Rekomendasi Serial Jepang Tema Kuliner



Padahal sih nggak bisa masak dan sebenarnya nggak yang hobi kuliner banget juga tapi saya suka sekali menonton film dengan tema kuliner, yang nggak hanya menampilkan adegan makan-makan tapi juga ada masak-memasaknya.

Melihat seseorang memasak sesuatu, kemudian ada orang lain yang memakan masakan tersebut selalu ada kekaguman yang akan berakhir dengan seruan. "Ohhh begitu yah cara memasaknya". "Ohhh ternyata kalau di campur bumbu itu lebih enak deh rasanya". "Duhhh enak kalau bisa nyobain juga". "Woow bikin ngiler..."

Sejak beberapa bulan lalu berlangganan layanan media streaming digital saya jadi punya referensi tontonan baru nih, bukan drama korea tapi drama jepang. Seneng banget bisa menemukan drama serial ini, apalagi per tayangan durasinya kurang dari satu jam dan jumlah serialnya juga tidak banyak.

Sebelum membaca rekomendasinya, saya informasikan bila mungkin akan ada sedikit bocoran ceritanya disana dan disini jadi buat tim anti spoiler cukup baca judulnya saja kali yah dan langsung cari serial dramanya buat di tonton, hihihi. 


Samurai Gourmet
IMDB : 8.1/10

Bercerita tentang Takeshi (Naoto Takenaka) yang baru saja menjalani masa pensiunnya. Takeshi sudah berusia paruh baya ketika memulai masa pensiun setelah bekerja selama 35 tahun. 

Seperti halnya kebanyakan orang yang sudah pensiun, ia pun terkena post power syndrom kondisi dimana ia mengalami kebingungan ketika harus memulai kembali kehidupan baru. Setelah sebelumnya dalam waktu lama ia selalu mempunyai rutinitas lalu tiba-tiba ia berhenti dari aktivitas rutin tersebut.

Akhirnya suatu hari ia menemukan kehidupan lain yang ingin ia jalani yaitu dengan menikmati beragam makanan dari berbagai tempat mulai dari rumah makan kecil, lalu restoran atau cafe-cafe hingga jamuan mewah di hotel. Ia menemukan kesenangan lain disini yang dulu ketika ia masih aktif bekerja tidak dapat ia nikmati.



Yang menarik dalam setiap cerita yang terbagi menjadi 12 episode ini akan hadir seorang samurai. Samurai yang diperankan oleh Tetsuji Tamayama ini seperti refleksi lain dari seorang Takeshi yang tidak dapat ia tampilkan pada dunia nyata, jadi hanya seperti halusinasinya saja.

Selain di penuhi dengan beragam makanan yang sangat menggiurkan dalam setiap episode selalu ada nilai-nilai kehidupan yang dapat kita jadikan sebagai pembelajaran. Hampir semua episode di serial ini menjadi favorit saya, tapi satu yang paling favorit adalah di episode 8.

Sebenarnya serial ini sudah ada sejak tahun 2017 dan diangkat dari komik dengan judul yang sama. Cerita-ceritanya lebih banyak tentang keseharian kita, sehingga mudah untuk diikuti dan karena tidak ada masalah yang berat jadi menyenangkan untuk di tonton saat bersantai.

Informasi terbarunya, serial Samurai Gourmet ini akan ada season keduanya tapi masih tahun 2022 baru akan mulai tayang, saya sudah tidak sabar menunggunya.


Izakaya Bottakuri
IMDB : 8.2/10

Serial drama kedua merupakan cerita dari sebuah warung makan sederhana yang dikelola oleh dua bersaudari yang berbagi peran. Mereka adalah Mine (Moemi Katayama) sang kakak yang menjadi koki dan Kaoru (Sara Takatsuki) si adik yang menjadi pelayan.

Warung makan tersebut merupakan warisan dari kedua orang tua mereka, yang khusus menjual berbagai masakan rumahan khas jepang. Menu-menu yang ditawarkan juga di sesuaikan dengan musim yang tengah berlangsung dan beberapa menu kemudian di recook kembali dengan selera Mine sebagai koki.



Setiap cerita selalu menghadirkan seorang tamu dengan suatu permasalahan. Sehingga hampir seluruh cerita sebanyak 11 episode ini berlatar belakang di warung makan karena memang kebanyakan cerita berasal dari para pelanggan warung sejak masih ada orang tua mereka.

Yang menarik dalam cerita ini Mine sebagai koki tidak hanya pandai memasak namun juga mempunyai kemampuan yang memadai untuk memilihkan jenis sake bagi pengunjungnya, yang menyesuaikan dengan masakan yang mereka pesan ataupun dengan kondisi pengunjungnya yang sedang sedih, atau sebagainya.

Seperti serial drama sebelumnya, Izakaya Bottakuri juga diangkat dari komik dengan judul yang sama. namun yang berbeda pada serial drama ini ada sedikit sisi romance antara Mine dan pelanggannya, bisa ditemui di episode 5. Namun karena tidak menjadi cerita utama jadi hanya membuat saya penasaran saja dengan kelanjutan hubungan mereka.

Ada beberapa hal yang yang khas juga dari Izakaya Bottakuri salah satunya adalah backsound musiknya, sangat khas musik jepang dan kalau sudah pernah menonton Izakaya Bottakuri ini pasti ngeh deh kalau tiba-tiba mendengar sound musiknya.

Selain itu di setiap akhir cerita, penonton akan di informasikan mengenai cara pembuatan menu makanan yang disajikan ke pelanggannya dan juga informasi mengenai sake-sake enak yang di rekomendasikan.

Menonton serial drama ini kita tidak akan bosan walaupun sudah berulang kali, karena memang ceritanya ringan, lebih banyak kita melihat kegiatan Mine memasak atau pengunjung yang tengah menikmati makanan dan karena makanan yang disajikan sederhana mungkin akan ada keinginan kita untuk mencoba memasak juga dirumah.


Midnight Diner & Midnight Diner : Tokyo Stories
IMDB : 8.6/10

Ini serial drama jepang tema kuliner yang paling saya favoritkan. Bercerita tentang seorang chef yang dipanggil Master (Kaoru Kobayasi) oleh para pelanggannya, Master hanya membuka warung makannya pada tengah malam hingga jam 7 pagi. 

Untuk makanan yang Master sajikan sebenarnya ada satu menu yang selalu ia masak setiap hari namun para pelanggan diperbolehkan untuk memesan apapaun selama bahannya ada di dapurnya atau bila memang tidak ada bahannya, pengunjung yang datang boleh membawa sendiri lalu Master yang akan memasakannya.



Biasanya setiap episode akan ada seorang tamu yang membawa cerita yang berhubungan dengan satu masakan yang menjadi kesukaannya. Ceritanya bisa berbagai macam, mulai dari cerita yang ringan hingga yang berat dan ada beberapa cerita juga memang harusnya hanya di tonton untuk penonton dewasa usia 21 tahun keatas.

Yang paling menarik untuk saya adalah cerita-ceritanya terkadang sangat tidak terduga jadi daya tariknya tidak hanya dari masakan yang di masak oleh Master saja tapi juga dari cerita-cerita  yang disajikan. Beberapa cerita mungkin memang hanya dapat terjadi di Jepang, namun dengan begitu kita jadi tahu juga kebudayaan lain dari negera jepang.

Ditambah dengan interaksi antar sesama pelanggan yang karena sudah terlalu sering ke warung Master untuk makan mereka pun jadi seperti keluarga juga, Master pun menjamu mereka dengan masakan-masakan sesuai pesanan mereka yang sangat menerbitkan air liur.

Untuk serial Midnight Diner ini di angkat juga dari komik dan sekarang sudah ada 3 season, namun saya baru menonton 2 season saja dan ternyata sudah ada film layar lebarnya juga dan lagi-lagi saya juga belum menontonnya karena pemainnya yang menjadi Master juga berbeda dengan serialnya. 



Ada rekomendasi serial jepang bertema kuliner juga ? boleh yah rekomendasikan ke saya untuk di tonton, saya jadi senang menonton serial drama atau film seperti ini karena sangat menarik dan menyenangkan sekali menontonnya. 

Untuk teman-teman yang sudah menonton serial drama jepang diatas, bagaimana menurut kalian ? sharing dikolom komentar yah.


Komentar

  1. Samurai Gourmet sepertinya recommended dan perlu dijajal ya.
    Tapi kalo dari jepang, aku lebih suka nonton Cooking Master Boy, soalnya keren gitu masak martabak aja bisa sampe nongol naga. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah boleh juga nih mas rekomendasinya, penasaran jadinya masak martabak bisa keluar naga, hihihi

      Hapus
  2. Kalau film serial jepang tentang masak memasak sih favorit saya tetap Mister Ajikko a.k.a Born To Cook tentang seorang bocah jago masak. Tapi itu film lama banget sih, jaman kakak saya masih SD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartun yah mas kalo mister ajikko ini, belum pernah nonton juga sih aku, boleh lah nanti di cari2 buat nonton

      Hapus
  3. Nah ini dia, saya belum pernah nonton serial dari Jepang nih, Menarik juga untuk ditonton. Midnight Dinner sepertinya bagus nih mbak karena ada interaksi antara pengunjung resto ya mbak

    BalasHapus
  4. Aku ga terlalu update ttg serial Jepang mba tapi rekomendasi-rekomendasi ini sepertinya memang asyik buat ditonton. Mungkin pas senggang nanti. Ini nonton dimana mba?

    BalasHapus
  5. Wah, konsepnya kulineran gitu ya mbak. Berhubung ada di netflix jadi bisa rekomendasi buat nonton nih mbak.

    BalasHapus
  6. Drama masak dari Jepang yang aku gak pernah lupa itu adalah Bambino!
    Hehehe....drama lawasnya Matsumoto Jun. Aku dulu suka banget sama Matsujun, sejak Hana Yori Dango.
    Kangen banget menikmati serial Jepang yang gak seberapa panjang tapi selalu sarat akan makna mendalam di setiap dramanya.

    BalasHapus
  7. drama jepang dan korea hampir mirip2 ya. molly biasanya lebih suka drajep yang tema-tema remaja biasanya konsepnya masih khas cinta-cinta abegeh, nah tapi kalo drakor sukanya yang tema dewasa muda, belum pernah nonton nih drajep yang tema kuliner, tapi boleh nanti dicoba nonton

    BalasHapus
  8. Wah, serial begini juga dari Jepang banyak yang menarik, ya. Apalagi ini bertemakan kuliner, pasti menyenangkan dan menambah wawasan kita. Tapi kapan ya, aku bisa nonton dramanya. Sekarang lagi sok sibuk banget. Padahal penasaran dengan Izakaya Bottakuri, 11 episode dengan latar belakang di warungnya. Asyik nih

    BalasHapus
  9. Jadi pengen nonton nih saya, apalagi sekarang butuh hiburan karena stress dengan pemberitaan Corona yang makin menjadi di luar sana. Sangat bingung juga karena ada dua anak masih kecil yang butuh dijaga agar tidak sakit.

    BalasHapus
  10. Ini nontonnya di Netflix semua ya, mbak? Kayaknya menarik nih nonton cerita masak-masak tpi ala Jepang, biasanya aku nonton drakor cari yg ada masak-masaknya itupun krn selama pandemi jadi suka nonton drakor. Kayaknya boleh juga nih nonton drama Jepang juga. Thanks infonya ya.

    BalasHapus
  11. waduh, gak kuat deh aku kalo mesti nonton semua serial Jepang ini yang mengangkat tema kuliner khas Jepang. Aku rindu Jepang, kangen semua-muanya deh pokoknya, apalagi kulinernya

    BalasHapus
  12. Belum pernah nonton, tapi Jepang salah satu negara yang pengen banget aku datangi. Inspirasi ya buat yang masuk usia pensiun nih..

    BalasHapus
  13. Jadi tiba-tiba pengen ngunyah jiga gaknsih, soalnya aku tipenyg gak bisa liat makanan menggugah gtu. Auto langsung pengen jelajah berbagai rasa juga

    BalasHapus
  14. aku kalo inget soal series masak memasak, jadi inget jaman dulu kartu Born to Cook loh, walopun kartun tapi itu selalu sukses bikin ngeces, dan ilustrasi kelezatan makanannya juga agak lebay tapi kocak deh digambarinnya

    BalasHapus
  15. Mau nonton... selalu suka dengan kuliner Jepang, sampai akhirnya jualan Ramen hehehe nontonnya ini dimana sih mbak?

    BalasHapus
  16. Wah kebetulan lagi cari rekomendasi series di netflix nih! Makasih ya mba... jadi inget dulu aku suka banget Bambino, series jepang lawas tetang dunia kuliner juga hehe

    BalasHapus
  17. Dari pertama kalimat pembuka di trailernya udah tertarik...
    "when people finish their day, and hurry home, my day starts.."

    Aku suka banget dengan b roll camera Jepang, intens - soft dan calming

    Apalagi karena kisah di balik Midnight Diner: Tokyo Stories Review — Cerita Hangat Di Balik Makan Malam ini ringan. Ringan tapi menggelitik ya, dan akrab dengan kehidupan sehari hari kita.

    Aku jadi nonton nih mbak, makasih yo rekomendasi filmnya

    BalasHapus
  18. aku belum pernah nonton serial jepang nih kak, ini semua bisa ditonton di netflix kah? Aku penasaran sama midnight dinner

    BalasHapus
  19. Aku pun suka nonton yang temanya kuliner, biasanya reality show korea gitu. Tapi koq serial-serial ini menarik jadi mau nonton hehehe.

    BalasHapus
  20. Gleeeeekkkkk... langsung ngiler makanannya jadi kepikiran untuk makan masakan Jepang malam ini deh, tapi emang aku paling seneng sih dengan masakan Jepang. Wah boleh nih dijadikan tontonan di rumah selain drama dan masakan Korea kita melipir ke Jepang.

    BalasHapus
  21. Makasih mba, aku jadi tertarik pingin nonton Midnight Diner & Midnight Diner : Tokyo Stories deh, udah lama ga nonton film dari negeri sakura nih,(kecuali animenya hehe

    BalasHapus
  22. Aku suka banget masakan-masakan Jepang. Rasanya tuh enak, gurih dan lezat. Kalau nonton serial Jepang bertema kuliner gini mah bisa-bisa pingin makan terus saat nonton. Tapi bisa jadi referensi mau nyobain kuliner Jepang apa nantinya.

    BalasHapus
  23. Daku nonton acara TV champion yang tema Kuliner aja udah bikin ngiler, apalagi ini serialnya. Wah sukses tambah mupeng ya mbak, hehe. Tapi memang asik sih, siapa tahu bisa dipraktekkan di rumah menu nya

    BalasHapus
  24. Kalau ada kata Jepang aku langsung semangat. Haha. Gak tahu deh kenapa, sejak kecil memang sudah suka baca komik Jepang. Trus tertarik sama budayanya, termasuk makanan nya juga

    BalasHapus
  25. seneng banget yaa ngeliatin makanannya orang jepang tuh, kayanya sehat-sehat dan seger banget :)

    BalasHapus
  26. ada enggak ya warung seperti Midnight Diner? Pengunjung bisa request makanan bahkan bawa bahan sendiri. Ini berasa punya chef pribadi.
    Eh trus chef-nya masak menu apa yang sama tiap hari?

    BalasHapus
  27. Wah kalau nonton drama tema kuliner gini, dijamin auto lapar dan ngiler aku deh
    Apalagi kalau sajiannya benar-benar menggiurkan
    Huaaa gak tahan aku tuuu

    BalasHapus
  28. Aku kalo serial Jepang malah jarang nonton.. Paling cuma Before After tentang renov rumah sama VS Arashi tentang variety show. Nontonnya pun cm lewat Waku Waku Japan, wkwkwk

    BalasHapus
  29. genre tema kuliner blm pernah nonton sih, tapi sepertinya menarik ya. Bakal jadi referensi gue utk ngisi waktu di rumah aja. Thanks

    BalasHapus
  30. Drama Jepang nih bagus juga kayaknya ya kak, baru tau dan aku tertarik deh nonton midnight dinner kak, hehehe

    BalasHapus
  31. Sebenernya aku suka banget dg serial Jepang (dorama) apalagi klo temanya yg ringan seperti ttg kuliner gini.
    Makasih ya sudah merekomendasikan. Nanti sy coba nonton.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Pengalaman Trial Class di EF

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga