Review : Humba English Course

November 23, 2020




Menunda melanjutkan sekolah selama pandemi tahun 2020, itulah yang saya dan pak suami lakukan untuk Zaidan. Seharusnya Zaidan mulai masuk sekolah dasar tahun ini, setelah menyeleseaikan pendidikan di taman kanak-kanak selama 2 tahun.

Tidak melanjutkan sekolah bukan berarti berhenti belajar. Untuk tetap memberikan Zaidan pendidikan sekaligus juga agar ia tak melupakan pendidikan yang telah ia dapat sebelumnya. Kami pun memutuskan untuk mendaftarkan Zaidan untuk mengikuti kursus atau les yang di ikuti dari rumah.

Salah satunya yang Zaidan ikuti adalah kursus bahasa inggris di HUMBA English Course.

Pertemuan saya dengan HUMBA English Course terjadi secara tidak sengaja, ketika tengah mencari referensi tempat kursus bahasa inggris di instagram bertemulah dengan @humbaenglish tanpa berlama-lama segera saya menghubungi untuk mencari informasi kelas kursusnya.

Setelah saya berbicara via chating whats app dengan Miss Tiara yang akan menjadi guru kursus, kami pun sepakat untuk jadwal pretest sebelum Zaidan mengikuti kelas. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang berguna untuk mengetahui tingkatan kelas yang dapat di ikuti Zaidan sesuai dengan pemahaman dan umurnya.

Selain itu berdasarkan informasi dari Miss Tiara juga bila dengan sesi pretest dengan interview secara langsung ke calon anak didiknya, akan dapat memberikan gambaran untuk kesiapan anak mengikuti kelas kursus mengingat saat ini tengah pandemi juga sehingga kelas akan berjalan online menggunakan zoom.






Frekwensi & Waktu Belajar 
Untuk kelas kursus bahasa inggris yang Zaidan ikuti sebanyak 3 kali dalam satu minggu yaitu di hari selasa, kamis dan jumat. Setiap sesi berlangsung selama 75 menit yang terbagi menjadi 45 menit pertama dan setelah istirahat selama 15 menit dilanjutkan lagi kelasnya selama 30 menit. 

Hari selasa dan Kamis kelas di mulai pukul 10 pagi, sementara untuk hari jumat kelas dimulai pukul 14.30 sore.

Jumlah Murid Persesi 
Disetiap pertemuan kelas ada 4 orang murid, kebetulan kelas Zaidan terdiri dari 2 orang anak perempuan dan 2 orang anak laki-laki dengan rentang usia diantara 5.5 tahun hingga 6 tahun.

Setiap Pertemuan anak-anaknya tidak berganti, sehingga untuk memudahkan komunikasi kami dibuatkan dua buah wag, satu untuk chat biasa dan satu lagi wag khusus untuk materi kursus yang harus di print out atau dipersiapkan.

Biaya Pendaftaran & Biaya Kuota Internet Perbulan
Tidak ada biaya pendaftaran yang ada hanya biaya spp perbulan, setiap bulan saya membayar sebesar 250 ribu rupiah. 

Sementara untuk biaya internet yang saya keluarkan untuk zoom mungkin sekitar 50 ribu rupiah, karena kebetulan Zaidan zoom menggunakan hp dan saya membeli paket xl khusus yang memberikan zoom gratis selama sebulan, jadi paketnya digunakan untuk chat wa saja.

Materi & Metode Belajar
Setiap kali akan ada kelas, di h-1 Miss Tiara akan mengirimkan materi di google drive biasanya materi tersebut perlu di print out untuk alat bantu selama anak-anak mengikuti kelas.

Terkadang materi juga harus di gunting dan di lem, jadi walaupun kelas berjalan online tapi aktivitas anak-anak ketika mengikuti kursus dibuat sama dengan ketika anak-anak mengikuti kelas offline saja.

Materi belajar setiap sesi sangat padat namun dapat di ikuti oleh anak-anak dengan baik sekali, cara membawakan materi pelajaran juga sesuai dengan anak-anak seusia Zaidan, serius tapi tidak tegang santai tapi tidak banyak bercanda dan kalau menurut saya Miss Tiara sangat sabar menghadapi 4 bocah kecil ini.

Metode belajarnya menurut saya pun lengkap mulai dari listening, reading, writting, drawing and colouring selain itu ada juga game baik itu game yang dilakukan secara offline seperti permainan ular tangga hingga game online yang di share di wag untuk anak-anak mainkan.

Perlengkapan & Peralatan Yang Harus Dipersiapkan 
Laptop/hp, Alat tulis, Alat Mewarnai 
Gunting, streples, lem, kertas origami 

Kesimpulan
Bulan november ini Zaidan sudah 4 bulan mengikuti kursus bahasa inggris di Humba English Course, berdasarkan pengamatan saya ia senang mengikuti kelasnya, walau kadang pasti ada malasnya tapi tidak pernah sampai membuat ia ingin membolos tidak mau lagi mengikuti kelasnya.

Kelas yang dibawakan oleh Miss Tiara ini sangat fun, interaktif dan atraktif. Semua anak-anak dapat mengikuti kelas online ini dengan baik, kecuali karena jaringan internet yang kadang tidak stabil saja yang menghalangi proses belajar mengajar. 

Namun bila kondisi jaringan internet tidak stabil datang dari Miss Tiara pun, ia mengusahakan untuk kelas tetap berjalan yaitu dengan menggunakan wa video call.

Seperti yang telah saya informasikan sebelumnya bila kelas tidak selalu belajar serius terkadang anak-anak pun diajak bermain game yang seru yang menyenangkan sehingga anak-anak pun tidak terlalu merasa seperti tengah belajar, seperti mencari benda yang ada dirumah sesuai dengan huruf yang tengah di pelajari atau bermain board game bersama-sama.

Tidak adanya tugas atau pr untuk anak-anak setelah kelas selesai juga menjadi hal yang tidak merepotkan untuk saya sebagai orang tua yang bekerja, jadi semua tugas hanya ada saat di kelas saja, justru yang diberikan setelah kelas ada game online itupun game edukatif yang berhubungan dengan proses belajar sebelumnya.

Adanya evaluasi penilaian yang diberikan Miss Tiara memungkinkan kita sebagai orang tua mengetahui perkembangan kemampuan anak kita dan kebetulan saya tidak selalu bisa mendampingi karena harus bekerja, biasanya akan ada laporan tentang Zaidan di hari itu.

Bila tengah bekerja dan tidak dapat mendampingi, biasanya posisi saya digantikan oleh tantenya Zaidan, sekalipun tidak di dampingi saat belajar sebenarnya juga bisa, Miss Tiara sangat membantuk untuk pelajaran hanya untuk teknis yang mungkin diluar kontrolnya saja seperti jaringan internet atau seperti Zaidan hpnya lupa di charger.



Semoga review Humba English Course ini bisa membantu ayah dan bunda yah untuk mencari kelas online bahasa inggris yang harganya terjangkau namun kelas belajarnya tidak kalah dengan yang sudah punya nama.

Bila ayah dan bunda ingin tahu lebih jelas bisa cek di ignya @humbaenglish atau bisa dm atau langsung chat nomor wa yang ada di biolink-nya saja, mau tanya-tanya ke saya juga boleh kok bisa dm di instagram @mayarumi atau tinggalkan komen di kolom komentar yah.

You Might Also Like

29 comments

  1. Wah, positif sekali ya kegiatannya sebelum mendaftar ke sekolah. Belajar bahasa Inggris sejak masih dini, semoga bisa lancar berbahasa Inggris pas besar nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak biar gak lupa juga nanti ketika mulai masuk sekolah lagi

      Hapus
    2. pengalaman belajar online memang susah. Konsentrasi anak lebih diuji karena banyak pengalihan perhatian kalau di rumah. Kalau anaknya bisa betah belajar lama dan mengikuti arahan berarti bagus itu kak pembawaan materinya

      Hapus
  2. Wah boleh juga nih rekomendasi buat cari kelas online berbahasa Inggris, saya juga lagi mencari buat anak saya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cocok mba bisa ikutan dih Humba English Course juga

      Hapus
  3. Wah, menarik sekali kursusnya, Mbak Maya. Saya seneng kalau anak-anak diberi game segala ketika belajar. Kursus begini ada targetnya nggak sih, Mbak? Misalnya di akhir kursus nanti si anak bisa presentasi dalam bahasa Inggris gitu? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. target di akhir kursus sih belum ada informasi mba, namun ada evaluasi untuk orang tua mengenai hasil belajar anak walaupun tidak setiap bulan

      Hapus
  4. dulu sempet mau masukin anakku les inggris juga mbak, trus mendadak pandemi jadi batal, skrg lesnya bisa beda kota ya karena online :) keren deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba keuntungan pandemi ternyata kelas online jadi bisa diikuti dari berbagai kota

      Hapus
  5. Di Humba English Course ini kelas online yaa berarti bisa dari daerah mana saja ya muridnya, bagus nih sebagai pilihan tempat belajar di masa pandemi gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba gak mesti harus kota yang sama dengan penyelengara kursus

      Hapus
  6. Wah ini ide yang bagus banget kak, meski menunda sekolah karena pandemi, tetep cari kegiatan salah satunya bahasa Inggris. Dan sekarang bisa online, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, biar tetep belajar gak main terus anakku

      Hapus
  7. Setuju dengan pemikiran Mbak Maya. Tidak melanjutkan sekolah bukan berhenti belajar. Senang juga melihat Zaidan kayak yang semangat belajar bahasa inggrisnya

    BalasHapus
  8. Keren yah kursus sekarang bisa online bahkan pesertanya anak-anak lho! Semangat yah Zaidan belajarnya. 😊

    BalasHapus
  9. Kereeen nih sedari dini belajar bahasa inggris ya, semoga tambah pintar dek, dan sehat selalu hihi

    BalasHapus
  10. Gegara pandemi semua jadi serba online yah. Positifnya jadi gak terbatas sama ruang lagi. Untungnya si anak bisa mengikuti kelas online gini ya. Kalau balita kayak ya belum bisa untuk fokus begini 🤔

    BalasHapus
  11. wahh, makasih infonya. bisa jadi pertimbanganku nih untuk nani ketika anakku mulai sekolah. sekarang bisa les online

    BalasHapus
  12. Course begini sangat membantu bunda-bunda dan para orangtua ya Mba May. Apalagi buat aku yang englishnya nggak pinter ini, dibantu Miss Tiara memudahkan segalanya. Sebelum hari pembelajaran sudah ada materi jadi bisa siap-siap.

    BalasHapus
  13. Humba English Course membuat anak-anak ada aktivitas menyenangkan yang dinanti yaa..
    Anak-anakku suka banget Bahasa Inggris. Pas ikutan les di Humba English Course.

    BalasHapus
  14. Wah keliatan excited banget Zaidan ya ikutan Humba English Course ini. Kalau sesi kelasnya cuma 4 orang gini lumayan bisa fokus sih. Tapi emang yang ngajar harus sabar banget apalagi bahasa inggris hihi. Semangat belajarnya ya, dek.

    BalasHapus
  15. Wah sama nih dengan anakku, kursus online juga dari rumah
    Mau gak mau ya, lagi kondisi pandemi kayak gini, semua dilakukan online
    Seneng banget lihat Zaiden yang wajahnya ceria gitu ikut kursus, kelihatan dia menikmati sekali setiap pelajarannya. Semangat ya adek ganteng

    BalasHapus
  16. Zaidan pinter banget nah, kayaknya exited banget ya sayang ikutan humba english course. Selalu semangat ya nak dan sukses terus ya untuk zaidan

    BalasHapus
  17. Akh kerennya kamu nak. Makin hari makin pintar ya . Mksh infonya kak ijin meneruskan ya

    BalasHapus
  18. Betul banget Kak, meski belum masuk sekolah, belajar tetap harus dilakukan. Dan bagus ya kursus ini muridnya dibatasi jadi lebih fokus. Makasiih infonya kak. :)

    BalasHapus
  19. Pesertanya hanya 4 orang seperti ini pasti anak2 juga bisa lebih fokus ya mba untuk belajarnya, buruan mau cek juga ttg Humba English Course ini:)

    BalasHapus
  20. Mas Zaidan antusias banget yah belajar Bahasa Inggris, nanti ajarin aunty yah sayang. Mama pinter banget sih pilih kegiatan positif di rumah aja. Makasih sharing nya Mbak

    BalasHapus
  21. wah ada kursus online bahasa inggris ya, Zaidan juga keliatan happy ya mba belajarnya, pasti cara ngajarnya juga bikin anak nyaman

    BalasHapus
  22. Humba English Course, bagi aku solutif banget nih kak. Apalagi, tiap sesinya dikemas dengan asik dan enggak bikin boring. Kelihatan banget nih Zaidan happy pas lagi belajar. Nice info mbaaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.