Sampai Ketemu lagi Rabbit Hole

Juni 12, 2018


Rabbit Hole, Kisah Pedagang & Tabib

Bulan Juni 2018 ini adalah bulan terakhir buku-buku Rabbit Hole bisa kita beli, dari informasi akun Instagram dan whats app saya mengetahui tepatnya tanggal 31 bulan ini-lah Rabbit Hole resmi akan tutup sementara.

Pertama kali saya tahu pengumuman tersebut di awal bulan februari 2018, Saya pikir hal tersebut mungkin hanya akan terjadi beberapa waktu saja, namun setelahnya secara berkala tim Rabbit Hole memberikan informasi yang buat saya pribadi sangat mengejutkan karena mereka akan tutup sementara dan sementara waktu tersebut sepertinya akan lama sekali karena mereka memutuskan untuk berhenti memproduksi buku-buku, lalu menjual semua buku yang tersisa termasuk yang reject dan yang bulan mei lalu saya temukan update terbaru di postingan Instagram-nya adalah mereka juga menjual mesin pencetak buku-bukunya.


Rabbit Hole

Para penikmat buku Rabbit Hole seperti saya dan lainnya banyak yang menanyakan, meminta penjelasan alasan mereka hingga akhirnya memutuskan untuk tak lagi membuat buku-buku anak baru atau tak lagi memproduksi buku-buku yang ada, dan hingga postingan ini terbit pun,  Rabbit Hole masih merahasiakan alasannya, hanya memberikan sedikit sekali informasi berupa permintaan maaf saja.


Rabbit Hole

Saya mengenal  buku-buku Rabbit Hole ketika Zaidan berusia setahun, saat itu saya ikutan pre order membeli paket buku lengkap melalui WA chat. Terkesan dengan buku-bukunya saya pun ikutan lagi pre order buku yang lainnya yang juga menarik perhatian saya. Bukunya sangat bervariasi jenisnya, ada buku pop up, buku dengan wayang, buku dengan sensory play... im in love with their books.


Rabbit Hole

Rabbit Hole

Rabbit Hole

Rabbit Hole

Setelah itu Rabbit Hole mengalami perkembangan yang pesat, bukunya banyak di cari para orang tua, selain bukunya bagus, pemilik Rabbit Hole pun benar-benar memberikan kemudahan untuk para orang tua yang ingin memiliki buku Rabbit Hole namun memiliki keterbatasan dana.

Mereka menjual buku dengan cara mengadakan arisan mingguan dan bulanan, selain itu mereka juga menjual buku-buku reject dengan harga sangat murah, saya belum pernah membeli buku reject namun dari informasi yang diberikan saya percaya bilamana buku reject yang mereka jual pun masih sangat layak dijadikan buku bacaan untuk anak-anak,  hingga terakhir saya pesan buku Rabbit Hole tahun 2018 ini pemesan buku baru itu sudah harus melalui website atau di salah satu market place official Rabbit Hole sementara WA Chat hanya untuk informasi buku-bukuk baru saja.

Saya seneng sekali bisa mengenalkan Zaidan dengan buku dari Rabbit Hole, buku pertama yang saya beli dan zaidan miliki adalah buku-buku Rabbit Hole dan karena pemilik dari Rabbit Hole begitu sangat baik hati sering mempromosikan buku lokal lainnya saya pun jadi membeli beberapa buku yang di rekomendasikan oleh mereka.


Rabbit Hole

Hal lain yang mereka lakukan yang membuat saya terkesan adalah program reseller buku-buku Rabbit Hole dimana mereka memperbolehkan setiap reseller menjual buku di bawah harga yang mereka jual, mereka tidak takut sama sekali bila mereka akan kehilangan customer karena ada pihak lain yang menjual harga buku di bawah harga pasaran dan terbukti sampai sekarang pun saya tidak membeli dari reseller tetap membeli dari official Rabbit Hole.

Program kedua yang mereka buat adalah #20untuk1 yaitu dari 20 penjualan buku Rabbit Hole ada 1 buku yang akan disumbangkan gratis ke perpustakaan, jadi buat anak-anak yang tidak dapat memiliki buku ini masih ada kemungkinan untuk dapat membaca buku mereka di perpustakaan.


Rabbit Hole

Rabbit Hole

Rabbit Hole

Sampai saya menulis ini, saya masih tidak percaya bila buku-buku Rabbit Hole akan berhenti di produksi dan  hanya 3.5 tahun saja bisa menemani para orang tua yang ingin memberikan pengalaman membaca buku terbaik bagi anak-anak. Saya masih berharap di bulan ini pun masih terjadi penundaan karena di informasi pertama yang diberikan oleh Rabbit Hole mereka akan tutup di bulan April lalu berubah menjadi tanggal 30 Juni 2018.

Apakah bulan ini Rabbit Hole benar-benar akan tutup ?

Bila benar akan tutup saya dan banyak orang tua akan sedih sekali dengan kondisi tersebut, hanya bisa berharap mbak devi, mas guntur dan mbak anggi tidak berlama-lama meniadakan kehadiran Rabbit Hole dan semoga diwaktu tersebut mereka hanya mencari inspirasi-inspirasi terbaru untuk buku-buku yang mereka terbitkan kembali.

Terima kasih untuk buku-buku terbaik yang telah diberikan kepada saya dan para orang tua.


Rabbit Hole




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

50 comments

  1. yah aku baru tau malah, atau mungkin pernah baca tapi gak sadar, seru nih orangtua yang punya koleksi rabbit hole bisa saling tukar baca, modus pengen pinjem bukunya. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... Mbak wawa bisa aja nih modusnya... Skrg lagi sale sebelum penutupan mbak, mending beli drpd pinjem... 😊

      Hapus
  2. wah keren bukunya... sangat bagus untuk literasi anak-anak

    BalasHapus
  3. Duh sayang banget ya mbak. Membayangkan buku buku keren (lihat gambarnya aja) ngga lagi diproduksi.

    BalasHapus
  4. Waaah jadi beneran mereka nggak akan produksi buku lagi? Sedih banget padahal bukunya bagus-bagus. Aku sendiri cuma punya satu aja sih, itupun udah jelek dan rusak karena dimainin sama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. info terakhir sih gitu mbak tya, hayo mbak beli lagi bukunya biar gak kehabisan

      Hapus
  5. Wah bukunya colorful dan bs mengasah sensor motorik anak ya 😊

    BalasHapus
  6. Ya ampun sayang banget kalau di tutup itu bukunya bagus dan bermanfaat banget. Gemesin banget buat si Kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq juga sangat menyayangkan sekali mbak

      Hapus
  7. Wahhh bukunya bagus ya,,kalau kaya gini sih anak2 jadi gemar baca.

    BalasHapus
  8. Sayang sekali buku bagus dan sarana belajar anak ini htus terhenti produksinya. Aku pikir buku ini menceritakan tentang kelinci karena namanya Rabbit Hole, ternyata sarana belajar usia balita ya.

    BalasHapus
  9. Jamannya anakku kecil belom ada Rabbit Hole, pastinya buku ini idaman Mamak2 yang sayang anak, trus sayang banget kalo ga peoduksi lagi yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku ini baru ada 3 tahun belakangan dan memang jadi buku idaman orang tua sekarang dan sayangnya sudah mau berenti produksi

      Hapus
  10. Yah, di toko buku apa masih ada mbak Rabit Hole? Rekomen nih buat kasih kado ke ultahnya anak temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. rh tidak di jual di toko buku mbak di jual online di ig dan shopee, dia juga jual paket buku untuk ultah

      Hapus
  11. Wah belum pernah baca. Sayang banget ya gue.

    Salam hangat
    http://www.kompasiana.com/rakyatjelata

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku anak-anak mas.. wajar kalo blm pernah baca ;)

      Hapus
  12. Gambarnya lucu ya. Tadi kupikir Rabbit Hole itu judul filmnya si Nicole Kidman. Aku juga suka ngumpulin buku bergambar meski sudah dewasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, aq malah gak tau ada film nicole kidman dg judul tersebut, mungkin rh bisa tambah koleksi buku bergambarnya

      Hapus
  13. Pernah denger ttg rabbit hole..
    Sayang banget ternyata mereka harus tutup.. :(

    BalasHapus
  14. Sediiih mau tutup. Padahal kayaknya menarik buku-bukunya ya :(

    BalasHapus
  15. duhh padahal lucu2 banget kan bukunyaaa...

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah beli buku-bukunya, tapi lihat dari gambar-gambar, kayaknya bagus banget untuk pengenalan buku ke anak-anak. Aku jadi penasaran kenapa mereka malah stop produksi di saat demand lagi tinggi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia yang gak terjawab mbak, ownernya gak memberikan info alasan penutupan atau stop operasional karena apa, sayang sekali

      Hapus
  17. So sad bacanya mba :( aku tau rabbit hole dan memang niat membeli buku untuk anak ku.. tapi anak ku masih bayi bukunya masih soft book .. semoga masih ada sisa nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak asti, RH juga ngeluarin buku untuk paket bayi bisa cek ig-nya

      Hapus
  18. Bukunya bagus banget ini, anak-anak pasti seneng banget kalau bacaannya begini. Tapi sayang banget ya sudah mau tutup

    BalasHapus
  19. Wah sy kudet, baru tau ada buku Rabit Hole

    BalasHapus
  20. yaaah sediiiih rabbit hole harus berhenti.... semoga di lain waktu bisa beroperasi lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga gak lama-lama stop operasionalnya

      Hapus
  21. Haa kaget bacanya, mba. Kok bisa ya? Padahal promonya bagus banget. Saya masih nabung sih belinya mengingat Mukhlas masih belum tertarik sama buku. Nggak nyangka malah udah berhenti produksi. Semoga cuma ganti branding atau gimna, huhu.

    BalasHapus
  22. Belom pernah beli bukunya, tapi 5 tahun lalu Diana sempet dikasih gratis download applikasi ceritanya Bella dan balonnya itu di playstore dan diundang ke salah satu acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya aq baru ingat ada juga memang di playstore beberapa ceritanya

      Hapus
  23. sedih banget pas baca soal rabbit hole ini! denger-denger baca di forum katanya mereka ada masalah produksi sampe harus restart ulang semuanya. mudah-mudahan mereka bakal balik lagi deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq baru tahu nih malah kalau ada masalah produksi sehingga harus restart ulang semuanya,,, tdk ada info resmi sama sekali di web maupun ignya RH

      Hapus
  24. Yah buku-bukunya menarik loh mbak, sayang banget baru tahunya pas udah tutup nih :(

    BalasHapus
  25. Sudah lama bangeett saya pengen beli buku-buku Rabbit Hole mbak, tapi karna belum kunjung diberi amanah anak, maka selalu menundanya. Pas ada info RH akan tutup sampai waktu yg tidak ditentukan, duhh langsung lah saya beli beberapa bukunya, pdhl sampai sy beli pun belum ada anak :)
    Semoga bukunya tetap bermanfaat, utk anak sy sendiri atau...bisa jg sy jadikan sbg kado :)

    BalasHapus
  26. Wah bukunya keren banget mbak

    BalasHapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik