Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Cerita Setahun Menyusui Yang Istimewa



Pada bulan agustus lalu genap setahun usianya Zeanissa dan itu berarti setahun sudah saya memberikan asi untuknya. Yeayy ! Rasanya bahagia sekali dan bisa bernafas lega karena target terpenuhi untuk pertama kalinya berhasil memberikan anak asi sejak dilahirkan.

Kembali teringat pada persalinan kakaknya Zeanissa yang walaupun memang saya berikan asi juga tapi sejak lahir itu juga sudah diberikan susu formula karena adanya kendala ketika melahirkan. Makanya untuk kelahiran anak kedua ini saya bertekad sekali bisa memberikan asi penuh sejak selesai proses persalinan.
air susu ibu merupakan satu-satunya nutrisi ideal untuk bayi pada masa enam bulan pertama kehidupannya yang dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI setelah usia 6 bulan hingga 2 tahun -Ikatan Dokter Anak Indonesia- 
Membaca pernyataan IDAI dan sebagai seorang muslim yang mengetahui bila ada kewajiban untuk memberikan asi bagi anak kita, itulah yang menjadi alasan terkuat keinginan saya untuk dapat merasakan sendiri memberikan asi bagi zeanissa ini.

Untuk yang sudah merasakan pasti sudah tahulah yah bila menyusui ini bukan hal mudah malah lebih banyak yang harus penuh dengan perjuangan apalagi masa menyusui pun lebih panjang dari pada masa kehamillan dan yang paling berat adalah menjaga komitmen untuk terus menyusui, makanya kita harus penuh persiapan untuk menyusui.


Persiapan Untuk Menyusui 

Ada bunda yang juga mengalami kegagalan memberikan asi pada anak pertama ?

Yakin deh pasti banyak yang mengalami seperti halnya saya juga, tapi jangan jadi takut yah bun, lebih baik ambil hikmahnya dan jadikan pembelajaran untuk kehamilan berikutnya. Bilamana persiapan memberikan asi itu sudah harus di mulai ketika kita sedang hamil.

Dahulu saya nggak kepikiran sama sekali loh, saya pikir semua akan berjalan natural saja setelah melahirkan asi pun pasti akan keluar dengan sendirinya. Ternyata... tidak hanya harus dipersiapkan namun juga harus diusahakan, beberapa diantaranya adalah :

1. Memperbanyak Pengetahuan Tentang Laktasi
Zaman sekarang informasi menyusui dapat dengan mudah kita temukan, bisa dari blog, social media seperti instagram ataupun youtube. Dulu saya memanfaatkan rentang waktu masa hamil selama 9 bulan dengan memperbanyak pengetahuan mengenai laktasi diantaranya dengan membaca Buku Pintar ASI dan Menyusui karangan FB Monika.




2. Mempersiapkan Mental
Dulu saya pikir kalau sudah melahirkan selesai sudah prosesnya ternyata proses menyusui lebih melelahkan daripada ketika hamil. untuk yang baru akan melahirkan anak pertama penting sekali mengetahui bagaimana mempersiapkan mental, bukan hanya agar tidak terkena post partum depression dan baby blues namun lebih kepada menjaga semangat menyusui yang pasti akan naik turun. 

3. Pilah Pilih Perlengkapan Menyusui
Sebagai ibu bekerja hal ini menjadi penting sekali karena setelah masa cuti 3 bulan berakhir dan mulai kembali masuk kantor kita pasti akan membuat stok asi dengan melakukan pumping di jam kerja untuk itu wajib membeli alat pumping yang cocok dengan payudara kita, trik mengetahuinya adalah dengan menyewa alat pumping terlebih dahulu baru setelahnya membeli yang sesuai, saran saya sebaiknya membeli pompa asi elektrik agar tidak capek dan lebih hemat waktu juga ketika pumping.

Selanjutnya adalah pemilihan tas atau cooler bag untuk menyimpan asi perah, saran saya sebaiknya memilih tas bentuk ransel karena lebih praktis dan bisa memuat perlengkapan pumping juga dan jangan lupa juga untuk membeli apron menyusui yang berbentuk ponco karena saya terkadang pumping di meja kerja dan model ponco ini dapat mengcover bagian tubuh dengan baik.

4. Mempunyai Support System
Sepengalaman saya setelah melahirkan kita akan merasa lelah sekali apalagi setelah pulang dari rumah sakit, lelahnya akan semakin bertambah karena kita kurang istirahat karena bayi biasanya akan bergadang selama kurang lebih sebulanan. Untuk itu jangan ragu ataupun sungkan untuk meminta bantuan dari pak suami atau dari anggota keluarga yang lain.

Untuk itu saya bahkan sudah mengajak pak suami untuk sama-sama belajar mengenai asi dengan mengikuti seminar Breasfeeding 911 dengan pembicara Dr Tiwi dan Dr luh. Ia juga belajar teknik pijat laktasi dan kami berbagi jam istirahat di malam hari agar saya tidak terlalu lelah ketika bergadang.

5. Memperhatikan Asupan Nutrisi
Selain itu tentu saja saya juga menjaga sekali kesehatan tubuh saya yang salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi yang membantu agar pertumbuhan janin jadi maksimal dan juga agar kemudian dapat memberikan asi yang bernutrisi.

Asi yang bernutrisi dapat dilihat dari rupanya yang kental dan berwarna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup, untuk itu penting sekali menjaga asupan kita agar dapat memberikan asi berkualitas sehingga kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya.




Untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tersebut dimulai sejak saya hamil hingga saat ini setelah selama setahun masih lancar menyusui karena saya masih rutin mengkonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui yaitu Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG).

Mengenal Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG)

Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) merupakan produk unggulan dari PT. Kalbe Blackmores Nutrition yang sangat memahami bila semua ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatannya dan buah hati terbukti dari komposisi Blackmores Pregnancy and Breast-feeting Gold (BPBG) sebagai berikut :
  • Asam Folat 200 mg
  • Fish Oil - Natural 500 mg
  • Yodium 75 mg
  • Omega 3 165 mg
  • DHA 125 mg
  • EPA 25 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Kalsium 300 mg
  • Niasin 7.5 mg
Sepengalaman saya Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) banyak di rekomendasikan penggunaanya untuk ibu hamil dan menyusui oleh para Dokter SPOG karena Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan yaitu :
  • Tinggi asam folat yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia
  • Tinggi kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan membantu ibu menjaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Omega 3/DHA yang tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat di konsumsi dan juga baik untuk pertumbuhan otak dan mata bayi 
  • Vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui
Kemasan Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) berbentuk botol terbuat dari kaca dengan tutup berbahan dasar karet yang mudah sekali untuk dibuka tutup, namun tetap kedap udara sehingga dapat menjaga kondisi kapsul lunak di dalamnya dalam kondisi baik.





Terdapat kemasan isi 60 dan 120 kapsul lunak cukup untuk dikonsumsi selama satu atau 2 bulan dengan konsumsi perhari adalah 2 kapsul setelah makan atau sesuai dengan petunjuk dokter, ukuran kapsul lunak berwarna cokat ini agak besar tapi mudah ditelan kok. 

Hal lain yang membuat saya setia mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) karena tertera jelas nomor BPOM dan tanggal kadaluarsa produk pada kemasan selain itu juga mudah didapatkan produknya di apotik-apotik ataupun di Official store pada e-commerce seperti Tokopedia, Bibli, Lazada dan Shopee.


World Breastfeeding Week 2020

Dalam memperingati World Breastfeeding Week pada tanggal 1-7 agustus 2020 lalu, PT. Kalbe Blackmores Nutrition ikut serta mendukung pekan asi dunia tersebut dengan melakukan serangkaian edukasi dan juga sharing pengalaman di media sosial blackmoresid seputar asi dan menyusui karena Blackmores percaya setiap tetes asi merupakan wujud kasih sayang ibu bagi bayinya yang sangat berarti.






Selain itu sejak tahun 2017 PT. Kalbe Blackmores Nutrition bekerja sama dengan Bumi Sehat Foundation telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui dengan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) di Klinik Bumi Sehat yang tersebar di 3 kota besar yaitu : Denpasar, Aceh dan Papua.

Membanggakan dan salut sekali dengan gerakan kepedulian dari PT. Kalbe Blackmores Nutrition ini mengingat banyak sekali ibu hamil dan menyusui yang tidak seberuntung kita dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil hingga menyusui.

Sudah tahu kan manfaat terbaik dari Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold (BPBG) semoga cerita singkat saya ini dapat menjadi referensi bunda semua yah untuk ikut mengkonsumsi suplemen ini agar lancar menyusui hingga 2 tahun lamanya dan dapat memberikan asi berkualitas, asi bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa dan yang paling penting jangan lupa juga yah bun untuk menyusui itu harus dipersiapkan dari masa kehamilan.

Untuk informasi lebih lengkap bunda bisa kunjungi website Blackmores disini dan jangan lupa juga untuk follow instagaramnya @blackmoresid.

Happy Breastfeeding 

Komentar

  1. Saya baru tau nih kak ada varian vitamin Blackmores khusus untuk ibu menyusui, saya baru pakai yang vit Cnya untuk sekarang ini:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba bukan cuma untuk ibu menyusui tapi juga untuk ibu hamil

      Hapus
  2. Kalo ibu hamil dan menyusui, sampai kekurangan nutrisi bahaya banget buat ibunya ya Mba.. soalnya tubuh akan mengambil kekurangan nutrisinya dari cadangan si ibu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba dan bisa jadi berefek ke cabang bayi ataupun bayinya akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang kurang baik

      Hapus
  3. Bener, Mba. Rasanya kaya ada kebahagiaan tersendiri gitu ya saat anak udah setahun dan kita masih bertahan untuk menyusui.

    Btw saya juga disaraninnya minum Blackmores ini pas hamil tahun kemarin. Sekarang lagi menyusui, pengen konsumsi Blackmores jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba cobain deh minum bm, selama aq minum efeknya itu kualitas asi memang lebih baik karena kandungan multivitaminnya yang bagus

      Hapus
  4. Alhamdulillah ya Mbak kehadiran blackmores membantu proses memberikan ASI buat buah hati. Saya juga sedang menyusui, penasaran sama pengen hyoba blackmores.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yay samaan kita busui harus banget minum bm agar kualitas asi untuk anak kita lebih baik

      Hapus
    2. Asiaaap. Iya apalagi jika anak lagi gak doyan makan. Asi kudu lancar ya

      Hapus
  5. selamat ulang tahun untuk adek Zeanissa. Saya juga konsumsi Blackmores ini, Alhamdulillah ASI bisa lancar terus semoga bisa terus sampai usia si dede 2 tahun nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ucapannya dan doanya yah mba, means a lot to me

      Hapus
  6. saudara saya ada yang mengkonsumsi produk ini mba, katanya sih ASI-nya makin lancar dan makin banyak gitu bahkan teman sayas ampai didonasikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah happy banget yah bisa sampai donor asi juga saking lancarnya yah karena rutin minum blackmores ini

      Hapus
  7. Blackmores ini produknya beragam yah, sampai khusus ibu busui juga ada. Langsung dicatet nih buat calon mommy hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, bahkan dari hamil pun sudah harus minum blackmores ini juga

      Hapus
  8. Jadi keingetan masa menyusui juga deh. Tiap anak pengalamannya beda-beda. Yang pertama, aku panikan, karena asi sedikit dan putingnya lecet-lecet berdarah. Untung iya, support system bagus, jadinya bisa teratasi. Pas anak kedua hingga keempat hampir sama sebenernya, tapi sudah kenal vitamin yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas asi. Jadinya gak terlalu bermasalah. Makin ke sini makin mendukung ya keadaan, support dengan busui. Blackmores ini salah satunya. Bikin busui sehat, dan asinya berkualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah bener banget yah mba, karena sudah berpengalaman punya anak jadi tahu juga yaha mba kualitas asi dapat dari blackmores dan kuantitas bisa dapat dari konsumsi yang lain, mba aq salut deh sama kamu anak 4 dong,,,

      Hapus
  9. Ah jadi ingat masa-masa menyusui...
    Memang penuh perjuangan, tapi hasilnya worth it...
    Anak anak tumbuh sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, jadi pejuang asi gak akan menyesal deh yah

      Hapus
  10. Kalau Yayasan Bumi Sehat ini saya udah lama tahu Mbak, yg aktif menyerukan lahiran alami. Bumi Sehat meluncurkan Blackmores ya wah ngerti banget sama kebutuhan ibu hamil n ibu menyusui ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya mba aq justru memang baru tahu yayasan bumi sehat ini dan kerja sama dengan blackmores semoga berkelanjutan yah mba

      Hapus
  11. pengalaman menyusui tiap ibu beda-beda ya, mbak. tapi pastinya selalu ada perjuangan di balik suksesnya ibu menyusui ini

    BalasHapus
  12. Menyusui itu memang spesial ya, mak.. Seneng deh kalau dirimu cocok dengan suplemen Blackmores

    BalasHapus
    Balasan
    1. untungnya mba nemuin suplemen yang cocok jadi mengasihi pun lancar sekali

      Hapus
  13. Puji Tuhan sampai hari ini aku masih Menyusui Rushel yang udah Ulangtahun ke2 beberapa hari lalu Mom, tentu konsumsi makanan beenutrisi dan minum Blackmores PBFG 2x setiap hari sejak hamil dan selama menyusui.

    BalasHapus
  14. Aku jadi kangen mengASIhi , aku selama hamil dan menyusui juga selalu konsumsi Blackmores emang recommended banget

    BalasHapus
  15. Sewaktu menyusui sebenarnya sempat denger soal Blackmores eh tapi emang dasarnya nganggep lalu Padahal booster asi lumayan ngefek ya pada sebagian besar ibu

    BalasHapus
  16. jadi teringat pengalaman meng-asi-hi 8 tahun yang lalu hahaa sedih tapi ya sudahlah yg penting anakku sehat dan tidak kekurangan apapun :) semangat ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw jaman saya dulu belum ada black mores, ada sih tp masih import 😭

      Hapus
  17. Para busui harus punya ini buat suplemen asi
    baik untuk ibu dan bayi tentunya

    BalasHapus
  18. Aku kangen punya bayi lagii hehe anw ini jadi vitamin yang aku minum pas menyusui loh. Efeknya oke banget di akuuu. ASInya langsung kentel hehehe

    BalasHapus
  19. Aku jadi kangen sama momen-momen memberikan ASI karena dulu aku ibu bekerja jadi emang tantangan sekali untukku saat itu. Pokoknya dulu itu aku ngotot banget harus bisa full asi walau sambil kerja.

    BalasHapus
  20. Sehat terus ya Zeanissaaa, juga ibunya. Kalo pengalaman 'ngASI' udah lupa aku Mba, dah mayan lama hihi. Tapi dulu belum kenal atau belum ada Blackmores ya, coba kalo ada enak juga huhu

    BalasHapus
  21. Pengalaman menyusui sampe 2th juga cukup bikin aku lelah sekaligus bahagia. Alhamdulillah proses menyapih si kecil pun lancar mom. Tinggal toilet training nih selanjutnya

    BalasHapus
  22. Will try Blackmore products once I'll get married and have a child! Sekarang masih single hehe

    BalasHapus
  23. bahagianya jadi ibu yg bisa memberikan asi, semoga kelak saat aku bisa hamil dan punya anak aku juga akan bisa memberi asi uk anakku jg mba amin.. blackmores mmg kece bgt ya lengkap vit nya dr masa sebelum kehamilan sampai setelah melahirkan juga ada

    BalasHapus
  24. saudara saya ada juga yang konsumsi ini katanya setelah minum ini ASI-nya jadi makin banyak dan ini produk Kalbe ya, wah kualitasnya sih udah ga diragukan lagi

    BalasHapus
  25. Menyusui emang lebih capek ya mba. Kalo mau ideal harus berjibaku 2 taun, hamil cuma 9 bulan doank 🤣

    BalasHapus
  26. paling berat itu pas mau menyapih, aku nya malah yang belum siap lepas dari si kecil, taut ngga ada bonding spesial lagi. lebay emang nih hehe

    BalasHapus
  27. Perjuangan bunda di mulai sejak hamil ya mba sampai dengan anak besar dan menikah
    prosesnya panjang, apalagi banyak cerita tentang menyusui dan pasca melahirkan penuh dengan drama semoga kita bisa mellauinya dengan baik aamiin

    BalasHapus
  28. Kandungan Blackmores bagus sekali yaa...
    Amazingly, masa-masa menyusui memang masa menyenangkan penuh cerita. Semoga anak-anak tumbuh sehat dan ibunya jugaa...bahagia selalu.

    BalasHapus
  29. Nutrisinya lengkap ya ga heran kalo Blackmores jadi favorit busui. Ini bagus juga dikonsumsi sama ASI Booster Tea soalnya memicu hormon2 menyusui ��

    BalasHapus
  30. Yeaay selamat ulang tahun Zeanisa, masih ada setahun lagi ya untuk menyusui, semangat terus apalagi ditemani blackmores

    BalasHapus
  31. Jadi nostalgia jaman masih punya anak bayi dan momen menyusui mba, memang sih tantangan banget apalagi pas baru lahiran rasanya cape banget... Jadi better dibantu supplemen pendukung untuk ASI juga

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah, selamat ya mbak Dan happy birthday untuk zeannisa. Memang waktu rasanya cepat berlalu ya mbak. Alhamdulillah bisa melewati 1 tahun pertama mengASIhi. Semoga tahun berikutnya juga Lancar yaa

    BalasHapus
  33. Blackmores andalan banget ya, aku butuh ini nih kalau ntar insyaAllah diberi amanah untuk ada momongan. Mba Maya makasih sudah berbagi pengalaman.

    BalasHapus
  34. Nutrisi bagi bunda & si buah hati nomor 1 ya, senangnya ada suplemen yg meningkatkan imun supaya selalu sehat

    BalasHapus
  35. Wah senangnya bu ibu zaman sekarang udah ada ASI Booster yang mudah ya. Dulu aku belum kenal Blackmores ini.

    BalasHapus
  36. blackmores memang terkenal dan hasilnya selalu bagus ya. cocok deh sama harganya yang lumayan mahal, ada harga ada rupa. bagus nih artikelnya jadi masukan untuk aku yang belum nikah hihi

    BalasHapus
  37. yay selamat ya! gak kerasa udah setahun ya. saya jd keinget masa menyusui beberapa tahun lalu, emang banyak kisah tp inilah perjuangan kita sebagai ibu. suplemen pelancar ASI memang diperlukan

    BalasHapus
  38. Karena aku blm nikah aku blm tau hehe tp karena baca blog kakak jadi tau dong, thx u for sharing

    BalasHapus
  39. masa menyusui itu masa precious ya Mom maya. unforgetable bgt.

    BalasHapus
  40. Selamat ya sudah menyusui sejauh ini. Semangat terus mom!

    BalasHapus
  41. Aku lihat-lihat, emang banyak banget yang makai ini ya mom. Kayaknya memang the best ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba ini banyak busui yang rekomendasikan untuk di minum ketika hamil hingga menyusui

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak