Produk Kecantikan Yang Aman Untuk Ibu Hamil



Untuk para perempuan yang saat ini tengah menikmati kehamilan, bisa dipastikan sudah mengetahui bila selama masa kehamilan kita tidak boleh sembarangan menggunakan produk-produk kecantikan entah itu skincare ataupun make up terutama yang digunakan pada kulit wajah.

Kenapa ???

"pembuluh darah diwajah lumayan banyak sekali sehingga saat ada yang terpapar dikulit wajah masuk ke pembuluh maka bisa berpengaruh kepada janin"

Untuk itu penting bagi ibu hamil mengetahui kandungan pada produk make up dan skincare yang kita gunakan selama kehamilan agar menjaga dari cacat janin hingga kematian.

Berikut 7 bahan kosmetik yang harus di hindari selama masa kehamilan* :
1. Benzoil Peroksida
Bahan ini mungkin dapat menjadi penghilang jerawat yang kuat dan manjur tetapi akan terlalu kuat untuk bayi

2. Wewangian
Biasanya terdiri dari bahan kimia berbahaya seperti paraben, aldehida dan banyak lagi yang terkait dengan masalah kanker dan sistem saraf.

3. Hydroquinon
Biasanya terkandung di dalam cream penghilang bercak hitam pada wajah. Namun 45% dari obat ini dapat di serap ke dalam kulit, sehingga berbahaya untuk janin

4. Formaldehida
Bahan berbahaya ini terkandung dalam obat rambut dan cat kuku yang bisa menyebabkan kanker dan masalah sistem saraf yang berbahaya untuk janin

5. Paraben
Paraben terkandung dalam foundation, styling gel dan yang lainnya. Bahan ini banyak dikaitkan dengan penyebab kanker payudara serta mempengaruhi sistem reproduksi.

6. Retinoid
Bahan anti jerawat dan obat anti penuaan (anti aging). Ada hubungan yang terbukti antara penggunaan retinoid dan peningkatan resiko cacat lahir untuk bayi yang sedang berkembang.

7. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
Bahan kimia sls bertindak sebagai bahan penghasil busa dibanyak sabun dan pencuci. Tubuh kita tidak mampu memecah bahan kimia ini dan dengan paparan yang lama dapat menyebabkan masalah dengan sistem saraf dan fungsi ginjal dan hati.

Untuk itu selama masa kehamilan ini saya memang mengurangi penggunaan make up dan hanya berdandan untuk pergi ke kantor dan itupun tanpa touch up lagi, jadi dandan sekali aja pas berangkat sehingga di sore hari make upnya sudah menipis atau hilang tak berbekas seperti lip cream yang saya gunakan.

Nah untuk skincare saya justru banyak mengganti skincare dengan yang lebih aman dan nyaman digunakan selama kehamilan. Berikut adalah produk-produk skincare yang saya gunakan selama masa kehamilan :

1. Sensatia Botanical
Produk buatan lokal yang berasal dari Bali ini saya dapatkan dari seorang teman kantor sebagai hadiah kehamilan. Berupa travel set yang terdiri dari sabun cair, shampo, kondisioner dan hand body. Sayangnya saya kurang suka untuk aroma dari produk ini, tapi masih saya gunakan hingga habis kecuali hand body karena benar-benar tidak bisa di toleransi oleh hidung saya.



Produk Sensatia Botanical saat ini hanya dijual di Bali dan Jakarta dengan beberapa toko offline-nya sementara untuk pembelian online bisa didapatkan di e-commerce, lebih lengkapnya bisa cek  ke websitenya : www.sensatia.com/id atau akun instagramnya : @sensatiabotanicals

Banyak sekali varian produknya, tinggal kita pilih sesuai dengan yang kita inginkan, saya sih masih ingin mencoba aroma lainnya, karena sebenarnya selain memang saya sangat suka dengan produk lokal, produknya pun memang cocok dengan kulit saya.

2. Bioderma Sensibio H20
Seperti yang telah saya ceritakan diawal prediksinya dokter dan banyak orang saya mengandung anak perempuan (insting saya juga anak saya perempuan) jadi selama kehamilan saya tetap senang berdandan dan saya mencoba produk ini sebagai micellar water untuk membersihkan wajah dari make up dan cocok jadi lanjutkan penggunaanya.



Produk ini banyak di rekomendasikan oleh beauty anthusiast karena memang bagus sih, walau harganya lumayan mahal tapi sebanding dengan hasilnya dan produk ini pun aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui juga. 

Mudah di dapatkan di hampir semua toko online ataupun offline, tapi hati-hati karena banyak yang menjual produk tidak originalnya, jadi lebih baik membeli di drugstore yang terpercaya atau bila membeli secara online bisa ke toko officialnya.

3. Mama Choice
Produk yang terdiri dari pasta gigi dan mouthwash ini baru saja lauching bulan Juli lalu, saya pun penasaran untuk segera mencoba karena klaimnya kedua produk ini khusus untuk ibu hamil dan menyusui tidak mengandung fluroide tapi tetap memberikan efek segar pada mulut setelah pemakaian karena ada mengandung aroma mint.




Sebenarnya pada trimester ke tiga saya sudah tidak lagi mempunyai keluhan mual karena penggunaan pasta gigi, jadi tidak terlalu dapat merasakan efeknya yang dapat mengurangi rasa mual ketika pemakaian tapi dari penggunaan adik saya yang tengah hamil 2 bulan hal tersebut dibenarkan.

Sebagai perkenalan produk ini dijual dengan paket bundling setengah harga, bisa cek official storenya di Tokopedia.

4. Attitude Living 
Produk ini baru saja masuk ke pasar Indonesia, untuk itu di akun istagramnya @attitude_livingid memberikan kesempatan kepada 50 orang untuk mencoba dan memberikan review berbagai macam produknya dan saya menjadi salah satu orang yang beruntung untuk mencoba facial foam cleansernya.



Tidak menduga ternyata untuk #tryandreview Attitude Living memberikan produk dengan ukuran real size dan hasilnya pun di luar dugaan saya, karena dapat menghapus make up di wajah dengan bersih seperti eyeshadow, eyeliner dan lip cream dan untuk mascara walau hanya membersihkan sekitar 80-90 % menurut saya itu luar biasa karena tanpa ada pembersihan dengan micellar water terlebih dahulu.

Untuk makeup selama hampir sembilan bulan ini saya hanya menggunakan sedikit sekali produk, listnya seperti yang dibawah ini : 

1. Bedak tabur Mustika Ratu
2. lip balm Nuxe
3. lip cream Wardah Instaperfect
4. blush on Wardah Instaperfect
5. Eyeliner Wardah Instaperfect
6. Eyeshadow Make Over
7. Alis hitam Fanbo Cosmetic

Bahkan untuk datang ke event atau acara kondangan, saya pun hanya menggunakan rangkaian kosmetik tersebut diatas, malah kalau lagi malas saya hanya pakai blush on dan lipstick aja agar muka tidak pucat ataupun kucel dan tetap pede jalan keluar rumah juga.

Semoga bermanfaat yah untuk sharingnya ini dan lebih baik sih berjaga-jaga untuk kebaikan ibu dan calon anak kita jadi lebih baik hentikan pemakaian make up dan skincare bila tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui dan sebagai pengingat saja selalu konsultasikan atau cek komposisi sebelum pembelian produk make up dan skincare.







loph,
Maya Rumi

19 komentar:

  1. Aku pensaran sama yang mama choice tuh, waktu hamil dulu belom ada produknya. Wah itu foto maternitynya dimana mbak? bagus banget make upnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak aq krn penasaran makanya beli, kehamilan pertama blm ada. Mbak turis aq tersanjung nih krn makeup sendiri itu, hihihi

      Hapus
  2. Wah kalau hamil memang ada beberapa macam kosmetik yang harus dihindari ya

    BalasHapus
  3. Banyak banget nih ya Mbak produk kosmetik yang nggak boleh dipakai saat hamil

    BalasHapus
  4. Wah ini bagus banget nih Mbak sepertinya produknya, Attitude Living

    BalasHapus
  5. Khusus buat bumil ya, insya allah jadi ga was - was lagi kalau mau pakai produk2 ini yah.

    BalasHapus
  6. Semoga sehat2 ya mba May, dulu juga aku anak laki tapi aku doyan dandan yang justru ga mau adalah mandi wkwkwk pas hamil anak perempuan banyak banget jerawatnya pas anak laki ga :p

    btw kosemtikna lengkap aku salfok sama mama choice tuh mba baru tahu hahaha

    BalasHapus
  7. Banyak yang milih untuk tak gunakan kosmetik saat hamil. MUngkin karna dampaknya ya mba. Makasih referensinya mba

    BalasHapus
  8. Masyaaallah, sekarang makin banyak produk skincare buat bumil yang aman dan tentunya bikin bumil makin kinclong

    BalasHapus
  9. Keren nie mbak karena emang penting banget pas hamil kita bisa pilah pilih mana produk yang baik buat ibu hamil

    BalasHapus
  10. Kalau lagi hamil penggunaan skincare menjadi perhatian utama karena gak bisa sembarangan ya mbak. Dulu aku begitu hamil langsung ganti semua yang aku pakai dengan produk yang aman untuk ibu hamil.

    BalasHapus
  11. ini saya baru ngeh soal bahan-bahan seperti paraben dkk malah setelah lahiran hihihi, penting juga memahami bahan-bahan skincare ya. Apalagi kulit wajah saya sendiri kalau SLS terlalu banyak bikin kulit kering merintis gitu

    Tfs mbak

    BalasHapus
  12. Susah nih menghindari kandungan Paraben dalam produk kecantikan . Sebagian besar mengandung Paraben. makasih Infonya untuk produk-produk di atas yaa..

    BalasHapus
  13. Aku baru tau produk attitude living ini mba, kalo sensatia bitanicals aku pakai nih karena kulitku sensitif dan mau ngadoin temen nih produk dari mama's choice hehe

    BalasHapus
  14. Sensatia Botanicals ini andalan ibu hamil banget memang. Bikin wajh bumil terawat dan aman! Produk lokal juga!

    BalasHapus
  15. Karena aku belum jadi mama jadi aku belum bisa nyobain produk ini ya nanti deh bakal direkomendasikan sama adik-adikku

    BalasHapus
  16. Ternyata banyak juga ya kosmetik buat bumil
    pilih yang benar-benar cocok buat kitanya ya mba
    catet banget buat aku yang menantikan momongan

    BalasHapus
  17. Sensatia juga aman ya mba untuk ibu hamil, dulu pas saya hamil karena nggak banyak tau tentang skincare aman buat bumil jadi nggak pake apa2

    BalasHapus
  18. Kalau aman buat Ibu Hamil jadi seru ini, tetap cantik ya saat hamil. Aku dulu terpaksa stop kosmetik deh karena khawatir menganggu kesehatan janin/\.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.