Coklat Bubuk Berkualitas Baik Bisa Dikenali Dari Karakteristik Ini

Yang nggak pintar alias amatir bikin kue-kue coklat tapi anak-anaknya seneng banget sama semua kue-kue yang berbahan dasar atau dengan tambahan coklat yuk kumpul disini.

Pemakaian coklat sebagai bahan tambah pembuatan kue memang bukan hal yang baru lagi. Apalagi pada dasarnya banyak orang yang memang menyukai jenis kue coklat, selain warnanya yang lebih menarik, dari segi rasanya sendiri pun terbilang nikmat.

Jadi yah bun, aku kan selama ini selalu mengandalkan pak suami untuk membuat cemilan-cemilan untuk anak-anak, cuma diluar dugaan ternyata aku mengalami nih yang namanya permintaan anak nggak bisa ditolak.

"Bun, bikin cookies coklat dong" pinta Zaidan beberapa kali. Bundanya ini cuma bisa senyum-senyum saja menanggapi keinginannya itu. 

Kirain karena nggak ditanggapin sudah akan lupa anaknya. Ternyata tidak bun. Akhirnya saya pun membuatkan penggantinya cookies coklat yaitu kue bola-bola coklat, yang terinspirasi dari foto yang saya ambil di acara yang pernah saya datangi. Selain itu juga bola-bola coklat lebih praktis cara buatnya.



Ternyata karena kue yang dibuatkan tidak sesuai keinginan malah makin menjadi kesal anaknya. Kemudian bilanglah ke ayah untuk minta dibuatkan sesuai keinginan anaknya. Eh ternyata Zaidan malah bilang "Aku maunya bunda aja yang buatin cookies coklat"

Merasa tertantang dong bundanya ini. Akhirnya setelah cari-cari resep yang praktis dan membeli bahan-bahannya sesuai resep, Membuatlah dengan optimisme tinggi cookies coklat akan membahagiakan anak. 

Dan seperti yang sudah di duga oleh ayahnya, gagal dong.

Kenapa gagal ? Yah kurang belajar pastinya dan kurang pengetahuan tentunya. 

Ternyata yang baru saya sadari dan baru tahu dalam pembuatan kue kering, umumnya jenis coklat yang ditambahkan sebagai bahan bakunya adalan cocoa powder atau coklat bubuk. Dipasaran sendiri pun ada banyak merk yang menjualnya.

Namun pemilihan bubuk coklat tidaklah mudah dan agar tidak salah pilih, dari berbagai sumber yang saya kumpulkan berikut ini ada beberapa karakteristik coklat bubuk yang bagus, sehingga kue yang dihasilkan juga lebih nikmat, yaitu:

 

1. Aroma wangi khas coklat
Tidak berbau tengik, karena jika aromanya sudah berubah menjadi tengik, artinya produk coklat tersebut sebenarnya sudah rusak, kita harus mewaspadai hal ini. semakin pekat aromanya umumnya rasa juga semakin pahit, karena coklat tersebut masih murni tak banyak tambahannya.

2. Bubuk lembut tidak bergerindil atau menggumpal
Coklat bubuk yang masih baik biasanya juga memiliki tekstur bubuk yang lembut, tidak ada gumpalan sama sekali, apalagi gumpalan yang tampak lembab, biasanya coklat yang sudah menggumpal ini telah mengalami kerusakan karena jamur.

3. Tidak terjadi perubahan warna
Termasuk diantaranya adalah bintik-bintik hitam maupun putih, tak jarang juga coklat yang sudah berubah warna dengan keberadaan dari bintik-bintik hitam maupun putih pada bagian permukaannya. Hal ini menandakan bahwa ada kontaminasi dari bakteri maupun juga jamur, sehingga coklat juga sudah tak layak pakai.

4. Rasa khas
Tak jarang yang masih pekat dan agak pahit karena kandungan cocoa yang tinggi, tidak terasa tengik. Beberapa juga memiliki rasa yang agak asam didalamnya, seperti jenis natural cocoa powder.

Membuat kue memang gampang-gampang susah yah bun, tak hanya harus banyak belajar, pemilihan bahan yang tepat pun harus diperhatikan sehingga tak akan terjadi pengalaman serupa seperti saya, perkara salah pilih coklat pun dapat menggagalkan rencana kita untuk membahagiakan seorang anak. 

Lebih tepatnya jangan salah memilih bubuk coklat karena akan mempengaruhi hasil kue yang dibuat. Terutama sekali nih untuk bunda yang saat ini baru saja menjalani usaha pembuatan kue kering. Bisa fatal yah bun kalau sampai terjadi, salah pilih bubuk coklat saja bisa rugi banyak.

Untuk pembelian bubuk coklat berkualitas baik saya rekomendasikan hanya di TokoWahab. Beragam merk coklat dijual disini, termasuk mentega Wisman yang kerap kali digunakan untuk membuat kue -kue kering menjadi lebih nikmat dengan aroma khasnya.

Ada yang belum tahu TokoWahab ? saya juga baru tahu kok.

TokoWahab adalah toko online yang khusus menjual bahan-bahan kue, peralatan kue hingga bahan masakan secara grosir dengan memberikan produk berkualitas dan harga terjangkau untuk konsumen.

Melihat dari websitenya ada lima keuntungan yang ditawarkan dari berbelanja di TokoWahab diantaranya adalah :
  1. Melayani pengiriman ke seluruh wilayah dan area di Indonesia
  2. Terdapat pilihan lebih dari 30 official brand 
  3. Konsumen dapat mengecek tanggal saat produk yang dibeli telah dikirim pada website sehingga status pengiriman lebih jelas
  4. Konsumen bisa membeli beberapa produk dengan merk dan ukuran berbeda dan dikirim secara bersamaan
  5. Semua produk terjamin original 
Untuk informasi lainnya yang lebih lengkap dan lebih jelas, bunda bisa mampir langsung yah ke website TokoWahab atau kepoin deh salah satu social medianya yaitu instagram : tokowahabcom. 

Akhir kata, semoga tips sederhana tersebut diatas bermanfaat yah bun dan Happy baking.


Komentar

  1. Jadi penasaran sama TokoWahab, soalnya akhir-akhir ini anakku jadi sering minta dibuatkan kue. Kan enak kalau hanya tinggal klik, barang udah nyampe di rumah, apalagi kualitasnya oke punya.

    BalasHapus
  2. Wah iya banget, buat kue memang gak bisa sembarangan. Aku pernah nih bikin kue dengan bubuk cokelat abal-abal. Bukannya enak malah pahit dan apek. Kudu beli di toko terpercaya ya.

    BalasHapus
  3. Toko Wahab ini lengkap yaa..
    Beberapa kali melihat bahan kue di Toko Wahab, rasanya jadi ingin membuat cemilan favorit anak-anak. Apalagi Bandung sedang adem banget, rasanya jadi pengen makan teruuuss..

    BalasHapus
  4. noted nih tips memilih coklat bubuk berkualitasnya.
    secara saya juga suka buat beboluan berbahan coklat secara anak-anak doyannya coklat, kalau kukis mah saya nyerah, gak sabar buat printilan kecil gitu.. lama buatnya, habisnya sekejap, hihihih.

    BalasHapus
  5. memilih cokelat bubuk yg berkualitas itu sangat penting ya mbak, karena bisa mempengaruhi kualitas rasa kue yg akan dibuat
    nah biar nggak bingung lagi memilih cokelat bubuk yg berkualitas, belanjanya di Yoko Wahab saja ya

    BalasHapus
  6. Waktu mau bikin kue saya juga mencari bahan dan cara dari tokowahab.com
    Lengkap juga dan bisa melalui daring

    BalasHapus
  7. Pas banget aku lagi suka baking, wajib banget nih cek TokoWahab untuk belanja bahan kue coklat. Makasi informasinya Mba.

    BalasHapus
  8. Bahkan bentuknya kalau sudah menggumpal atau bergerindil juga harus diwaspadai ya. Berarti lebih aman kalo beli bubuk cokelat itu sesuai kebutuhan alias nggak di stok di rumah dong ya. Biar selalu pakai bahan yang baru dibuka.

    BalasHapus
  9. Anakku juga sekarang sering banget minta dibikinin kue, Mom. Dia sukanya cupcake gitu jadi tiap minggu aku sempetin bikinin dia kue

    BalasHapus
  10. Aku penggemar coklat nih, suka banget bebikinan kue arau makanan dari coklat bubuk, thanks infonya mom...kebetulan bahan kie pada abis, bisa beli ke Toko Wahab

    BalasHapus
  11. Ohhhh, bahkan coklat bubuk aja ada kriteria khusus sebagai indikator kualitas ya Mba? Ya ampunnn, baru tau. Kukira selama ini saja ajaaa :(

    BalasHapus
  12. kalau coklat batangan gimana mba untuk cari tahunya, aku biasa pakai coklat batang buat bikin kue

    BalasHapus
  13. Ah jadi begini ciri-ciri coklat bubuk yang baik. Jadi tau deh hehehe, sebelumnya aku kira semuanya sama aja. Hanya berbeda di rasa. Makasih mbak!

    BalasHapus
  14. aku juga suka nih mbaa sama bubuk coklat. setuju jugaa biasanya nggak ada yg nggerendel gitu yaa.. dan kadang ada yang merknya itu bagus juga

    BalasHapus
  15. Aku suka camilan coklat, anakku juga. Tapinya aku gak pandai ngolah kue2 gitu, hehe. Ternyata milih coklat yg bagus itu gak boleh asal ya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Pengalaman Trial Class di EF

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga