3 Tips Belanja Bulanan Online Lebih Hemat

Sejak PPKM dimulai kembali awal bulan juli lalu saya memutuskan kembali untuk belanja bulanan secara online di salah satu aplikasi. Selain memang malas ke supermarket saya juga mau lebih berhemat dengan membeli secara online yang biasanya lebih banyak memberikan diskon atau promo-promo.

Namun sayangnya belanja online kadang justru yang membuat berat itu adalah ongkos kirimnya. Memang benar harga produknya lebih murah dan lebih banyak promo-promo namun yah itu tadi ongkos kirimnya bikin mikir lagi buat check out belanjaan tersebut.




Setelah pengalaman berbelanja online kali ini, saya ingin berbagai tips yaitu 3 cara yang bisa kita pakai, agar ongkos kirim belanja online tidak terlalu memberatkan.


1. Belanja selagi stok dirumah masih ada 

Biasanya bila belanja di supermarket kita akan belanja kalau stok dirumah sudah habis, hal berbeda yang harus diterapkan ketika memilih untuk berbelanja secara online justru sebaliknya.

Jadi jangan menunggu hingga kebutuhan rumah tangga seperti detergen, sabun mandi, minyak goreng, tissu ataupun yang lainnya yang ada dirumah habis dulu, baru kita kemudian berencana belanja online.

Setidaknya kita harus dapat memperkirakan bila stok kebutuhan masih cukup untuk 5-7 hari kedepan karena dengan masih ada stok yang cukup kita nggak butuh pakai cepat barang-barang tersebut.

Sehingga kita dapat memilih free delivery atau bila tidak ada ongkos gratis kita dapat memilih jasa pengiriman yang paling murah yang biasanya waktu kirimnya lebih lama, sekitar 3-4 hari.


2. Jangan hanya terpaku pada satu aplikasi

Sebagi bunda sekte cuan kita harus sekali nih tahu banyak aplikasi belanja online, nah berikut list aplikasi belanja online yang saya tahu dan beberapa juga sudah pernah saya coba gunakan : 

1. Kedaimart
2. Happy Fresh
3. Gomart
4. Grabmart
5. Sayurbox
6. Tanihub
7. Tukangsayur.co
8. Brambang.com
9. Klikindomart
10. Alfacart

Dari aplikasi-aplikasi belanja online tersebut, tidak ada salahnya kita mencoba semua aplikasinya secara bergantian karena biasanya untuk pengguna baru aplikasi tersebut diberikan lebih banyak diskon baik itu potongan harga maupun gratis ongkos kirim.

Tips saya nih bun, kalau bisa join dengan grup wag yang berisikan sesama bunda juga, biasanya mereka akan sering sekali memberikan informasi diskonan jadi bisa tahu aplikasi mana yang tengah memberikan promo potongan harga maupun free delivery.

Bila tidak bergabung dengan grup wag, kita bisa juga mengikuti akun instagram dari aplikasi-aplikasi tersebut, bila sedang ada diskon atau promo pasti akan diinfokan disana. Untuk itu perlu juga rutin mengujungi akun tersebut, biasanya kalau sudah rutin mengunjungi lama-lama akan bisa terbaca oleh kita kebiasaan kapan aplikasi online tersebut akan memberikan promo.


3. Tidak perlu yang dekat dengan rumah

Tujuan utama kita yah bun berbelanja bulanan secara online untuk mendapatkan harga murah dan gratis ongkos kirim, jadi jangan permasalahkan bila tempat pengiriman belanjaan onlinenya jauh dari daerah rumah kita. 

Kalau saya karena tinggal di tangerang tidak terlalu ambil pusing bila barang yang diorder dikirim dari luar tangerang, yang penting masih wilayah jabodetabek.

Sepengalaman saya belanja online untuk kebutuhan rumah tangga yang pembeliannya bersifat bulanan tidak pernah mengecewakan sih, baik itu di waktu pengiriman yang pasti tepat waktu, pengemasan yang aman dan baik dan juga ketepatan produk yang sampai dengan yang kita order.


Kesimpulan

Menurut saya belanja bulanan secara online sekarang lebih banyak memberikan manfaat kepada kita sebagai konsumen, karena produsen penyedia produk pun sadar dan tahu betul dengan persaingan yang semakin tinggi dan ketat antar sesama mereka.

 Salah satunya yang saya rasakan manfaat dari berbelanja bulanan secara online adalah kita terhindar dari belanja tidak sesuai dengan list belanjaan, alias kita tidak mudah terpengaruh begitu melihat produk baru yang biasanya ada di etalase supermarket yang membuat kita membeli padahal kita tidak butuh.

Kemudian kita juga terhindar dari rayuan para spg yang biasanya menawarkan produk-produk tester mereka untuk kita coba yang tidak sesuai dengan kebutuhan belanja kita.

Dengan belanja bulanan secara online  kita pun dapat membandingkan harga lebih mudah antara aplikasi satu dengan yang lainnya, sehingga kita pun lebih mempunyai pilihan untuk memutuskan berbelanja dimana.

Kebiasaan berbelanja online memang awalnya agak membuat kita ribet yah, karena salah satunya harus mempelajari aplikasi yang kita unduh terlebih dahulu, namun bila kita sudah terbiasa justru lebih praktis dan lebih hemat waktu juga selain hemat biaya.

Menurut bunda apalagi nih tips belanja bulanan secara online yang bisa bikin kita makin hemat ? atau sudah ada yang emang senangnya berbelanja online saja ? yuk yuk sharing di kolom komentarnya.



Komentar

  1. Terima kasih tips-tipsnya mba...Terutama no 1 tuh yg sering gam kepikir, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru kepikiran kok mba sejak rutin belanja online

      Hapus
  2. Hihi saya juga biasa mencari dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, nyari yang lebih murah gitu lumayan walaupun effort waktu tapi worth it :D

    Kemudian saya juga biasa stok untuk kebutuhan secukupnya, dua lah biasanya gitu biar kalau pas kehabisan nggak kagok, biasanya lebih murah juga kalau beli versi bundle gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih effort waktu tapi worth it untuk saving money yah mba belanja online tuh.
      oiya bener juga tuh mba kalau belanja bundle lebih murah lagi jatuhnya.

      Hapus
  3. (((bunda sekte cuan))) wah aku bgt ini wkwkkk.. aku juga seneng bgt belanja online, bisa lihat² tanpa perasaan nggak enak sama yg jual haha tapi ya itu, di tempatku belum terjangkau app belanja sayur online uhuuhuuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba adinda tinggal di daerah mana ?
      iya sepertinya untuk sayur mungkin area jabodetabek aja kali yah mba lebih banyak atau di kota besar.

      Hapus
  4. Ternyata banyak ya mbak sekarang tempat belanja sayur online. Menurut mbak mana yang paling oke ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini lagi seneng pakai kedaimart mba, krn dia baru jadi lagi jor-joran kasih promo

      Hapus
  5. aku masih tim belanja bulanan kudu ke tempatnya langsung mba belum bisa euy online apalagi aplikasi yang kek gitu jangkauan ke tempatku masih belum hahaha mengsedihkan wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya teh daerah cimahi belum terjangkau yah, bahkan untuk alfacart dan klik indomaret juga belum yah ?

      Hapus
  6. Iya nih aku juga lebih suka belanja ketika stok barang kebutuhan di rumah masih bisa digunakan untuk semingguan. SEbagai ibu hati ini rasanya tenang kalo barang kebutuhan rumah tangga ada lengkap, hihii. Untuk aplikasi belanja juga aku pasang beberapa di hape, biasa lah perempuan kan suka lihat harga termurah dengan barang berkualitas sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss jauh mba hidayah samaan kita berarti "sekte bunda cuan"

      Hapus
  7. Bener banget, kitapun jadi gak perlu keluar rumah. Pernah pesen sekali dua kali, bahan makanan langsung dikirim kerumah dalam keadaan segar banget.. Jadi kayak abis ngambil di tempatnya langsung, enak dan puas banget lah

    BalasHapus
  8. setuju tuh mba, jgn sampe pas sudah habis banget baru belanja, krn kadang belanja tuh banyak impulsif buyingnya hahhahaha, jadi deh tuh keranjang belanja penuh sm hal-hal yang gak terlalu urgent dibutuhin. kalo saya kadang, bikin catatan khusus apa aja yang mau dibelanjain, jadi melencengnya gak jauh banget. wakakkakakak

    BalasHapus
  9. saya baru sekali sih nyobain belanja bulanan pakai online. waktu itu karena sudah malam dan malas keluar buat beli susu anak. cobalah beli di aplikasi a*fagift eh ditunggu-tunggu nggak ada konfirmasi. akhirnya saya telpon baru pegawainya ngeh ada pesanan online dan akhirnya diantar malam itu juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Pengalaman Trial Class di EF

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga