Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Nyamannya Menginap di Tengah Kota

Februari 19, 2021


Bundaran Hotel Indonesia Jakarta


Salah satu hotel yang menjadi wishlist staycation dalam kota saya adalah Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, hotel bintang 5 yang berada di tengah kota Jakarta, tepatnya berada di depan bundaran HI. 

Minggu lalu (14/2) bertepatan dengan hari valentine saya mengajak keluarga untuk menginap semalam disana. Kami datang sore hari sekitar jam 3 sore.

Untuk masuk ke Hotel Indonesia Kempinski Jakarta kami masuk melalui pintu East Mall Grand Indonesia dan setelah menginformasikan kepada petugas bila kami akan menginap di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta kami pun langsung diarahkan ke parkiran khusus hotel oleh petugas pemeriksaan tersebut.


Review Reception Area

Dari parkiran yang berada di basement kami pun menuju lobby Hotel Indonesia Kempinski Jakarta yang sangat luas, terdapat banyak pilihan tempat duduk berupa sofa-sofa dengan meja kecil yang berada di sisi jendela maupun sofa panjang tepat di depan meja resepsionis yang dapat digunakan untuk menunggu selama proses check in ataupun check out.

Sore itu Hotel Indonesia Kempinski Jakarta nampak ramai oleh pengunjung, mungkin karena bertepatan dengan hari valentine banyak juga orang yang ingin merayakan moment tersebut disini selain itu banyak juga pengunjung yang ingin check out sehingga lama sekali menunggu antrian di resepsionis ini.


Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Receptionist Area

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - lobby area

Ketika tengah menunggu antrian mata saya teralihkan dengan taman dengan kolam yang berada di belakang meja resepsionis, terdapat juga sebuah bangunan dengan bagian atap berbentuk unik yang sepertinya difungsikan sebagai aula yang dapat digunakan untuk acara yang tidak terlalu besar.


Esok paginya setelah sarapan kami pun sempat datang ke tempat tersebut, sekedar berkeliling melihat-lihat dan berfoto, ternyata taman ini berada tidak jauh dari bundaran HI. 

Ada beberapa kursi panjang dari beton, anak saya Zaidan den keponakan saya senang sekali berkeliling disini karena ada banyak anak tangga dan ditengah kolam ada jalan kecil yang unik bentuknya.

Kembali ke bagian meja resepsionis yang dibuka hanya ada 3 saja, terlihat sekali petugasnya sangat kewalahan dan ketika giliran saya tiba untuk dilayani lama juga prosesnya dan ternyata dari dua kamar yang saya booking, satu kamar pun masih belum siap dan harus menunggu sektiar satu jam.

Ketika check-in setiap tamu dimintakan deposit, saya tidak bertanya besaran deposit per kamar, karena saya booking 2 kamar dimintakan deposit sebesar 1 juta rupiah yang dapat dibayarkan dengan kartu kredit, cash maupun debit.

Untuk pembayaran dengan debit, seperti yang saya lakukan ketika uang deposit dikembalikan saat check-out diberikan dalam bentuk uang cash.


Review Kolam Renang

Setiap kali staycation di hotel tujuan utama adalah tentu untuk menyenangkan kedua anak saya dengan berenang, terutama Zaidan yang memang sudah senang sekali dengan berenang.


Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - swimming pool

Tidak ingin berlama-lama di dalam kamar saya segera melakukan booking untuk kedatangan ke kolam renang yang berada di lantai 17 dan beruntungnya kolam sedang tidak ramai jadi kami segera dapat mendatanginya sekitar jam 5 sore.

Terdampak covid19 untuk proses kedatangan ke kolam renang memang dibatasi pengunjungnya agar tidak terlalu ramai dan berenang pun lebih aman dan nyaman.

Ketika kami tiba di lantai 17 ada seorang resepsionis yang menyapa dan menayakan nomor kamar kami dan ia pun mengecek dengan jadwal booking yang ada, setelahnya kita di informasikan jalan menuju ke ke kolam renang.

Selain ada kolam renang di lantai 17 ini juga ada gym untuk olahraga, tidak terlalu besar tempatnya namun alatnya lumayang lengkap dan banyak pilihan, tak jauh dari depan gym atau lebih tepatnya di depan toilet dan area kamar mandi akan ada petugas lain yang meminjamkan handuk berukuran besar.



Ukuran kolam renang cukup besar, berbentuk persegi panjang dan hanya ada satu saja, sehingga khusus untuk anak-anak berada di ujung dekat dengan restoran hanya di beri pembatas saja untuk kedalamannya. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anak-anak yah karena tidak ada lifeguard khusus disini.



Di ujung lain kolam renang terdapat kolam dengan ukuran kecil, tidak dapat digunakan untuk berenang karena berisikan air hangat, untuk yang tidak berenang bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat relaksasi dengan merendam kaki seperti yang kami lakukan.


Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - swimming pool

Mengelilingi pinggir kolam tersedia banyak sunlounger, untuk yang tidak berenang bisa santai disini sambil mengawasi anak-anak yang berenang, selain itu juga ada tempat bilasan dengan dua shower bila tidak ingin berganti pakaian dan memilih untuk mandi berbersih di kamar saja.


Review Kamar Type Grand Deluxe

Sayangnya ketika check in saya tidak mendapatkan kamar dengan pemandangan air mancur bundaran HI yang ikonik dan informasi dari resepsionis yang menerima saya, untuk mendapatkan pemandangan tersebut hanya untuk type kamar Grand Deluxe saja.

Sementara itu ketika order oleh travel agent saya di booking-kan untuk type deluxe sehingga pemandangannya adalah Mall Grand Indonesia, sadly it is not like my expectation.

Namun karena saya meminta 2 kamar yang berdekatan dan kalau bisa mempunyai connecting door dari pihak Hotel Indonesia Kempinski Jakarta berbaik hati memberikan upgrade type kamar yang kebetulan ada disebelah kamar saya yaitu menjadi grand deluxe tanpa di kenakan biaya tambahan lagi.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Working area

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - living room 

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - bed room 

Jadi bila ada rencana menginap di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pastikan memilih type kamar grand deluxe dengan pemandangan bundaran HI kepada resepsionis ketika melakukan check in, karena bisa juga type kamar grand deluxe dengan pemandangan Mall Grand Indonesia seperti kamar saya.

Untuk kamar type grand deluxe dan deluxe sebenarnya tidak jauh berbeda, untuk fasilitas dan complementary product maupun toiletries yang diberikan masih sama. Yang membedakan adalah luasnya kamar type grand deluxe 2 kali daripada kamar deluxe, karena area kamar mandi lebih besar dan terdapat giant bath tub serta terdapat living room dengan dua buah sofa besar yang empuk.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Bathroom

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Shower area

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Giant Bath Tub

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Toiletries

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Deluxe Room Type - Bath Tub

Ini untuk pertama kalinya saya mengajak mama menginap di hotel dan hotelnya mempunyai fasilitas toilet otomatis, menyenangkan untuk kita yang sudah bisa atau mungkin terbiasa menggunakannya tapi jadi lucu sekali karena saya harus memberikan tutorial dulu untuk penggunaanya kepada mama, untung saja kamar kami memiliki connecting door jadi tidak perlu repot untuk keluar masuk ke kamarnya.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Automatic Toilet 

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type - Automatic Toilet

Yang tak terduga juga adalah adanya Al quran dan Al kitab di laci meja setiap kamar, ini juga sesuatu yang menyenangkan untuk mama karena biasanya beliau selalu membaca Al quran setelah selesai shalat.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type

Untuk type kamar grand deluxe begitu memasuki kamar di bagian foyer terdapat lemari kayu dengan tiga pintu yang berisikan bathrob, safety box, sandal kamar sebanyak dua buah, payung serta informasi laundry service.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type


Untuk product complemantary di dalam kamar, pak suami yang senang sekali karena mendapatkan Twining Tea selain kopi, gula dan air mineral aqua sebanyak 4 botol berukuran 600 ml. 

Untuk kopi dan teh tersebut berada di dalam laci lemari tv, tepatnya dibagian bawah. Terdapat juga ketel listrik, beberapa cangkir, piring, gelas wine dan tempat es batu.

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Grand Deluxe Room Type


Review Breakfast Restaurant 

Biasanya sarapan di restoran baru dimulai jam 6.30 pagi namun ternyata di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta sarapan sudah dimulai dari jam 6 pagi. Kami pun sudah turun dari jam 7an karena Zaidan masih mau berenang kembali dan jadwal kita berenang jam 9 pagi.




Hotel Indonesia Kempinski Jakarta - Breakfast Restaurant 

Tempat kami sarapan bernama Signature Restaurant berada satu lantai dengan area resepsionis hanya ketika keluar dari lift yang dari kamar, untuk ke area restoran kita berbelok ke kiri sementara ke resepsionis kita berbelok ke kanan.

Area restoran cukup besar selain terdapat meja kursi indoor juga terdapat area makan out door, hanya saja hari itu sedang hujan sehingga area outdoor tidak dibuka. Untuk pilihan kursi juga terdapat dua pilihan dengan sofa atau dengan kursi kaya dan banyak sekali pilihan tempatnya.


Untuk makanan disajikan secara buffet dan sangat beragam pilihan makanan yang dapat kita nikmati. Namun untuk pengambilan makanan dibantu oleh petugas restoran dan terdapat pengaturan jalan dengan memasang stiker dilantai dalam restoran agar tamu tidak berkerumun atau terlalu sering bersisian.







Rasa makanan dan masakan menurut saya tidak yang wuah sekali yah, tapi semuanya enak kok dan patut di coba kalau memungkinkan karena terdapat batas waktu untuk setiap tamu yang sarapan, sepertinya di batasi sekitar satu jam. Ada seorang petugas yang menginformasikan waktu kami sarapan akan segera berakhir.


Kesimpulan

Pelayanan Hotel Indonesia Kempinski Jakarta sangat memuaskan untuk saya dan keluarga, saya juga mendapatkan birthday cake walaupun baru di dapatkan siang hari sekitar jam 11.30 mepet sekali dengan waktu check-out.

Namun dari pihak Hotel Indonesia Kempinski Jakarta memperbolehkan kami untuk late check out hingga jam 1 siang, sehingga masih bisa seru-seruan untuk berfoto bersama dengan birthday cake tersebut.

By the way walaupun berukuran kecil namun rasanya sangat enak, anak-anak dan keponakan saya sampai berebut untuk memakannya. Bila ada rejeki lagi sih masih ingin menginap lagi disini tentu saja dengan kamar yang bisa mendapatkan pemandangan bundaran HI.









Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Jl. MH Thamrin No. 1 Jakarta Pusat
Telp : (021)23583800
Instagram : @hotelindonesia_kempinski

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.