Kamis, 13 Januari 2022

Pengalaman Menggunakan Makuku Air Diapers, Popok Generasi Terbaru Anti Gumpal



Beberapa waktu lalu secara tiba-tiba disuatu pagi, saya mendapati Zeanissa mengalami kemerahan di bagian genitalnya. Tentu saja saya kaget sekali melihatnya, walaupun hal tersebut merupakan kondisi umum yang terjadi pada anak yang menggunakan popok sekali pakai.


Namun saya pikir hal tersebut hanya akan terjadi pada usia bayi yang masih menggunakan popok atau popok sekali pakai terutama dengan kulit sensitif, sementara usia Zeanissa sudah tidak bayi lagi, saat ini ia sudah berusia 2 tahun lebih. Selain itu sudah lama sekali ia pun tak pernah mengalami ruam popok.


Pengalaman saya bila terjadi kemerahan pada area bokong, paha maupun sekitar alat kelamin akan berakibat terjadinya ruam popok yang lebih parah seperti kulit menjadi kering, melepuh serta gatal yang dapat menimbulkan luka lecet bila tak segera ditangani dengan benar dan baik.


Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi kepada Zeanissa saya pun segera memberikan krim anti ruam popok pada bagian yang kemerahan tersebut, namun ternyata kali ini kemerahan di bagian genitalnya tidak segera hilang.


Walaupun tidak bertambah juga penyebaran kemerahan pada bagian lainnya, namun saya cukup khawatir karena Zeanissa pun menjadi lebih rewel karena merasa tidak nyaman dengan diapers yang ia gunakan.


Setelah membaca pada beberapa website dan berbagi cerita dengan sesama bunda lainnya, saya menemukan informasi lainnya kemungkinan anak mengalami ruam popok adalah karena popok menggumpal sehingga solusi yang dapat dicoba adalah dengan mengganti merk diapers dari yang biasa digunakan.


Dengan pertambahan usia, tentu saja konsumsi cairan pada anak akan lebih banyak dibanding ketika mereka bayi dan kemudian air seni yang mereka produksi pun menjadi lebih banyak, inilah menurut saya yang menjadi masalah utama pada Zeanissa yaitu popok menggumpal.


Secara kebetulan saya tengah mencari kado untuk seorang teman kantor yang baru saja melahirkan, bertemulah saya dengan Makuku Family di Lippo Puri Mall yang hari itu (11/21) tengah mengadakan grand opening. Disinilah saya berkenalan dengan Makuku Air Diapers.



Makuku Air Diapers

Beberapa hal yang membuat popok tidak menggumpal harus mempunyai daya serap yang tinggi dan biasanya berbahan SAP (Super Absorbent Polymer). Bahan tersebut dapat menyerap air dengan stabil sehingga penyerapan bisa terjadi dengan cepat dan merata.


Selain itu faktor lainnya adalah popok harus mempunyai teknologi sirkulasi udara yang lancar sehingga membuat permukaan kulit bayi atau anak yang menggunakan popok tetap senantiasa terasa kering dan tidak mudah mengalami iritasi. 


Sehingga dengan demikian popok tidak mudah menggumpal dan anak tetap nyaman menggunakannya ketika berkativitas.


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhp-sb4sWOhYXNyBLipTc4gm7kCjM8iLdAg7q8JHv86sOj14C2vab9a9UipLmwIF4R0F0UdToffmJLSDbPvMvTdcwam-EYYAqEpHqb5lYsFNIMK3eS4SBIpcBHMEnNYSRHjn9xiLsC5vO_TSEv57qKSeBOLB99K_U-Lfk3r5PMHZWTRonaOt8AXy9sU=s320


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi2PT_uSTRRe5Bf_XZk4dhUQGscDJcVjG-KEcaG-V2LMgzLxwZYFstPWuK2P_Ses_m4mpO0f5HOPDa-nF2GOcaiVdxm6LRlNp0JynEXqDoUJLlQIb7VXALAH9pK6xNhF60FR1HL005Fq9kndCfX6A5Rw8aVRlTZiuKpHftqsfijbRlnZrLCK-TVehhe=s320


Salah satu popok berbahan SAP adalah Makuku Air Diapers generasi ketiga, dengan struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer), yang membuat cairan dapat diserap dengan rata, lebih stabil, dan tidak menggumpal pada salah satu bagian popok sehingga lebih nyaman dipakai untuk buah hati kita.


Berikut adalah gambar perbedaan Makuku Air Diapers generasi ketiga dengan popok lainnya


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhyRsYbM0X0XlJFFw6_ZlsXccZZqQkcSlPZHp8Yzv5aR0W1XaGJaModRpZ_IYDz-Uz89K20YihhqVqQuGxs4BNiILibyRZ2Y0wFkSW3D78AZpz1O0RqDNo_PUCzTg0TG4dfZ_Vd_qqF0A2EV_pCN6l6xt0XxAuf9VH_O9sYOxqRL6XhMzurk02yKutJ=s320



Pada bagian inti popok juga mengandung sejumlah besar polimer untuk memastikan kapasitas penyerapan popok lebih optimal. Setelah popok menyerap urin maka seluruh bagian menggelembung secara merata, tidak mengental, sehingga dapat mempertahankan bentuk aslinya setelah menyerap cairan.


Hal ini tentu berbeda dengan popok pada generasi sebelumnya dimana setelah urin diserap, popok akan menjadi menggembung dan menggumpal kalau sedang dipakai pada anak terkesan gembol-gembol pada bagian belakangnya, kalau saya bilang anak saya jalannya jadi kaya bebek.


Makuku Air Diapers tersedia dalam 2 model :

  1. Popok perekat yang memiliki perekat pada sisi kanan dan kirinya, tersedia dengan ukuran newborn, S, M dan L dan diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir atau yang belum banyak bergerak.

  2. Popok celana yang memiliki desain seperti celana dalam, dengan karet dibagian pinggang, tersedia dengan ukuran S, M, L & XL. Diperuntukan bagi anak-anak yang sudah mulai banyak bergerak ataupun beraktivitas. 

Pada setiap Makuku Air Diapers memiliki 3 lapisan, yaitu :

  • Bagian permukaan yang berfungsi melindungi kulit dan memiliki daya serap yang tinggi

  • Bagian inti yang berfungsi sebagai penyerapan dan penyimpanan urin

  • Bagian bawah yang berfungsi mencegah bocor samping

Ketiga lapisan-lapisan tersebut diatas mengandung zat-zat yang aman bagi kulit buah hati kita, popok bayi yang ideal harusnya anti menggumpal dan menggunakan sturktur anti SAP sehingga tidak menimbulkan ruam pada kulit, terutama kulit sensitive seperti bayi baru lahir.


Pada dasarnya Makuku Air Diapers juga memiliki kandungan lem panas meleleh yang digunakan untuk merekatkan lapisan inti, tetapi kandungan lemnya sangat sedikit. Perekat meleleh panas yang digunakan pun sejenis perekat plastik yang tidak beracun, tidak berasa dan merupakan produk kimia yang ramah lingkungan.


SAP sendiri merupakan kombinasi antara material polimer dengan sejenis perekat plastik yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Popok dengan material ini dapat memiliki kapasitas penyerapan yang besar, cepat dan merata setelah menyerap urin dan tetap dapat mempertahakan bentuk aslinya setelah proses penyerapan tersebut.


Sehingga popok pun tidak menggumpal, tidak memberatkan pengguna dan tidak jatuh kebawah, seperti kelebihan muatan. Dengan begitu anak pun menjadi lebih nyaman seperti tidak ada benda asing dibagian pantatnya.


Dengan struktur inti SAP, Makuku Air Diapers lebih stabil dalam menyerap cairan, selain anti gumpal, SAP juga membuat popok bayi menjadi berbentuk sangat tipis dan tetap kering setelah menampung urin. Kemampuan menyerap yang cepat ini membuat popok tidak osmosis balik dan dilengkapi dengan struktur 3D serta sirkulasi udara yang baik sehingga popok ekstra kering.


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgnIEQMEMTvM0LCiEsP5M9Z18ansDCup96Oht6IEHF_ASQt5hrfg5zoXzeSSvgSckX6Ync5RT4YNI8yo7RP8DSg_DQIUhxg_Wufqkmkv6l8JPpe4kJ3p7EuPpcrqx8G61Gk1XAYQc3qREEcQ8sBYcZYbFABcvsHdoLLWkDwkKpPdO61sAZJKQBPIjrd=s320


Makuku Air Diapers yang memiliki struktur 3D ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

  • Mengurangi kontak dengan kulit sehingga mengurangi terjadinya ruam merah

  • Desain 3D mempercepat penyerapan membuat permukaan tetap kering

  • Sirkulasi udara yang baik bahkan bisa meningkatkan hingga 60%

Sirkulasi udara pada Makuku Air Diapers menjadi bagian penting bagi saya, karena menurut saya ini menjadi salah satu kunci kenyamanan. Pada Makuku Air Diapers di desain dengan teknologi sirkulasi udara menjadi 2 lapis. 


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjXTyNo0HrjEr64t188PYJRgMVlElP0wE0Jtr4WQm1GCeKYWfPCw9LT7a8UTqxMai3VI5kpL3qW0zQWu2u4qTEVL0Z3W4HRKfVQPIVvWVpexZOrObgvNTwp2s6yQPFCUKxB898TX0oNLxXRHlEqTolYtKxqOTBZq6S3C_k3MZ1v8wmYKjVBjqJ88BvP=s320


Sirkulais PE dua arah ini memungkinkan popok untuk membuang udara lembab dan panas sehingga dapat mengurangi ruam popok. selain itu, materialnya yang terbuat dari non woven juga berpotensi meningkatkan sirkulasi udara.


Selain berbahan SAP 100%, Makuku Air Diapers juga memiliki komposisi material pilihan yang berkualitas berasal dari luar negri, diantaranya adalah :

  • Adhesive from Germany

  • Surface fiber from Japan

  • Front waist sticker from USA 

  • Elastic from USA

  • SAP from Germany & Japan

Dengan disempurnakannya Makuku Air Diapers dengan berbagai teknologi dan komposisi material yang lebih baik, berikut adalah 3 keunggulan utama Makuku Air Diapers : 


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEg2rwMTC42mk3bhzNxYhosFkDougqG2rwMW0G1g2HCVvZMQGSFBGcHUCHydkML83HNG-Qlo6jybdNl7TQIYAfClREP2Ovkl5-eQEYLrrQqxjeLIjahItWeGop59Ic52jeUHGOK8T6dAafABBKMEbi0NzEwoFWeO7t_7K9tWptoJIJMvg8Lp_-2ZfWxZ=w400-h400



1.  Anti Gumpal

Makuku Air Diapers adalah popok generasi baru dengan inti SAP (Super Absorbent Polymer), struktur stabil yang membuat Makuku Air Diapers tidak mudah menggumpal, sehingga membuat anak tidak merasa berat saat bergerak.

 

penyerapan kecepatan tinggi dan merata, membuat air seni yang masuk ke popok akan dengan cepat diserap secara merata sehingga bagian pantat tidak lembab dan dapat melindungi bagian pantat dengan lebih baik.


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiesBsKifpfuxKp9yJMw-xHMuz4Y1n5hB_6Ih-xwtAmNzjRpQiyCxbQtU0CNq5IP_dR3prnqxsniZ2vhpEmkAtWMUmE3FBTOtItZRILFr__0UQ997kAtSM8lCvDWxA2W-a8Rjz9aW6oFKmXOtDWy2ERpVVwiwPpliL_Z1_c09BGraFpK_cR_kwcBXsa=s320



2. Super Tipis

Kenyaman diapers sangat penting untuk anak, Makuku Air Diapers yang menggunakan inti SAP dengan ketebalan hanya 1.6 mm, sangat tipis, sehingga dapat membuat kaki lebih nyaman terutama ketika bergerak.


Walaupun tipis namun Makuku Air Diapers dapat menampung dengan kapasitas yang besar hingga 600 ml. Selain itu lapisan permukaannya sangat lembut sehingga tidak akan mengiritasi kulit dan kesehatan kulit akan tetap terjaga.


Jadi ketika dipakai oleh anak kita tidak membuat ia merasa ada benda asing yang menempel di bagian pantatnya sehingga ketika beraktivitas pada siang hari lebih nyaman dan tidur dimalam hari pun lebih nyenyak.


https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhyZoZlVCY1kOUxpZcDh7yYfSJGpcHIDRtGtIB_tyHt_TJLxnjL6FZUN_eCuU8or9AgGtVH7Wc6oU26DsWSOtmq4K822QeXQdWI25ehR3SKqD2n7oGSWD2MPA7_yC0nNZvXBPA8anDcPU4iNfPyXlE5YAVMf7V8Aj9aytNO7qptrb46c3_K8d7mS4rE=s320




3. Extra kering

Makuku Air Diapers diklaim tidak hanya nyaman, tetapi juga dapat secara efektif mengurangi ruam merah pada pantat bayi. Inti SAP pada Makuku Air Diapers memiliki kapasitas penyerapan yang kuat dan merata sehingga dapat menjaga permukaan popok tetap kering. Seperti yang kita tahu bila sebagian besar ruam disebabkan oleh pantat bayi yang tidak cukup kering.



Dengan teknologinya ini, Makuku Air Diapers juga tidak akan kehilangan air ketika berubah bentuk dengan paksa, mengunci semua kelembaban tanpa terjadi osmosis balik. Osmosis adalah kondisi dimana air seni yang sudah diserap naik kembali ke permukaan. Sehingga membuat pantat bayi mendapatkan perlindungan yang menyeluruh serta mengurangi kemungkinan mengalami ruam popok.


Namun yah bun untuk hasil lebih maksimal tetap harus didukung dengan kedisiplinan kita rajin mengganti popok setidaknya setiap 2 jam sekali, terutama bila anak kita tengah mengalami ruam popok.



Kesimpulan

Mencari popok memang terkadang tricky sekali, karena banyak faktor pertimbangan untuk kita bisa memilih. Untuk saya pribadi berdasarkan pengalaman dengan dua anak. Anak kedua saya ini justru lebih sulit lagi karena kerap kali mengalami ruam popok secara tidak terduga, seperti yang saat ini tengah terjadi.


Untuk itu senang sekali bagi saya dapat menemukan Makuku Air Diapers bagi anak saya Zeanissa yang cocok dengan penggunaannya hingga saya juga sudah tidak sedih dan khawatir. Permasalahan ruam popoknya segera membaik dengan menggunakan Makuku Air Diapers.


Menurut saya Makuku Air Diapers ini bisa dikatakan sebagai diapers harga premium, namun tentu saja itu sesuai dengan kualitas yang diberikan, terlebih lagi bila anak bunda tengah mengalami ruam popok kemerahan seperti anak saya, harga Makuku Air Diapers sebanding dengan hasilnya yang memang menjaga kesehatan kulit pengguna.


Manfaat lain yang saya dapatkan dari penggunaan Makuku Air Diapers tidak terjadinya kebocoran samping ketika Zeanissa tidur dimalam hari, biasanya saya harus mengganti popoknya karena menggumpal dan akhirnya bocor ditengah malam dan hal tersebut lumayan menggangu istirahat kami.


Untuk bunda yang penasaran dengan produknya bisa datang ke offline storenya Makuku Family atau bisa order online juga di market place. Nah untuk informasi dan promo lainnya bisa mengunjungi website makuku.co.id atau cek instagram Makuku Air Diapers @makuku.indonesia.official. 



41 komentar:

  1. Yang sering terjadi itu si kecil biasanya mengalami alergi pada popok tertentu jadi harus hati-hati kalau milih popok. Wah kalau ini kayaknya aman buat si kecil, bisa dicoba apalagi nyaman dipakai.

    BalasHapus
  2. Zaman anak saya pakai diapers itu sering mengalami alergi kemerahan di pahanya.Mungkin karena tidak cocok ya.Tapi karena tidak banyak pilihan zaman itu ya tetap dipakai.Good product nih Makuku Air Diapers

    BalasHapus
  3. Kebetulan ank-anakku jenis kulitnya semua kaya papanya sangat sensitive, Makuku emang worth buat dicoba replace yang selama ini kita pakai.

    BalasHapus
  4. Aku mau cobain juga ah pake makuku air fiapers ini...diapers ank qu gembung depan suka risih sih huhuuu

    BalasHapus
  5. Bagus banget ini produknya, kebetulan anakku juga sering banget ruam popok. Aku mau coba deh ganti pakai Makuku, pasti lebih nyaman.

    BalasHapus
  6. Wah, sepertinya harus dicoba Makuku ini. solanya tipis banget pasti bayi makin leluasa buat bergerak. Maklum bayi 6 bulanku udah bisa merayap jadi aktif banget, kalau pake popok yang nyaman kan dia jadi enak bergeraknya.

    BalasHapus
  7. gemes banget deh bungkusnya, memang kulit bayi harus extra hati2 ya dalam memilih popok. untung ada makuku air

    BalasHapus
  8. Popok dengan sirkulasi udara yang lancar membuat tidak mudah menggumpal dan anak tetap nyaman menggunakannya ketika berkativitas..Tentu Makuku Air Diapers yang punya keunggulan ini dan keunggulan lainnya pas jadi pilihannya

    BalasHapus
  9. wah ... baru tahu nih ada diapers Makuku yang nyaman sehingga anak bergerak aktif tidak mengganggu

    BalasHapus
  10. kalo urusan mak emak mahmud ya ini nih beliin pampers untuk bayiknya. pilihnya yang terpercaya dan aman dong ya...

    BalasHapus
  11. Bisa di coba nih buat coba makuku, ankku suka banget ruam popok :(, suka pusing klo udah ruam popok, tangannya suka garuk mulu

    BalasHapus
  12. kalau begini, anak jadi nyaman ya mba, tidurnya juga nggak ke ganggu dengan popok bocor lagi :)

    BalasHapus
  13. keunggulannya banyak juga ya, apalagi buat kulit anak yang sensitif ini oke sih

    BalasHapus
  14. Dengan Makuku bikin anak lebih nyaman pakai diapers soalnya lapisannya kering dan tipis. Tidur malam jadi lebih nyenyak kayanya ya, Mba

    BalasHapus
  15. jadi pengen rekomendasiin kaka iparku buat pake makuku air ini juga deh buat keponakan aku nih hihi, terima kasih infonya yaaa

    BalasHapus
  16. Baru tau merk popok nya ini, bgus ya jadi ga takut baby nya alergi ato bocor diaper nya

    BalasHapus
  17. saya suka dengan nama produknya, Makuku kayak unik gitu kesannya. bisa saya rekomendasikan ke saudara yang punya baby kecil niy kak

    BalasHapus
  18. Makin lama making inovatif nih dunia per-baby-an! Lumayan buat referensi nanti kalau aku married dan punya anak hehe

    BalasHapus
  19. memilih produk diapers untuk anak memang harus hati-hati, biar gak kena ruam. pilihan tepat pakai Makuku karena diapersnya gak gampang bocor.

    BalasHapus
  20. pilih popok itu emang gak satu dua kali aja bisa langsung pas ya, apalagi kalau anaknya punya kulit sensitif, duuh ini butuh usaha ekstra juga cari 'jodoh' popok yang pas buatnya. Syukurnya sekarang udah ada Makuku Air ini ya, kelihatan deh itu popoknya bisa serap cairan lebih banyak dan gak gumpal ya :)

    BalasHapus
  21. Makuku popok produk baru ya mba lagi naik bngt nih brandingnya karena emang bagus bngt ya bisa mnenyerap cairan bnyak dan gk gumpal jadinya bkin bayi nyaman bergerak

    BalasHapus
  22. Aku pernah lihat dulu ponakanku jg gtu diapersnya suka menggumpal, bagus bgt si inovasi popok dari makuku, jadi ga bikin alergi dan gerak anak jg lbh leluasa ga sih

    BalasHapus
  23. Kalo idealnya ganti diapers kan 2 jam sekali ya..nah kalo diaper makuku ini bisa sampai berapa jam ya kapasitas menampung urinenya?karena kalo pas malam kan suka males kan buat gantiinnya krn ngantuk hehehe.

    BalasHapus
  24. Bisa nih jadi rekomendasi kalau nanti punya baby lagi :) makin kesini, teknologi makin canggih ya, jadi makin bikin baby nyaman :)

    BalasHapus
  25. Wah bagus nih popoknya buat ponakanku. Popoknya yang sering dia pakai tuh gampang banget geser jadi sering bocor, anaknya nggak bisa diem soalnya. Kalau diapersnya gampang menyerap gini kan jadi bebas geraknya.

    BalasHapus
  26. Dari reviewnya ini kelihatannya diapersnya nyaman banget buat debay ya. Emang kasian kalo diapers gak nyaman, debay pun tersiksa.

    BalasHapus
  27. mba kalau makuku air ini ukuran paling besarnya smp usia or ukuran apa ya?

    BalasHapus
  28. wah makuku diapers ini bisa jadi pilihan baru nih buat popok anakku. walau umurnya sudah mau 3 tahun anakku masih pakai popok soalnya. hehe

    BalasHapus
  29. Produk baru ya mom? Di beberapa produk diaper iya, suka gumpal dan kalau penuh jadi menggelembung gitu

    BalasHapus
  30. Memilih popok untuk anak itu emang gak boleh sembarangan sih, ada harga ada kualitas yah. Karena kasian anaknya kalo sampe ada ruam popok.

    BalasHapus
  31. Nah, kalau diapersnya tidak menggumpal, tipis dan kering permukaan gini, buah hati kita bakalan lebih nyaman saat memakainya yaaa... ga ada lagi rewel akibat ruam yang diakibatkan oleh penggunaan diaper yang kurang sesuai.

    BalasHapus
  32. Anti gumpalnya ini yg kayaknya impian semua ibu deh ya yg punya balita, hihi... Jadi ga gelembung gitu kali ya mba. Mantap deh ini, pengen nyoba juga nanti buat si kecil

    BalasHapus
  33. Bahan yang nyaman dan distribusi yang merata membuat anak tetap nyaman menggunakan popok sekali pakai yang praktis seperti merk Makuku diapers.

    BalasHapus
  34. Habis ini harus cek di marketplace deh popok Makuku ini. Saya yang punya batita perlu bangettt popok yang 'ramah' anak, sebab ada pengalaman juga tuh genital anak jadi benyek :( huhu sedih kalo diingat. Terima kasih infonya kak :D

    BalasHapus
  35. Setuju mbak, cari diaper itu tricky. Satu merk belum tentu pas buat adek kakak. Thank you buat rekomendasi diapers nya mbak

    BalasHapus
  36. Salah satu alesan aku pilih diapers itu selain yang aman di kulit anak, diapers nya harus tipis biar ga menuh-menuhin isi tas. Ini mamaknya ga mau bawa tas segede gambreng yg isinya penuh sama popok, hihi.. Bisa lah Makuku ini masuk wishlist buat nanti anak ke 2.

    BalasHapus
  37. Karena aku belum jadi ibu, aku baru tau kalo popok juga bisa gumpal. Makuku jadi solusi banget ya, apalagi pemilihan diaper tuh gak bisa sembarangan karena ngaruh ke kulit bayi/anak juga.

    BalasHapus
  38. Baru tau banget mbak ada popok dengan inovasi anti gumpal seperti Makuku. Memang biasanya kebanyakan popok tuh suka menggelembung kalau lagi penuh ya, jadi kurang nyaman dilihat dan pastinya juga kurang nyaman bagi anak. Kalau popok Makuku dengan invoasi SAP nya bisa lebih membuat anak merasa nyaman ya mbak, jelas recommended nih :)

    BalasHapus
  39. Ini nih yang dibutuhkan ya, tipis tapi daya serap maksimal, jadi nggak mengganggu aktifitas anak-anak yang lagi aktif-aktifnya bergerak.

    BalasHapus
  40. Memilih diapers untuk si kecil memang nggak boleh asal karena kalau gak cocok bisa menimbulkan ruam atau iritasi. Nah, setidaknya diapers Makuku bisa jadi referensi nih buat para moms yang punya bayi karena berbagai kelebihannya seperti yang udah dijelaskan di atas.

    BalasHapus
  41. Kebetulan lagi cari popok buat calon anak pertama. Semoga cocok deh ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.