Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Virtual Traveling Yang Bikin Nagih Bersama Wisata Kreatif Jakarta

Kalau saat ini kamu sudah bertahan selama 6 bulan terus menerus berada di rumah sama halnya dengan saya yang karena itu sudah bosan sekali dan ingin keluar dari dirumah untuk pergi jalan-jalan atau tepatnya berwisata.

Namun apalah daya virus corona masih betah di negara kita ini, apalagi secara resmi sudah seminggu ini Jakarta kembali memberlakukan PSBB hingga tanggal 25 september 2020 nanti, terpaksa mengurungkan niat lagi untuk bisa menyegarkan pikiran dengan keluar rumah.

Demi membunuh rasa bosan karena sudah ingin sekali jalan-jalan itulah akhirnya malam minggu kemarin (19/9) saya ikut serta jalan-jalan virtual yang di selenggarakan oleh Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) bersama dengan Wisata Kreatif jakarta. Tidak tanggung-tanggung loh kami jalan-jalannya jauh, melintasi negara lain, walau masih di Asia juga.. kami berwisata secara virtual ke Korea.

Sebelum saya cerita tentang jalan-jalan kami yang seru sekali karena di ikuti oleh lebih dari 30 orang, kita kenalan dulu dengan Wisata Kreatif Jakarta yang mengajak saya dan teman-teman ke negri gingseng secara virtual.

Virtual Traveling Bersama Wisata Kreatif Jakarta (WKJ)

Virtual traveling adalah wisata lewat dunia maya yang dapat di akses dengan perangkat komputer ataupun ponsel menggunakan aplikasi zoom. Virtual Traveling ini dimulai pertama kali pada 1 mei 2020 oleh teman-teman dari Wisata Kreatif Jakarta. Mereka adalah para pemandu wisata bersertifikat yang akan membawa kita berwisata disertai dengan banyak cerita dan penjelasan yang interaktif dan menyenangkan.

Virtual Traveling yang berdurasi selama 90 menit sekali pertemuan ini banyak sekali pilihannya, diantaranya adalah wisata rute jabodetabek dan nusantara seharga 35 ribu rupiah ada juga wisata mancanegera seharga 50 ribu rupiah. Untuk waktu wisata virtual jadwal reguler ada di hari selasa dan kamis jam 7 malam, hari jumat jam 4 sore, sabtu jam 7 malam dan minggu jam 10 pagi serta 4 sore.

Salah satu tujuan team Wisata Kreatif Jakarta (WKJ) mengadakan virtual traveling selama masa pandemik ini adalah untuk tetap membangkitkan dunia wisata baik itu di Indonesia maupun itu di mancanegara.

Virtual Traveling Ke Korea

Tepat jam 7 malam jalan-jalan kami ke korea dimulai, malam itu jalan-jalan dipandu oleh mba Ira Latief (@creative_traveler) salah satu dari tim WKJ. Seperti halnya bila kita wisata di dunia nyata yah, wisata virtual pun ada itenarary-nya juga. Sebelum itu kita juga di ajak mengenal dan merasakan seperti berada di Bandara Incheon.

Terdapat 8 tempat yang akan kami kunjungi bersama-sama yang semuanya adalah favorit spot untuk wisatawan dari Indonesia. Mulai dari Gyeongbok Palace, Cheong Stream, Hanok Village, Gangnam, Myeongdong Street, Dongdaemun, Seoul Tower hingga Nami Island.

Kalau kamu seperti saya yang melihat pergantian pengawal istana saja sudah happy sekali harus banget berkunjung ke Gyeongbok Palace ini, terjadwal yah acara rutin ini cuma ada di jam 10 pagi sama jam 3 sore dan serunya dari mba Ira di puterkan juga videonya, baru lihat videonya saja sudah merasa beneran lagi di korea loh saya, hahaha... halu tingkat dewa sudah dimulai.

Yang sering nonton drama korea pasti tahu yah ada kali atau sungai di korea yang bersih banget saking bersihnya airnya pun jernih dan dijadikan tempat wisat untuk penduduk lokalnya, apalagi kalau malam hari tempatnya jadi cantik banget dengan hiasan lampu-lampu, nah wilayah ini bernama Cheong Stream.

Informasi dari mba Ira kalau kawasan Cheong Stream juga di tiru di Indonesia tepatnya di Jakarta, tahu nggak dimana ? kalau kamu menjawab Wisata Kota Tua, tepat sekali. Jadi ceritanya ketika Ahok masih menjabat sebagai Gubernur di Jakarta beberapa tahun lalu dan ada kunjungan dinas ke Korea, Ia pun terkesan sekali dan mewujudkannya di Wisata Kota Tua.

Dari kota kita jalan-jalan juga dong ke kampung yang ada di korea yaitu Hanok Village, tapi kampung disana bukan sembarang kampung yah, hanya desain perumahan pernduduknya saja yang masih terjaga keasliannya jadi kita akan merasa seperti berada di korea pada masa lampau. Ditempat ini malah mengingatkan saya seperti di Desa Penglipuran Bali.

Kampungnya selain rapi juga instagramable, cocok deh buat foto-foto. Apalagi disini juga banyak yang menyediakan penyewaan baju tradisional korea alias hanbok, jadi kita bisa muter-muter berkeliling disini dan sekalian foto-foto.

Bila kita berminat kita pun bisa menginap di salah satu rumah yang ada di kampung tersebut, bisa cari penginapannya di aplikasi airbnb. Penginapan disini sudah mengikuti standarisasi juga yah jadi tidak perlu khawatir tentang kenyaman maupun keamanannya.

Perjalanan dilanjutkan ke kawasan perbelanjaan branded dan tempat nongkrong favoritnya orang-orang kaya di korea atau yang dikenal dengan nama Gangnam District, saya sih langsung inget dengan lagu gangnam style yang beberapa tahun booming dibawakan oleh oppa PSY. Nah karena lagunya itulah daerah gangnam menjadi semakin populer di seluruh dunia.

Daerah Gangnam ini juga terkenal dengan banyaknya gedung-gedung agensi yang menaungi artis-artis baik itu penyanyi kpop ataupun aktris dan aktor drama korea, yang senang foto-foto dengan poster artis-artis tersebut disinilah tempatnya.

Tempat favorit saya salam virtual traveling ini adalah di Myeongdong Street, ini adalah pusat perbelanjaan untuk make up dan skin care dari korea, sebut saja merk nature republic, the saem hingga etude dan lain sebagainya.

Dulu teman saya yang pulang jalan-jalan dari Korea memberitahu bila disana masker-masker dibagikan gratis bila kita masuk ke tokonya dan ternyata hal tersebut di benarkan oleh mba Ira, jadi kalau kita mau bawa oleh-oleh banyak dan nggak modal, tipsnya kita keluar masuk saja semua toko yang ada di Myeongdong Street ini, hasilnya walau kaki gempor tapi lumayan jadi irit buat beli oleh-oleh yah.

Masih tempat belanja juga kita diajak mampir Dongdaemun yang disalah satu gedungnya ada tempat belanja kalau nggak salah ingat di lantai 5 di salah satu gedung tersebut ada penjual-penjual sovenir yang fasih berbahasa indonesia, jadi kalau mau memborong yah disinilah tempatnya, karena komunikasi bisa lebih lancar.

Tempat terakhir yang dikunjungi di Seoul adalah Namsan Seoul Tower ituloh menara yang terkenal karena ada gembok cinta dan kerap kali dijadikan tempat untuk syuting drama korea, salah satu favorit saya yaitu my love from the stars.

Dan sebagai tempat penutup melengkapi kunjungan ke Korea yaitu Nami Island. Sebuah pulau kecil  yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Seoul. Nami islan ini berada di dalam danau Cheongpyeong dan butuh waktu sekitar 15 menit untuk tiba disana dengan kapal fery.

Nami island juga terkenal sebagai tempat syuting drama korea Winter Sonata hingga di abadikan dengan patung para pemainnya. Selain itu tempat ini juga selalu indah kapanpun musimnya kita datang kesini.

Jangan heran yah kenapa disini selalu ramai dengan wisatawan baik itu yang lokal maupun yang dari luar negri, tipsnya kalau foto-foto disini dalam kondisi seperti foto dibawah ini, datang pagi sekali kesini dan satu-satunya cara adalah menginap di resort yang ada disini.

Ketagihan Virtual Traveling

Bahagianya zaman sekarang yah ada teknologi yang sudah mendukung virtual traveling jadi kita benar-benar bisa melihat secara langsung terbantu dengan media 360 dan google maps jadi bukan hanya presentasi dengan gambar-gambar saja yang juga bisa kita lihat sendiri dengan googling.

Walaupun tetap yah ada kekurangan dari virtual traveling kita tidak bisa merasakan suasana korea yang sebenar-benarnya atau bertemu dengan penduduk lokalnya juga. Namun senangnya mba Ira sebagai pemandu sangat interaktif, aktif dan jelas sekali menginformasikannya.

Ketagihan deh saya jadinya ikutan Virtual Traveling ini, sampai cerita-cerita ke teman-teman kantor supaya kita bisa tetap traveling tahun ini tapi dari rumah masing-masing saja dan mereka pun juga jadi penasaran, sampai ada yang kepo ingin virtual traveling ke mekah dan madinah dan itu juga di sediakan ternyata sama teman-teman Wisata Kreatif Jakarta.

Semoga lain waktu ada kesempatan untuk benar-benar berkunjung ke Korea, oiya teman-teman sudah ada yang mencoba virtual travelling ini ? kalau belum yuk kepoin ig-nya Wisata Kreatif Jakarta dan ikutan salah satu virtual travellingnya dan ceritain keseruannya di kolom komentar dibawah yah