Royal Tulip Gunung Geulis, Hotel Mewah yang Nyaman

Januari 17, 2021



Ketar-ketir mau staycation sama keluarga besar di awal bulan Januari ini, tepatnya seminggu lalu ditanggal 10-11 Januari 2021. Jadi yah karena di bulan desember 2020 lalu banyak yang memutuskan untuk liburan akibatnya angka covid19 mengalami peningkatan tajam pasca liburan tersebut.

Namun akhirnya kita tetap bisa berangkat liburan walau kakek nggak mau ikutan karena merasa kurang sehat sehingga memilih untuk sendirian tinggal dirumah. Sedih sih, apalagi cucu-cucunya sudah nggak sabar mau liburan bersama kakek-neneknya dengan menginap di hotel setelah selama tahun 2020 nggak ada sama sekali acara liburan keluarga besar.

Royal Tulip Gunung Geulis ini salah satu hotel bintang 5 di kawasan Bogor, salah satu hotel yang jadi wishlist untuk saya datangi bersama keluarga, apalagi kalau melihat jumlah kolam renangnya yang nggak cuma ada satu ditambah lagi di kolam renang anak juga terfasilitasi dengan sliding water. Yang anaknya demen berenang atau main air, best choice deh staycation kesini.

Staycation kali ini mengajak keluarga besar jadi yang pergi ikut serta ada dua adik saya dengan keluarganya masing-masing selain ibu saya yang ikut juga, totalnya ada 7 orang dewasa, 3 anak kecil dan 2 bayi. Untuk itu saya memesan 4 kamar type deluxe di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel dari salah satu travel agent online.


Review Perjalanan 

Untuk yang baru pertama kali akan datang ke Royal Tulip Gunung Geulis Hotel ini sebaiknya jauh-jauh hari mencari rute jalan dari google map yang sesuai seperti kami, karena Royal Tulip Gunung Geulis Hotel ini letaknya tidak strategis.

Berikut beberapa pilihan rute jalan dari tangerang atau jakarta untuk mencapai tujuan Royal Tulip Gunung Geulis Hotel, yaitu :

  1. Keluar pintu tol ciawi arah puncak
  2. Keluar pinto tol sentul selatan  
  3. Keluar pintu tol bogor arah sukaraja atau tanah baru

Kami menggunakan rute terakhir yaitu keluar pintu tol bogor arah sukaraja atau tanah baru kemudian masuk ke perumahan summarecon bogor. Jalannya tidak macet, karena masuk dalam perumahan juga, ada sedikit melewati perkampungan yang jalannya tidak terlalu luas tapi masih okelah dan aman untuk mobil dan berdasarkan informasi dari receptiont ini adalah rute jalan terbaik untuk menuju ke Royal Tulip Gunung Geulis Hotel.

Perjalanan dari karang tengah tangerang memakan waktu hampir 2 jam, tidak ada kemacetan berarti selama di jalan tol, kebetulan karena kami menginap di hari minggu ke hari senin dan kami memang sengaja berangkat siang setelah shalat zuhur sekitar jam 1 dan dijalan pun santai jadi baru tiba di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel sudah hampir mendekati waktu ashar sekitar jam 15.30 sore.

Selain itu karena setelah mengecek di instagram Royal Tulip Gunung Geulis Hotel dan membaca review di beberapa blog memberi informasi bila waktu check in itu di jam 3 sore dan check out di jam 12 siang, jadi daripada datang terlalu cepat dan kamar belum siap lebih memilih datang lebih terlambat sedikit.

Review Reception Area & Parking Lot

Menurut saya ini hotelnya seperti berada di tengah hutan gitu yah, jadi jauh kemana-mana sih tapiii bangunannya bagus, rapi dan bersih. Ketika kami datang protokol kesehatan dilakukan dengan baik dan benar, setelah dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh security di pintu depan, mobil kami di arahkan menuju area lobby yang berada di bagian atas, jadi jalannya agak menanjak. 




Begitu keluar dari mobil, para bellboy sudah bersiap di depan pintu masuk dan seseorang mengarahkan saya untuk menuju receptiont untuk melakukan check-in sementara itu yang lain segera membantu keluarga saya untuk menurunkan semua barang dari dalam mobil, sangat terbantu sekali saya dengan kesigapan dan kegesitan para bellboy Royal Tulip Gunung Geulis Hotel.

Area receptiont sangat luas, terdapat 4 meja untuk menerima tamu yang akan melakukan check in ataupun check out. Bila kita terpaksa menunggu antrian di area ini, tersedia beberapa sofa yang disediakan dan cukup berjarak. Tadinya saya perkirakan karena kami datang di hari minggu mungkin akan ramai dengan orang yang akan check out, tapi ternyata tidak terjadi.

Sementara saya mengurus proses check in ini, mobil-mobil yang telah selesai menurunkan barang pun di arahkan ke tempat parkir yang berada di bagian bawah, tepatnya di dekat pintu masuk, jalannya lumayan jauh yah jadi pastikan tidak ada benda tertinggal di mobil yang ingin dibawa masuk ke dalam kamar hotel setelah di turunkan semua di lobby.

Sekitar 10-15 menit saja proses check in selesai dan kita wajib melakukan deposit sebesar 500 ribu rupiah yang dapat dibayarkan dengan cash ataupun kartu kredit dan karena ada 2 kamar yang belum ready untuk kami masuki jadi semua barang kami dibawakan ke kamar lain yang sudah ready, petugas juga sangat ramah dan membantu ketika saya memilih kamar untuk letaknya yang berdekatan dan mendapat mountain view, satu kamar saja yang mendapatkan pool views.


Review Pool & Playing Park

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya salah satu yang menarik hati ingin menginap di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel adalah fasilitas kolam renangnya. Disini terdapat 3 pilihan kolam renang, 1 khusus untuk anak-anak yang dilengkapi dengan sliding water dan kolam main air dengan pancuran untuk main air. 





Disetiap pool tersedia sofa-sofa besar untuk berjemur atau untuk orang tua yang ingin mengawasi anak-anaknya berenang atau bermain air. Tersedia juga handuk yang dapat kita pakai setelah berenang, kita bisa mengambilnya di bagian fitness center yang berada di sebelah kolam anak. Penggunaan handuk ini gratis namun kita dilarang membawanya ke kamar jadi setelah penggunaan pastikan untuk tidak lupa mengembalikan ke bagian fitness center.




Naik ke bagian atas lagi terdapat kolam renang yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dan di bagian yang paling atasnya lagi adalah kolam renang khusus dewasa yang bernama G Roof yang dilengkapi dengan pool bar, untuk memastikan tidak ada anak-anak yang memasuki area ini, ada security yang menjaga di pintu masuk pool tersebut.





Untuk memanjakan anak-anak masih satu area dengan kolam renang, terdapat tempat bermain outdoor dan indoor. Namun karena masih pandemi untuk area bermain indoor di tutup untuk sementara. Tempat bermain outdoor beraneka ragam seperti flying fox, trampolin, rock climbing dan feeding rabbit yang dapat di nikmati anak-anak sepuasnya, Zaidan dan sepupunya mencoba semua permainan dan ketagihan mainnya, apalagi sudah lama sekali tidak main di area playground.











Review Kamar

Kamar yang kami tempati berada di lantai 2, jadi dari receptionist kami menggunakan lift untuk turun ke lantai tersebut, gara-gara hal tersebut baru tersadar ternyata reception itu berada di lantai 5 loh. Salah satu pelayanan Royal Tulip Gunung Geulis Hotel sebagai tamu kita tak perlu repot menggeret koper sendiri ke dalam kamar akan ada bellboy yang mengantarkan, untuk saya yang sudah berkeluarga ini sangat memudahkan.

Setiap kamar menggunakan kunci dengan kartu dan mempunyai private balcon yang cukup luas yang membedakan hanya pemandangan dari balkon tersebut. Sesuai permintaan saya diberikan kamar dengan mountain view sudah lama tidak melihat yang hijau sangat memanjakan mata sekali melihat pemandangan gunung tersebut. 


Di dalam kamar begitu membuka pintu terdapat meja untuk meletakkan tas dan koper dan dibagian bawahnya untuk meletakkan sandal atau sepatu kita, mungkin karena itu juga foyer kamar jadi terasa kurang luas agak ribet soalnya ketika kita ambil barang di tas lalu ada yang mau keluar atau masuk ke dalam kamar.

Di area foyer ini terdapat lemari pakaian dan mini bar yang di design menyerupai dinding kamar karena gagang pintu dibuat tidak terlihat. Di dalam lemari pakaian tersedia bathrob, beberapa gantungan baju, senter, informasi jasa laundry, 2 pasang sandal hotel berwarna putih dan safety box berukuran kecil. Sementara untuk mini bar yang berada di sebelah pengaturan ac dan tidak terfoto isinya, hotelnya menyediakan kopi, teh & gula, ketel listrik, kulkas kecil dan 2 botol aqua berukuran 600 ml.




Ukuran kamar cukup luas, tempat tidur juga nyaman dan ketika kami datang di atas tempat tidur terinformasikan nama petugas yang membersihkan ruangan jadi incase ada yang kurang memuaskan kita bisa mengadukan nama tersebut. 

Fasilitas kamar untuk type deluxe ini ada flat screen tv dengan pilihan channel internasional yang terpasang tepat di depan tempat tidur, meja kerja dan kursi berada dipinggir kanan dan menghadap tepat ke arah gunung dan disamping lampu kamar terdapat sofa yang cukup untuk 2 orang dewasa duduk.




Disebelah kiri tempat tidur terdapat kaca berukuran besar sehingga dapat terlihat area kamar mandinya, di area tempat tidur lantainya berbahan kayu yang memberikan kesan hangat ditambah dengan lampu meja disamping kanan dan kiri yang temaram.

Area kamar mandi terdapat shower yang bersebelahan dengan toilet duduk dan dibagian depannya terdapat meja wastafel dengan kaca meja berukuran setengah badan, perlengkapan mandi yang diberikan pun lengkap, bisa cek di foto yah.









Untuk menuju balkon pada kamar saya pintunya berada di sebelah sofa dan di balkon terdapat 2 kursi rotan dengan meja rotan berbentuk bulat seperti tong. Dari kamar saya juga terlihat area zendeck, salah satu tempat instagramable yang banyak di datangi untuk berfoto-foto dengan latar belakang pemandangan gunung atau dijadikan wedding venue.

Informasi dari pihak hotel area zendeck di tutup selama bulan februari 2021 karena akan dilakukan renovasi, ketika saya datang melihatnya tapi tidak berfoto sama sekali karena repot sama anak yang sudah tak sabar ingin berenang, terlihat area lantai yang terbuat dari kayu banyak yang sudah rusak terkelupas mungkin karena ini area terbuka dan sering terguyur air hujan dan terpapar panas.



Review Restoran

Tempat favorit saya di hotel ini adalah LL ONE restoran yang berada di dibawah area reception, untuk menuju tempat ini bila menggunakan lift berada dilantai 3 jadi dari kamar saya harus naik 1 lantai. Restoran berukuran sangat luas, terdapat area indoor dan outdoor.

Pagi itu kami memilih area outdoor, meja panjang dengan 5 kursi. Oiya untuk peraturan di restoran sepertinya cukup ketat selain ada petugas yang menanyakan nomor kamar, ia juga menghitung kehadiran orang per kamar di restoran.

Per kamar sarapan gratis diberikan untuk 2 orang dewasa dan 2 orang anak dengan usia dibawah 4 tahun jadi untuk yang ada kelebihan orang akan langsung di informasikan bila akan dikenakan biaya tambahan untuk sarapan. Untuk per orang dewasa sebesar 200 ribu dan untuk anak di atas usia 5-12 tahun dikenakan 100 ribu per orang.





Terpuaskan sekali dengan aneka pilihan sarapan yang di sediakan Royal Tulip Gunung Geulis Hotel, karena sedang pandemi jadi untuk sarapan walaupun dibuka dengan prasmanan namun tidak self service akan ada pramusaji yang membantu kita untuk mengambil makanan dari station yang tersedia. 

Dibagian luar ada station bubur ayam dan mie ayam yang bersebelahan tak jauh letaknya dari meja kami, lalu di tengah-tengah area duduk terdapat station nasi goreng yang baru akan di goreng begitu kita pesan, di depan pintu masuk area indoor terdapat coffee station, chiness food seperti dimsum dan somay, western food dan indonesia food seperti soto bandung dan gorengan. 

Untuk egg station, sereal, salad buah dan sayuran hingga sushi dan beraneka jenis pilihan minuman dan jus terdapat di area indoor. Semua makanan disajikan dengan cepat dan tidak mengantri  dan yang paling penting rasanya enak-enak.















Setelah puas mencoba beraneka sarapan yang disediakan keluarga kami bermain di area kolam renang lagi hingga mendekati waktu check out room. Namun di hari kedua ini kami berkumpul di kolam keluarga yang bisa di gunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak, karena masih ada area dangkalnya.







Disebelah area kolam ini terdapat restoran lainnya yaitu FIRE Grill & Bar sepertinya tempat ini hanya buka di sore hingga malam hari, bangunananya cukup luas dan terdiri dari 2 lantai. Sayang ketika malam kami memang tidak keluar dari kamar hotel karena hujan juga dan memilih untuk makan malam di kamar saja.

Seharusnya sih memang kami makan malam di area hotel namun karena terjadi salah order dari pihak travel agent jadi uang untuk dinner di refund oleh mereka.

Secara keseluruhan saya dan keluarga sangat puas menginap di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel, suasana hotel sangat menyenangkan seluruh staff yang kami temui sangat ramah dan membantu dan ketika kami check out pun sekitar pukul 12.30 siang tidak ada dari bagian reception yang seperti mengejar-ngejar kami tamunya untuk segera keluar dari kamar.

Oiya 3 hari setelah menginap di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel ternyata adik saya ketinggalan hijab di toilet umum dekat kolam renang dan hijabnya masih diketemukan dan dikembalikan kepada kami dengan dikirimkan via pos. Kami sangat berterima kasih sekali untuk hal tersebut.

Yang menyenangkannya lagi setelah proses check out di reception kami diberikan souvenir berupa cookies coklat yang nikmat karena masih hangat ketika kami terima dan senang sekali karena kami diberikan ekstrak cookies juga.

Untuk teman-teman yang berencana untuk staycation di Royal Tulip Gunung Geulis Hotel selama masa pandemi ini saya merekomendasikan hotel ini bisa di cek untuk informasi lengkapnya mengenai protokol kesehatan yang mereka terapkan di akun instagram mereka @royaltulipgg 








Royal Tulip Gunung Geulis Hotel
Jl. Pasir Angin Gadog Bogor 16720
Telp : (0251) 756 3800
Website : www.royal-tulip-gunung-geulis.goldentulip.com

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.