Field Trip : Agro Sawah - Taman Wisata Matahari

Agro Sawah - Taman Wisata Matahari


Akhirnya sebagai orang tua yang punya anak sekolah TK merasakan juga anaknya jalan-jalan bersama dengan guru dan teman sekolahnya atau kalau sekarang sih lebih populer disebut dengan istilah field trip. Tepatnya bulan Maret lalu, Zaidan ikut field trip dari sekolah. 

Field trip dari sekolah Zaidan ini acara tahunan yang diadakan setahun sekali, tahun 2019 ini mengunjungi Taman Wisata Matahari (TWM Park) yang berada di Puncak, Bogor dengan kegiatan utama Agro Sawah. Begitu tahu akan jalan-jalan dan ada kegiatan renang juga, wuah senang sekali Zaidan sampai bosan bundanya ini memberikan jawaban dari pertanyaan "kapan aku berenang sama teman-teman sekolah bunda ?" 

Iya yang difokuskan Zaidan itu kegiatan berenangnya bukan kegiatan Agro Sawahnya, karena dia belum mengerti dan belum pernah sebelumnya mengikuti kegiatan tersebut, bundanya juga belum pernah sih secara langsung merasakan kegiatan Agro Sawah ini, hehehe.

Zaman bundanya kecil malah samping rumah juga masih sawah, jadi nggak perlu field trip juga. Hahaha.

Agro Sawah, merupakan salah satu paket wisata edukasi yang ditawarkan Taman Wisata Matahari untuk anak-anak terutama anak TK yang bertujuan untuk memperkenalkan asal mula nasi dan pengenalan tata cara pengolahan sawah. 

Paket Agro Sawah ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak-anak akan keanekaragaman hayati karena programnya dikemas sedemikian rupa agar menarik dan anak-anak dapat mengikuti dengan ceria.

Bila ingin mengikuti kegiatan Agro Sawah seperti sekolah Zaidan ini, dari informasi di websitenya perorang dikenakan biaya 90 ribu rupiah dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dan kegiatan tersebut di khususkan untuk rombongan bukan untuk perorangan.


Agro Sawah - Taman Wisata Matahari

Agro Sawah - Taman Wisata Matahari


Sekitar jam 8an pagi, Dua bus yang di sewa sekolah sudah masuk ke tempat parkir Taman Wisata Matahari, ternyata sudah banyak sekali rombongan dari sekolah TK lain yang sudah datang lebih dahulu.

Begitu selesai dilakukan pembagian tiket masuknya kita segera menuju ke tempat Agro Sawah berada dengan berjalan kaki. Kita diberikan tiket bertuliskan "rombongan" oleh guru sekolah Zaidan, tapi saya cek tempat tiket maupun website tidak ada informasi mengenai perbedaan harga tiket perorangan atau rombongan. 

Pada bagian penjualan tiket di depan pintu masuk yang di informasikan adalah untuk anak dengan tinggi diatas 80 cm sudah harus membeli tiket sendiri dengan harga tiket sebagai berikut :
  • Turis lokal
Hari biasa (08-00 - 16.00) harga tiket 50 ribu
Hari libur (08-00 - 17.00) harga tiket 60 ribu
  • Turis asing 
Hari biasa/libur 150 ribu




Agro Sawah - Taman Wisata Matahari


Sebelum anak-anak mulai turun ke sawah, oleh pemandu mereka diberikan pengarahan dan gambaran sekilas mengenai kegiatan yang akan mereka lakukan hari itu lalu dilanjutkan dengan melakukan foto grup, sayang sekali saat pengarahan pemandunya justru membuat beberapa anak menjadi takut karena beberapa kali mengatakan anak-anak yang takut turun kesawah nanti di cium kerbau, jadilah ada beberapa teman Zaidan yang menangis karena takut akan dicium kerbau.

Setiap anak yang turun ke sawah harus mengenakan celana pendek dan melepas alas kaki. Saran saya celana pendek tidak perlu yang bagus, apalagi berbahan jeans, pakaikan celana bermain saja berbahan kaos atau katun, lebih aman lagi sih celana pendek untuk renang (seperti Zaidan pakai) bisa berbahan lycra, polyster atau nylon jadi mudah saat dibersihkan ataupun dicuci.

Walau tidak menggunakan alas kaki, namun anak-anak diperbolehkan untuk menggunakan kaos kaki, Nah ini saya awalnya bingung dan bertanya-tanya kenapa ke sawah kok pakai kaos kaki ? Ternyata ada 2 alasan kenapa anak-anak harus dipakaikan kaos kaki ketika akan turun kesawah, yaitu :
1. Agar anak-anak merasa nyaman ketika menginjak lumpur, karena memang ada beberapa anak yang merasa jijik menginjak tanah basah dan lengket.
2. Untuk menghindari bahaya menginjak pecahan beling atau paku yang mungkin ada di sawah.

Zaidan sih nyeker, terlalu bersemangat anaknya melihat sawah dengn air dan tanah. Alhamdullilah tempatnya aman dan nyaman untuk anak-anak. Ketika anak-anak turun ke sawah, orang tua tidak diperkenankan ikut serta hanya guru-guru pendamping dan pemandu saja. 

Orang tua diperkenankan melihat dari pinggir sawah untuk melihat aktivitas anak-anak dan diperbolehkan memotret dengan kamera hp ataupun kamera dslr atau mirrorless tanpa dimintakan biaya tambahan, bila malas memfoto kegiatan anak pun ada pemandu yang fokus mendokumentasikan kegiatan anak-anak tersebut.

Ada banyak kegiatan seru pada Agro Sawah di Taman Wisata Matahari, karena yang datang juga tidak hanya dari sekolah Zaidan, sehingga satu tempat digunakan bergantian dengan sekolah lain, untuk sekolah Zaidan kegiatan dimulai dengan urutan sebagai berikut :

1. Memandikan Kerbau
Setiap anak tidak hanya berkesempatan memandikan kerbau dengan membasuhkan air kolam pada badan kerbau sehingga anak-anak dapat menyentuh badan kerbau secara langsung. Namun juga bisa menunggang kerbau dan telah bersiaga pemandu yang siap mengabadikan momen tersebut untuk 1 atau 2 jepret foto.

Lumayan memakan waktu kegiatannya karena memang setiap anak diberikan kesempatan yang sama, jadi selagi menunggu giliran memandikan kerbau anak-anak pun di foto juga satu persatu dengan menggunakan perlengkapan pertanian seperti cangkul, caping, bakul sayur dan buah. 





2. Membajak Sawah
Menurut saya ini kegiatan favorit Zaidan, lihat saja ekspresi difoto-fotonya, wuah bahagia sekali kan ? dan kebetulan karena Zaidan tidak dapat teman atau pasangan teman laki-laki jadi cuma Zaidan ini yang bisa naik bajak yang ditarik oleh dua ekor kerbau berkeliling sawah berpasangan dengan teman sekelasnya yang perempuan.

Ditempat membajak sawah ini ada 2 pasang ekor kerbau yang siap membawa anak-anak berkeliling sawah, setiap pasang kerbau dapat membawa maksimal 3 orang anak.

Agro Sawah - Taman Wisata Matahari





3. Menanam Padi
Pada kegiatan ini, Pemadu membuka dengan bertanya pada anak-anak mengenai tanaman apa yang mereka pegang ?. Tidak heran sih bila banyak anak-anak yang berfikir bila mereka memegang rumput dan akan menanam rumput bukan padi, setelah diberitahu oleh pemandu bila yang mereka pegang adalah padi barulah mereka tahu bila itu bukan rumput.

Sebelum turun ke sawah mereka diberikan pengetahuan mengenai padi dan bagaimana cara menanamnya disawah dan semua melakukannya dengan riang gembira karena buat anak-anak ini seperti bermain lumpur bukan kegiatan bersawah.




Agro Sawah - Taman Wisata Matahari

Agro Sawah - Taman Wisata Matahari





4. Menumbuk Gabah
Tidak hanya kegiatan di sawah saja yang didapatkan anak-anak pada Agro Sawah ini, namun juga ada kegiatan lain yang menyertai proses dari kegiatan bertani dari menanam padi hingga menghasilkan beras yaitu menumbuk gabah dan mengayak gabah.

Karena keterbatasan tempat dan alat pada kegiatan menumbuk gabah dan mengayak gabah ini di lakukan bergantian dimana anak-anak dibagi menjadi dua grup terpisah yang laki-laki dan perempuan.


Agro Sawah - Taman Wisata Matahari

5. Mengayak Gabah



6. Menangkap Ikan
Sebagai kegiatan penutup anak-anak di kumpulkan di kolam ikan yang berair dangkal, dimana ada ikan mas berukuran sedang sebanyak 1 ember besar telah di lepaskan oleh pemandu dan anak-anak diminta untuk menangkap ikan-ikan tersebut dan mengumpulkannya kembali bersama-sama dalam sebuah wadah.

Wuah ini kegiatan yang paling ribut dan seru, anak-anak pun seolah tidak mau menyudahi kegiatan karena hingga diminta oleh pemandu untuk menyudahi pun mereka masih asik berebut menangkap ikan satu sama lain atau berkejaran dengan ikan yang lincah-lincah seolah tidak ingin ditangkap.
Agro Sawah - Taman Wisata Matahari

 

 

Selesai menangkap ikan, masing-masing anak diberikan ikan yang bisa dibawa pulang dan berakhir sudah kegiatan Agro Sawahnya. Seluruh kegiatan Agro Sawah kira-kira berjalan selama kurang lebih 2.5 jam sampai 3 jam deh, selesai hampir jam 12 siang, setelah bersih-bersih atau mungkin ada yang mandi dan berganti pakaian kita semua berkumpul untuk makan siang di saung.

Setelah selesai makan siang, ada pemandu yang menawarkan foto anak-anak yang tadi berkegiatan Agro Sawah, pemandu menawarkan paket foto yang telah di cetak yaitu, 4 foto ukuran postcard dan 1 foto berukuruan kertas A4 seharga 60 ribu.

Menunggu waktu pulang di sore hari, kita bisa memanfaatkan promo tiket yang telah kita beli, karena pengunjung diberikan potongan harga 50% untuk masuk ke water park, tapi kemarin saat kita datang rombongan, water park dapat dimasuki secara gratis, hanya dengan menunjukkan kartu dan menyebutkan nama sekolah saja. Selain itu ada beberapa wahana yang digratiskan, jadi kita mencoba beberapa permainan tersebut, yaitu : 
  • Kereta klasik
  • Perahu karet
  • Perahu Dayung Naga
  • Mobil wara wiri
  • Fantasy Land
Untuk yang ingin membeli oleh-oleh bisa mendatangi pusat oleh-oleh, yang banyak dijual adalah pakaian dengan tulisan atau logo Taman Wisata Matahari, makanan cemilan berupa gorengan, asinan dan manisan dan dekorasi bunga yang terbuat dari tanaman yang telah dikeringkan. Harganya terjangkau, jangan lupa nawar yang ibu-ibu.

Secara keseluruhan kegiatan Agro Wisata ini tidak hanya memberikan pengetahuan yang baik tapi juga sangat seru untuk anak-anak, memberikan mereka pengalaman baru yang menyenangkan karena dapat mengenal secara langsung terutama sih untuk anak-anak yang tinggal di perkotaan yah, yang memang sudah jarang menemui sawah dan kerbau.



Taman Wisata Matahari (TWM Park)
Jl. Raya Puncak km 77, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Website : www.tamanwisatamatahari.co.id
Telp : (0251)8258505





loph,
Maya Rumi

3 komentar

  1. Wah bagus banget nih ya tempat wisatanya, bisa sekalian bermain sambil belajar :D

    BalasHapus
  2. Wah kegiatan field tripnya seru dan edukatif banget, apalagi pas sesi mandiin kerbau itu, anak-anak seneng tuh ama mainan lumpur.

    BalasHapus
  3. kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak tentunya. Dan bagus banget ya tempatnya

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.