Merayakan Ulang tahun Anak, Apa saja yang harus di persiapkan ?



"Bunda emang aq ulang tahun yah ?"
"iya"
"kok, aku nggak tiup lilin ?"

Tepatnya tanggal 12 Juni lalu, Zaidan berulang tahun yang ke 5 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, memang tidak pernah ada perayaan khusus menyambut ulang tahunnya Zaidan, beli kue juga nggak, jadi gimana mau tiup lilin.

Saya dan ayahnya memang tidak pernah merayakan ulang tahun Zaidan dengan mengundang teman-temannya yah, tapi bukan berarti ulang tahunya tidak kami anggap istimewa. Setiap kali Zaidan ulang tahun saya pasti cuti dari kantor dan kita berdua biasanya jalan-jalan main dan makan sepuasnya seharian. 

Ayahnya yang lebih susah dapat cuti dari kantor, biasanya membelikan kado atau akan mengajak jalan-jalan di hari minggunya. Mungkin karena tak pernah dibiasakan merayakan hari lahirnya, Zaidan pun tidak mengerti perayaan ulang tahun.

Berhubung anaknya sekarang sudah besar dan sudah sedikit mengerti apa itu ulang tahun yang menurut Zaidan ulang tahun berarti tiup lilin dan ada perayaan bersama teman, baik itu teman rumah atau teman sekolah, karena sudah selama setahun sekolah sudah beberapa kali teman sekolah yang merayakan ulang tahun di sekolah dan yang ulang tahun dapat kado.

Zaidan pun (mungkin) ingin merasakan seperti itu.

Akhirnya saya pun nggak tega yah, walaupun kata ayahnya "Zaidan nggak akan ngambek kalo nggak dirayakan ulang tahunya juga". Ya memang benar sih, bahkan hingga hari dimana kami akan belanja-belanja untuk merayakan ulang tahunya pun dia nggak yang semangat banget, yah cuma senang saja. Jadi kepikiran sama kata-kata ayahnya dan jadi nggak ingin merayakan ulang tahunya.

Apalagi saat belanja-belanja untuk keperluan atau pun perlengkapan ulang tahun juga nggak ribet anaknya, nurut saja dan cuek saja ketika diledekin oleh tante-tantenya karena tema ulang tahunya. Jadi untuk Tema ulang tahun Zaidan saya pilihkan Dinosaurus, karena dia memang suka sekali Dinosaurus.

Persiapan ulang tahun Zaidan hanya seminggu saja, dadakan sekali deh, yah karena bundanya sudah bosan ditanyain dengan pertanyaan di atas. Akhirnya seminggu sebelum acara ditemani oleh adik-adik dan mama pergilah kita ke pasar asemka untuk belanja-belanja keperluan ulang tahun.

Ternyata susah banget yah cari pernak-pernik Dinosaurus, keliling pasar asemka beberapa jam pun hanya dapat tulisan dekorasi bertuliskan happy birthday, selusin goodie bag, dan piring kertas untuk kue yang bergambar dinosaurus.


Sudah lama nyarinya tapi nggak dapat yang dicari dan karena sudah lelah mencari tapi nggak ketemu yang sesuai harapan juga akhirnya memutuskan beli yang ada aja deh, yaitu : balon huruf nama zaidan warna silver, balon untuk hiasan dekorasi berwarna hijau dengan motif bola-bola warna putih, goodie bag aneka gambar, lilin kue dan confetti.

Sambil belanja di pasar asemka, saya minta adik saya untuk cari-cari juga di instagram dan ecommerce ternyata pesanan yang kurang banyak dan waktu yang sempit membuat harganya jadi lebih mahal, akhirnya memutuskan hanya pesan untuk undangan dan topi bergambar dinosaurus.



Isian goodie bag pilih yang murah meriah aja tapi isinya banyak, yaitu jajanan mulai dari chiki, coklat, biskuit, susu, minuman, permen, agar-agar ditambah makanan juga yaitu nasi dengan fried chicken dan satu set alat makan : piring, mangkok, gelas, sendok, garpu dan pisau kalas dari ikea.

Untuk goodie bag jangan lupa untuk melebihkan, sekitar 5 atau 10 kantong. Walau sudah di listing yah sesuai dengan jumlah undangan dan pembagian pun dilakukan sesuai dengan yang hadir ternyata masih kurang juga, karena ada saudara atau tetangga yang anaknya minta goodie bag juga, nggak harus lengkap sih yang penting ada goodie bag snacknya saja.

Oiya untung pembagian goodie bag ini juga saya nggak bagi sendiri, saya minta bantu adik saya yang urus, biar nggak pusing harus urus semuanya, jadi saya hanya terima tamu-tamu orang tua entah itu teman atau saudara yang berdatangan bersama dengan anaknya.



Untuk kue beli black forest di Holland bakery minta di printing Dino. Gambar dino bisa cari di google terus dikirim ke orang kitchennya Holland bakery. Walaupun pesan 1 hari sebelumnya dan kurang dari 24 jam karena pesen malam, besok siangnya sudah di ambil tapi puas banget dengan kuenya, rasanya enak dan gambarnya bagus banget, intinya sih sesuai dengan harganya.

Pertimbangan saya sih pilih kue yang anak-anak rata-rata suka rasanya, yaitu black forest saja. Ingin beli red velvet atau cup cake, tapi mikirnya sayang kalau ternyata anak-anak kurang suka dengan rasa kuenya atau jumlahnya kurang banyak, karena kue dibagikan juga setelah di potong.





Dekorasi dari balon-balon dan kertas krep hasil ciptaan ayah dan om-omnya Zaidan yang dikerjakan malam sekitar 2 jam dan pagi hari sekitar 2 jam. Balon-balon ini setelah selesai acara dibagikan ke teman-teman zaidan biar nggak jadi sampah juga dirumah.

Oiya jangan lupa persipakan untuk sound system juga yah, kemarin kita sudah siapkan dengan baik sebelum acara eh pas acara mic tidak sengaja jatuh ke lantai karena tersenggol sama pak badut jadi rusak deh nggak bisa dipakai. Jadi jangan lupa siapkan dua mic yah plus lagu-lagu anak-anak dan lagu ulang tahun.




Untuk acara dan sebagai hiburan juga, Zaidan dipesankan om badut sama tantenya, 1 orang badut dan 1 badut karakter untuk 2 jam pertunjukkan. Jadi ayah sama bundanya nggak pusing harus buat-buat permainan pada acara ulang tahun, cukup menyerahkan semua kepada kedua om badut tersebut, karena tidak ada badut dino jadi pilihnya badut baby shark.

Karena acara ulang tahun diadakan dirumah, rumah nenek tepatnya, jadi untuk orang tua yang mengantarkan anak-anaknya, kami sediakan bakso dan aneka pilihan cemilan-cemilan. Biar nggak bosan nungguin acara anak-anak walalu cuma sejam acaranya. Namun ini pilihan saja yah ayah dan bunda, ini kebetulan nenek Zaidan berinisiatif mau menyenangkan tamu-tamu diulang tahun zaidan saja.

Sementara untuk dokumentasi, video dan foto-foto memberdayakan om-nya zaidan juga. Ini penting juga jangan kita yang buat acara juga yang melakukan dokumentasi, pasti ribet deh walau acaranya sederhana tetap saja lebih baik minta tolong saudara yang bisa untuk mendokumentasikan acara jadi kita orang tua bisa fokus nemenin anak saja untuk acara ulang tahunnya. Agar momentnya juga tidak ada yang terlewat yah...

Alhamdullilah Zaidannya juga seneng karena akhirnya bisa tiup lilin dannn dapat banyak kado. Walau sebenarnya nggak ingin semua kado di tersebut dibuka bersamaan, tapi berhubung anaknya sudah nggak sabar akhirnya selesai acara, beres-beres baru deh kado-kado dibuka semua dan sesuai dugaan sebagian besar isinya adalah mainan.

Setelah bernegosiasi dengan zaidan, akhirnya sebagian besar maianan disimpan sama bundanya, jadi nggak semua mainan dibongkar untuk dimainkan, boleh dibongkar kalau mainan yang ada sudah rusak saja, biar bundanya nggak pusinggg lihatnya, mainan yang ada saja sudah banyak ditambah dengan kado-kado kebanyang kan kalau berantakan.

Selesai acara ulang tahun baru tersadar, ternyata buat acara ulang tahun anak saja keluar uangnya lumayan yah, hahaha. Belum lagi repotnya urus-urus goodie bag, acara dan lainnya.

Nah untuk ayah dan bunya yang ada rencana untuk buat acara ulang tahun anak terutama bertempat dirumah, mudah-mudahan bisa terbantu dengan listing pengeluaran berikut ini yah :

  • snack (susu, coklat, permen, puding kemasan atau agar-agar, chiki, biskuit, minuman rasa buah atau teh, 
  • lunch box (nasi plus ayam)
  • sovenir (1 set alat makan : piring, mangkok, gelas, sendok, garpu dan pisau kalas ikea)
  • dekorasi (balon, pita, huruf hbd dan nama)
  • acara (badut mc dan badut karakter)
  • topi 
  • undangan
  • goodie bag untuk taruh snack, lunch box dan sovenir
  • listing undangan
  • pendokumentasi (foto dan video)
  • kue ulang tahun
  • sound system

Semoga cerita ini bisa jadi gambaran buat ayah dan bunda yang mau merayakan ulang tahun anak untuk pertama kalinya dan nggak kebingunggan seperti bunda Zaidan. Untuk harga tidak sertakan di tulisan ini karena bisa cari yang sesuai budget saja, terutama untuk makanan dan untuk badut pastikan cek harga dulu melakukan perbandingan jadi bisa dapat yang sesuai.









loph,
Maya Rumi

6 komentar:

  1. Wah banyak banget nih ya Mbak memang yang harus dipersiapkan kalau mau merayakan ulang tahun

    BalasHapus
  2. Wah ada yang lagi ulang tahun nih ya. Semoga menjadi anak yang berbakti kepada kedua orangtua ya

    BalasHapus
  3. Nggak tega nih ya Mbak kalau si kecilnya sampai seperti itu hihi

    BalasHapus
  4. Wah suka banget nih ya Mbak sama dinosaurus. Ajak saja ke Dino Park Mbak hehe

    BalasHapus
  5. Wah seru banget nih ada badutnya juga, si kecil pasti suka banget nih ya Mbak

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonya, semoga bermanfaat & sukses terus...

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.