Ternyata Investasi Logam Mulia Ada Banyak Cara





Siapa yang jadi ikutan beli perhiasan emas karena selalu di sarankan oleh mamanya seperti saya ? 
Iya mama saya dari sejak saya mulai bekerja dan punya penghasilan sendiri selalu menyarankan saya untuk membeli emas perhiasan untuk tabungan atau bahasa sekarang tuh sebagai investasi. 

Dulu yah saya sering jengkel karena saya tuh nggak suka seperti mama saya pakai perhiasan emas, jadi buat apa beli kalau hanya untuk disimpan saja. Namun yah demi menyenangkan mama saya pun tetap beli perhiasaan tersebut kalau mama sudah memaksa sekali.

Pesannya mama yang selalu saya ingat sampai sekarang adalah "beli emas itu nggak akan rugi, karena harganya nggak akan turun, kalaupun turun paling nggak kita udah untung bisa pakai-pakai perhiasan emas tersebut"

Tapi yang namanya nggak suka beli perhiasan emas akhirnya saya pun beralih ke logam mulia. Beberapa tahun terakhir ini logam mulia akhirnya menjadi pilihan investasi untuk saya dan saya sudah mencoba beberapa cara, diantaranya adalah :


Arisan Logam Mulia Di Pegadaian 

Awalnya saya mulai invetasi dengan logam mulia karena ajakan teman kantor sekitar tahun 2014 lalu. Investasi logam mulia yang saya lalukan yaitu dengan cara arisan selama 6 bulan, waktu itu harga logam mulia masih sekitar 450 ribu per gram jadi arisan 10 gram pun tidak terasa berat sekali.

Arisan logam mulia yang kita ikutin ini di buat oleh seorang teman kita juga yang kebetulan kerja di Pegadaian, sebenarnya dan seharusnya pembelian logam mulia di pegadaian tidak ada penawaran dalam bentuk arisan tapi dalam bentuk cicilan.

Karena teman kami ini mau membantu memfasilitasi dengan pembelian secara arisan yah kami mau saja kan sebagi ibu-ibu yang emang demen main arisan juga.

Untungya dengan arisan logam mulia ini adalah jangka waktunya pendek mulai dari 6 bulan hingga setahun dan besaran arisan logam mulia yang kita inginkan kita bisa pilih mulai dari 1 gram hingga 10 gram sesuai dengan budget yang kita punya.

Untuk mengikuti arisan logam mulia ini pastikan kita mengenal penyelengaranya dengan baik, jangan sampai tertipu ataupun mendapatkan logam mulia yang tidak asli.


Cicilan Logam Mulia di Bank Syariah

Mulai terpikir untuk melakukan cicilan logam mulia sekitar tahun 2017 karena nggak sengaja di dekat rumah ada sebuah bank syariah yang memasang iklannya menawarkan cicilan untuk logam mulia.

Sepertinya mudah sekali yah saya tertarik untuk mencoba kalau sudah berhubungan dengan logam mulia, saya pun akhirnya mendatangi bank syariah tersebut, mencari informasi lengkapnya hingga akhirnya saya putuskan untuk melakukan cicilan logam mulia.

Untuk waktu cicilan logam mulia ini saya memilih waktu selama 18 bulan dengan mengambil cicilan logam mulia sebesar 25 gram dan perbulannya saya membayar sebesar hampir 500 ribu rupiah. Seingat saya logam mulia yang saya beli waktu itu seharga 13 juta sekian.

Untungnya dari membeli logam mulia secara cicilan adalah karena kita dapat membeli logam mulia dengan karat gram yang lebih karena sebenarnya bank memberi talangan sementara pembelian kepada kita yang mencicil pembayaran logam mulia tersebut.

Selain itu keaslian dan keamanannya juga terjamin selama kita melakukan cicilan, logam mulia akan di simpan oleh pihak bank dan tidak ada dikenakan biaya tambahan untuk safety box.

Prosesnya juga mudah kita hanya harus membuka rekening tabungan di bank syariah yang bersangkutan karena kita akan membayar cicilan dengan cara otomatis debit dari tabungan tersebut.

Sayangnya logam mulia yang saya beli secara cicilan dari bank syariah ini tidak bekerja sama dengan antam jadi bank syariah ini membeli dari toko yang menjual logam mulia jadi sebenarnya harganya bukan harga logam mulia dari antam kemudian ada tambahan biaya admin juga.


Pembelian Satuan Setiap Bulan 

Ini yang sekarang saya lakukan untuk investasi logam mulia karena pandemi. Penghasilan berkurang dan harga logam mulia melesat tajam sudah 2 kali lipat dari harga sebelum pandemi. Iya sekarang harga logam mulia sudah lebih dari satu juga rupiah per gram. 

Pembelian secara eceran atau satuan ini bisa dilakukan di banyak tempat yang memang khusus menjual logam mulia dan sudah terjamin keaslian dari logam mulia tersebut. Selain offline karena adanya pandemi ini penjualan secara online pun bisa juga dilakukan.

Untuk pembelian secara offline kita bisa datang ke Antam secara langsung, salah satunya adalah di Menara Rapindo kebon sirih bernama Butik Emas LM, selain melakukan penjualan offline bisa juga online di website logammulia.com.

sementara untuk pembelian online banyak sekali pilihannya yaitu Indogold, Orori.com hingga di market place seperti tokopedia ataupun buka lapak. Bahkan di market place tersebut juga menawarkan untuk menabung logam mulia setiap kali kita akan melakukan check out belanjaan yang kemudian bila jumlah tabungan sudah mencukupi dapat di tarik dalam bentuk logam mulia.

Keuntungan dari pembelian secara satuan ini kita hanya dapat membeli bila memang ada dananya dalam kondisi keuangan yang tidak stabil sekarang ini kita memang harus menghindari hutang walaupun untuk invetasi.

Kerugiannya adalah kita tidak bisa membeli secara berkala ataupun kita tidak bisa mengunci harganya pada satu waktu saja apalagi sekarang harga logam mulia masih naik turun.



Investasi dengan logam mulia menurut saya cocok untuk orang yang juga tidak ingin ribet karena cukup menyediakan dananya saja lalu kita bisa pilah pilih akan membelinya dimana atau bila dana belum cukup kita bisa melakukan pembelian secara cicilan.

Mungkin ada teman-teman yang bertanya kan harga logam mulia saat ini terbilang sedang tinggi kenapa harus tetap berinvestasi dengan logam mulia ? Logam mulia merupakan investasi jangka panjang yang nilainya baru akan terasa bertambah bila digunakan setidaknya dalam waktu 5 tahun kedepan.

Jadi bila sekarang berfikir untuk membeli logam mulia lalu menjualnya lagi dalam waktu 3 bulan kedepan atau kurang dari setahun, tidak akan terlalu terasa nilai pertambahannya bisa jadi justru ketika akan kita jual malah harganya sedang turun daripada saat kita beli.

Namun ingat juga yah teman-teman investasi itu tidak dilakukan hanya pada satu jenis saja, agar ketika terjadi sesuatu uang kita tidak hilang semuanya, jadi tetap harus berinvestasi dengan yang lain seperti saham, reksadana ataupun dengan deposito.

Kalau kamu mau pilih cara yang mana nih untuk investasi logam mulia ? Atau sudah mencoba cara lain untuk investasi logam mulia, share yah di kolom komentar.

Komentar

  1. Mba may kemarin pisan aku ditawarin dari bank syariah gitu kenapa yah mesti ada DP dulu dan harganya juga jauh pisan kalau nyicil teh wkwkwk riba lg atuh yah nyesel ga dari dulu invest..kalau di pegadaian arisan begitu mah mau sih aku ga tau nih tahun ini ya pada mahal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh makanya aq juga gak lanjutin lagi untuk cicilan melalui bank karena kalau di hitung lagi kok yah banyak biaya tambahan juga gitu arisan sih dari pegadaian paling enak tapi harus bener dengan orang yang kita kenal baik agar tidak tiba-tiba orangnya hilang membawa uang dan LM kita

      Hapus
  2. Bener2 banyak cara ya, kalau aku mungkin akan memilih cicilan bulanan ke bank syariah saja karena menurut saya lebih pas ke saya pribadi

    BalasHapus
  3. banyak juga ya ternyata caranya, saya hanya kepikiran beli tiap bulan, ternyata bisa ikut cicilan dan arisan juga. nyobain ah mudah-mudahan bisa ikutan nabung logam mulia ini

    BalasHapus
  4. Kalau saya dulu beli pas lagi ada rejeki hehe, dan kalau bisa pas grafik harga emas pas turun.. semoga investasi kita lancar ya hehe

    BalasHapus
  5. Dulu beli logam mulia kek emas gtu pas ada lomba pegadaian akhirnya buka tabungan emas hehe. Cuma gak kucetak soalnya gk terlalu suka simpan emas2, jd ya bentuknya kyk tabungan aja. Baru tahu di bank syariah ternyata bisa jg ya. Jd pengen punya jg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tabungan emas di pegadaian online sekarang yah mba lebih memudahkan lagi apalagi jumlah tabungan juga tidak di tentukan berapa nominalnya sesuai dengan kemampuan aja setiap bulannya cuma aq belum coba cara yang ini

      Hapus
  6. Saat sekarang ini memang pilihan yang tepat sekali ya mbak untuk melakukan investasi, karena kalau kata pakar financial saat pandemi ini kita harus memiliki investasii.

    BalasHapus
  7. Dengan banyak cara yang bervariasi bisa jadi pilihan yang tepat ya untuk investasi logam mulia. Tapi saya masih harus belajar soal investasi ini biar semakin paham manfaatnya untuk masa depan

    BalasHapus
  8. Kalo aku saat ini lagi nyoba invest di produk perbankan sih. Emas juga ada tp ya lebih sebagai simpanan. Gak pgn sampe harus dijual hehehe

    BalasHapus
  9. Sama banget Kak Mamaku pun sering nyuruh aku buat investasi emas, setelah baca-baca artikel ini aku baru tau tentang investasi logam mulia dan ternyata investasi itu sangat penting

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan Populer