Novakid, Solusi anak Pintar Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris




Tanpa terasa bulan oktober ini adalah bulan ketiga untuk anak saya, Zaidan, telah belajar di SD. Masih terkendala dengan pandemi hingga saat ini anak saya pun masih mengikuti proses belajarnya via daring dengan aplikasi zoom meeting.

Salah satu kekurangan dari sekolah secara online adalah pembelajaran yang diterima oleh anak-anak menjadi kurang maksimal, terutama untuk pembelajaran bahasa inggris. Padahal pelajaran ini penting karena sekolah zaidan menerapkan bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai oleh peserta didiknya.

Untuk memberikan bekal keterampilan berkomunikasi dalam bahasa inggris yang lebih baik saya pun mencari rekomendasi english online class khusus untuk anak-anak, terutama untuk Zaidan yang telah berusia 7 tahun dan baru saja memulai sekolah dasar.

Pertemuan saya dengan NOVAKID, sesuai dengan harapan. Untuk anak sekolah dasar prioritas dari NOVAKID bukan menjadikan bahasa inggris sebagai mata pelajaran. Fokus utamanya agar anak-anak dapat mempraktikkan komunikasi secara langsung sehingga untuk anak-anak yang baru mulai belajar bahasa inggris tidak menganggapnya sulit ataupun membosankan.


NOVAKID 
Merupakan sebuah platform yang berasal dari Amerika Serikat yang menyelenggarakan pendidikan berbasis teknologi atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah EdTech. NOVAKID dalam hal ini mengkhususkan untuk mengajar bahasa inggris untuk anak-anak dengan rentang usia 4 hingga 12 tahun.

Terdapat 4 hal utama yang menjadi daya tarik dari NOVAKID sehingga memikat saya untuk memilih NOVAKID untuk anak saya, yaitu sebagai berikut :

1. Kelas Berbasis Permainan 
NOVAKID memahami betul metode pembelajaran yang menarik yang membuat anak-anak lebih mudah menerima pembelajaran dan tetap bersemangat selama kelas belajar yaitu dengan metode permainan yang interaktif dan komunikatif.

Dalam hal ini pengajar NOVAKID menerapkan metode Total Physical Response (TPR) yaitu sebuah metode yang menggunakan gestur tubuh (sikap, ekspresi wajah dan gerakan) untuk berkomunikasi dengan anak-anak murid.

Sehingga meskipun program ini dibuat untuk pembelajaran jarak jauh dan guru tidak hadir secara fisik serta komunikasi hanya dilakukan dengan bahasa inggris, anak-anak tetap dapat aktif, dapat lebih memahami pembelajaran dan dapat lebih menikmati keseruan aktivitas belajarnya.



2. Kelas Dengan Penutur Asli Bahasa Inggris
Untuk dapat belajar bahasa apapun itu dengan efektif dan mendapatkan hasil yang cepat juga, belajar dengan penutur asli suatu bahasa merupakan solusi yang paling tepat. 

Di awal pembelajaran mungkin anak-anak akan mengalami kesulitan karena bahasa inggris bukan bahasa yang sehari-hari digunakan. Namun seiring dengan berjalannya waktu justru anak-anak pun akan menyesuaikan dan terbiasa.

Seperti yang kita tahu anak-anak adalah peniru gerak dan suara yang ulung apalagi dengan rutin mengikuti kelas NOVAKID karena salah satu keunggulan dengan guru penutur asli berbahasa inggris akan membantu membuat anak mempunyai aksen bahasa inggris yang benar.

Terdapat pilihan lebih dari 1800 guru di NOVAKID yang berasal dari berbagai negara di dunia. Sebagai pengajar di NOVAKID para guru tersebut harus memenuhi standar dari NOVAKID yaitu diantaranya :
  • Penutur asli dengan minimal 2 tahun pengalaman mengajar
  • Para guru menghadiri pelatihan bulanan untuk melanjutkan pengembagan profesinya
  • Semua guru bersertifikasi : CELTA, TEFL, TESOL atau TKT

3. Kelas Bersifat Individu Selama 25 Menit
Dikelasnya Zaidan hanya terdapat 20 anak dengan dua guru pendamping, saya baru mengetahui bila semakin sedikit anak dalam suatu kelas, mereka pun akan lebih fokus dalam belajar dan durasi waktu belajar setiap mata pelajaran yang berjalan hanya 45 menit memungkinkan anak-anak lebih terjaga konsentrasinya.

Hal demikian juga diterapkan oleh NOVAKID dimana durasi waktu belajar hanya berjalan selama 25 menit, waktu ini cukup bagi seorang anak untuk belajar memantapkan pengetahuan baru serta tidak membuat anak menjadi lelah.

Selain itu setiap kelas bersifat individual dimana hanya ada 1 anak yang belajar dan 1 orang pengajar sehingga waktu pembelajaran bahasa inggris lebih efektif. Dengan demikian seorang guru dapat menyesuaikan program NOVAKID sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan muridnya.

Untuk memberikan suasana yang berbeda dari sekolah cara belajar di NOVAKID, tidak adanya buku teks atau buku catatan, bahan belajar anak terfokus hanya pada presentasi interaktif. Tidak hanya itu NOVAKID pun tidak memberi nilai.

Namun menggunakan teknik yang jauh lebih baik dalam memotivasi siswa untuk belajar yaitu guru pengajar pada NOVAKID akan menggunakan elemen permainan, dimana jawaban yang benar dari siswa akan dicatat pada sebuah akun pribadi sebagai bintang hadiah.

4. Program Menarik untuk Anak 
Program NOVAKID dibuat berdasarkan level A1 dan A2 standar CEFR Eropa. Merupakan program yang dikembangkan dengan bahasa utama - yaitu berbicara, membaca, mendengarkan dan memahami. Yang juga disesuaikan dengan tes YLE Starters, Movers and Flyers dari Cambridge English. 

Pada kelas percobaan, siswa akan ditentukan level kemampuan bahasa inggrisnya berdasarkan dua hal yaitu : 
  • Berdasarkan tingkatan yang diperiksa dari program yang berdasar dari tingkat kemahiran bahasa inggris anak
  • Berdasarkan umur diperiksa dari program berdasarkan usia anak
Dalam setiap level usia anak dibagi lagi menjadi unit kelas. Unit adalah sekumpulan kelas pada satu topik. Setiap unit memperkenalkan kosakata dan tata bahasa baru, melatih cara pengucapan dan berbicara. Sebagian besar unit terdiri dari 4 pembelajaran.

Program belajar yang menarik untuk anak juga ditambah dengan proses evaluasi belajar anak dan administrasi yang mudah di akses karena NOVAKID telah menyediakan aplikasi sekuler untuk orang tua dan tersedia di appstore maupun playstore. 


Hal lain yang saya suka dari NOVAKID adanya fleksibilitas waktu belajar yang dapat disesuaikan dengan kegiatan keseharian anak-anak kita. Selain itu karena NOVAKID adalah kelas online sehingga sesuai sekali dengan kondisi pandemi saat ini.

Proses belajar yang tidak mengharuskan adanya tatap muka justru menjadi keuntungan karena dapat dilakukan dimana saja selama ada fasilitas gadet seperti laptop, tab atau ipad bahkan cukup dengan handphone saja dan tentunya didukung dengan jaringan internet yang stabil.

Kalau saya sebagai orang tua saat ini selain lebih mengedepankan keamanan dan kenyamanan anak untuk belajar yang juga menjadi pertimbangan anak mengikuti NOVAKID karena dapat menghemat waktu dan uang karena tidak perlu pergi keluar rumah.


Ayah bunda ada yang tertarik juga untuk mendaftarkan anak ikutan belajar bahasa inggris di NOVAKID, yuk segera ikutan trial subscription yang sedang ada harga promo hanya dengan Rp. 327.000 anak sudah mendapatkan 4 kelas.

Untuk informasi lebih lengkap dan jelas ayah bunda dapat mengirimkan direct message (dm) ke akun instagram @novakid_id atau dapat mengunjungi website NOVAKID id.novakidschool.com atau chat ke whats app +6281311319877. 




Komentar

  1. Novakid ini cukup terkenal ya kayaknhya. Aku jg mempertimbangkan buat bocils ni kursus disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih terkenal lagi di luar negri malah mas unggul, sudah ada di 30 negara loh, sementara kalau di Indonesia masih terbilang baru

      Hapus
  2. Aku baru tau soal Novakid ini. Ternyata platform/program bahasa Inggris untuk anak di zaman sekarang ini semakin banyak dan bervariasi, ya. Kalau metode pembelajarannya interaktif, anak pasti juga seneng, deh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mba sintia karena NOVAKID tahu anak2 lebih senang belajar secara interaktif dan komunikative

      Hapus
  3. Bisa kayanya nih, buat ponakan aku. Makin besar, makin sulit diajak belajarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. persiapan yah kak dari sekarang untuk keponakan, tante kesayangan nih perduli sama keponakannya

      Hapus
  4. Makin pensaran sama Novakid. Karena udah banyak banget yang mengulas tempat belajar yang satu ini. Kayanya metode belajarnya asik banget. Buat anak pasti ngga bikin bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba karena NOVAKID memang rekomendasi untuk anak usia 4-12 tahun

      Hapus
  5. Belajar bahasa inggris di Nova.kid bikin anak2 happy ya mba Karena bljar fun bikin nyaman sambil bermain Juga jadi anak2 bisa cpt mnguasai

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget mba, sesuai yah mba dengan keinginan anak2 belajar sambil bermain

      Hapus
  6. Kelasnya cuma 25 menit tapi dengan cara belajar sambil bermain dan juga diajarkan oleh penutur asli Bahasa Inggris. Wah, bakalan menyenangkan banget. Apalagi anak-anak kan jadi bisa mengenal cara pengucapannya langsung dari native speaker sedari kecil ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba apalagi anak2 kan paling pintar meniru yah

      Hapus
  7. Dunia anak memang nggak jauh dari bermain ya. Makanya kalo ada pembelajaran yang menggunakan metode permainan yang interaktif dan komunikatif, anak-anak akan lebih tertarik. Tujuan pembelajaran pun bisa tercapai

    BalasHapus
  8. Novakid terlihat paham kalau dunia anak adalag bermain. Makanya konsep belajarnya pun dibuat seperti bermain. Bisa membuat anak-anak jadi senang dan mudah menangkap pelajaran

    BalasHapus
  9. wah bener2 berasa kelas private yaa karena 1 murid 1 guru, jadi maksimalin pemahaman anak ya. Nah iya mba setuju semakin sedikit murid semakin intensif ya perhatian guru juga aku sendiri udah pernah ngerasain beda nya ikut kelas pelajaran murid isi 20 dan 40, beda banget !

    BalasHapus
  10. Wah, sepertinya seru, ya. Konsepnya memang disesuaikan sama dunia anak sekaligus tetap ada tujuan jelas yang mau dicapai. Kayak program sama native speaker ini kan bisa sekalian mendorong kepercayaan diri anak. Paling tertarik sama waktunya yang bisa fleksibel, karena kadang sesi PJJ sekolah anak-anak masih ada perubahan. Trial-nya juga masih termasuk terjangkau, deh.

    BalasHapus
  11. Udah lama nih liat2 novakid di Ig dan jadi makin tau pas baca baca disini, makasih infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Pengalaman Trial Class di EF

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga