Review Masker Untuk Anak-Anak

Setahun pandemi banyak sekali perubahan informasi terkait virus corona yang berubah dan bertambah. Salah satunya tentu saja penggunaan masker untuk mencegah diri kita agar tidak terpapar oleh virus ini.

Bila diawal kemunculan covid19 kita disarankan untuk menggunakan masker non medis karena pada saat itu masker medis sangat terbatas sekali jumlahnya dan karena itu harganya pun melambung sangat mahal. 

Namun sekarang masker medis sudah banyak di produksi oleh berbagai produsen dan tidak hanya untuk orang dewasa saja, untuk anak-anak pun sudah banyak yang menjualnya.

Kategori masker medis disini bukan untuk penggunaan oleh dokter dan suster atau petugas kesehatan yah bun, namun hanya untuk penggunaan keseharian kita namun dengan karakteristik kinerja yang sudah teruji menurut serangkaian metode uji terstandarisasi. Sehingga biasanya di kemasan-kemasan masker disposable ini tertulis non medical use.

masker anak

Sejak sebulan lalu anak saya Zaidan mulai kembali mengikuti les calistung secara tatap muka sehingga harus keluar rumah setidaknya 3 kali dalam seminggu. 

Bila selama ini ketika les bertatap muka ia menggunakan masker kain saja, namun mulai bulan maret ini saya membekalinya dengan masker medis yang digunakan sekali pakai. 

Karena masih mencari yang nyaman dan cocok digunakan oleh Zaidan saya jadi mencoba beberapa merk dan berbagai model untuk dapat di kenakan oleh Zaidan, nah berikut review saya setelah mewawancari Zaidan setelah pemakaian masker-masker tersebut.


1. Masker Headloop

Ini pertama kalinya Zaidan menggunakan masker medis model headloop, ternyata anaknya nggak suka karena kurang praktis ketika ia akan memakai atau membukanya sendiri dan terlalu menempel dengan hidungnya, padahal bahanya halus dan lembut sekali dan tidak kaku.

Masker dengan ukuran 85x140 mm ini sangat pas untuk mengcover area muka Zaidan dari dagu hingga bagian hidungnya tertutup sempurna dan untuk lebih aman lagi terdapat kawat penahan masker di bagian hidung yang dapat disesuaikan dengan ukuran hidung kita.

masker anak
masker anak pokana

Klaim pada masker ini terdapat 3 ply dengan lapisan dalam yang nyaman saat bersentuhan dengan kulit dan dapat menyalurkan udara bersih, kemudian terdapat lapisan filter khusus yang berkemampuan 97% BFE dapat menahan mikropartikel.

Yang terakhir lapisan luarnya juga menggunakan serat khusus yang dapat menyaring udara dan partikel yang berukuran lebih besar dan terdapat 4 motif lucu yang dapat menarik perhatian anak-anak, sehingga membuat mereka lebih senang menggunakan masker

Dalam setiap kemasan plastik yang dijual seharga 20 ribu ini berisi 5 pcs masker dan masker ini mudah ditemukan juga karena saya beli di supermarket dekat rumah. Oiya masker ini hanya diperuntukan untuk anak berusia diatas 4 tahun.


2. Masker Duckbill 

Karena ketika kita pakai masker ini akan berbentuk seperti paruh bebek makanya disebut dengan masker duckbill. Untuk penggunaan harian masker ini sangat nyaman karena bentuknya membuat ada jarak yang cukup antara masker dan hidung.

Masker dengan model earloop ini dalam setiap kemasan plastiknya berisikan 3 pcs masker yang mempunyai design berbeda yang menjadi favorit anak-anak. Bahan masker ini juga sangat lembut dan halus, tidak kaku saat dipakai.

masker anak
masker anak duckbill alfamart

Kelebihan masker ini seperti yang tertulisa pada kemasan adalah dibuat dengan 3ply constrution yang bebas latex dan bebas fiberglass. Ketika Zaidan pakai pun ukurannya sangat pas di bagian wajahnya, menutup sempurna dari hidung hingga dagu dan karena model duckbill ini headloop sehingga lebih praktis ketika dipakai dan dibuka.

Sesuai dengan merknya maka masker duckbill ini hanya dapat di temukan di supermarket tersebut, dijual seharga 10 ribu perbungkus. Pada cara penggunaan di infokan untuk menekan kawat tipis dibagian hidung namun saya tidak menemukan kawat tipis tersebut.


3. Masker KN95 

Ketika akan membeli masker untuk saya di market place eh ternyata tokonya juga menjual masker KN95 untuk ukuran anak-anak, masuk jugalah ke keranjang belanjaan saya karena ada masker warna biru yang menjadi warna favorit Zaidan.

masker anak 

masker anak kn95

SebenernyaModel masker KN 95 ini menjadi model favorit saya karena lebih nyaman lagi daripada duckbill dan cover area wajah pun lebih sempurna selain itu ketika tidak digunakan masker ini dapat kita lipat sehingga menutup dibagian dalam masker agar tetap bersih.

Sayangnya untuk bagian tali masker dengan model earloop ini agak kepanjangan di Zaidan jadi harus di ikat sedikit agar lebih pas di bagian wajahnya, agar lebih aman juga terdapat kawat dibagian hidung untuk menahan masker.

Bahan masker lebih tebal karena terdiri dari 4 ply dengan efek penyaringan hingga 95% PFE dan yang membuat saya suka juga adalah setiap masker di kemas dalam plastik lagi jadi lebih terjamin kebersihannya dan ketika kita bawa-bawa pun lebih praktis juga.

Ada kualitas ada harga juga yah bun, masker ini dijual dalam kemasan plastik yang berisi 6 pcs dengan harga 75 ribu, namun saat saya beli sedang diskon 52% jadi harganya hanya 35 ribuan saja bisa di beli di official shopnya di market place warna orange.


Kesimpulan 

Untuk saat ini Zaidan lebih suka pakai masker yang duckbill karena lebih nyaman saat dikenakan, tidak buat sesak dan mudah dipakai atau di lepas sendiri olehnya, namun kalau saya sendiri sebagai bundanya sih sebenernya lebih ingin Zaidan memakai masker yang KN95 karena lebih nyaman dan aman dikenakan selain itu lebih steril karena adanya individual sealed pada setiap kemasannya.

Namun karena kebutuhan Zaidan sebulan bisa pakai 12 pcs masker itu  pun kalau hanya les saja, kalau ada pergi keluar walau tidak sering kan tetap harus mempersiapkan masker untuknya. Seperti yang sudah saya infokan sebelumnya masker KN95 harganya sangat mahal dibanding yang lainnya, jadi kalau nggak diskon pun saya nggak akan beli, hihihi.

Semoga informasi ini membantu yah bun untuk bisa pilah pilih jenis masker untuk anak-anak. Oiya kalau ada info-info masker yang lebih nyaman dengan harga lebih terjangkau boleh banget loh di share di kolom komentar.






Komentar

  1. Saat lihat bentuk masker Duckbill aku aja langsung pol-in-lop. Bentuknya keliatan lega kalau dipakai. Motifnya juga lucu. Pas baca bagian kesimpulan, eh ternyata Zaidan juga lebih suka masker ini :)

    Dan lagi, maskernya mudah ditemukan di mini market terdekat. :)

    BalasHapus
  2. Sebagai orang dewasa, saya juga lebih nyaman menggunakan masker duckbill. Karena benar sekali, nggak sesak dan terlihat lebih fashionable.

    BalasHapus
  3. kalau anak saya senang pake masker type duckbill karena nempel banget dan gak ganggu ya menurutku. Kmrn awal-awal pandemi sempat kubelikan yg scuba yg ada motif superhero, namun skg gak bisa dipke krn aturan soal masker kan. Yah memilih duckbill krn ada motif jg jd disukai

    BalasHapus
  4. baru tau loh aku ada macem2 masker untuk anak2. ternyata mereka punya nama juga jenis2 maskernya. aku kalo beli masker ya beli aja nggak tau jenisnya apaan hehe

    BalasHapus
  5. Memilih masker yang tepat untuk anak itu gampang-gampang susah ya. Banyak hal yang harus diperhatikan antara lain ketebalannya, menutup mulut hingga dagu, dan yang paling penting anak harus merasa nyaman dan tidak kesulitan bernafas

    BalasHapus
  6. Kalau baca ini aku jadi teringat anakku, yang udah ga mau pake masker anak mba.. alasannya udah kekecilan. Jadilah dai memakai masker orang easa dan memang lebih pas..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ukuran wajah juga mempengaruhi yah mba, temen ku malah suka pakai masker anak karena lebih pas ukurannya dengan wajahnya daripada masker dewasa sama dia terlalu kebesaran

      Hapus
  7. Membuat anak betah menggunakan masker ini effort banget siih..
    Anakku yang pertama suka masih diturun-turunin gitu....asa khawatir jadinya kalau bepergian.

    Aku cobain yaa..kira-kira dari ketiga masker di atas, mana yang paling nyaman untuk anakku.

    BalasHapus
  8. Masker duckbill memang paling enak dan nyaman dikenakan sih ya Mba. Lega alias nggak eungap rasanya. Apalagi untuk anak anak.

    BalasHapus
  9. Jenis masker emang banyak banget ya..baik masker untuk dewasa ataupun masker untuk anak. dan kadang saya suka bingung sendiripilih masker yang mana ya hehe. dan dengan adanya review masker seperti ini sedikit banyak saya jadi terbantu deh. makasi reviewnya mba

    BalasHapus
  10. Betul ini memang paling enak masker duckbill kak. Soalnya selain nyaman dipakai, juga lebih aman dari per-embunan bagi para pengguna kacamata seperti saya.

    Fajarwalker.com

    BalasHapus
  11. Maskernya lucu-lucu.
    Auto anak-anak jadi makin semangat ya buat pake maskernya.
    Ortu pun jadi tenang melepas anak-anak belajar offline

    BalasHapus
  12. Lucu-lucu banget. Buat orang dewasa yang mukanya lebar kaya muka saya jadi ga bisa ikutan pake masker-masker yang lucu gini. Padahal kadang pengen juga pakai masker lucu-lucu gini. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mas masker lucu2 tp buat cewe sih buat cowo belum nemu

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Postingan populer dari blog ini

Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

Pengalaman Trial Class di EF

Homypool, Rental Private Swimming Pool Untuk Keluarga