4 Kiat Menjadi Ibu Tangguh Menjalani Multiperan ala #MYBABYMomversity

April 02, 2021

Hai mom apa kabarnya ? 

Sama halnya dengan diriku, semoga kita semua dalam keadaan sehat, jasmani maupun rohani yah tentunya.

Tanpa terasa di bulan maret 2021 ini ternyata telah setahun sudah kita hidup berdampingan dengan virus corona. By the way mom, aku mau tanya nih, hal terberat apa yang harus di jalani selama pandemi ini berlangsung ?

Kalau dari aku hal terberatnya adalah karena masih aktif sebagai working mom tentu karena keharusan bekerja dari rumah alias work from home. Padahal kalau dirumah juga ada tanggung jawab untuk dua anak yang harus aku asuh, asah dan asih. 

Menjalani multiperan tersebut bukan hal yang mudah untukku, tentu saja aku mengalami peningkatan stress dan kecemasan akibat dari aktivitas di waktu yang bersamaan yaitu harus mengurus keluarga sekaligus juga harus mengurus pekerjaan kantor.

Belum lagi ditambah dengan overthinking karena ketidakpastian seperti, kapan sih pandemi ini akan berakhir ?, kapan anak-anak bisa kembali ke sekolah ?, apa keuangan keluarga akan tetap baik-baik saja selama pandemi ?, atau bagaimana cara menjaga kesehatan keluarga selama pandemi ? dan lainnya, dan sebagainya.

Padahal sebelum masa pandemi ini datang sebagai garda terdepan keluarga, seorang ibu juga sudah kerap kali berdekatan dengan berbagai tantangan, seperti diantaranya yang kerap kali terjadi pada saya yaitu khawatir dengan permasalahan tumbuh kembang anak-anak atau merasa kurang istirahat dan nggak bisa me time lagi.

Dengan adanya pandemi virus corona, hal-hal tersebut sepertinya membuat setiap hari saya menjadi merasakan make it all trouble be double dan saya yakin pasti banyak para ibu yang juga merasakan hal serupa.

#MYBABYMomversity 2021
#MYBABYMomversity 2021

Menjawab akan segala keluh kesah tak berkesudahan yang dirasakan oleh saya dan semua ibu-ibu selama masa pandemi, akhir bulan maret lalu (30/3) saya ikut hadir dalam virtual press conference #MYBABYMomversity 2021 yang bertemakan "Smart Parenting in Uncertain World"

Untuk itu hadirlah para expert yang berpengalaman sesuai bidangnya dan juga ibu muda yang sepengalaman yang memberikan kiat langkah-langkah jitu agar kita sebagai ibu dapat semakin kuat menjalani multiperan, yaitu : 

  1. Tiara Puspita, M. Psi seorang Psychologist
  2. Alvin Hartanto seorang Nutrisionis 
  3. Prita Ghozie seorang Financial Planner
  4. Kimberly Ryder seorang Public Figure dan Ibu Muda
#MYBABYMomversity 2021


Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai pemaparan inspiratif sekaligus edukatif dari mereka, sudahkah ibu-ibu mengetahui mengenai #MYBABYMomversity ? Bila belum, yuk kita berkenalan terlebih dahulu.

Tentang #MYBABYMomversity

#MYBABYMomversity, yang terbentuk mulai tahun 2019 hingga sekarang merupakan salah satu bentuk komitmen MY BABY sebagai mitra yang selalu mendampingi ibu dalam menjalani dan menikmati perannya.

Mengusung spirit "Share, Learn, Play" #MYBABYMomversity yang terus digelar selalu menghadirkan kelas inspiratif yang menitikberatkan tentang parenting, finansial, dan kesehatan.

Di tahun 2020 lalu, kegiatan #MYBABYMomversity lebih menekankan digitalisasi sebagai bentuk adaptasi di tengah pandemi melalui penyuguhan materi dengan kelas digital. Hal tersebut pun sukses menyentuh lebih dari 14 juta ibu lewat berbagai macam platform.

Pada tahun 2021 ini #MYBABYMomversity kembali mengajak para ibu untuk terus meningkatkan pengetahuan namun dengan menambah dua kelas inspiratif yang sedikit berbeda dari penyelengaraan tahun-tahun sebelumnya, yakni : food & nutrition dan style & self-care.

#MYBABYMomversity 2019
#MYBABYMomversity 2020
#MYBABYMomversity 2021

Dengan harapan dikemudian hari #MYBABYMomversity tetap dapat menjadi wadah pengembangan diri andalan para ibu sekaligus dapat membuat para ibu terus teredukasi sehingga mampu menjalani peran di situasi apapun.

Setelah berhasil melewati satu tahun pandemi, saat ini merupakan kesempatan bagi ibu untuk menumbuhkan ketangguhan yang lebih kuat. 

Sebagaimana di sampaikan oleh Ibu Selva Marsentiani, selaku Senior Head Of Brand Communication & Content MY BABY Karena #MYBABYMomversity meyakini para ibu akan lebih siap mentolerir ketidakpastian dan lebih tangguh mengembangkan strategi untuk memecahkan masalah.


Kiat Pertama ala #MYBABYMomversity

Sebagaimana yang telah saya sampaikan sebelumnya saat pandemi ini kita para ibu semakin kewalahan menghadapi permasalah yang ada, bahkan mungkin sebagian kecill juga ada yang berada di titik terendahnya, karenanya menurut Ibu Tiara Puspa, M. Psi, kita sebagai seorang ibu seharusnya saat ini

Mempunyai kemampuan untuk menyadari pikiran, emosi dan apa yang kita rasakan secara fisik dan mental pada momen saat ini, merupakan kunci agar kita sebagai ibu mampu beradaptasi dan fokus pada apa yang bisa kita kendalikan, bukan pada hal-hal yang belum pasti

#MYBABYMomversity 2021

Ia pun menambahkan, ada tiga hal yang dapat kita lakukan agar dapat bangkit dari situasi krisis yang tengah kita hadapi agar tetap dapat tangguh menjalani peran, yaitu :

1. Memulai melakukan Self-care

Self-care atau yang dapat kita artikan sebagai memanjakan diri sangatlah penting. Saat ini kebanyakan dari kita setelah bertambah peran menjadi ibu, sangat kesulitan menjalani hal tersebut karena memang biasanya memanjakan diri merupakan kemewahan.

Untuk itu kita harus pahami self-care bukanlah hal selfish bagi kita para ibu namun hal ini lah yang dapat mengurangi rasa stress dan cemas, karena dengan melakukan self-care kita menjadi lebih perduli terhadap diri kita sendiri.

Tidak harus dengan memanjakan diri, bila memang tidak bisa kita pun dapat melakukan cara lain seperti meditasi yang penting tujuannya tercapai yaitu agar kita bisa membuat tubuh dan pikiran kita lebih rileks sehingga kemudian kita pun dapat kembali menemukan fokus kita.

Ingat yah bu, selalu berusaha menempatkan kondisi fisik dan emosional sebagai prioritas karena hal tersebut dapat membantu mencapai kebahagian selain tentu saja kesehatan yang optimal bagi diri kita sendiri dan juga keluarga. Happy Mom, happy family.

2. Menciptakan Keharmonisan Keluarga

Banyak cara untuk menciptakan keharmonisan keluarga, yang terpenting adalah menjaga komunikasi dengan baik dengan pasangan maupun dengan anak-anak. 

Dari situ kita dapat melanjutkan dengan selalu mencontohkan hubungan yang penuh kasih sayang baik dengan pasangan maupun dengan anak-anak, sehingga mereka pun merasa lebih aman dan dicintai.

Sebagai ibu kita pun harus menjaga agar bahasa yang kita sampaikan terdengar positif, hal sederhana lainnya yang dapat kita lakukan adalah dengan aktif mendengarkan dan berempati.

Beberapa hal tersebut tidak hanya akan membantu menciptakan lingkungan keluarga yang damai dan bahagia, namun juga dapat mempermudah kita saat perlu untuk melakukan pembagian tugas dengan seluruh anggota keluarga. 

 3. Melatih Diri Menerima Situasi Apapun

Apakah ada yang seperti saya beranggapan kita para ibu adalah supermom, seorang yang sempurna dan dapat melakukan segala hal. Mulai sekarang kita harus berhenti untuk berfikir seperti itu.

Tak ada ibu yang sempurna, untuk itu kita perlu memahami ada dua hal dalam hidup yaitu yang dapat diubah dan dikendalikan serta yang tidak. 

Dengan pemahaman yang baik akan kedua hal tersebut, kita dapat mengarahkan energi secara lebih efektif dan optimal pada hal-hal yang berada di dalam kendali kita.

Melatih diri untuk menerim situasi apapun memang bukan hal mudah namun demikian bukan berarti tidak dapat kita usahakan, karena ketika kita mampu menerima dapat membantu diri kita sendiri menerima kekurangan dan kelebihan sehinga kemudian dapat membantu memaksimalkan kualitas self-care dan me-time yang kita lakukan.


 Kiat Kedua ala #MYBABYMomversity

Sejalan dengan pemaparan Ibu Tiara Puspa, M. Psi. Sebagai seorang public pigure yang kini tengah menikmati peran juga sebagi ibu muda dengan dua anaknya, Ibu Kimberly Ryder juga berbagi pengalamannya.

#MYBABYMomversity 2021

Menurutnya selain memulai dengan mencintai diri sendiri, kita juga harus mempunyai sosok support system yang dapat diandalkan seperti suami, karena ia juga berperan sangat besar dalam membantu kita untuk mewujudkan kebahagian sekaligus membuat kita menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan.

Terlebih lagi bila kehadiran mereka tidak hanya sebagai tanda setia mendampingi namun terus hadir meluangkan waktu untuk memberi dukungan hingga dapat melewati segala kesulitan dengan lebih mudah.

Semakin banyak support system yang kita punya akan semakin baik untuk diri kita, untuk saya support system tidak selalu orang dewasa seperti suami ataupun orang tua, anak-anak yang dapat kita andalkan untuk dimintakan bantuan juga dapat menjadi support system kita.

Sepengalaman saya ketika suami bekerja dan orang tua pun sedang tidak dirumah, anak pertama sayalah yang membantu saya menjaga dan menemani adiknya ketika saya tengah sibuk dengan pekerjaan kantor dirumah.


Kiat Ketiga ala #MYBABYMomversity

Kiat ketiga berhubungan dengan kesehatan yang dipaparkan secara gamblang oleh Bp. Alvin Hartanto. Beliau kembali mengingatkan bila untuk menjadi ibu tangguh, selain tetap merasa bahagia walau masih ditengah pandemi.

#MYBABYMomversity 2021

Hal lain yang paling utama dan justru paling penting untuk kita semua adalah kesehatan, tidak hanya kesehatan untuk diri kita sendiri namun juga anggota keluarga lainnya.

Saran termudahnya adalah memulai menjaga kesehatan dari dalam yaitu dari apa yang kita konsumsi dengan memastikan kebutuhan harian nutrisi pada tubuh.

Ada tiga faktor utama yang perlu diperhatikan untuk memenuhi keseimbangan gizi, yaitu :

  1. Mengenali kondisi tubuh dengan baik dan benar
  2. Memahami kandungan gizi dari asupan makanan dan minuman
  3. Menerapkan ploa makan yang tepat
Bila selama ini kita memiliki mindset makanan sehat pasti mahal mulai sekarang ubah mindset tersebut, karena makanan sehat tidak harus mahal dan melewati proses pengolahan yang rumit. Saat ini sudah banyak sekali dan mudah ditemukan sharing mengenai makanan sehat tapi dengan harga terjangkau.

Yang tak kalah penting adalah memastikan nutrisi, vitamin dan mineral yang tepat yang bisa didapatkan dari bahan makanan sederhana yang diolah dengan cara dan takaran yang tepat. Jangan juga menjadi ibu ribet nan repot karena hal demikian yah berdayakan smartphone untuk mencari informasi atau aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memudahkan mengetahui kandungan gizi pada makanan.

Yang terakhir yang tak boleh terlupa juga adalah menerapkan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan, karena jika tidak akan menimbulkan risiko dan berbahaya bagi tubuh. Sekali lagi sadar diri untuk tidak banyak jajan diluar karena bagaimana pun makanan yang dimasak sendiri dirumah pasti lebih bersih dan lebih sehat dan tidak konsumsi apapun secara berlebihan.


Kiat Keempat ala #MYBABYMomversity

Yang terakhir terkait dengan masalah keuangan, masalah yang juga sangat sensitive sekali. Hampir sebagian besar seorang ibu berperan juga sebagai 'mentri keuangan' dalam rumah tangga. Ibu Prita Ghozie pakar keuangan yang telah banyak berbagi kiat mengatur keuangan keluarga memberikan sejumlah pandangan.

Pada situasi ekonomi yang tak menentu saat ini, yang utama adalah mengetahui bagaimana cara untuk bertahan

Yang pertama yang harus kita lakukan adalah merencanakan keuangan dengan bijak dan baik. Maksudnya adalah kita dapat membuat anggaran belanja yang sesuai dengan gaya hidup namun sekaligus dapat menjaga pos-pos pengeluaran sesuai dengan skala prioritasnya.

#MYBABYMomversity 2021

Bilamana masih ada dana tersisa, maka sebaiknya sebagian disisihkan untuk tambahan dana darurat dan dana kesehatan. Dana darurat dapat membantu meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga sementara dana kesehatan dapat mencegah dana darurat terpakai untuk biaya berobat.

Selain itu sebagai seorang ibu, bila kita tak bekerja kita tetap harus berkarya dan tahu cara menghasilkan uang dengan menggali kemampuan yang kita miliki. Seperti misalnya memasak dan menjualnya dengan memanfaatkan media sosial.

Untuk masalah keuangan yang paling penting adalah memulai perencanaan keuangan dengan baik dan mengetahui komposisi yang tepat serta disiplin dalam menjalankannya.


Kesimpulan

Menjadi ibu yang tangguh memang terdengarnya seperti menambah beban kita. Namun kenyataannya inilah kondisi kita saat ini, entah kita sadari atau tidak memang kita harus 'memaksa' diri menjadi lebih tangguh dari hari-hari sebelumnya.

Keempat kiat dari #MYBABYMomversity yang untuk saya pribadi benar-benar memberi banyak positive insight  karena sangat relevan dengan kondisi kita sebagai ibu saat pandemi kini, selain itu menurut saya juga reliable dan mudah untuk kita jalankan.

Dengan harapan besar semoga kiat yang saya sharing ini dapat membantu mengurangi kecemasan yang kita hadapi sehingga memudahkan menjalani multiperan kita dan semoga kita serta anggota keluarga, khususnya anak-anak dapat menjadikan kita ibunya sebagai role model yang senantiasa bahagia sekaligus tangguh.


*****

Sekilas tentang MY BABY
MY BABY dari PT. Barclay Products yang merupakan anak perusahaan dibawah PT. Tempo Scan Pacific TBK, yang bergerak di bidang manufaktur dan pemasaran produk konsumen, kosmetik dan produk rumah tangga.

MY BABY menyediakan kebutuhan para ibu dalam merawat buah hatinya. Sebagai merk kepercayaan ibu lebih dari 35 tahun, MY BABY menyediakan rangkaian produk lengkap yang digunakan dalam memudahkan merawat bayi. 

Rangkaian produk tersebut terbagi menjadi :
Toiletries berupa powder (bedak), shampoo, sabun, lotion, cologne dan hair lotion
Treatment berupa minyak telon plus, lotion telon plus dan diaper rush cream
Household berupa pembersih botol susu, pelembut pakaian bayi, hand sanitizer dan liquid detergent

MY BABY merupakan produk perawatan bayi berkualitas internasional yang diformulasikan khusus untuk bayi yang membuat ibu merasa tenang dan lebih menikmati perannya merawat bayi karena telah yakin memilih produk terbaik untuk kenyamanan si buah hati.

MY BABY telah memperoleh beberapa penghargaan nasional seperti Top Brand Award, Top Brand For Kids Awards, Indonesia Original Brand, Social Media Award dan Indonesia Digital Popular Brand Award.

You Might Also Like

61 comments

  1. Pasti acaranya rame betul yaa moms , makasiiih banyak pula sudah sharing ilmu nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya moms sangat meriah acaranya dan sanagat edukatif juga, semoga bermanfaat yah moms sharingku ini

      Hapus
  2. Seru pasti ini acaranya, ilmu yang bisa di share aja banyak banget ini.. Terimakasih sharing nya 😉👍

    BalasHapus
  3. Kebayang deh beratnya jadi ibu bekerja di masa pandemi, ya. Untung ada suntikan ilmu dari my baby

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba jadi bisa menambah insight positive untuk bisa ttp tangguh menjalani multiperan

      Hapus
  4. Wah seru banget acara dari My Baby ini, penting sih acara-acara gini untuk saling menguatkan sesama ibu.Karena saat ini yang dibutuhkan memang bagaimana caranya bertahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba des, semoga acara my baby momversity ini bisa berlajut terus yah untuk mendukung multiperan ibu

      Hapus
  5. Seru pasti ini acaranya ya bun, ilmu yang bisa di share aja banyak banget ini.. Thks sharingnya

    BalasHapus
  6. 4 Kiat yang luar biasa nih mom,bermanfaat dan bakal aku terapkan sebagai ibu tangguh

    BalasHapus
  7. Aaa keren sekali ada acara seperti ini! Terima kasih banyak Kak Maya atas sharing-nya!

    BalasHapus
  8. para moms berkumpul dalam acara ini pastinya super seru dan banyak hal menarik yang bisa didapatkan, baik secara ilmu ataupun pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan adanya acara momversity ini jadi ada platform bagi ibu-ibu untuk saling menguatkan dan berbagi segala hal

      Hapus
    2. bisa berbagi banyak hal terkait dunia ibu, anak dan keluarga apalagi urusan domestik rumah tangga ya, bisa saling empower juga

      Hapus
    3. lalu di sini juga belajar kelola keuangan keluarga bersama pakarnya mba Prita, lengkap sekali deh ilmu yang di dapat

      Hapus
    4. thanks kak ai sudah mampir2 bener kak ai aku jadi banyak belajar lagi nih buat jadi ibu yang tangguh

      Hapus
  9. Wah wah, keren nih tips ala Momversity-nya. Kudu nih aku coba terapkan satu per satu. Oh ya, aku baru tahu nih dengan Momversity ini. Bagus ya, empower para ibu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba nia, semoga momversity bisa ada tiap tahun dan terus mendukung para ibu hebat

      Hapus
  10. Aah...bagus sekali acaranya.
    Sungguh menjadi energi dan booster bagi para ibu untuk menjalani multiperan di ranah domestik dan luar domestik.

    BalasHapus
  11. Selfcare .. jaman dulu, dalam pikiran saya, yang namanya ibu itu sampai tidak memperhatikan dirinya karena memperhatikan keluarganya pdahal seharusnya tak demikian ya karena harusnya seorang ibu mengusahakan dirinya bahagia juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilmunya berubah terus yah mba, kalau sekarang kita justru di sadarkan untuk bahagia lebih dahulu salah satunya dengan memanjakan diri agar dapat menciptakan keluarga yang bahagia juga

      Hapus
  12. Pengennya ada terus acara edukatif seperti ini biar banyak ibu yang tangguh

    BalasHapus
  13. Cakep kiatnya nih, bikin para ibu tambah pede selama menjalani tugasnya di rumah.Jangan lupa buat sel care ya biar tambah semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok yah mba nurul tidak hanya untuk irt tapi juga untuk working mom

      Hapus
  14. Haduh kayaknya yang paling sulit adalah melatih diri untuk membiasakan dalam situasi apapun. Karena setiap situasi pasti membawa emosinya sendiri-sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba aku pun masih belajar untuk mengelola emosi, mudah2an seiring waktu kelola emosi kita pun semakin baik yah

      Hapus
  15. Pastinya senang sekali para mama muda ikutan event seperti inikan ya.
    semoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaupun online yah mba eventnya tetep seneng karena banyak ilmunya

      Hapus
  16. acara educatif seperti ini banyak ilmu yang didapat ya ..., kiat-kiat yang disampaikan juga bisa membuat para ibu pede dalam menjalankan tugasnya dirumah

    BalasHapus
  17. Seru banget itu acaranya. Btw, emang bener sih sejak jadi ibu tiba-tiba punya kekuatan super. Haha

    BalasHapus
  18. Wah aku baru tau ada MyBabyMomversity ini, bagus ya acaranya. Banyak ilmu bermanfaat yg bisa diterapkan oleh para ibu, thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mom ikutan gabung juga yah di eventnya cek updatenya di instgram my baby

      Hapus
  19. bener banget. keadaaan yang membuat kita para orangtua memang harus selalu siap menjalani multiperan. kiat-kiatnya OK banget bisa di terapkan untuk para orangtua.

    BalasHapus
  20. Waah coba bsa ikutan acaranya, positive vibes bgt ya jdi makin semangat

    BalasHapus
  21. Apresiasi setinggi-tingginya untuk semua ibu. Pandemi memang menempa kita semua untuk menjadi sosok ibu yang tangguh.

    BalasHapus
  22. Bagus banget isi materinya pas buat diaplikasikan saat pandemi seperti ini buat para ibu tangguh agar bisa lebih tangguh lagi karena pastinya lebih berat walaupun sebelumnya saja sudah pasti juga berta dengan beragam tugas rumah, mengurus anak dan suami ditambah mengajar dan mensuport anak selama WFH super sekali lah rasanya :)

    BalasHapus
  23. Salut kak Maya. Bekerja sekaligus mengasuh anak-anak pada masa pandemi ini sangat tidak mudah. Aku juga bekerja sambil kuliah,ketika pandemi ini rasanya sulit membagi waktu, harus bersih-bersih rumah dan masak juga hahaha. Tapi memang perempuan itu hebat, ia bisa melakukannya meskipun ya pengorbanannya juga lumayan. Tetap semangat kak Maya. Salam hangat.
    @dewi_puspa

    BalasHapus
  24. Peran seorang ibu terlebih lagi di masa pandemi ini memang sangat perlu tangguh dan tetap semangat ya kak. Pembelajaran buat daku nantinya nih

    BalasHapus
  25. Seru pasti ini acaranya ya mba, thanks for sharing ya mba, semoga pandemi segera berlalu biar lebih banyak ada event2 yg bermanfaat gini

    BalasHapus
  26. Aku sih merasaaaa.... sejak jadi HOUSEWIFE kayaknya hidupku berubah jadi super mom.
    And that's not only because I became more stronger but also because I have to always update the information, makes me smarter than before

    Self care, kebetulan aku suka gambar, jadi healing and calming itu kulakukan sambil mendengarkan musik dan bener banget jadi #MYBABYMomversity itu membuat kita SIAP MENGHADAPI APAPUN loh!

    BalasHapus
  27. Iyeeess walau segalanya dilakukan di rumah aja selama pandemi ii tapi ibu2 tetep kudu melakukan selfcae ya supaya bisa menjaga kewarasan.

    BalasHapus
  28. ah iya, saat pandemi peran ibu semakin bertambah
    makasih tipsnya ya mbak
    mau aku lakuin nih, biar jadi ibu tangguh

    BalasHapus
  29. Share, learn, play. Bagus aku suka sama katakatanya. Dan setuju peran ibu mau ada pandemi atau tidak tetap hebat dimataku

    BalasHapus
  30. Semua ibu bisa menjadi ibu tangguh
    Karena semua ibu adalah sosok yang paling diandalkan dalam keluarga
    Apalagi di masa pandemi gini, ibu adalah tolok ukur kebahagiaan dalam keluarga

    Semangaaaat

    BalasHapus
  31. aku tadi salfok liat fotonya pas bareng2. kirain tahun ini... ternyata 2019 ya mba. duh jadi kangen banget yaa bisa datang live event gitu

    BalasHapus
  32. Kiat2nya mesti diterapkan nih, semoga kita dan para ibu lainnya senantiasa sehat, tangguh dalam melakukan perannya.

    BalasHapus
  33. wah acara momversity ini aku juga pernah ikut satu kali dan acaranya memang keren, mbak. sayang nih sekarang ketinggalan melulu webinarnya

    BalasHapus
  34. Ibu tangguh adalah Ibu yang memahami kebutuhan dirinya sendiri yaa...
    Dengan memnuhi haknya untuk bahagia, maka lingkungannya pun otomatis menjadi penuh warna.

    BalasHapus
  35. Sebagai seorang perempuan sekaligus ibu, memang seakan dituntun untuk bisa mengatur juga menyeimbangkan segalanya dengan baik
    Besarnya peran dan tanggung jawab yang diemban jika tidak diseimbangkan dengan baik akibatnya dapat berpengaruh pada psikologis dan kesehatan

    BalasHapus
  36. Terima kasih sharingnya, Mbak.
    jadi masukan juga untuk kaum single. Pandemi ini memang lebih besar ujiannya.

    BalasHapus
  37. Kangen deh datang ke event event seperti ini ya mom.
    Btw pembahasannya menarik banget loh..

    Makasih sharingnya bisa jadi ikut belajar juga

    BalasHapus
  38. i feel you mba May, kerja ya anak di rumah belajar sampe rumah tuh rasanya kayak dikejar2 kuda kudu beresin ini itu hahaha...btw beruntung ya bisa ikutan acara ini :) keren tipsnya

    BalasHapus
  39. Self-care memang penting banget bagi siapa pun, terutama ibu. Jadi ingat ibu di rumah. Apa-apa selalu mendahulukan anaknya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.