Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

Cerita dari Alun-alun Kota Wisata Batu

Sudah setengah tahun berlalu namun kenangan berwisata ke kota Batu masih tertinggal di hati hingga hari ini. Sebenarnya bukan hanya kota Batu sih yang memberikan kesan mendalam namun kota-kota lain yang juga pernah saya kunjungi, tapi untuk saat ini kota Batu adalah satu-satunya kota yang ingin sekali saya kunjungi lagi dalam waktu dekat ini bersama dengan keluarga. 

Mudah-mudahan ada rejekinya, aamiinn.

Setelah mendatangi beberapa tempat wisatanya seperti Taman selecta, Jatim Park 3, Museum Angkut, Kebun Apel hingga tidak sengaja mampir ke alun-alun kota-nya. Membuat keinginan saya untuk kembali lagi kesana dengan suami dan anak saya bertambah besar, for me batu is the city must to come for your family trip.

Kota Batu terletak di dataran tinggi di provinsi Jawa Timur, berjarak 15 km dari kota malang.  Kota Batu populer dikenal dengan Kota Wisata Batu karena selain tempat wisata yang saya sebutkan di atas ada banyak lagi tempat wisata menarik yang harus dikunjungi, mungkin yah seminggu disana pun tak cukup untuk menikmati tempat wisatanya.

Oiya kota Batu ini sering di sebut dengan Batu, Malang, padahal kota Batu adalah kota sendiri yang terpisah secara otonom dengan kota Malang namun kota Batu bersama dengan kabupaten Malang dan Malang kota merupakan kesatuan yang disebut dengan Malang Raya.

alun-alun kota wisata batu

Alun-alun kota Batu telah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2010, tahun berikutnya alun-alun ini pun diresmikan kembali pada bulan mei 2011. Alun-alun kota batu adalah satu-satunya alun-alun yang mempunyai sebuah bianglala permanen berukuran raksasa dengan 17 kabin yang bisa kita naiki dengan membayar hanya 3000 rupiah saja dan kita bisa menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian.

Kota Malang terkenal dengan kota apel untuk itu sebuah tugu apel berdiri apik di tengah alun-alun, yang menarik lagi ada buah strawberry yang di fungsikan sebagai tempat informasi dan buah apel hijau di fungsikan sebagai toilet, lucu sekali.



alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu


Kami dua kali datang ke Alun-alun ini, pertama di malam hari karena penasaran dengan wisata kuliner di sekitar alun-alun yaitu kopi letek dan pos ketan legenda. Ternyata tempatnya ramai sekali dengan pengunjung, jadi kami urungkan niat kami untuk masuk di kedua tempat tersebut.

Akhirnya saya dan beberapa teman dengan menyewa gocar pergi ke paralayang gunung banyak, sebuah bukit dimana kita bisa menikmati pemandangan kota Batu yang lain dari ketinggian, ternyata saat sampai sana sedang turun kabut dan akhirnya hujan.

Gagal dua kali deh. Kalah banyak.Hiks


masjid agung an nuur kota batu

Nah karena yang malam hanya sesaat saja berada di alun-alun, di siang hari saya berkesempatan datang lagi karena saat trip disana hari jumat selagi teman-teman yang laki-laki jumatan di Masjid Agung An Nuur yang ada di sebelah alun-alun, saya dan teman perempuan ataupun dengan teman laki-laki yang non muslim punya waktu yang lebih panjang untuk keliling alun-alun.

Ternyata alun-alun kota Batu mengejutkan saya disiang hari itu dengan play ground outdoor yang tidak ada di Jakarta. Bahkan saya belum pernah melihat yang seperti itu ada di RPTRA.

Di Jakarta playground sejenis itu biasanya ada di dalam mall, ada yang berbayar ada juga yang diberikan gratis untuk pengunjung, sekalipun gratis yah nggak semua anak dapat menikmati, hanya kalangan tertentu.

Sementara di alun-alun kota Batu ini sebaliknya, selama anaknya berusia dibawah 5 tahun, sepuasnya bisa main di play ground tersebut.



alun-alun kota wisata batu
alun-alun kota wisata batu




alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu


alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu

alun-alun kota wisata batu


Saya lama sekali memperhatikan anak-anak dengan ibu mereka di play ground tersebut jadi bahagia cuma karena melihat kegiatan mereka, anak-anaknya sibuk bermain sementara orang tua mengawasi atau ada juga yang menemani anaknya yang masih batita. Saat itu saya jadi ingat dengan bocah lanang saya yang demen banget main di playground.

Alun-alun kota wisata Batu ini benar-benar menjadi sarana hiburan keluarga maupun pasangan muda-mudi Batu, sudah di tata dengan apik, disediakan tempat bermain, banyak tukang jajanan, bisa menjadi tempat pertemuan dengan teman atau saudara dengan disediakan banyak sekali bangku taman.

Selain itu warganya pun di ajak untuk ikut serta oleh pemerintah daerah untuk menjaga alun-alun untuk mentaati peraturan yang ada, seperti di play ground tidak memakai sandal atau sepatu, di khususkan untuk anak dibawah usia 5 tahun hingga peraturan di larang merokok di area alun-alun jadi saat disana kita benar-benar bisa menikmati udara bersih.

Kalau ibu-ibu ada nggak tempat main anak yang bikin kangen atau kota mana gitu yang lagi ingin di datangi bareng pasangan dan anak-anak ?

Bagi ceritanya di kolom komentar yuks...



loph,
Maya Rumi

Komentar

  1. Batu memang kota wisata dengan berjuta pesonanya

    BalasHapus
  2. Waaah aku belum ke alun2nya karena waktunya kurang. Banyak banget obyek wisata yg bagus2 di Batu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah sayang banget mbak gak mampir ke alun-alunnya ;) banyak pilihan objek wisata jadi harus balik lagi yah mbak lusi ke batu

      Hapus
  3. Terakhir aku ke Malang kayaknya wisatanya cuma kebun apel aja. Sekarang sih udah banyak ya. Alun-alunnya aja asyik gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak sudah berbagai macam objek wisatanya gak hanya kebun apel saja

      Hapus
  4. Alun-alunnya lengkap banget mbak, ada bianglalanya juga sudah gitu murah banget cm 3k aja. Kenapa di Jakarta tidak ada ya? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga ngarep tuh ada bianglala yang murah gitu di jakarta, hehehe

      Hapus
  5. Batu ini one of my favorite destination. Hepiii banget kalo bisa nginep dan main2 ke daerah Batu.
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak pingin balik lagi ke batu secepatnya

      Hapus
  6. Setiap alun-alun disetiap kota memang berbeda-beda ya, Teh. Dan saya belum main ke alun-alun kota batu nih..he

    Yang tertarik buat saya itu masjidnya, pengen bisa shalat disitu, warna masjidnya suka banget, hijau. Dan beberapa alun-alun yang pernah saya kunjungi memang kebanyakan dekat dengan masjid.

    Permainan untuk anaknya lengkapnya ya.
    Btw, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas andi, laki-laki soleh nih langsung tertarik ingin shalat di masjidnya, hihihi

      alun-alun kota wisata batu nih beda banget dari yang pernah ku datangi

      Hapus
  7. Asyik ya alun alunnya jadi kalau ada yang mampirpun dari kota lain bisa main main di sini ya dengan keluarga. Batu tanpa apel rasanya gimana gitu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak, gak cuma yang memang tujuannya ke batu tapi kalau yang hanya kebetulan lewat bisa mampir untuk istirahat sesaat di alun-alun

      Hapus
  8. OMG aku udah mupeng banget sama segala sesuatu yg ada di kota Batu, pengen bgt kesana, mudah2an bisa kesana secepatnya heheh.

    Folback blogku yah mbak, thank you.

    www.ursula-meta.com

    BalasHapus
  9. pengen banget ke Batu dan kota malang, dari tahun kemaren sampe skrg blom kesampaian, semoga dalam waktu dekat ini, thank you udah sharing jadi bisa guidance kalo ke Batu besok hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah senangnya tulisan aq bs dijadikan guidance, tunggu lanjutan ceritanya yah mas.. Thanks udah mampir

      Hapus
  10. Pengen banget sama keluarga kesana. kayaknya seru ke kota Batu. katanya dingin ya disana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain dingin, udaranya pun segar dan sejuk

      Hapus
  11. liat postingan jadi makin mau ke Batu, klo saya sendiri ingin pergi yang dekat saja di Depok mba, atau ke Bogor mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq aja jd pingin blik lagi ke batu... Aq pun udah lama gak ke bogor

      Hapus
  12. Alun-alun Kota Batu yang sangat menarik. Membuat pengunjungnya betah, apalagi dengan anak-anak yang bisa bermain di playground.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak windhu, makasih udah mampir

      Hapus
  13. Mbak, saya mainnya kurang jauh. Soalnya belum pernah ke Malang apalagi ke Batu. Padahal banyak tujuan wisata menarik ya, nggak kalah dari kota lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Bisa aja mbak edwina, bener mbak di batu malang banyak bgt tempat wisata menarik

      Hapus
  14. MashaAllah mba, iri aku, pengen banget deh bisa traveling ke Batu, meski udah pernah ke Malang tapi kayaknya ada yang kurang ya kalo belum ke Batu hehehhe anakku pasti seneng deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sayang kl ke malang gak mampir ke batu, smg next bisa mampir yah ke batu

      Hapus
  15. woa dulu aku pernah ke Alun-alun Batu, Malang sayangnya sampe sana malem jadi beberapa mainannya sudah off.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo malem lebih enaknya jajan mbak cici,,, hihi

      Hapus
  16. waaah tamannya bagus dan bersih, senang deh liatnya!

    BalasHapus
  17. alhamdulillah semakin banyak fasilitas gratisnya

    BalasHapus
  18. uwooow kemaren aku ke Malang tapi ngga sempet liat2 ke alun-alunnya. Padahal ke Jatim park & museum angkut juga, tapi emang ngga sempet ke kebun apel karena waktunya mepet. Btw itu bianglala cuman bayar 3rb doang?? hahahhaha kutakut kl aku naek tiba2 patah krn kelebihan berat badan #parno XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga gak nyobain naik sih mbak ke bianglala, krn gak terlalu tertarik buat naiknya, jadi cuma nanya2 aja sih.. sayang banget mbak gak mampir ke alun-alun

      Hapus
  19. sumpaaah makin lama makin mupeng ke Batu nih. anak ama bini dah minta2 hehe.. akhir taun aah

    BalasHapus
  20. Aku belum pernah ke Batu, semoga next bisa kesana dan ke alun-alunnya.

    BalasHapus
  21. Alun-Alun Batu ini emang tempat wisata yang murah meriah mbak, kalau lg budget minim dan pengen ke Batu ya ke alun-lun aja :D

    BalasHapus
  22. Kalo saya penasaran sama museum angkutnya. Katanya keren banget.

    BalasHapus
  23. playground nya seru banget.. pengen deh ngajak anak ke Malang

    BalasHapus
  24. Baca postingan ini jadi pengen ke Batu lagi.. Masih banyak yang belom aku explore nih.. Huhuu

    BalasHapus
  25. Kapan bisa ke Batu ya, selalu denger saja saya dari yang lain

    BalasHapus
  26. Pas ke Batu nggak mampir ke alun-alun ini. Ternyata seru ya. Ada bianglala, rumah-rumah buah, sama playground.

    thetravelearn.com

    BalasHapus
  27. Seru banget main di playground. Cuaca di Batu yang adem enak juga tuh meski siang main di sana. Btw, RPTRA adanya perosotan 1 aja, yang agak gedean di Kalijodo.

    BalasHapus
  28. seru juga ya di batu mbak maya, saya jadi pengen ke batu

    BalasHapus
  29. Waaahhh kami sering mampir di sini, cuman baru kemaren itu bisa makan di pos ketan.
    Sekarang makin keren deh, di dalam alun-alun makin asri dan bebas asap rokok.

    BalasHapus
  30. Alun-alun kota Malang semakin bagus ya dan fasilitas umumnya juga lengkap. Udah lama ga ke Malang jadi pengen kesana lagi, pasti sudah banyak perubahannya. Makasih sharingnya kaka.

    BalasHapus
  31. memang bagus sekali tempat nya..apalagi kalo lburan nya dengan keluarga

    BalasHapus
  32. Recommended nih buat liburan keluarga ya. Soalnya kalau ngajak anak tuh pengennya ke tempat yang banyak wisata edukasinya.

    BalasHapus
  33. Mbaaaaa, saya jadi pengen ke Batu lagi. Terakhir udah hampir 5 tahun lalu. Ya Allah.. waktu itu baru ada anak 1.. cuma ke Jatim Park 2 sm Batu Secret Zoo aja.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak