Cara Mudah Ganti Tema Blogspot Sendiri

Desember 07, 2020



Gara-gara melihat blog seorang teman di grup komunitas SMID dan direkomendasikan jasa pembuatnya juga, jadinya bikin kepengen untuk ganti tema blog lagi di tahun 2020 ini.

Setelah melakukan kontak akhirnya saya merasa cocok dengan salah satu tema blog yang ditawarkan, namun ternyata tema blogspot baru nggak dapat, saya pun kehilangan tema blog yang saya beli sebelumnya.

Benar-benar merasakan pepatah "sudah jatuh tertimpa tanggal pula".  

Akhirnya selama hampir dua bulan lalu saya pakai tema bawaan dari blogspot yang sebenernya saya nggak suka banget, namun karena mau pakai tema gratisan saya lupa cara memasangnya. Jadinya ya enggak ada pilihan.

Dulu saya pernah merapikan tema, header dan lainnya di blog saya tapi selain kurang gimana gitu hasilnya ternyata makan waktu sekali, akhirnya mulailah pakai jasa orang lain dengan alasan utama karena lebih praktis.

Ternyata malah bikin kapok pakai jasa orang untuk memasang tema blog dan merapikannya, kali ini saya ingin kembali memasang tema blog sendiri saja tanpa bantuan orang lain. Ternyata mudah dan cepat jadi mungkin selama ini saya hanya malas saja melakukannya.

Nah berikut adalah catatan langkah demi langkah yang saya lakukan untuk memasang tema blogspot sendiri.

Mencari tema blog sesuai dengan keinginan

Sejauh yang saya tahu ada 3 website yang memberikan tema gratis untuk blogspot dan memberikan banyak sekali pilihan yang bisa kita pilih sesuai dengan selera kita, sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan atau bisa juga sesuai dengan isi dari blog kita sendiri, yaitu :

  1. gooyaabitemplates.com
  2. templateify.com
  3. themexpose.com

Menentukan tema blog dengan pratinjau

Setelah memilih dan mendapatkan tema blogspot yang kita mau, kita dapat melihat tampilannya terlebih dahulu (pratinjau) bila nantinya tema tersebutlah yang akan digunakan di blog kita dengan mengklik tulisan "Demo : see it live " 

Mendownload tema blog

Bila sudah yakin barulah kita download di kotak bertuliskan "download free" lalu klik download lagi dan biasanya kita akan mendapatkan file ZIP, maka kita perlu melakukan ekstrak file terlebih dahulu, setelah di ekstrak barulah kita pilih file dengan format .XML lalu save di folder yang kita inginkan, saran saya sebaiknya dibuat dalam satu folder sendiri jadi kalau nanti mau ganti tema blog lagi tidak sulit mencarinya.

Memasang tema blog

Untuk memasang tema blog di bagian ini agak susah gampang dan cara yang paling memudahkan adalah sebaiknya ditampilan menggunakan bahasa Indonesia saja. Pada dashboard blogger, bukalah menu "tema" lalu akan ada tampilan tulisan "tema saya" ada tanda panah ke bawah di klik lalu pilihlah tulisan "pulihkan" lalu klik tombol "upload" dan yang terakhir pilihlah tema blog dengan format .XML yang akan kita gunakan tadi.

Semudah itu saja dan saya malas melakukannya selama ini, malah jadi harus bayar orang untuk melakukannya, tapi memang sih dengan membayar jasa pemasangan kita bisa sekalian memakai tema berbayar yang lebih bagus lagi dan yah itu tadi praktis tinggal terima jadi.

Namun tema gratisan pun tak kalah bagusnya, apalagi kalau kita pintar mengelola designya dan yang terpenting adalah tulisan-tulisan kita harus rajin diupdate agar tidak sia-sia punya blog.

Oiya kalau baru pertama kali mengganti tema blog ini mungkin tidak semudah yang saya tuliskan dan menemukan kendala atau menemui masalah lainnya, sabar yah dan coba lakukan langkah-langkah tersebut pelan-pelan. 

Semoga bermanfaat yah teman-teman dan selamat mencoba.

You Might Also Like

3 comments

  1. gooyaabitemplates memang andalan banget, soalnya banyak banget kan pilihannya. Saya juga pakai gratisan nih. Sebelumnya sudah pernah pakai berbayar tapi malah lebih puas sama template gratisan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq malah pakai themexpose ini mba, pengen juga sih nyobain tema dari website lainnya biar jadi alternative pilihan aja

      Hapus
  2. Kalau aku bikin blog KW mba buat nerapin tema baru. Kalo udah cocok, baru diterapkan di blog yg beneran.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.