Minggu, 19 Desember 2021

Karihome, Rekomendasi Susu Formula Kambing Pertama Di Indonesia


Akhir bulan november 2021 ini anak saya Zeanissa baru saja mulai lepas dari asi. Ya, saya baru saja berhasil menyapihnya setelah 2 tahun dan 3 bulan memberikan asi untuknya. Lamanya proses menyapih tersebut karena saya memilih untuk melakukan WWL atau Weaning With Love atau Menyapih Dengan Cinta.

Senang sekali ketika akhirnya saya dapat melakukan WWL ini untuk anak saya Zeanissa, walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama, Karena memang tidak ada waktu ideal untuk seorang ibu melakukan menyapih untuk anaknya, semua bergantung pada kesiapan kedua belah pihak, baik itu sang ibu dan sang anak. Sehingga saya sendiri pun baru memulai ketika anak saya berusia 20 bulan.


Tentang WWL

Bunda pasti sudah pernah mendengar istilah WWL ini, atau untuk yang belum tahu. Weaning With Love ini merupakan salah satu metode untuk menghentikan proses menyusui anak kita atau bisa disebut juga dengan istilah menyapih, nah WWL ini adalah menyapih dengan kasih sayang atau tanpa adanya paksaan sehingga dapat meminimalisir drama dan tanpa membuat anak menjadi trauma.

Tentu para bunda sudah tahu bila menyapih anak ini dari zaman ibu kita lebih banyak yang melakukan dengan menakut-nakuti atau dengan memaksa.  Dua yang yang paling sering dilakukan yaitu mengoleskan obat luka sehingga payudara bunda akan tampak seperti mengeluarkan darah hingga memberikan brotowali sehingga payudara akan terasa pahit bila disusui ke anak kita.

Banyak yang berhasil dengan cara-cara tersebut, namun tak sedikit juga yang gagal. Nah saya tuh tidak ingin melakukan hal tersebut kepada Zeanissa. Masa menyusui selama 2 tahun lebih, membuat saya tak tega dan juga berat melakukan hal tersebut, sudah dekat dan lekat sekali hubungan kami.


4 Tahap Berhasil WWL

1. Sounding Berulang
Dalam menerapkan WWL, ada beberapa hal yang saya lakukan hingga berhasil, seperti melakukan sounding sesering mungkin dengan mengulang-ulang kata-kata ajaib : "ade kalau sudah besar, tidak nenen lagi yah, diganti dengan minum susu, sama seperti kaka".

Dengan sounding kita dapat memberikan pemahaman kepada anak, yang perlu diingat sounding ini dilakukan sesering mungkin namun dengan nada bicara yang ramah ditelinga anak, kita memberi reminder berulang tapi tanpa emosi yang membuat anak menjadi kesal atau marah.

2. Membuat Kebiasaan Baru
Selanjutnya kita juga dapat mencoba membuat kebiasaan baru pada anak, terutama ketika menjelang waktu tidur dimalam hari yang biasanya banyak dilakukan oleh para bunda menidurkan anak sambil menyusui.

Pada Zeanissa saya menggantikan kebiasaan menyusui dengan mengelus punggungnya atau menepuk pada bagian pantatnya namun akhirnya ia menemukan kenyamanan sendiri ketika akan tidur dimalam hari memegang sikut tangan saya sambil di peluk.

Sebelumnya saya juga mencoba dengan memberi teman boneka ketika anak bobo, memberi buku bacaan dan juga memberi mainan. Memang merepotkan namun yah bun namun akan lebih merepotkan kalau anak sudah semakin besar tapi belum lepas dari asi.

3. Tidak Menawari Asi & Menolak Halus Permintaan
Menyusui sudah menjadi kebiasaan karena sudah dilakukan sejak anak kita lahir, apapun masalahnya pada anak jalan keluarnya adalah memberikannya asi, padahal kadang anaknya tidak menginginkan tapi bundanya kerap kali menyodorkan.

Nah hal ini juga tidak boleh kita lakukan lagi ketika kita melakukan WWL, kita harus membuat anak melupakan asi selama mungkin, namun di awal mungkin akan lebih sulit karena anak juga sudah terbiasa dan mempunyai waktu sendiri untuk meminta di susui oleh bundanya.

Untuk itu kita juga sebisa mungkin menolak memberikannya asi, tapi lagi-lagi menolak juga dengan halus tanpa harus memarahi anak, biasanya saya akan melakukan pengalihan perhatian anak saya dengan mengajaknya bermain, bercanda, membacakan buku, menonton atau apapun hal lainnya.

4. Memperkenalkan Dengan Pilihan Susu
Cara terakhir saya ketika menerapkan WWL adalah memperkenalkan anak dengan susu, baik itu susu formula maupun susu uht. Ini juga menjadi fase yang sulit karena kita seperti memberikan anak tanggung jawab untuk memilih susu sebagai pengganti asi.

Sementara hal lain yang menjadi sulit apabila untuk bunda yang memang belum pernah memperkenalkan anak dengan botol susu dan dot. Penolakan anak terhadap susu formula maupun susu uht karena ia tak terbiasa dengan kondisi meminum kedua susu tersebut. Kebetulan karena saya bekerja, sehingga Zeanissa sudah mengenal botol susu dan dot sejak usia 2 bulanan karena harus melatihnya untuk minum asip selama saya tinggal bekerja.

Dengan kebiasaan yang telah terbentuk sebelumnya, meminum asip dari botol susu dengan dot, anak saya pun lebih memilih susu formula daripada susu uht yang dalam kemasan botol dengan sedotan, namun susu formulanya bukan susu sapi melainkan susu formula kambing.


Mengenal KARIHOME

Sudah mengenal susu kambing formula KARIHOME ? saya pun baru mengenalnya. susu kambing formula KARIHOME merupakan produk susu formula untuk anak berusia 1-3 tahun berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia.


Susu kambing formula KARIHOME merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-Overeative (DGC), produsen susu yang berasal dari New Zealand yang bermitra dengan perusahaan dari Indonesia yaitu PT. Orient EuroPharma. Sebelumnya susu kambing formula KARIHOME telah terkenal dan banyak diminati diluar negri seperti di Malaysia, Singapura, Taiwan, China dan Hongkong.

Kini susu kambing formula KARIHOME hadir di Indonesia untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si kecil. KARIHOME percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula KARIHOME diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang lebih lengakp dari Susu kambing formula KARIHOME :

1. Omega 3, omega 6 dan taurin 3x lebih banyak dari susu sapi untuk memberi nutrisi otak merangsang kecerdasan pada anak.
2. Nucleotida, tinggi vitamin C, E dan Zinc untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas pada anak.
3. Sumber kalsium, vitamin d dan zat besi untuk nutrisi pada pertumbuhan fisik anak-anak.
4. Protein A2-Bcasein  2x lebih tinggi dari susu sapi untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih baik karena lebih mudah dicerna dan diserap.


Grand Launching KARIHOME

Walaupun merupakan produk yang baru diluncurkan, namun susu kambing formula KARIHOME telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan yang terbaik karena selain sudah memiliki sertifikat BPOM, sertifikat Nomor Kontrol Veteriner, paten merk untuk indonesia dan juga sertifikat halal dari MUI. Sehingga selain terjamin aman penggunaanya untuk anak-anak, untuk yang bunda yang muslim dapat nyaman memberikan susu kambing formula ini.

Senang sekali saya dapat ikut hadir dalam acara peluncuran susu kambing formula KARIHOME secara virtual pada 18 desember 2021 lalu yang menghadirkan para ahli susu kambing dari Dairy Goat Co-overative salah satunya yaitu Dr Liz Carpenter, Principal Scientist DGC yang memberikan penjelasan keunggulan dari susu kambing formula KARIHOME yaitu :

1. Susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak. 
2. Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khusunya untuk pembentukan antibodi pasca-vaksinasi.
3. Berdasarkan hasil uji klinis, anak yang meminum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat.

Pemaparan tersebut juga diperkuat oleh nara sumber lainnya yaitu Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC & Ipu Hapi, Manufacturing GM DGC. Oleh karena New Zealand merupakan negara peternakan yang alami, sehingga dalam hal ini pemerintahnya pun mempunyai aturan ketat tentang kesejahteraan hewan.

DGC sendiri menerapkan kode praktis yang lebih ketat lagi bahkan telah menjadi patokan standar kelas dunia. Dimana susu kambing yang diperah dipeternakan akan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan dengan tujuan agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu untuk proses produksi susu kambing formula KARIHOME ,menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1x pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya.

Acara grand lauching secara virtual ini juga dimeriahkan dengan sesi talkshow interaktif yang bertajuk "Wining Weaning Talk" yang menghadirkan Ibu dr. Margareta Komalasari, SpA dan Bp Yohanes Peter Wijaya selaku perwakilan dari PT. Orient EuroPharma.

Dalam talkshow ini banyak sekali informasi dan konfirmasi yang diberikan oleh kedua nara sumber tersebut selain menjawab banyak pertanyaan daripara peserta acara, berikut adalah beberapa yang menjadi highlight untuk saya mengenai susu kambing formula KARIHOME.

Seperti yang kita tahu yah bun, susu kambing itu terkenal dengan aroma khas yang cukup kuat (prengus) hal tersebut karena kayanya kandungan nutrisi asam lemak rantai sedang. Namun susu kambing formula KARIHOME berasal dari peternakan susu di New Zealand dan telah difortifikasi sehingga memiliki aroma dan rasa yang lebih lembut, lebih gurih kalau menurut penciuman hidung saya.

Sebagai seorang muslim, saya mengetahui bilamana manfaat susu kambing lebih besar daripada susu sapi, namun selama ini di negara kita memang lebih dipopulerkan penggunaannya untuk orang dewasa daripada untuk anak-anak. Apalagi untuk membuat susu formula kambing standar perysaratan gizi dan mutunya lebih tinggi, nah susu kambing formula KARIHOME telah memenuhi hal tersebut dengan mendapatkan approval dari European Food Safety Association (EFSA).

Untuk anak dengan alergi protein susu sapi, susu kambing formula KARIHOME dapat dipertimbangkan karena kandungan a-S1 casein yang lebih rendah, namun bun tetap harus melakukan konsultasi dengan dokter bila terjadi alergi yah, sementara untuk anak dengan intoleransi laktosa tidak disarankan karena susu kambing formula KARIHOME bukan susu rendah/bebas laktosa.

Bila sebelumnya anak bunda sudah mengkonsumsi susu kambing, susu kambing formula KARIHOME berbeda dengan susu tersebut karna sudah diformulasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak sesuai dengan yang tertera pada kemasannya. 


Kesimpulan

Setelah mencoba susu kambing formula KARIHOME selama beberapa hari ini pada anak saya Zeanissa, ia menyukai susu tersebut dan cocok untuk penggunaannya tidak ada keluhan yang timbul seperti alergi ataupun pada pencernaanya, dalam artian bab-nya lancar seperti biasa. 



Dibanding dengan susu formula sapi, memang secara harga susu kambing formula KARIHOME lebih mahal namun hal tersebut menurut saya sesuai dengan kualitas dan benefit yang diberikan, jangan lupa manfaatkan promonya yah bun.

Sebelumnya Zeanissa juga menggunakan susu formula sapi, untuk peralihan saya tidak menemukan kesulitan, namun bila bunda mengalami kesulitan bisa melakukan peralihan seperti pada tabel berikut.

 

Untuk bunda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai susu kambing formula KARIHOME dapat mengunjungi instagram karihomeid atau website-nya www.karihome.co.id dan bunda dapat mencoba perutungan untuk mendapatkan free trial susu kambing formula KARIHOME juga loh.


49 komentar:

  1. Wah Alhamdulillah bisa lepas asi ya bun. Makasih tips nya nanti klau anaku lepas asi mau juga WWL. Mah cobain juga kasih susu karihome

    BalasHapus
  2. Ada tabel yang dapat membantu sekali, saat peralihan dari Susu biasa ke Susu Kambing Karihome ya bun

    BalasHapus
  3. Akhirnya kita punya pilihan lain yah selain susu formula sapi untuk membantu dlm proses WWL

    BalasHapus
  4. Wah, aku baru tau ada susu kambing untuk batita, terima kasih info nya

    BalasHapus
  5. Wah bagus kandungannya juga bermanfaat untuk si kecil memang rekomendeh susu ini, apalagi buat anak yang sudah waktunya minum susu formula.

    BalasHapus
  6. Samaan kaya aku nih ternyata, udah move on pakai susu kambing formula dari Karihome. Dan Alhamdulillah nya anak² suka sama rasanya. Ga nyangka sih aku kalo susu formula kambing bisa seenak ini. Kandungan gizinya banyaak bgt lagi.. πŸ₯°πŸ₯°

    BalasHapus
  7. sufor dari susu kambing belum familiar nih, terima kasih informasinya lengkap sekali

    BalasHapus
  8. Ternyata nutrisi dan kandungan dari susu kambing luar biasa ya mom. Alhamdulillah karihome udah ada di Indonesia 😍

    BalasHapus
  9. Cie cie yg udh coba susu kambing nya Karihome mantul dah nih , aku juga pengen beli ah buat si Keenan nih udh saatnya disapih hehehe

    BalasHapus
  10. Bagus bgt infonya Mak 😍 makasih ya. Berguna bgt buat mamak2 yg lg mau menyapih ni

    BalasHapus
  11. Happy ya sekarang ada susu kambing formula untuk anak-anak. Jadi kita ga perlu khawatir lagi nih kalo anak2 mau konsumsi susu kambing tinggal minum susu kambing formula Karihome aja..

    Enak lagi yaa... ga bau.. dan vitaminnya juga lebih lengkap dari susu sapi formula.

    Jadi ga ragu lagi nih mau beralih ke Karihome..

    BalasHapus
  12. Susu kambing formula yang nutrisinya lengkap mengacu pada ASI ya bun bagus banget karihome

    BalasHapus
  13. Acara grand launching nya seruu banget, jadi tau banyak tentang susu kambing formula. Rasa susu Karihome juga enak, anakku suka sekali ❤

    BalasHapus
  14. Ternyata susu kambing bisa jadi susu formula juga yaa mom dan beruntung bgt ada Karihome yang kualitasnya sudah teruji secara klinis

    BalasHapus
  15. Ternyata protein pada susu kambing lebih bagus ya daripada protein pada susu sapi. Jadi pengen beralih ke Karihome juga aku mom

    BalasHapus
  16. wow, ternyata kita ada susu kambing yang di jadikan susu formula juga ya, baru tahu saya

    BalasHapus
  17. Ternyata nutrisi dan kandungan dari susu kambing luar biasa ya mom. Alhamdulillah karihome udah ada di Indonesia

    BalasHapus
  18. Yes, setuju banget dengan semua yang ditulis di sini karena aku juga habis mencoba Karihome untuk anak-anakku. Mereka approved karena rasanya enak, dan enggak ada reaksi alergi yang muncul. Betul-betul bisa jadi alternatif asupan susu untuk anak!

    BalasHapus
  19. Makasih banyak mam, aku yg sebentar lagi mesti menyapih anakku, jadi rau bagaimana tipsnya. Kayanya aku perlu karihome juga deh buat si kecil

    BalasHapus
  20. Nutrisi dan kandungan susu kambing ternyata lengkap juga ya. aku mau rekomendasikan ke adik aku nih...

    BalasHapus
  21. Bagus banget yah moms kandungnya susu kambing dari karihome ini jadi pengen cobain juga... Bisa beli dmna yah??? Penasaran jadinya aq nihh.
    Cocok banget juga buat ank yg alergi susu sapi yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sementara ini hanya bisa di beli di lazada yah moms, semoga kedepannya karihome juga lebih mudah didapatkan

      Hapus
  22. Wah zeanissa hebat nih udah lulus ASI, alhamdulilah ya bun doyan susu Karihome, sama nih kayak abang Al

    BalasHapus
  23. Susu kambing bisa jadi alternatif selain susu sapi, ya. Sekarang sudah ada yang tersedia untuk balita

    BalasHapus
  24. Senang banget ya sekarang ada susu kambing formula untuk anak-anak! dan ini alternatif untuk yang intoleran laktosa

    BalasHapus
  25. Asyik banget ya sekarang ada susu kambing formula untuk anak-anak! dan ini alternatif untuk yang intoleran laktosa

    BalasHapus
  26. Memang menyapih tuh susah-susah gampang ya..
    Tapi kalau mama sudah mempersiapkan susu yang terbaik, pasti semua kekhawatiran akan hilang ya..

    BalasHapus
  27. Bener bun, menyapih dengan WWL metode lebih attchment dengan anak tanpa meninggalkan keterpaksaan. Karihome ini formula baru yang kudengar. Bikin 0enasaran aromanya

    BalasHapus
  28. Susu pilihan terbaik juga nih buat anak ya bund😍..ternyata kandungannya lebih lengkap ya baru tau😁

    BalasHapus
  29. Karihome pelopor susu formula berbasis susu kambing dengan komposisi gizi yang lengkap. Pas bgt nih aku mau menyapih anak. Wajib coba ini juga

    BalasHapus
  30. Wah makasih banyak Mom buat tips WWL nya, next semoga aku juga bisa terapin ke anak-ku. Btw Zeanissa sama kek Lyosha, suka dan cocok dengan susu formula kambing Karihome ;)

    BalasHapus
  31. Baru tau kalo menyapih pny istilah yg keren wwl �� ternyta susu kambing ini bnyk keunggulannya jg ya. Jadi aman untuk dikonsumsi oleh bayi

    BalasHapus
  32. Meski belum nikah dan punya anak info seperti ini penting buatku! Supaya bisa siap2 hihi

    BalasHapus
  33. Baguslah bisa jadi alternatif buat yg alergi susu sapi ya. Namun kalo lactose intoleran tetap sebaiknya pilih yg soya ya.

    BalasHapus
  34. Seneng banget tahu info Karihome ini huaaa... Keren ya New Zealamd dg inovasi2 susunya.

    BalasHapus
  35. Bisa jadi solusi bagi buah hati yang terkendala laktosa sapi nih yaaa... dengan komposisi yang lebih oke, anak-anak tetap mendapatkan nutrisi yang pas bagi tubuh mereka agar selalu sehat dan tumbuh dengan ceria.

    BalasHapus
  36. Anakku juga suka banget Susu Kambing. Justru kata kaka dan adik, susu kambing lebih enak dan gurih daripada susu sapi. Biasanya kami stock dalam bentuk kemasan sachet. Kini Karihome jadir dengan kemasan kaleng, bisa jauh lebih hemat nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh susu kambing lebih enak dan guruh daripada susu sapi, oiya karihome ini susu formula kambing yah teh bukan susu kambing biasa, bedanya susu formula kambing sudah di fortifikasi dengan berbagai macam zat gizi sesuai dg kebutuhan anak usia 1-3 tahun

      Hapus
  37. Waaah keren banget metode WWL ini, informatif banget untuk aku yang belum menikah dan belum punya baby. Jujur aku aja suka sekali minum susu kambing, ga kebayang gimana enaknya Karihome menggantikan ASI ibu selama menyapih keren keren

    BalasHapus
  38. wah ini susu kambing pertama di Indonesia pertama ya yang untuk anak-anak, wah penasaran saya bisa buat si kecil di rumah ya. makin banyak dapat informasi tentang WWL ini

    BalasHapus
  39. Pertama kali anakku coba susu karihome langsung sukaa 😍

    BalasHapus
  40. Seneng banget nie aku baca info soal susunya, aku mau cobain juga ah buat anakku. Makasih mom infonya.

    BalasHapus
  41. Dulu tau susu ini dari saudara yang tinggal di Singapura,pernah sekali coba untuk anak, Alhamdulillah sekrang udah ada di Indonesia sekrang bisa jadi pilihan untuk susu pertumbuhan anak

    BalasHapus
  42. Aku juga ikutan Grand Launchingnya, Acaranya seruu, susunya juga enak ya

    BalasHapus
  43. Susu Formula Pertumbuhan Karihome sudah mendapatkan izin dari BPOM sehingga aman digunakan untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun

    BalasHapus
  44. Kayaknya baru pertama kali ini aku tau ada susu kambing buat bayi. Konon katanya susu kambing ini lebih bagus nutrisinya daripada susu sapi.

    BalasHapus
  45. Momen menyapih dengan cita ini baru bisa aku praktekin ke anak ketiga nih, thank u sharingnya

    BalasHapus
  46. susu formula pertumbuhan sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan mengandung omega 3 dan 6 untuk kecerdasan daya pikir anak

    BalasHapus
  47. Susu kambing formula pertama yang aku coba kasih ke anak dan alhamdulillah approved! Asli ya ini unik banget, susunya terjamin kualitasnya, ga bau prengus pula

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.