Minggu, 24 Juli 2022

Rekomendasi Toko Online Alat Tulis Sekolah

Walaupun Zaidan sudah kelas 2, namun karena baru tahun ini merasakan sekolah secara full offline jadi persiapannya untuk keperluan sekolah seperti anak kelas 1 yang baru masuk sekolah SD.

Tahun lalu hampir tidak ada beli-beli alat tulis dan keperluan sekolah, karena sejak tahun sebelumnya Zaidan sudah mengikuti les bahasa inggris secara online sehingga alat tulisnya cukup menggunakan yang dipakai untuk les saja.

Kebetulan juga sudah ada pensil, penghapus dan rautan selain itu kertas origami, gunting kertas, penggaris hingga pensil warna sudah tersedia karena memang selama les pun kerap kali menggunakan alat-alat tersebut.

Tahun ini, yang dibeli banyak sekali dan diberikan waktu seminggu dari sekolah, sebenarnya waktu tersebut cukup saja sih, hanya saja seminggu ini adiknya Zaidan tengah sakit dan kondisi pandemi juga sedang diperketat kembali jadi makin susah datang ke mall dan waktunya jadi mepet sekali.

 Perlengkapan sekolah yang umum sih sudah pasti harus beli kan buku tulis, buku gambar dan seperangkat alat-alat tulis. Namun yang agak ribet adalah ada beberapa alat-alat tulis yang harus ditinggal disekolah dan cukup merepotkan mencarinya karena tidak dijual di toko alat tulis dekat rumah.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli semua keperluan sekolah Zaidan melalui toko online saja di toko orange dan toko hijau, walaupun sempat ada drama dibatalkan oleh tokonya sehingga seharusnya semua sudah dikumpulkan hari jumat lalu jadi baru bisa diberikan besok senin deh.


Buku Tulis & Buku Gambar

Kalau bunda-bunda sama seperti saya nih yang malas sampul-sampul buku dengan sampul coklat, beli buku disini sudah pilihan paling tepat, karena di bagian cover bukunya bisa request nama anak jadi kita nggak perlu tulis atau tempel stiker nama lagi.

Untungnya disekolah tidak mewajibkan buku sekolah harus disampul coklat atau warna lainnya, yang penting ada nama dan boleh bergambar, namun karena biar rapi bukunya jadi paling akan saya sampul dengan sampul plastik saja buku-buku tulisnya Zaidan ini.

Nah karena buku tulis sudah ada namanya, akhirnya saya melakukan permintaan order juga untuk buku gambar agar bisa diberikan nama seperti halnya buku tulis, ternyata disanggupi oleh tokonya jadi saya belilah 2 buku gambar ukuran A4 dan buku tulis ukuran kecil sebanyak 10 pcs.

Semua buku tulis dan buku gambar ini dibuat secara khusus, begitu kita order barulah dibuatkan sehingga memakan waktu lebih lama daripada kita membeli buku pada umumnya, namun waktu saya pesan itu diinfokan pre order menunggu 7 hari ternyata hari kelima sudah saya terima.

Kertas buku tulisnya cukup bagus, covernya juga banyak pilihan terbagi menjadi dua khusus untuk perempuan dan laki-laki, jadi anak-anak bisa memilih sesuai dengan yang mereka suka, untuk buku gambar juga sama dan kertasnya menggunakan kertas yang berukuran A4 dan cukup tebal.

Link tokonya klik disini : toko buku BUNCEL


Stiker Nama & Alat Makan

Perbedaan yang signifikan antara zaman saya sekolah dengan Zaidan si generasi Alpa, kalau dulu belum ada stiker nama, untuk itu semua buku yang harus diberi nama biasanya ditulis dahulu pada kertas tom & jerry kemudian barulah kertas stiker tersebut ditempel dibuku tulis atau dibuku mata pelajaran.

Ada beberapa juga orang tua yang mungkin punya mesin ketik atau bahkan komputer, mengetik nama anaknya pada kertas hvs baru kemudian ditempel sehingga menjadi lebih rapi dibandingkan nama yang ditulis dengan tulisan tangan.

Namun sekarang sudah zamannya pakai stiker nama, lebih praktis lagi tinggal pesan di toko online, bisa pilih gambar, warna dan tulisan namanya lebih menarik juga dilihatnya dan lebih hemat waktu karena tinggal tempel-tempel saja, tidak hanya di buku tulis tapi hampir disemua perlengkapan sekolah.

Ternyata selain menjual stiker nama, tokonya juga menjual alat makan yang dapat dikustom nama dan juga tersedia dengan tempat alat makannya dan akhirnya saya pun sekalian memesan juga.

Ukuran stiker nama cukup besar dan harganya juga cukup terjangkau, untuk alat makan juga kwalitasnya bagus, sendok dan garpu yang terbuat dari besi, tebal bukan yang mudah meleot gitu dan dapat sumpit juga sementara untuk tempatnya terbuat dari plastik dengan model buka-tutup ditarik dan didorong sehingga memudahkan anak-anak memakainya.

Link tokonya klik disini : Toko wellenprint  


Pensil Warna, Krayon, Penggaris & Lem Kertas

Sebenarnya ditoko-toko dekat rumah pun ada jual ke empat barang-barang tersebut, namun karena perkara pensil warna merk Faber Castell yang ingin saya beli tidak ada dijual, jadi saya urungkan membeli ditoko dekat rumah. 

Keunggulan pensil warna merk Faber Castell yang ingin saya beli ini selain memang kualitas pensil warnanya sudah bagus, juga sudah lengkap dengan tempat pensil warnanya yang terbuat dari kanvas dan juga sudah termasuk dengan rautan pensilnya juga.

Ternyata di official store Faber Castell yang ada di toko hijau maupun toko orange sudah tidak terjual lagi dan tidak dapat memastikan kapan produknya akan restock, sehingga saya memutuskan untuk membeli di toko alat tulis lain saja, semoga ini produknya tidak discontinue.

Kebanyakan merk pensil warna lain menjual pensil warna dengan kemasan kardus dan untuk saya yang tahu Zaidan anaknya grasak grusuk, nggak cocok pakai pensil warna dengan kemasan kardus ini, cepat sekali robeknya dan akhirnya pensil warna pun tercecer berhilangan.

Ada juga yang menjual pensil warna dengan kotak pensil dengan bentuk tabung, nah ini kurang saya suka juga, karena anak-anak kalau mau pakai harus mengeluarkan dulu pensil warnanya dari tabung tersebut agar bisa tahu warnanya sehingga memenuhi meja tulis dan juga jadi berantakan dan pada akhirnya pensil warna pun lebih cepat hilang karena terjatuhlah dari meja.

Sementara dengan tempat pensil warna merk Faber Castell ini tidak demikian, bentuk tempat pensil itu kotak dan pensil warna tersusun rapi, semua pensil ada tempatnya masing-masing yang terbuat dari karet jadi anak-anak bisa tahu bila ada yang tercecer.

Kemudian saya juga membeli crayon yang hampir mirip juga bentuknya dengan pensil warna, berbentuk kotak dan terdapat alat bantu untuk memegang krayonnya juga yang dapat digunakan bila ukuran krayon sudah semakin kecil.

Sebenarnya untuk penggaris dan lem kertas, Zaidan juga sudah punya. Namun ternyata untuk penggaris itu dilarang menggunakan penggaris terbuat dari besi, akhirnya saya sekalian saja membeli merk yang sama yaitu Faber Castell dengan ukuran penggaris sesuai dengan permintaan gurunay yaitu yang 30 cm.

Sementara untuk lem kertas saya tertarik membeli merk UHU ini karena di deskripsi produk, dijelaskan bila lem kertas yang dalam penggunaanya harus diputar terlebih dahulu untuk mengeluarkan lemnya, akan memberi warna biru begitu diaplikasikan ke kertas, sehingga kita dapat melihat bagian kertas yang sudah kita beri lem dan tidak perlu melakukan dobel.

Ini tokonya fast response sekali, seharusnya baru saya terima senin atau selasa tapi karena saya chat untuk dikirim segera, saya pesan sabtu malam, minggu pagi sudah saya terima, padahal dikirim dari daerah Bogor dan harganya lebih terjangkau daripada yang lainnya.

Link tokonya klik disini : Toko rnrstationary


Origami & Gunting Kertas

Kedua perlengkapan sekolah ini yang paling bikin saya pusing, karena sulit menemukannya padahal juga sudah punya stok dirumah. Untuk kertas origami yang diminta oleh guru sekolah berukuran 15 cm x 15 cm sementara yang tersedia dirumah ukuran 20 cm x 20 cm dan, selain itu kertas tidak boleh glossy harus doff. 

Ini saya sampai muter-muter ke tiga toko alat tulis dekat rumah, nggak ada satupun yang jual, semuanya menjual kertas origami dengan ukuran 14 cm dan 16 cm.

Sementara untuk gunting kertas harus yang berkepala tumpul dan berukuran kecil, yang memang khusus untuk digunakan oleh anak-anak. Punya Zaidan juga kecil yang ada dirumah tapi kepalanya tidak tumpul dan tidak ada tutup pengamannya juga.

Akhirnya saya ketemulah dengan toko yang kebetulan menjual kedua perlengkapan tersebut, karena agak malas sebenarnya membeli perlengkapan sekolah yang ukurannya nggak seberapa tapi beda-beda tokonya.

Selain menjual perlengkap yang saya butuhkan diatas, toko deli juga menjual hampir semua kebutuhan untuk alat tulis untuk sekolah, kuliah atau kerja, sangat lengkap tokonya.

Akhirnya saya pun membeli rautan besar yang sedang didiskon setengah harga dan ada bonus pensil 1 lusin plus penghapus juga.

Link tokonya klik disini : Toko deli-indonesia


Diary Book & Tempat Pensil

Iya bun, nggak salah baca kok disekolah Zaidan memang ada mata pelajaran yang mengharuskan anak-anak membawa diary book untuk media menulisnya bukan hanya buku tulis saja. Sebenarnya diary book milik Zaidan ini bukan baru saya beli tapi sudah 2 bulan lalu sebelum libur sekolah dan bersamaan dengan membeli tempat pensil juga.

Kebetulan saya memang ingin mengajarkan Zaidan untuk menulis dan membaca selama liburan agar tidak terlupa dan juga agar saya mengetahui kegiatan hariannya selama liburan ketika saya dan ayahnya berada dikantor, sehingga tidak hanya nonton dan main game saja.

Toko ini lebih lengkap lagi, tidak hanya menjual alat tulis untuk sekolah, juga menjual kebutuhan lain seperti tas sekolah yang menggunakan motif disney yang memang menjadi kesukaan anak-anak dan harganya pun masih terjangkau.

Link tokonya klik disini :  Toko adinata


Semoga rekomendasi toko online untuk alat dan keperluan sekolah anak-anak yang saya informasikan bisa bermanfaat dan membantu ayah bunda untuk mencari yah, atau kalau ayah bunda punya rekomendasi toko online lainnya boleh dong di share dikolom komentar yah.


4 komentar:

  1. Wah gemes-gemes peralatan sekolahnya, memang sudah mulai sekolah perlu alat tulis lengkap yang memadai banget apalagi anak itu ceroboh. Mantep, nih, bisa jadi andalan buat beliin alat tulis si kecil juga. Terima kasih rekomendasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba nisa, iya bener anak2 usia 7-8 tahun masih ceroboh sekali dan belum bisa menjaga barang miliknya dengan baik

      Hapus
  2. ini salah satu booster anak semangat sekolah pakai stationary lucu-lucu. Makasih rekomendasinya yaa Mbak Maya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga mba, aku gak kepikiran loh kemarin2 tuh, cuma ingin memberikan support belajar aja untuk anakku dengan ats yang lengkap sesuai dengan permintaan sekolah

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.