5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Dana Melahirkan



Awal Januari lalu saya ikutan kelas online dari QM Financial yang diadakan oleh Urban Mama Community. Kebetulan sekali kan saya baru mulai hamil lagi dan memang saya butuh sekali informasi yang bahasannya mengenai Dana Melahirkan.

Tak ingin melewatkan kesempatan emas dong, apalagi kelas online ini diberikan secara gratis dengan nara sumber oleh mbak Ligwina Hananto. Ia adalah seorang pakar perencana keuangan dan CEO dari Quantum Magna Finance (QM Financial). Ciamik deh.

Mengikuti kelas online ini adalah pengalaman pertama saya, jadi setelah seluruh peserta yang beruntung mendapatkan undangan kelas online ini, kemudian dikumpulkan dalam sebuah wag, selanjutnya adalah setiap peserta diminta untuk mendownload sebuah aplikasi bernama zoom.

Dari aplikasi zoom inilah materi kelas online diberikan, sehingga kita dapat mengikuti kelas dengan melihat peserta kelas yang lain dan juga pemberi materi secara langsung seperti kita sedang melakukan video call namun video call ini dilakukan dengan banyak orang (grup).

Ada perbedaan sedikit dengan video call, dimana untuk komunikasi bersifat satu arah, artinya yang bisa berbicara hanya pemateri sementara peserta bila ingin berbicara untuk merespon pemateri atau bertanya bisa dengan menuliskan pada aplikasi chatting yang ada.

Nah berikut adalah materi yang dibagikan pada kelas online tersebut mengenai Dana Melahirkan, yaitu :

Menetapkan Tujuan Melahirkan 
Pada tahap pertama ini, ada 3 hal yang harus menjadi perhatian yaitu :
1. Pilihan metode melahirkan
Kita dari awal kehamilan sudah harus tahu akan melahirkan dengan metode apa, metode lahiran ini banyak loh sekarang ini tidak hanya caesar atau vaginal birth (normal) saja, namun ada juga lotus birth, water birth dan gentle birth.

Pada kasus saya dengan anak pertama lahir caesar, pilihan pertama metodenya adalah caesar kembali walaupun tetap ingin sekali dapat merasakan lahiran normal, apalagi jarak kelahiran dengan anak pertama pun sudah 5 tahun yang lalu yah.

Namun hasil konsultasi dengan dokter untuk kelahiran kedua dengan metode normal setelah sebelumnya caesar atau yang di istilahkan dengan Vaginal Birth After C-section (VBAC) adalah kelahiran dengan resiko tinggi, tidak boleh menggunakan perangsang sama sekali.

Dan saran dari mbak Ligwina metode melahirkan berkaitan dengan budget melahirkan juga, maka saya mengikuti saran dari mbak ligwina untuk mempersiapkan biaya yang paling tinggi yaitu metode melahirkan caesar.

2. Lokasi melahirkan
Berhubungan dengan tempat melahirkan, pilihannya bisa rumah sakit, klinik, puskesmas, bidan praktek atau lainnya, usahakan punya tempat alternative untuk lokasi melahirkan, terutama bila memilih lokasi melahirkan jauh dari tempat tinggal.

3. Budget Melahirkan
Sesuai dengan yang telah saya informasikan sebelumnya budget melahirkan harus disiapkan sebanyak mungkin dan lebih baik memilih untuk mempersiapkan biaya yang lebih besar (caesar) daripada mempersiapkan biaya yang lebih kecil (normal).

Budget melahirkan sendiri bisa didapatkan dari BPJS, asuransi kesehatan dari kantor atau dana pribadi.

Komponen Dana Melahirkan 
1. Sebelum melahirkan
Banyak dari kita hanya terpaku pada biaya pemeriksaan rutin bulanan padahal selain hal tersebut, ada banyak uang yang harus dikeluarkan.

Zaman sekarang menyambut kehamilan pun banyak acaranya atau caranya untuk menunjukkan suka cita, ada babymoon, pregnancy photo atau untuk yang muslim biasanya mengadakan acara pengajian 4 atau 7 bulanan.

Belum lagi kita juga harus mempersiapkan untuk untuk membeli perlengkapannya bayi yang akan lahir, untuk pasangan yang baru mempunyai anak pasti segala macam ingin dibeli deh, sebisa mungkin hindari hal tersebut.

2. Hari H melahirkan
Biaya melahirkan itu sendiri dan bila ada tambahan biaya mungkin ada pasangan yang ingin mempunyai foto atau video untuk dokumentasi saat melahirkan.

3. Setelah melahirkan
Biaya pertama buat saya sebagai muslim yang harus dikeluarkan adalah untuk keperluan aqikah anak. Yaitu 2 ekor kambing untuk anak laki-laki atau 1 ekor kambing untuk anak perempuan.

Setelah lahir, bayi akan periksa rutin juga yah walau hanya sebulan dan setelahnya akan akan biaya imunisasi ditahun pertama.

Biaya lain yang mungkin akan dikeluarkan adalah baby photo session.

Sumber Biaya Melahirkan
1. Siapkan diawal menikah, wajib terutama bila kita dan pasangan tidak menunda kehamilan lagi.

2. Segera menyisihkan dana khusus untuk ditabung selama 7-8 bulan begitu tahu hamil, sekarang rumah sakit pun sudah ada yang menawarkan paket cicilan selama masa kehamilan, biasanya paket ini menawarkan lebih banyak keuntungan dan memudahkan juga.

3. Mengecek tabungan atau aset lancar dan coverage asuransi dari kantor atau BPJS.

Tips agar tidak berhutang biaya melahirkan 
1. Usahakan untuk menabung selama masa kehamilan, jadi mulai kurangi atau hentikan kebiasaan belanja impulsif sehingga dapat berkomitmen merencanakan dana melahirkan dengan baik.

2. Bila menggunakan kartu kredit, usahakan tetap membayar lunas saat tagihan datang. Hindari untuk menggunakan cicilan yang akan dibayarkan setelah proses melahirkan.

3. Sesuaikan penghasilan dengan pilihan rumah sakit. Jangan memaksakan keinginan, benar-benar harus sesuaikan alokasi dana dengan budget yang ada.

4. Memanfaatkan promo atau diskon untuk barang-barang perlengkapan bayi yang akan dibeli atau rajin ikutan giveaway yang saat ini banyak di buat oleh merk keperluan bayi-bayi.

Dana lain yang harus dipersiapkan setelah melahirkan
Setelah ibu melahirkan sudah menunggu biaya lain yang akan keluar untuk buah hati kita, berikut catatan agar kita juga bisa bersiap-siap lagi untuk budget lain tersebut adalah :
1. Bila ibu adalah seorang pekerja, biaya paling pertama dan paling dekat adalah mempersiapkan dana untuk jasa pengasuh atau daycare anak
2. Bila tidak langsung hamil kembali, dana pendidikan mulai dari tk hingga kuliah harus sudah mulai dipersiapkan juga.
3. Bila kita tidak menunda memiliki anak, persiapkan kembali dana melahirkan anak kedua dan seterusnya
4. Dana pembelian untuk dp rumah atau mobil
5. Dana liburan

Sayang sekali kelas online ini hanya berdurasi satu jam saja, singkat sekali, ingin lebih lama lagi jadi bisa lebih banyak lagi yang bisa di sharing. Kelas online ini sangat membantu sekali, banyak informasi bermanfaat yang saya dapatkan terkait dengan Dana Melahirkan. Selain ada materi yang telah saya informasikan di atas ada juga sesi tanya jawab bagi peserta yang langsung dijawab oleh pemateri.

Mudah-mudahan ringkasan kelas online Dana Melahirkan ini juga bermanfaat buat teman-teman yah.





loph,
Maya Rumi

14 komentar:

  1. Wah, sayang banget kelasnya cuma 1 jam ya mbak. Padahal ada banyak banget yg bisa dibahas & ditanyakan seputar dana melahirkan

    Oiya, klo boleh tahu mbak dapat info event kaya gini dari dalam forumnya The Urban Mama?

    Coba ntar aku ikutan gabung forumnya deh. Dulu waktu kehamilan pertama (yg akhirnya keguguran), aku & pak suami bener2 nge-blank soal apa yg perlu disiapkan. Sejak saat itu jadi kerasa kami beneran nggak tahu apa2 tentang kehamilan, melahirkan & persiapannya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak himala, aq jg mengalami keguguran di kehamilan pertama, semoga sgr bs hamil kembali yah.

      follow instagram urban mama aja mbak, biasanya ada info kok bila ada kelas online.

      atau follow komunitas lain tentang parenting.

      Hapus
  2. Memang biaya kelahiran perlu dipersiapkan mb May, makanya aku sempat galau dulu alhamdulilah sih sudah disiapkan sampe survey tempat juga jangan sampe malah pinjam sana sini pas hari H repotin banyak orang kan ga enak hehehe..


    semoga sehat dan lancar ya mba May :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju teh mau lahiran merepotkan banyak orang jangan sampe terjadi deh, terutama soal biaya kelahiran, terima kasih doanya yah teh

      Hapus
  3. Ya ampun, makasih banget mbak udah share ini. AKu lagi rencana mau punya baby sama suami. merasa tercerahkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng banget bisa membantu info juga mbak erny, semoga segera punya momongan yah

      Hapus
  4. Selain kesehatan ibu dan calon dedek bayinya. Dana untuk melahirkan juga perlu diperhatikan ya Mbak. Thanks infonya

    BalasHapus
  5. menarik banget kelas zoom mba..aku pernah aplikasi zoom dan memang bisa bebas berdiskusi dengan beberapa orang secara live.

    Ulasannya juga menarik banget mba, bisa jadi referensi yang akan melahirkan :)

    BalasHapus
  6. Biaya persalinan memang hrs benar2 terukur, dulu aku pakai asuransi kantor suami sistemnya belom ada kartu jd harus bayar pakai uang sendiri. Kirain bakalan lahiran normal eh ngak taunya malah cesar, jd biaya membengkak. Untung ada dana buat hal urgent jd bisa dipakai dulu.

    BalasHapus
  7. Wahh thank you beb, sejak merit aku lebih suka baca2 hal2 yg kaya gini, biar ada gambaran gitu, jadi bisa prepare dari skrg

    BalasHapus
  8. Sehat selalu dan semoga lancar sampai persalinan nanti ya, mbak Maya.

    BalasHapus
  9. Dulu lahiran Mukhlas karena belum tahu ilmu beginian malah jadinya berutang T_T. Itulah kenapa sekarang dijarakin dulu karena mau nyiapin dana darurat dan dana pendidikannya. Baru deh nyiapin dana anak kedua. Mbak maya semoga sehat selalu ya, apapun cara persalinannya nanti semoga semua dilancarkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.