Senin, 29 Agustus 2022

Zeanissa : 3 Tahun

Ternyata menginjak usia 3 tahun, Zeanissa menjadi seorang kaka. Iya, 4 hari sebelum kamu genap berusia 3 tahun, anggota keluarga kita bertambah dengan kehadiran Zoefarizz. Seorang adik laki-laki yang sangat kamu sayang dan juga gemas sekali.

Selama menjelang usia 3 tahun kemarin banyak sekali perkembangan dan pertumbuhan kamu yang membuat bunda dan ayah terkejut, karena berbeda sekali dengan kaka Zaidan.

Zeanissa yang tidak memanggil bunda namun membuat panggilan sendiri yaitu bunday, sampai sekarang masih menjadi tanda tanya kenapa kamu bisa memberikan panggilan seperti itu. 

Yang membuat ayah dan bunda sangat terkejut adalah kemampuan kamu untuk bisa berbahasa Inggris padahal selama ini bunda dan ayah tidak pernah mengajarkan, kamu hanya banyak nonton dari YouTube Kids lalu kamu menirukannya.

Kamu paling sering mengucapkan kalimat “what are you doing ?” Kemudian “ no money” dan ada beberapa kata lain atau kalimat lain yang menjadi andalan kamu dan kerap kali kamu ucapkan, tapi bunda lupa, sudah mencoba ingat-ingat tapi kok tetap lupa yah.

Saat ini kamu sudah bisa berhitung dari satu sampai dengan sepuluh, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun dengan bahasa Inggris lalu kamu juga sudah mengenal nama-nama warna dengan sangat baik, serta dapat menunjukkan anggota tubuh yang bunda sebutkan.

Kamu juga pintar menghafal lagu, lagu favorit kamu adalah Johny Johny yang bisa kamu ganti lirik namanya menyesuaikan dengan orang yang kamu tanyakan, lalu ada lagu cicak di dinding, kalau kau suka hati dan ada juga doa pertama yang kamu bisa yaitu doa ketika akan tidur.

Untuk pertama kali bunda merasa bahwa YouTube tidak selamanya buruk diberikan kepada anak-anak, karena tahun lalu bunda pernah menuliskan dan merasa menyesal memberikan kamu tontonan YouTube di usia 2 tahun.

Namun sekarang dengan kepintaran kamu yang terbantu dari menonton tayangan yang ada pada YouTube Kids, bunda dan ayah juga menjadi punya tanggung jawab lebih untuk bisa meluangkan waktu membersamai atau mendampingi ketika menonton agar tetap dapat terkontrol.

Beberapa bulan lalu kamu pernah bunda titipkan di day care sementara bunda kerja, namun karena ante opi berhenti bekerja akhirnya sekarang yang mengasuh kamu adalah ante opi dan kamu senang sekali karena setiap hari bisa bermain bersama azalea, apalagi azalea mulai sekolah di Bimba sehingga kamu bisa ikutan bermain di Bimba yang kamu juluki sebagai sekolah rainbow dan kamu punya teman bermain bernama Amel disana.

Sama halnya seperti kaka Zaidan di usia tiga tahun ini kamu sudah berhasil toilet training walaupun usaha kamu harus lebih lama daripada kaka Zaidan, namun sekarang kamu sudah bisa bak dan bab ditoilet sendiri tanpa ada bantuan dari ayah atau bunda, bahkan kamu juga sudah tidak mengompol lagi ketika tidur di malam hari.

Nah bunda tetap punya pr nih untuk tumbang kamu, karena kamu susah sekali makan, berbeda sekali dengan usia 1 dan 2 tahun kamu mau makan apa saja sehingga target berat badan kamu pun dapat tercapai tapi kalau usia 3 tahun ini, duh sakit batuk pilek sebentar saja berat badan kamu akan turun sampai 1 kg, padahal naiknya butuh waktu lebih dari sebulan.

Yang juga mengkhawatirkan karena susah makan kamu jadi doyan jajan di warung mas aji, yang dibeli permen, coklat, ciki, untungnya masih bisa nurut bunday nggak membolehkan jajan minuman yang manis, yang menurut bunday nggak boleh dikonsumsi anak-anak.

Walau suka jajan ada juga jajanan sehat yang kamu suka sekali yaitu buah strawberry, semangka, apel, pir bahkan kamu suka sekali dengan wortel dan timun, khusus wortel dan timun ini kamu selalu menjadikannya makanan cemilan di malam hari bersama kaka Zaidan ketika akan tidur.

Kita usia 3 tahun kamu ini lagi super super rewel dan ngomel melulu, hal apa saja yang orang lain lakukan dan kamu nggak suka atau nggak setuju pasti kamu akan marah atau bahkan nangis, kamu sendiri bilang kalau kamu sedang seperti itu kamu nggak jelas. Hihihi.

Kaka kamu Zaidan yang paling sering jadi sasaran kemarahan kamu, padahal kadang, kaka juga nggak tahu kenapa kamu marah-marah karena terlalu banyak hal yang buat kamu menjadi nggak suka dengan kaka, akhirnya kaka pun marah dan nggak mau mengajak kamu main dan penutupnya kamu menangis deh.

Oiya ada hal lain yang membuat bunday selalu heran, bukan cuma bunday sih tapi juga banyak orang karena kebiasaan kamu yang bisa tidur dimana saja ketika kamu sudah mengantuk sekali, kerap kali terjadi kamu sedang bernyanyi namun kok tiba-tiba tidak terdengar lagi lagunya ternyata kamu sudah tertidur dengan posisi yang kadang juga mengkhawatirkan.

Untuk perayaan ulang tahun yang ke 3 ini kita dirumah saja, tidak lagi ke hotel seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi bunday janji setelah bunday ada Zoefarizz lebih sehat dan siap keluar kita akan langsung menginap di hotel yah. 

Namun kita tetap merayakan ulang tahun kamu kok walau dirumah saja, tetap tiup lilin dengan kue berbentuk tiger berwarna kuning pilihan kamu bersama dengan sepupu kamu dan juga mbah dan nenek.

Cerita apalagi yah ?! 

Tunggu tahun depan yah kaka Zeanissa, semoga di usia 3 tahun ini Allah berikan kamu kesehatan yang baik, usia yang berkah dan maafkan bunday yah sayang kalau ada ucapan ataupun tindakan bunday yang menyakiti dan mungkin kamu masih ingat ketika kelak kamu membaca cerita ini.

… dan bunday juga berterima kasih karena ketika usia 3 tahun ini kamu menjadi salah satu pengingat bunday untuk terus istiqomah berhijab karena kamu sudah mulai mau pakai hijab yah karena kamu mau bukan karena bunday atau ayah yang paksa dan bahagia sekali bunday waktu kamu bilang ingin sama seperti bunday pakai hijab.

Sampai ketemu di usia 4 tahun yah… 



1 komentar:

  1. Gemesin banget anak cewek satu ini, anakku juga cewek semua gemes banget kalau mereka sudah tidur kayak gitu. Oh iya, selamat atas bertambahnya umur cewek cantik satu ini, semoga menjadi anak yang salehah dan berbakti kepada orang tua, aamiin.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.