Ide Prakarya Untuk Anak Yang Mudah Dibuat



Memeriahkan HUT RI yang ke-76 sekolah Zaidan mengadakan acara Hari Keluarga dengan tema Berkarya Bersama Keluarga. Sebenarnya sih inti acara ini adalah lomba tujuh belasan namun dikemas dalam bentuk quality time bersama keluarga dengan sebuah aktivitas.

Untuk aktivitasnya setiap keluarga di minta untuk membuat sebuah karya, seperti memasak makanan atau minuman ataupun membuat prakarya dengan berbagai bahan yang disediakan sendiri. 

Sejujurnya saya dan keluarga menyambut dengan senang acara ini karena bisa sekaligus mengetahui orang tua dari teman-teman Zaidan disekolah dan tentu saja di karena acaranya di akhir pekan juga jadi ada aktivitas yang lebih berfaedah bersama Zaidan.

Acara tak berlangsung lama namun sangat menyenangkan apalagi peserta ada yang niat sekali mengikuti acara ini bersama keluarganya, ada yang mendekor dengan tema hari kemerdekaan, ada yang mengikuti acara ini sambil piknik di halaman rumah dan yang paling banyak memilih aktivitas memasak dirumah bersama sehingga kegiatan zoom pun dilakukan di meja makan hingga di dapur.

Untuk aktivitas di acara Hari Keluarga ini saya memilih untuk membuat prakarya sederhana saja bersama Zaidan. Setelah mencari ide dari google dan menemukan satu ide yang sesuai dan cocok saya pun segera mengeksekusi, belanja keperluan dan mempersiapkannya.

Prakarya kami adalah membuat binatang yaitu ikan dan burung namun dengan pilihan warna merah putih sesuai dengan suasana hari kemerdekaan. Untuk membuat binatang ikan dan burung kami menggunakan bahan dan perlengkapan yang tidak banyak dan cara pembuatan yang mudah.

Bahan : 
Piring plastik ukuran sedang sebanyak 2 buah
Kertas Origami warna : merah, putih, coklat dan hitam

Perlengkapan :
Lem kertas, streples, gunting kecil, spidol hitam



Cara pembuatan Ikan :
1. Potong menjadi dua bagian piring plastik lalu gunting bentuk zigzag untuk bagian ekor ikan
2. Gunting kertas origami merah dan putih berbentuk oval untuk bagian sisik ikan 
3. Ambil sebuah piring plastik, kemudian sambungkan dengan bagian ekor dengan di streples
4. Kemudian tempel kertas origami bentuk oval dan padukan warnanya antara merah dan putih dibagian badan ikan serta ekornya.
5. Gunting bentuk segitiga piring plastik bagian depan yang membentuk badan ikan untuk membuat mulut ikan
6. Gunting bentuk bulat pada kertas origami hitam dan tempel dengan kertas origami warna putih bentuk bulat yang lebih kecil dan tempel untuk bagian matanya.
7. Selesai dan jadilah seekor ikan dari piring plastik



Cara pembuatan burung :
1. Buatlah 2 pola berbentuk oval di saah satu bagian pada kertas origami merah dan putih
2. Kemudian tempel kedua pola tersebut bersebelahan di atas sisa piring plastik dari ikan
3. Potong-potong memanjang kertas origami berwarna coklat sebanyak dua buah
4. Tempelkan kertas-kertas origami berwarna coklat secara acak di bagian bawah
5. Potong origami berwarna hitam berbentuk lingkaran untuk bagian mata dan mulut
6. Selesai dan jadilah dua ekor burung


Pilihan saya membuat prakarya dua binatang ini bersama Zaidan sepertinya pilihan yang tepat karena sesuai dengan durasi acara yang hanya satu jam saja sehingga kami pun menyelesaikan prakarya kami tepat waktu.

Setelah berfoto bersama dengan hasil karya masing-masing acara pun berakhir dan karena banyak sekali anggota keluarga yang membuat makanan ataupun minuman, sehingga beberapa kali panitia sekolah pun mengingatkan agar makanan dan minuman tersebut harus difoto terlebih dahulu yang kemudian dikirim ke GCR untuk penilaian mata pelajaran SBDP.

Ayah bunda punya kegiatan apa menyambut hari kemerdekaan tahun 2021 ini ?, apakah ada yang berlomba seperti makan kerupuk, memasukkan pensil dalam botol atau lomba lainnya yang biasa diadakan selama tujuh belasan.




Semoga ide prakarya yang saya dan Zaidan buat bisa menjadi inspirasi kalau ada tugas membuat prakarya disekolah dengan bahan yang tak terlalu banyak dan mudah dibuat bersama dengan anak-anak.

Komentar

  1. waaah bagus dan menarik banget Bun! :D tetap semangat berkarya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mba supportnya, semoga bisa lebih rajin bikin2 karya2 ini sama zaidan biar dirumah juga gak main hp melulu

      Hapus
  2. Kalau Fabio hobinya bikin origami, jadi dikasih kertas aja udah seneng dia (lumayan ngirit hahaha). Habis itu dia akan presentasi (cerita) tentang creature yang baru dia bikin dan semuanya harus dengerin hrr... .

    Anyway, membuat prakarya bersama nih bisa jadi salah satu opsi mengurangi penggunaan gawai pada anak ya mbak.

    BalasHapus
  3. bisa jadi inspirasi bikin2 bareng anakku nih 😀
    Kalo aku pas hari kemerdekaan kemarin cuma ajak anak2 lomba masukin bendera ke botol 😄 alhamdulillah mereka fun.
    Kebetulan barengan dg lomba bu gurunya juga di sekolah. Jadi anak2 semangat 😃

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk ide prakarya yang bagus ini mba.. Pas banget ponakan kecil mo datang nih..bisa jadi alternatif kegiatan bersamanya..

    BalasHapus
  5. Di tempat saya nggak ada lomba-lomba seperti biasanya. Mungkin ya karena masih PPKM juga jadi mengurangi kerumunan. Sementara untuk menyambut dan kemerdekaan Indonesia, dari sekolah adik saya malah biasa diminta ramai-ramai pasang twibbon dan mewajibkan pasang bendera merah putih di depan rumah.

    BalasHapus
  6. Idenya Mbak Maya ini kreatif sekali ya.

    Kalau lombanya virtual gini dan bikin prakarya emang harus diperkirakan waktunya juga ya, hehe.

    Kemarin sekolah anakku juga ngadain lomba 17an tapi virtual sih. Ada lomba mewarnai yg secara virtual, terus yang seru ini lomba meniru gambar pahlawan. Jadi setiap kelas dipilih perwakilan 3 anak, nah anakku kebagian dapat peran juga.

    BalasHapus
  7. Bagus banget nih ide prakaryanya. Semoga saya bisa praktekan buat seru-seruan bareng sama anak. Biar anak happy mom juga jappy, terus hemat budget. 😄

    BalasHapus
  8. Yang ikan gemeees. Apalagi warnanya merah putih. Ikan kemerdekaan hahaha. Bagus juga nih ditiru buat mengisi waktu anak di rumah. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  9. Ikannya lucuuu. Anak-anak pasti suka ya, mbak biki beginian. Sayang sih ya masa pandemi coba kalau nggak pasti lebih seru acara 17an nya

    BalasHapus
  10. DIY Ikannya super cute~
    Aku jadi pengen bikin dan lucu kalau digantung di langit-langit pakai benang yaa..
    Kerjasama yang kompak, mom.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga

Pengalaman Trial Class di EF