Tips & Trik Belanja Perlengkapan Bayi di IMBEX

IMBEX

Siapa disini ibu-ibu yang nggak tahu IMBEX ? Imbex adalah Indonesia Maternity Baby & Kids Expo seperti saya mungkin yang baru tahu dari tahun lalu, sebelumnya nggak ngeh sama pameran tahunan produk ibu hamil bayi dan anak ini.

hahaha.. kemana aja bun ???

Setiap tahun IMBEX di selenggarakan sebanyak 2 kali yaitu pada pertengahan tahun dan akhir tahun.  Apa perbedaannya yah ? yang akhir tahun adalah pameran yang terbesar lebih dikenal dengan IMbex sementara yang tengah tahun yang saya datangi bulan lalu ibaratnya mini pamerannya atau disebut dengan Mommy and Me by IMBEX.

Untuk pertengahan tahun ini IMBEX di helat selama 3 hari yaitu pada tanggal 28, 29 dan 30 Juni 2019 atau dari hari jumat hingga hari minggu di Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta Hall A & B.

Ada lebih dari 100 tenant yang ikut berpartisipasi dengan menawarkan diskon yang aduhai, bahkan ada promo morning attack dimana produk yang sudah di diskon akan di berikan diskon tambahan dari jam 10 pagi hingga jam 12 atau 1 siang. 

Tambah semangatlah saya datang ke acara tersebut karena tepat sekali dengan rencana belanja keperluan untuk kelahiran bayi. Walaupun nggak bisa belanja dengan diantar sama pak suami justru ditemani dan diantar oleh adik saya dan suaminya, nggak masalah yang penting dananya sudah ada ditangan. hahaha.

Harga tiket masuk IMBEX hanya 20 ribu rupiah on the spot, bila membeli online di Gotix 2 tiket dijual seharga 35 ribu bahkan pembelian tiket dengan kartu kredit atau debit kartu bank BNI pertiket hanya 1 rupiah saja.

IMBEX

IMBEX

Jam 10 pagi kurang 15 menit, saya dan kedua adik saya sudah tiba di JCC, antrian orang yang mau masuk IMBEX untuk belanja sudah panjang dan mengular, tapi di tempat pembelian tiket atau redeem tiket voucher yang dibeli online tidak ada antrian sama sekali.

Tepat jam 10 pintu masuk dibuka dan saya harus ikutan antrian yang dibuat panjang dan berputar-putar untuk bisa masuk, saya salut dengan panitia IMBEX yang membuat antrian masuk tidak berdesakan, karena banyak sekali pengunjung yang seperti saya ibu-ibu hamil, jadi dengan membuat antrian seperti itu setidaknya membuat bumil lebih nyaman dan aman. walau effort banget yah jalannya jadi lebih lama.

5 Tahun lalu ketika akan belanja perlengkapan kelahiran Zaidan saya membeli di ITC Cempaka Mas yang memang banyak terdapat baby shop. Namun kali ini saya memilih datang ke IMBEX karena sebenarnya saya punya booth incaran yaitu ingin membeli pompa asi elekrik dari Philips Avent karena untuk 50 orang pembeli pertama akan diberikan diskon 50%. 

Padahal sih di e-commerce juga banyak baby shop yang menawarkan diskon dan menjual pompa asi elekrik dari Philips Avent dengan harga murah tapi harus rajin nyarinya karena officcial shop hampir tidak pernah menjual dengan memberikan diskon seperti di IMBEX.

Sayangnya saya baru masuk ke IMBEX hampir jam 11 siang, sudah terlambat untuk bisa mendapatkan diskon 50% akhirnya saya beli dengan diskon 30% yah bisa dibilang best deal juga lah.

Nah hal lain yang saya juga suka, namanya juga belanja di pameran jadi ada banyak booth yang memberikan produk gratisan bisa berupa travel size, tester produk atau sample produk.

Hal yang menyenangkan justru ketika saya sedang melewati booth Tupperware Baby, saya diminta oleh seorang spg untuk berfoto dengan produknya kemudian mengupload foto tersebut di instagram dengan tagging dan memberikan tagar tertentu lalu saya diberikan gratis product real size masing-masing sebuah produk shampoo dan 1 produk sabunnya. lumayan banget kan harga untuk 2 produk tersebut sekitar 180 ribu.

IMBEX

Booth yang paling ramai di IMBEX adalah booth stroller yang berada tepat di depan pintu masuk, diskonnya pun besar sehingga banyak sekali menarik minat para pembeli. Terutama Baby Elle dan JOIE. Ada juga Brand Stroller dengan merk Stuff Skin yang memberikan diskon 50% sepanjang acara berlangsung.

Yang juga ramai adalah booth diaper atau popok, saya tidak mampir untuk membeli, lihat antriannya saja sudah menyerah ada Pokana dan Merries yang menjual diaper dengan harga bundling.

Kemudian ada brand merk MOIMOOM yang memberikan diskon 40% untuk semua jenis hipseat-nya. wuah ini antrinya panjang dari mulai buka di jam 10 hingga sore hari ketika saya antri pun tetap ramai, karena ada banyak produk lain juga yang dijual dengan diskon yang sama.

IMBEX

Puas sekali belanja di IMBEX dan saya baru keluar dari sana menjelang jam 6 sore. Padahal rencananya hanya sampai siang saja setelah makan siang tapi nggak sadar sudah banyak banget kantong belanjaan yang harus dibawa, untung ada bala bantuan dari adik-adik jadi bumil tetap leluasa belanja yang satu nemenin belanja yang lain jagain belanjaan, hahaha.

Oiya saat makan siang, saya mampir ke lunch booth yang berada disamping pintu masuk, ternyata kecil sekali tempatnya, nggak sebanding deh sama jumlah pengunjungnya dan hanya tersedia kurang dari 5 jenis jualan makanan dan minuman apalagi tempat untuk makan seperti kursi dan meja pun terbatas jadi lebih banyak yang memilih makan sambil lesehan di lantai seperti saya dan kedua adik saya. Untungnya cita rasa makanannya enak-enak dan harganya juga terjangkau.

IMBEX

Yang harus diperhatikan ketika datang ke IMBEX : 
1. Lebih baik bawa koper ukuran besar bila memang ingin belanja banyak jadi nggak perlu berat-berat atau ribet dengan menenteng belanjaan.
2. Bawa kursi lipat bila dalam keadaan hamil, jadi kalau lagi capek antri bisa duduk deh.
3. Lebih baik tidak datang dengan membawa anak kecil dengan stroller tempatnya sangat ramai sekali, sangat tidak nyaman untuk membawa anak.
4. Membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, terutama untuk bumil.
5. Mempergunakan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau debit dengan bank yang sedang bekerja sama dengan acara IMBEX, lebih murah dan lebih menguntungkan.
6. Agar lebih memaksimalkan waktu ketika belanja, bila pergi berdua saja, yang bisa dilakukan adalah ibu memilih barang lalu ayah yang mengantrikan dan ibu bisa mencari belanjaan ditempat lain lagi.
7. Sebaiknya sebelum kedatangan mengecek instagram IMBEX sehingga tahu produk apa yang memberikan diskon besar dan bisa merencanakan akan membeli produk apa saja disana.

Bila tidak sempat atau tidak memungkinkan untuk belanja dengan datang langsung, sekarang sudah banyak sekali jastiper pada acara IMBEX tinggal cari saja di instagram yang memberikan jasa titip yang sesuai.

Semoga cerita saya bisa membantu dan memberikan gambaran yang buat calon ayah dan ibu yang ingin belanja di IMBEX untuk keperluan lahiran dede bayi pada akhir tahun ini.






loph,
Maya Rumi

20 komentar:

  1. uwahhh, ini syurga buat mamah mamah yang baru punya anak, yang lagi hamil juga, di Bali sayangnya kurang banget expo expo seperti ini, kalau saya pribadi, kalau emang harganya diskon gede gedean pasti dijabanin deh asli pasti kalap

    BalasHapus
  2. enak banget ya di jakarta banyak pameran. bisa puas belanja dengan harga murah.

    BalasHapus
  3. jaman sekarang serba mudah ya mbak :) dulu 7 tahun lalu pameran baby and kids gini masih jarang ada, sekarang ada banyak jadi ibu muda nggak bingung lagi milih produk untuk anak

    BalasHapus
  4. pamerannya lengkap. diskonnya gede pula. siap-siap aja bikin tongpes dompet!

    BalasHapus
  5. Pantesan rame, ya. Ternyata di sini banyak diskon dan gratisan, to. Perlu banget nih tips dan triknya.

    BalasHapus
  6. Wuih antriannya buibu hamil, busui dan mahmud di IMBEX... harus bawa bekel banyak tuh kayaknya biar tetep seger

    BalasHapus
  7. Wah buat yg punya anak pasti kalap nih klo belanja disini. Apalagi diskon nya jg bikin melongo ya. Hahaha.. mantep sih ini acara nya

    BalasHapus
  8. waaah tertarik ikutan morning attack nya nih. tapi kalau jam segitu, anak kadang minta bobok siang soalnya bangunnya kepagian, ahaha. kudu cari yg bs jaga anak sementara ibunya ke sana

    BalasHapus
  9. Ak baru tau apa itu IMBEX soalnya blum jadi ibu ibu haha. Btw emg perlengkapan bayi mahal2 ya , jd klo ada expo gini mayan bgt karna bakal ada bnyk promo hehe

    BalasHapus
  10. Wahh, aku baru tau tentang IMBEX.. Seru yaa kak hunting promo disini! Nanti aku rekomendasikan tips tips dari kakak ke temen-temenku yang lagi nyari perlengkapan bayi ahh..

    BalasHapus
  11. POkoknya kalau ke imbex bisa kalap belanja ya bumil.. secara diskon nya banyak banget, tahun ini aku ga ke imbex.. tahun depan lagi hehee

    BalasHapus
  12. Wuih antriannya ya buuk. Temenku kemarin ada yang buka jastip, asli, dia panen banget dah haha tapi memang berjuang banget sih ya ngejastipnyaa

    BalasHapus
  13. Well noted nih Mba Maya, pasangan suami istri emang hrus bekerja sama ya. Ada yg belanja n ada yg antri hehe. Sehat2 bumil

    BalasHapus
  14. Wah, seru banget memang berburu kebutuhan anak di IMBEX ini. Bisa segala dapet. Tapi iya, untuk yang sedang hamil kudu ekstra hati-hati. Dan kalo bisa memang gak bawa anak. Takutnya malah rewel dan nantinya keganggu belanjanya.

    BalasHapus
  15. Aku baru tahu event IMBEX ini. Event tahunankah?
    Senang banget ya ibu-ibu zaman sekarang, punya banyak pilihan untuk persiapan melahirkan dan perlengkapan bayinya keren-keren.

    BalasHapus
  16. Bagus banget ada pameran kayak gini ya, bisa beli berbagai macam keperluan anak dan bayi, apalagi ada sikon itu yang paling pentingnya sih, walaupun rame rame juga di datangin karena diskonnya

    BalasHapus
  17. Sayang banget kemarin aku nggak bisa ikutan hadir karena main ke luar kota, padahal pengen beli beli buat hadiah newborn tmn (ada beberapa tmn lagi )

    BalasHapus
  18. Acaranya Sepertinya seru banget ya apalagi di sini banyak sekali diskonnya jadi banyak yang langsung berburu diskon di sini

    BalasHapus
  19. well noted mba, kemarin kebetulan sama aku lagi dateng d halal food festival d JCC ini tp ga mampir k IMBEX karena aku belum punya baby, jd aku boomark ah soon buat aku belanja d IMBEX

    BalasHapus
  20. Wahhh, aku baru tahu nih mbak tentang IMBEX. Ternyata ada juga ya exponya khusus ibu-ibu, terlebih new moms. Bisa memberikan banyak insight nih event ginian, mbak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.