Konsistensi Ngeblog



Dulu sih bila di tanya kenapa sih may ngeblog ? 

Jawabannya satu kalimat favorit yang saya sematkan di blog ini "todays little moments become tomorrows precious memories"  

Kalimat tersebutlah yang menjadi alasan terbesar mengapa saya ingin sekali mempunyai blog, karena melalui blog ini saya bisa menulis untuk menceritakan kisah pribadi diri sendiri atau bersama pasangan, bersama anak-anak, bersama keluarga-lah atau cerita-cerita lainnya seputar dunia kerja yang terjadi di keseharian saya.

Lalu karena saya ingin cerita di blog ini bisa menjadi album kenangan namun dalam bentuk digital makanya saya senang sekali menyisipkan banyak gambar atau foto-foto karena berharap di kemudian hari cerita-cerita penuh dengan foto tersebut dapat saya lihat lagi bersama dengan anak-anak saya atau siapa pun yang kenal dengan saya.

Sekarang jawaban itu saya jadikan jawaban untuk jangka waktu yang lama sebagai alasan saya mempunyai blog ini. Jadi blog ini akan menjadi investasi untuk hari tua saya, Makanya saya harus menghadapi tantangan terbesar untuk menjaga blog ini agar tidak pernah mati suri.

Lalu bagaimana dengan masa sekarang, apa sih tujuan saya dengan mempunyai blog ini ?

Ini awalnya saya agak kesulitan menjawabnya, karena saya memang menulis karena ingin aja, tidak ada tujuan seperti mengikuti kompetisi blog yang dapat memberikan prestige pada blog ini, namun dengan seiring waktu berjalan dan saya banyak menemukan orang-orang yang berhasil dengan mempunyai blog. 

Terpikir oleh saya untuk menjadikan blog saat ini tidak hanya sebagai tempat saya untuk menulis memorial untuk masa depan namun dari sekarang saya juga harus membuat blog ini sebagai tempat saya mencari nafkah, tempat saya dapat menambah pundi-pundi rejeki melalui tulisan.

Apalagi saat ini semakin banyak orang yang membutuhkan referensi ataupun rekomendasi sehingga mereka butuh orang lain untuk memberikan masukan pada banyak hal.

Salah satu contohnya, ketika kita liburan kita ingin punya rekomendasi hotel yang harganya murah tapi nyaman, kita ingin tahu restoran mana yang punya makanan enak tapi lokasinya dekat dari penginapan kita, kita ingin bisa memaksimalkan liburan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menjadi favorit kebanyakan orang saat ini dan lain sebagainya.

Walaupun saat ini menjadi blogger kalah jauh dengan impian menjadi seorang youtuber yang sepertinya telah menjadi cita-cita hampir kebanyakan orang karena salah satunya dapat memberikan penghasilan lebih banyak dari pada blogger, namun hingga saat ini belum ada keinginan dari saya untuk membuat video, dunia menulis masih menjadi kesenangan untuk saya pribadi.

Menulis itu seperti mengeluarkan beban yang ada dipikiran, bila beban itu sudah keluar hati senang rasanya, apalagi bila buah dari pikiran itu bisa memberikan banyak manfaat atau membantu bagi orang lain, rasanya ada kebanggaan tersediri yang saya rasakan.

Bulan juli lalu saya baru menyelesaikan ISB blog course yang di mentori oleh seorang blogger kenamaan di Indonesia, yaitu teh Ani Berta dari sanalah motivasi saya saat ini pun menjadi bulat bila menghabiskan banyak waktu di blog juga harus banyak menghasilkan tidak hanya tulisan yang berkualitas tapi juga pendapatan.

Akhirnya saya pun jadi melirik untuk bisa mengikuti kompetisi blogging atau setidaknya setiap bulan secara rutin harus ada tulisan berbayar yang masuk ke dalam blog ini sehingga bisa terus ada tantangan juga untuk diri saya dalam membuat postingan. 

Namun teringat kata-kata dari teh ani, sebulat apapun tekad kita bila ingin terus menjadi blogger yang paling utama adalah menjaga konsistensi menulis. Menurut saya pun pernyataan itu benar adanya, karena tidak hanya pada menulis yah, pada apapun bila kita tidak menjaga konsistensi tidak akan ada keberhasilan untuk mencapai tujuannya.

Diawal sudah saya katakan bila tujuan akhir saya dari membuat blog ini adalah menjadikannya sebuah investasi di masa tua, salah satu yang telah saya lakukan saat ini adalah memasang google ads agar nilai investasinya bisa dimanfaatkan dikemudian hari dan bila ingin dari iklan itu terus bertambah tinggi jumlahnya, satu yang harus saya lakukan mulai sekarang adalah konsisten menulis.

Memulai itu sulit dan menjaga konsistensi adalah kesulitan tanpa batas waktu.





Komentar

Postingan Populer