Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Itenarary Liburan Ke Bali 4D3N Dengan Anak Balita

Tahun 2018 lalu pertama kalinya saya dan pak suami mengajak Zaidan berlibur dengan menggunakan transportasi pesawat. Bali menjadi pilihan tujuan liburan kita selama 4 Hari 3 malam dari tanggal 25 sampai dengan 28 November.

Liburan tahunan ini bertepatan juga dengan perayaan 7 tahun usia pernikahan saya dan pak suami, alhamdullilah. Bersyukur sekali karena kami bertiga saat ini dilimpahkan rejeki dan kesehatan jadi bisa mewujudkan liburan keluarga ini.

Banyak banget temen yang nanyain untuk itenarary liburan kita kemana saja selama di Bali, terutama sih budget biaya yang kita keluarkan untuk hotel, tiket pesawat sama transportasi, jadi sekalian saja deh saya lengkapi dengan biaya makan dan oleh-oleh juga.

Liburan ke Bali memang nggak bisa di bilang murah sih, saya bahkan ngerencanainnya beberapa kali maju mundur, apalagi pas lihat totalan budgetnya ternyata keluar banyak yah hanya untuk ke Bali. Namun akhirnya memutuskan untuk tetap jalan.

Karena yah seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, tahun ini special buat saya dan pak suami dan saya mau menepati janji mengajak Zaidan naik pesawat, lagian sudah kerja setahun dan nabung juga masa nggak mau ngasih diri sendiri liburan sama anak dan suami, dan Zaidan juga sudah besar, sudah mulai mengerti jalan-jalan apalagi kepantai yang emang jadi favoritnya banget.

Itenarary Liburan
Day 1
Break fast : Bali Bakery
Main ke : Ubud Monkey Forest
Lunch : Bebek Bengil
Pantai : sekitar Nusa Dua
Dinner : Nusa Dua Seafood

Day 2 :
Main ke : Artotel Beach Club
lunch : mcd
Main ke : Pura Uluwatu & nonton tari kecak
Dinner : Warung pinggir jalan  & Gusto Gelato

Day 3 :
Main ke : Bali Bird Park & Pasar Sukowati
Lunch : Pasar Sukowati
Main ke : Tanah Lot Bedugul
Dinner : warung pinggir jalan

Day 4 :
Breakfast : hotel
Berenang di hotel & main di kids club
Lunch : Gosha Eatery & Pastries
Beli oleh-oleh
Dinner : dipesawat

Nah itu itenarary selama 4 hari 3 malam kita di Bali. Berangkat ke Bali dengan penerbangan pertama, Berangkat dari rumah jam 4.30 pagi, take off jam 6 pagi dan jam 8 sudah sampai. Kenapa ambil penerbangan pagi ? karena saya was-was Zaidan akan rewel di pesawat jadi saat dipesawat ketika berangkat dia tidur sepanjang perjalanan namun saat pulang kita ambilnya malam dan walaupun dia sempat bosan, untungnya tidak rewel. Hanya protes ketika akan landing, kupingnya berdengung, untungnya saya bawa permen, jadi nggak terlalu masalah.

Dari itenarary tersebut di hari pertama, setelah dari Ubud ternyata kita bertiga capek banget dan kebetulan juga turun hujan jadi jam 4 sore sudah check in hotel dan langsung tidur sampe malam. Niat awalnya mau ke Pantai sekitar Nusa Dua sekaligus makan malam akhirnya kita batalkan dan kita makan malam dikamar karena mager, hujan masih nggak berhenti juga.

Untuk Tempat wisata yang di datangi saya beli tiketnya tidak ditempat wisata, ada yang saya beli online 2 hari sebelum kedatangan seperti untuk Artotel Beach Club dan Bali Bird Park. Bahkan untuk Nonton tari kecak di Uluwatu pun bisa di beli tiketnya melalui wa, saya lupa nggak save nomornya, tapi bisa di cari di google.

Berikut informasi rinciannya yah :

T i k e t
Untuk tiket, saya telah mencari dari 3 bulan sebelum keberangkatan karena ingin dapat tiket sesuai budget (baca : tiket murah slash tiket promo). Setelah berkali-kali mengecek beberapa situs penerbangan, akhirnya saya membeli langsung dari situs Air Asia. Lumayan nih untuk bertiga tiket pergi dan pulang dapat 3,3 juta jadi hitungannya tiket itu dapat 550 ribu.

Untuk yang sering beli tiket di traveloka dan teman-temannya, bisa juga sih mengecek untuk membandingkan harga, kemarin saya pun begitu, sayangnya pas lagi mau beli tiket dapat tiket murahnya malah langsung dari website Air Asia.

H o t e l
Setelah mendapatkan tiket pesawat, yang saya cari kemudian adalah hotel tempat menginap. Pencarian saya lakukan dari sebulan sebelum keberangkatan. Saya membeli voucher menginap dari aplikasi fave untuk hotel di Amaroossa Suite Hotel dan dari situs lalalaway untuk hotel Jambuluwuk Oceano Seminyak.

Sebenernya saya inginya sih untuk pemilihan hotel khusus mencari hotel yang membuat zaidan nyaman dan senang yaitu kamar hotel dengan bathtub, karena zaidan senang berendam dan main air lalu tersedia fasilitas kolam renang untuk anak dan terakhir ada kids club. Namun di Amaroossa Suite Hotel nggak ada kids club tapi harganya murah banget. Ini alasan saya pindah hotel di hari terakhir, karena memang sudah nggak ingin kemana-mana lagi sih, inginnya main setengah harian di hotel sebelum check out.

Transportasi
Ini post yang paling menolong mengurangi pengeluaran. Kebetulan kantor saya punya kantor cabang di kota Bali jadi untuk kendaraan selama disana, saya pinjam kendaraan operasional kantor. Lumayan deh jadinya menghemat budget hanya keluar uang 500 ribu, untuk beli bbm 200 ribu untuk 4 hari dan masih sisa lumayan banyak dan 300 ribu kasih tip buat  driver yang antar - jemput kendaraan ke bandara sekaligus untuk cuci dan vacum mobilnya juga.

Untuk transportasi banyak kok di Bali penyewaan mobil ataupun motor, saran saya sih kalau ke bali dengan anak-anak disaat musim panas, oke saja sewa motor kemana-mana biar lebih praktis namun kalau musim hujan jangan deh, kasihan kalau sampai anak kehujanan yang ada malah jadi sakit ketika liburan.

Jangan lupa yah untuk menambahkan biaya transportasi dari rumah ke bandara dan sebaliknya ketika pulang. Saya menghemat juga disini karena diantar sama adik dan pulangnya dijemput.

Makan & Jajan
Pada post ini saya pikir akan habis banyak ternyata diluar dugaan, karena kita bertiga nggak tipical orang yang makannya pilih tempat, ditempat makan mahal hayo di pinggir jalan juga ok. Yang jadi pertimbangan lagi karena kami muslim, yang paling penting adalah menemukan tempat makan halal. Jadi biasanya kalau kita nggak menemukan informasi kehalalan makannya yah kita tanya dulu atau cari di google untuk informasi tempat makan halal.

Dari beberapa restaurant yang kita datangi, sepertinya yang paling mahal makan di Bebek bengil tapi itu pun saya pesen 1 porsi bebek dengan 2 nasi, karena sudah pernah makan disana dan nggak habis makan bebek setengah ekor sendirian. Sementara Zaidan kita bawain makanan lauk yang kita beli di warung nasi karena sampai di Bali anaknya pengen banget makan tempe goreng favoritnya. Hahaha.

Oleh - oleh
Nah ini post yang membengkak. Saya dan pak suami memang nggak belanja-belanja selain di Pasar Sukowati, kita bahkan nggak mampir ke Toko Oleh-oleh Krisna, Namun gara-gara ke pasar Sukowati, yang harganya murah-murah beli-beli eh habis banyak ternyata. hahaha.

Setelah itu dihari terakhir pas mau pulang kita beli mampir-mampir untuk beli oleh-oleh makanan juga, yang kita beli emang oleh-oleh wajib turis lokal deh dan ternyata habis banyak juga.

Totalan Pengeluaran
Tiket : 3.300.000 (pergi-pulang untuk 3 orang)
Hotel : 1.700.000 (2 hotel untuk 4 hari 3 malam)
Transportasi : 500.000
Makan & Jajan : 1.500.000
Oleh-oleh Total : 2.000.000
Oleh-oleh Makanan : 1.500.000 (saudara, teman kantor, tetangga dan guru zaidan)
Oleh-oleh Pakaian : 500.000 (untuk keluarga)
Tiket Wisata : 680.000
Online : 445.000
On the spot : 235.000
Pengeluaran lain-lain : 100.000 (parkir)
Total : 9.780.000

Dari totalan pengeluaran tersebut masih sesuai budget yang telah saya buat perhitungannya sekitar 10 juta, oya besaran budget ini bisa kurang juga yah atau mungkin lebih, tergantung post mana yang mau kita hemat atau kita lebihkan dan lamanya pilihan waktu liburan.

Untuk penghematan post misalnya pada tempat wisata tinggal googling saja banyak kok tempat wisata di bali yang murah meriah bahkan tidak dipungut biaya, terutama pantainya paling hanya bayar tiket parkir saja. Kebetulan saya tidak mengajak Zaidan ke pantai sama sekali kecuali yang di Artotel Beach Club karena musim hujan jadi setiap sore itu selalu hujan, padahal niatnya ingin ke pantai disore hari sekaligus melihat sunset.

Semoga itenarary dan biaya-biaya ke pulau Dewata ini bisa bermanfaat menjadi gambaran untuk teman-teman yang ingin liburan keluarga dengan anak balita, yang paling penting menjadi catatan buat orang tua adalah ketika lbiuran ke Bali jangan memilih tempat wisata yang tidak nyaman dan membosankan buat anak, seperti tempat yang lebih banyak untuk foto-foto daripada mainnya.

Yang terakhir yang nggak kalah penting jangan sampai liburan mengunakan pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit karena sudah bisa dipastikan akan lewat dari anggaran. Lebih baik membawa uang cash jumlah tertentu tapi jangan pelit juga sama diri sendiri dan  keluarga, intinya jangan sampai pulang liburan hutang pun numpuk.

Untuk yang sudah pernah liburan ke Bali bersama dengan keluarga boleh loh di share ceritanya di kolom komentar paling suka kemana saja atau yang baru mau mulai merencanakan untuk liburan tahun 2019 ini, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentarnya.

loph,
Maya Rumi

Komentar

1. Waaah senangnya. Aku belum pernah ke Bali sekeluarga. Aku bbrp kali ada event. Anak2 kesana juga study tour. Belum pernah bareng2.

1. aq juga seringnya ke Bali kerja mbak lusi, baru kli ini liburan keluarga

2. Seru banget liburannya bunda :D

BalasHapus
  3. Tahun 2018 lalu kayaknya kami agak minim jalan-jalan hehehe. Belum ada rencana ke Bali dalam waktu dekat. Tapi, pengen lebih sering lagi jalan-jalan dengan keluarga :)

Balasan
    1. iya aq pun begitu mbak lebih pingin sering2 jalan bersama keluarga, efek sudah jadi emak-emak kali yah.. hihi

Hapus
  4. Aaah Baliii giling udah lama banget aku ngga ke Bali... Kangen, tapi Abah males kl ke Bali hahahah XD
    Btw beli vocer hotel di Fave recomended ngga may? aku suka mupeng liat harga2 hotel di fave tapi takut ngga puas hahah (gimana sih sandra banyak maunya) :D

Balasan
    1. kenapa mbak kok abah malas ke bali ?
      vocer fave rekomen mbak, aq kemarin beli untuk hotel dan vocher bali bird park

Hapus
  5. harus di save neh ittenarinya, kebetulan belum pernah bawa anak ke Bali.

1. semoga bisa membantu yah mbak turis ketika akan ke bali sama anaknya

Hapus
  6. luar biasa yah kalo liburan ke Bali, butuh uang tak sedikit hahaha, sekitar 10 juta hmmm fantastis bagi saya

Balasan
    1. banget mbak, makanya aq bilang sempat maju mundur untuk tetap pergi. buat saya juga itu fantastis banget loh.

Hapus
  7. Seru juga ya itinerary mbak Maya selama di Bali. Beberapa kali sekalipun belum pernah ke tempat yang mbak kunjungi. Bisa jadi ide buat next trip ke Bali.

Balasan
    1. next ke bali coba kesana yah mbak edwina ;)

Hapus
  8. Waah, seru liburannya ke Bali... 5 tahun lalu ke sana semingguan sama Diana pengan juga ngulangin. Tapi kalau baca bajetnya langsung puyeng wakakakak...

Balasan
    1. Iya mbak aq juga pgn tiap tahun ke Bali gak bosenin kalo liburan kesana tapi budgetnya muyengin

Hapus
  9. Mba May aku juga renacananya mau ke Bali, ini ngeteng itunganya y mba May kemarin sebelum ada isue naik harga tiket aku sempat search di traveloka biaya pesawat dan hotel buat ber-4 untuk 4D3N (itungannya 3 ding krn Rayi masih cimit) kurleb 5jutaan sisana makan dan transport paling brplah oleh2 ga usah beli kecuali nitip huakakakakak...*mamak pelit

Balasan
    1. iya teh ini ngeteng gak all in Kali yah.. duh kalo sekarang2 jgn deh kemana2, tiketnya bikin susah nafas

Hapus
  10. Waaah makasih sharingnya mbak. Aku butuh merencanakan liburan ke Bali bareng anak soalnya. Tadinya mau maju mundur karena pasti bengkak, tapi kalo direncanain gini aku udah dapet gambarannya :)

1. Sama2 mbak yosa tinggal disesuaikan dg budget yg dipunya yah

11. Hotelnya kece kece bangeeett ya mba
    Aku udah lamaaa ngga ke Bali
    Mau lihat2 itinerary mba yaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

BalasHapus
  12. Ke Bali bareng keluarga sekitar 5 tahun lalu.. aku ke uluwatu, tanah lot, dreamland beach, kintamani dan gianyar.. menginap didaerah kuta.. seru banget deh pokoknya..jadi kangen bali.. semoga tahun 2019 ini bisa ke Bali lagi bareng keluarga

1. Aamiin, wuah bnyak tempat yg udah dikunjungi yah mbak elly

Hapus
  13. aku pun demikian, kalo traveling beli tiket + booking hotel jauh2 bulan hahaha.. biar enak ngatur budgetnya

1. Tos jauh mbak Andy, penting bgt merencanKan budget biar gak bocor yah

Hapus
  14. Aku kapok mbak jalan jalan tanpa perencanaan... kapan gitu jalan mendadak huwaaaaaa habisnya banyak banged dan tiketnya muahaaaalll..... so. This is latut ku contoh mba... se itenary dan oleh olehmua sungguh perfect

15. Wah bakal diinget terus tuh sama anak nya klo sudah besar

16. Sebelumnya, aku mau ngucapin, selamat anniversary ya Mbak Maya. Semoga harmonis terus, diberi kesehatan, dan lancar rezeki. Alhamdulillah akhirnya bisa liburan bareng dan menunaikan janji buat jalan-jalan naik pesawat sama anak. Itin-nya kalau aku perhatiin emang ramah buat bareng keluarga terutama kalau bawa anak. Biayanya juga masuk akal dan masih bisa dijangkau kalau nabung dan direncanain. Semoga ada rezeki lebih lagi buat liburan, aamiin.

17. Saya belum pernah nih ke Bali sekeluarga. Anak-anak saya udah pernah ke Bali, tetapi ikut kakek dan neneknya. Saya dan suami gak bisa ikutan waktu itu. Jadi kangen Bali. Udah lama banget gak ke sana

BalasHapus
  18. Akh aku jauh2 hari juga kalau book tiket hotel pesawat dsb dll. Dan tiba tiba saya kangen UBUD hahaha

19. Wah, aku harus save info ini nih sebelum nanti punya anak :D

20. wahh kebetulan banget bulan maret rencana ke bali sekeluarga, jadi bisa intip2 beberapa biaya di sini, makasih yaa...

BalasHapus
  21. Makasih sharingnya mbak, aku simpen ah, next mau liburan kesana sama keluarga.

22. senangnya berlibur bersama keluarga. Thanks udah share artikel lengkap dengan itinerarynya. Bermanfaat sekali.

23. Liburan sekeluarga memang harus dipersiapkan jauh-jauh hari ya, termasuk budget. Komplit ini tulisannya mba.

24. ahh seruu.. kapan aku bsa jalan bareng sama keluarga yaaa hahaha

25. ke bali aku inget kopi luwaknya.. enaakkk banget...

26. Jadi kangen Bali deh. Belum pernah mampir ke artotel beach club itu. Btw beli oleh-oleh banyak juga ya hehehe. Tapi kalo si kecil senang kita pasti senang tak terhingga deh. Thanks tips2 nya ya Mba

27. Selamat 7 tahun pernikahan mbak Semoga langgeng ^^

28. Setelah melihat budgetnya, sepertinya buat saya yang masih kuliah travelling dengan cara backpacker masih pas dengan budget wkwkwk.

29. Hahahaha sama mbaaa. Aku pun klo nyati tiket bbrp bulan sblmnya supaya dapet yang promo.

BalasHapus
  30. Belum ada rencana ke Bali dalam waktu dekat. Tapi, pengen lebih sering lagi jalan-jalan dengan keluarga :)

31. Aduh jadi kangen banget sama Bali nih, udah lama juga gak kesana. Terakhir anakku senang banget dibawa ke Bali Bird Park dan kerjaan tiap sore selalu mantai.

32. Aku baru sekali ke Bali tapi Gak Sama keluarga, entahlah bisa ke Sana lagi atau enggak

33. wah, pastinya seru ya liburan ke Bali :D hehe

34. Ayo Coba Tour Nusa Penida dik? cuma 350K/pax fasilitas sudah lengkap dan ok. tinggal telp saja ya. dijamin paling murah kok. salam

kalau mau Rental Hiace di Bali cuma 1 juta saja per hari, rental elf di Bali hanya 800ribu semua plus driver dan BBM