Serunya Dufan & Sijum Merayakan HUT Bersama 1000 Anak Yatim

September 10, 2018

hut dufan dan sijum

Masih pagi sekali di hari kamis, tanggal 29 Agustus 2018 ketika saya sudah menumpang kendaraan online bergegas untuk menuju Ancol di Jakarta Utara.

Hari itu saya bersama dengan 5 teman blogger lain berkesempatan menjadi volunteer untuk BloggerCrony Community (BCC) menjadi bagian dari acara #Bloggercare yang di dukung oleh Hotel Aston Ancol yang telah mengundang sekitar 25 anak yatim dan dhuafa yang tinggal tak jauh dari area hotel.


hotel aston ancol
Bersama dengan adik-adik ini, saya, teman-teman blogger dan tim dari Hotel Aston Ancol kemudian bergabung bersama dengan 1000 anak yatim dan dhuafa lainnya. 

Anak yatim dan dhuafa usia sekolah tk dan sd ini di datangkan dari beberapa tempat, ada yang datang dari lima wilayah di Jakarta, ada juga yang datang dari wilayah Bogor, Depok, Tanggerang maupun Bekasi (jabodetabek).

Awalnya saya pikir kami hanya akan menjaga dan menemani adik-adik yatim dan dhuafa untuk bermain bersama menikmati berbagai wahana yang ada, namun ternyata acara ini adalah sekaligus untuk merayakan ulang tahun Dunia Fantasi (Dufan) yang ke 33 tahun dan Sijum (Berbagi Nasi hari Jumat) yang ke 2 tahun.

Teman-teman sudah pada tahu yah Dufan ?

Dufan adalah tempat hiburan yang berisi wahana bermain untuk anak ataupun dewasa. Wuah saya sendiri waktu masih sd, setiap tahun setelah hari raya lebaran pasti kesini bersama keluarga, setelah dewasa sih mulai jarang, seingat saya terakhir kali kesini 2014 bersama dengan teman-teman kantor.


hut dufan dan sijum


hut dufan dan sijum


Nah untuk Sijum atau Berbagi Nasi Hari Jumat saya baru tahu nih, yang adalah sebuah gerakan berjamaah se-nusantara untuk berbagi makanan di hari jumat, terutama kepada jamaah shalat jumat. Gerakan Sijum pertama kali di gagas oleh Andre Raditya dan saat ini telah ada hampir diseluruh kota yang ada di Indonesia.

hut dufan dan sijum


Jadi sebelum bisa bermain di wahana Dufan, kami semua berkumpul dahulu pada acara ceremonial menyambut ulang tahun Dufan & Sijum yang diberi nama Teriyaki II. Acaranya sendiri berlangsung kurang lebih selama hampir 3 jam.

hut dufan dan sijum


Selama waktu tersebut tidak terasa sama sekali, karena acara dikemas dengan interaktif, menarik sekaligus menghibur dan tentunya bertebar hadiah untuk adik-adik yatim dan dhuafa ini.

hut dufan dan sijum


hut dufan dan sijum

Acara dibuka dengan gambusan dari team hadroh dilanjutkan dengan lantunan ayat suci yang dibawakan oleh 2 orang perwakilan dari adik yatim dan dhuafa, lalu ada hafalan yang dibacakan oleh hafiz quran. Untuk hiburan dibuka oleh kak Cinderdhita dengan boneka tangannya yang bernama yoyo yang kemudian dilanjutkan oleh kak Dik Doang.

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

Yang paling berkesan bagi saya pribadi adalah hadirnya Dik Doang, pada kesempatan tersebut, ia tak hanya mengajak anak-anak bermain tapi juga mengajak mereka untuk belajar jujur dalam mengenal diri sendiri yaitu dengan pelajaran menggambar sebuah pohon selama 30 detik. Dari hasil gambar anak-anak tersebut, Dik Doang memberikan penjabaran sebagai berikut :


  1. Anak yang menggambar pohon kecil dipinggir kertas, sementara masih ada ruang ruang yang lebih besar menggambarkan anak tersebut kurang bergaul dan senang bermain sendiri
  2. Anak yang menggambar pohon tidak ada akarnya, menunjukkan anak tersebut belum memiliki banyak kebisaan.
  3. Anak yang menggambar pohon tapi tidak ada buahnya, menunjukkan anak tersebut belum bisa memberi manfaat bagi sekitarnya.


Dari kegiatan tersebut sekaligus memberi ilmu sederhana, berupa cara yang dapat menjadi indikator awal untuk mengingatkan orang tua agar kemudian dapat mengajari anak agar mampu menjadi seseorang yang bermanfaat ketika kelak menjadi orang dewasa.


hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

Sebagai penutup acara, dilakukan pemotongan kue ulang tahun dan tumpeng, yang di wakili oleh Bp Eddy Prasetio dari Dufan Management dan Ibu Leli dari Sijum dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ust. Dudin Barudin dan terakhir panitia melakukan pembagian kue, makan siang dan sovenir.

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

Dengan berakhirnya acara ceremonial, barulah kami diperbolehkan untuk menikmati wahana-wahana seru yang sudah tak sabar ingin dicoba sampai puas.

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

hut dufan dan sijum

Terima kasih untuk BloggerCrony Community dan Hotel Aston Ancol yang telah mengikutsertakan saya pada acara ini, senang sekali bisa turut hadir dan mendukung acara.

Untuk Dufan dan Sijum, selamat merayakan hari Ulang Tahun, semoga dengan acara ini akan dilimpahkan berkah sehingga dapat terus ada setiap tahunnya. Aamin.

bcc squad




loph,
Maya Rumi 

You Might Also Like

28 comments

  1. Wah asyik anget, bisa seseruan dengan para anak yatim. Mereka pasti bahagia banget jika ada momen seperti ini.Semoga selalu ada tempat wisata lain yang juga berbagi kebahagiaan saat hari ulang tahun dengan para anak yatim.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Aq pun juga, ini br kedutan LG setelah 4 Tahun gak kesana

      Hapus
  3. liat artikel ini jadi kangen dufan :)

    BalasHapus
  4. Asiknya ikutan berbagi nasi hari jumat dengan jalan jalan ke dufan bersama anak yatim . pengalaman yang menyenangkan dan istimewa , jadi teman dan pendamping adik adik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mpo, pengalaman yang gak terlupakan

      Hapus
  5. Seru ya, bisa membahagiakan anak yatim. Bisa kebayang betapa bahagianya mereka saat bisa asik bermain di Ancol

    Berkunjung juga di blog saya ya mba www.anisamamazam.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mbak bahagia lahir batin... Pasti main2 ke blog mama Azam

      Hapus
  6. Ya ampunnnnn, udah lama banget ga main ke sini.
    Kangen euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dufan emang selalu ngangenin mbak rere,,, yuk yuk main2 lagi ke dufan

      Hapus
  7. Aku dan kakakku insyaAlloh mau konsisten sijum mba meski dikit2 dan baru di Bekasi pengen banget bisa sijum di tempatku cuman belum nemu yg nti bisa koordinir sijumnya..

    mantap yah mba Dufan jd kangen Dufan ini

    BalasHapus
  8. Saya aja yang udah punya anak seru kalau ke Dufan apalagi anak anak ini ya

    BalasHapus
  9. Ahhh jadi kangen dufan nih. Asyik ya beb bisa ngumpul sama anak2 yatim dan membahagiakan mereka

    BalasHapus
  10. Ngeliat wajah bocah2 itu rasanya aku pengen nangis, mereka bahagia bngt ya.. 😭😭😭😭

    BalasHapus
  11. seneng banget liat wajah adik adik ini bahagia ya

    BalasHapus
  12. keren ya CSR-nya Dufan.. semoga makin berkah semuanya...

    BalasHapus
  13. Bahagia deh lihat senyum mereka.
    Ya amppuuunnnn udah lama banget gak ke dufan.

    BalasHapus
  14. Keren acaranya! Semoga kita semua bisa selalu berbagi kebahagiaan yaah

    BalasHapus
  15. mba maya ga jatuh masang ffoto gue di blognya?? hati2 loh banyak haters yg dateng ahhaha...

    BalasHapus
  16. Baca ini jadi inget aku udah lama ga ke dufan jadi pengen main-main kesana lagi deh

    BalasHapus
  17. Sudah lama banget gak main ke Dufan, banyak permainan seru ya sekarang ini disana. Jadi pengen mengagendakan untuk main kesana deh

    BalasHapus
  18. Di Dufan permainannya seru-seru ya mbak, melihat wajah-wajah bagaia mereka rasanya terharu.

    BalasHapus
  19. Merayakan ulang tahun penuh makna ya. Anak-anak pasti senang deh kalau acara ini rutin diadakan terus.

    BalasHapus
  20. Kangen ke Dufan lagi (padahal baru tahun kemaren ngajak Diana maen ke sana). Acaranya juga keren, ada seribu anak yatim. (y)

    BalasHapus
  21. Seneng sekali ya acaranya. Rame dan asyik bisa ke Dufan. Aku jadi pengen ke Dufan lagi. Terakhir kali 2011 hiks sdh lama sekali.

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik