadi jangan sampai melewatkan waktu tersebut yah.

Yang tak boleh dilewatkan juga, tepat di depan pintu masuk Teepee Barn sebelah kiri tersedia kursi-kursi dan meja untuk kita beristirahat sambil makan atau minum dan menikmati rindangnya pepohonan bambu-bambu di kanan dan kiri, atau bisa juga untuk menambah koleksi foto-foto.

Ternyata waktu 2 jam berlalu dengan cepat dan karena anak-anak juga ingin main di waterpark sehingga kami buru-buru ketempat tersebut dan hanya sekilas saja melewati area Dog Camp, dimana berkumpul anjing-anjing besar namun menggemaskan untuk dipandangi berlama-lama.


Area terakhir yang kami datangi O'Splash Water Playground, tempat yang ketika kami baru datang sudah membuat anak-anak terpukau dan tak sabar ingin bermain disana karena paling terlihat dari tempat parkir kendaraan.

Untuk masuk ke O'Splash Water Playground ini juga gratis loh, sudah termasuk dengan harga tiket masuk. Bukanya juga sesuai dengan jam buka Scientia Square Park (SSQ) jadi bila seharian berada disini yah nggak rugi bisa maik berkali-kali tanpa ada batasan dari pagi hingga petang hari.

Masih dalam satu area, terdapat sebuah kafe yang instagramable untuk foto-foto atau bersantai dengan minum kopi sambil menunggu anak-anak yang tengah bermain air. Namun untuk orang tua yang masih mempunyai anaknya seperti saya berusia dibawah 3 tahun, lebih baik untuk mendampingi karena tidak ada lifeguard disini.

Kurang dari satu jam anak-anak bermain dari sini dan senangnya mereka pun sudah puas sekali karena saat kami datang tempat tidak terlalu ramai sehingga mereka bisa bermain dengan leluasa tanpa harus berebutan terutama untuk area sliding.

Harusnya kami berencana untuk segera pulang setelah waktu bermain air namun karena anak-anak masih ingin bermain di sekitar Wall Climbing yang juga terdapat area bermain skateboard ditambah waktunya nanggung untuk shalat magrib sehingga kami pun memutuskan untuk makan malam di restoran yang berada diluar area Scientia Square Park (SSQ). 

Untuk menuju area restoran kita bisa keluar dari Scientia Square Park (SSQ) dan cukup melakukan scan barcode pada tiket yang kita miliki dan ini bisa kita lakukan berkali-kali yah, untuk itu penting menjaga tiket-tiket tersebut agar tidak hilang atau rusak. Selain itu karena memang di dalam area Scientia Square Park (SSQ) tidak ada tempat makan lainnya selain kafe yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Sebenarnya untuk datang ke Scientia Square Park (SSQ) tidak hanya untuk orang tua dengan anak-anak saja yah untuk remaja maupun orang dewasa yang ingin mencari tempat wisata dengan ruang terbuka bisa melihat sawah, kebun menikmati taman yang asri, rekomendasi deh datang kesini.

Apalagi saat ini di area Scientia Square Park (SSQ) tengah di dekorasi dengan tema Halloween, jadi makin seru kalau mau menambah koleksi foto-foto ditempat yang instagramable ini.


Kesimpulan : I am Happy Visitor

Happy sekali saya dapat mengajak kedua anak saya ke Scientia Square Park (SSQ) kalau ini tempatnya lebih dekat dari area rumah saya saja, mungkin bisa tiap minggu main disini, karena salah satunya tempat bermain outdoor seperti ini jarang sekali ada di sekitar Jakarta maupun Tangerang.

Fasilitas bermainnya bagus, kebersihannya juga terjaga, stafnya juga ramah-ramah. Rekomendasi deh untuk para orang tua yang memiliki anak-anak diatas usia 2 tahun hingga mungkin usia sd kali yah.

Harapan saya semoga Scientia Square Park (SSQ) bisa terus berkembang yah dengan menambah lebih banyak lagi arena karena lahannya masih sangat luas sekali, hihihi.

Semoga sharing saya untuk Scientia Square Park (SSQ) ini bermanfaat yah ayah bunda dan bisa mengajak si kecil bermain disini juga. Happy Holiday.




15 komentar:

  1. Wih mantep liburan ke kebun binatang sekalian bermain dan belajar nih si kecil. Gemesin apalagi di sana satwanya beragam, menarik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibilang ini mini kebun binatang sih mba anisa, gak lengak tapi tetap beragam jadi menarik perhatian anak-anak dan orang tua juga.

      Hapus
  2. Seru banget jalan-jalan di scientia square park ini ya mbak. Apalagi lihat suasananya dan lingkungannya bersih. Btw hamparan padi di tengah gedung kayaknya adem banget ya mbak.

    BalasHapus
  3. Ih lucu banget ya binatang binatangnya, apalagi yang ada di foto pertama. Itu apa ya? Ilama kah? Terus yg coklat2 kayak sapi itu apa namanya?

    BalasHapus
  4. Rekomendasi tempat berlibura yang seru di daerah Serpong, Tangerang ini.. Scientia Square Park. Dan iya banget, kalau tempat wisatanya terjaga kebersihannya, tempat sholatnya juga nyaman, dan ada banyak area explorasinya, ini beneran menyenangkan sekali.

    Scientia Square Park sangat terjangkau juga harganya yaa..
    Apakah anak-anak juga dikenakan biaya HTM sama seperti orang dewasa?

    BalasHapus
  5. Liburan sekaligus belajar, itu asiknya ke kebun binatang, jadi anak-anak dapat manfaatnya double ya. Seru nih

    BalasHapus
  6. Ssq bukan hanya memberikan kebahagian pada pada anak anak tapi bapak bapak happy bisa mancing

    BalasHapus
  7. huah mba May beda jauh tiketnya kalau pas weekend wkwkwk udah penuh harganya mayan juga mending ke sana pas weekdays 45k saja :p

    aku pengen banget deh liat alpaca mba ternyata di sana ada sukaaaa anak-anak juga sering liat alpaca tapi via youtube semoga pas ke Bekasi bisa mampir sini

    BalasHapus
  8. Penasaran sama alpaka nya mba..belum pernah melihat langsung soalnya, hehe. Lihat view cafenya rasanya pengen banget ambil foto di scienta park..semoga nanti terwujud..aamim

    BalasHapus
  9. Dari anak-anakku masih di sekolah dasar pengen banget bawa mereka ke Scientia ini tapi gak kesampaian. Sampai akhirnya mereka udah SMP dan SMA udah pada gak mau lagi..hehehe tapi yang penasaran sih emaknya nih pengen tau kayak apa sih Scientia ini. Terjawab dengan membaca artikel ini. Makasih ya sharingnya.

    BalasHapus
  10. Tempat liburan paket lengkap nih... anak anak pasti suka.. bisa belajar soal hewan, pertanian juga berenang.. kalo mau puas kudu datang pagi dan pulang sore nih biar bisa mencoba semua wahananya

    BalasHapus
  11. Kalau melihat ini aku selalu iri dengan oragn2 tangerang huhhu... pada banyak banget objek jalam2 di sana mulai dari cafee tempat gauk untuk keluarga hueheu

    BalasHapus
  12. Wah kyknya kapan2 bisa nih ke sana ngajak anak2. Kalau mini zoo gini kan ngidernya gak capek juga. Apalagi msh di satu area ada kolam dan arena wall climbing anak2 pasti seneng banget :D

    BalasHapus
  13. Huwaaa... aku belum kesampaian nih ke sini. Padahal banyak yang bilang bagus, apalagi liat review mba. Oke kayaknya ya buat tempat wisata anak anak.

    BalasHapus
  14. ini untuk masuk ke wahana yg lain kaya kolam ikan kolam renang bayar lagi gak ya mba

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.