Maya Rumi

"todays little moments become tommorows precious memories"

3 Minyak Yang Wajib di Punya Ibu Hamil




Kehamilan dan permasalahnnya selalu ada saja, namun tenang saja setiap masalah selalu ada jalan keluarnya apalagi bila kita menikmati kehamilan dan tidak menjadikannya pusing atau stress, di jamin kehamilan pun akan berjalan dengan lebih mudah dan lancar-lancar saja.

Posting kali ini Bunda Zaidan mau sharing untuk beberapa jenis minyak yang dipakai selama masa kehamilan untuk mengurangi beberapa masalah yang terjadi selama kehamilan anak kedua ini.

Ternyata setelah di sadari banyak juga yah minyak-minyak yang digunakan selama hamil ini dan punya beda-beda manfaat ataupun kegunaan. Terutama sih memang untuk menjaga kesehatan selama kehamilan.


1. Bio Oil (Skincare Oil)



Sudah lama saya mengetahui produk ini, karena saya pernah datang sebagai undangan ke acaranya yang di adakan disebuah hotel di daerah Jakarta Pusat sekitar tahun 2015.

Namun saya baru menggunakan Bio Oil pada kehamilan kedua ini. Lebih tepatnya mulai saya gunakan saat kandungan berusia enam bulan (trimeser kedua), bukan untuk menghilangkan strechmark yang sudah ada dari kehamilan pertama karena walau klaimnya spesialis perawatan luka dan peregangan kulit (dapat menghilangkan strechmark) namun di kulit perut saya tidak berfungsi seperti itu.

Manfaat yang saya rasakan justru sangat mengurangi rasa gatal karena strechmark yang telah ada sehingga dapat mengurangi timbulnya strechmark baru atau peregangan pada kulit perut seiring dengan makin membesarnya janin dalam kandungan.

Sesuai saran penggunaan pada kemasan. Bio Oil yang dibuat di Afrika Selatan ini, saya gunakan secukupnya di oles-oles keperut setiap hari sebanyak 2 atau 3 kali yaitu setelah mandi di pagi hari dan mandi sore hari.

Yang lebih enak lagi sih pakai sebelum tidur dimalam hari dan yang olesin ke perut tuh pak suami, nyaman banget loh rasanya di saya mah terus sekalian pak suami juga bisa ajak dede bayi komunikasi juga.

Oiya ada fungsi lain yang saya temukan dari penggunaan Bio Oil ini yaitu dapat menyamarkan warna kulit yang tidak sama di wajah.

Hal ini sebenarnya terjadi pada anak saya, karena sering bermain di bawah panas matahari sehingga kulit wajahnya ada yang berwarna putih seperti panu namun tidak gatal, istilahnya yang saya tahu kemudian disebut dengan pityriasis alba (trata'an atau buras) dan masalah kulit wajah tersebut bisa teratasi dengan mengoleskan bio oil secara teratur.

Bio Oil mudah di dapatkan baik secara online ataupun offline, untuk pembelian online saya sarankan sebaiknya membeli di official store agar tidak tertipu membeli produk dengan harga murah tapi tidak original.

Bila ingin mencoba dahulu bisa membeli dengan ukuran yang paling kecil dan harganya pun menurut saya masih terjangkau.

Info lengkapnya bisa cek ke akun instagramnya : @biooilindonesia

2. It Works Virgin Coconut Oil (VCO)


Virgin Coconut Oil (VCO) It Works!

Virgin Coconut Oil atau biasa di singkat dengan VCO yang berarti minyak kelapa murni yang terbuat dari daging kelapa segar. VCO memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama saat masa kehamilan hingga menyusui, diantaranya adalah yang saya alami yaitu :

  1. Meringankan mual dipagi hari
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Meredakan nyeri saat menyusui
Sebenarnya kita pun bisa membuat VCO sendiri, karena pada kehamilan pertama nyokap sempat membuatkan VCO untuk saya juga.

Namun untuk kehamilan kedua ini kebetulan dari seorang teman merekomendasikan VCO dengan merk : It Works. saya pun penasaran, terutama dengan rasanya dan karena lebih praktis tinggal pesan saja deh di e-commerce tanpa harus repot-repot membuat.

Tidak salah rekomendasi teman saya untuk VCO It Works ini, ternyata memang seperti minyak kelapa yang kita buat sendiri.

VCO It Works ini ketika hamil saya gunakan dengan cara di minum yah, awalnya saya juga merasa aneh dan ragu harus meminum langsung VCO tapi setelah kemasan di buka wangi harum kelapa langsung menyeruak dan setelah saya minum pun tidak ada rasa apapun alias plain saja.

Saya minum sehari 1 atau 2 kali yaitu di pagi dan malam hari, sebanyak 1 sendok makan saja, bila teman-teman masih belum terbiasa meminumnya bisa minum air hangat setelah minum VCO ini.

It Works adalah VCO produksi Malaysia, saat akan membeli online saya agak kesulitan mencarinya karena sepertinya masih jarang yang menjual hingga akhirnya saya menemukan salah satu resellernya di Indonesia yang menjual produknya di salah satu ecommerce yaitu shopee.co.id/sehatsentrautama. Saya membeli ukuran 250 ml seharga 120 ribu.

3. Herboris Minyak Zaitun



Masalah pada ibu hamil yang kerap terjadi adalah pembengkakan pada kaki, sebenarnya itu adalah hal wajar dan normal. Hal tersebut terjadi karena pelepasan hormon-hormon selama masa kehamilan dan memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam.

Selama kehamilan ini saya memang menjaga agar tidak sampai mengalami kaki bengkak seperti pada kehamilan pertama, untuk itu saya melakukan hal-hal berikut :
1. Saat tidur memposisikan kaki lebih tinggi dari kepala dengan memberi tumpukan beberapa bantal dibawah kaki.
2. Mengurangi makan-makanan asin atau gurih.
3. Saat dikantor, dibawah kursi meletakkan kotak atau kardus untuk menaruh kaki sehingga tidak gantung atau bila sudah kelamaan menekuk bisa meluruskan kaki.

Dan ternyata usaha tersebut lumayan berhasil pada kehamilan kedua ini saya tidak mengalami pembengkakan pada kaki, hingga tiba-tiba pada kehamilan di minggu ke 36-37 sepulang dari kantor kaki saya bengkak besar sekali.

Seingat saya sehari sebelumnya saya makan biskuit saltchees 3 keping saja dan tidak tahu apa benar efek dari situ atau yang lain pastinya kaki saya kanan dan kiri menjadi bengkak besar sekali.

Saking bengkaknya sampai saat saya tekuk pergelangan kakinya tidak bisa dan terasa sakit, sebelumnya saya pernah di informasikan oleh bidan rumah sakit cara termudah untuk mengecek kaki bengkak saat hamil adalah menekan pada bagian samping tumit bila ada bekas seperti ceruk berarti kaki kita mengalami pembengkakan. Itulah yang terjadi pada kaki-kaki saya. 

Seketika saya takut bila kaki bengkak ini akan terus bertambah bengkak hingga tidak bisa jalan, atas saran adik saya, saya pun segera merendam kaki dengan air hangat dan air garam hingga air berubah menjadi dingin.

Hal lain yang saya coba untuk menghilangkan kaki bengkak adalah melakukan pemijatan pada kaki hingga ke betis. Nah untuk pemijatan ini saya menggunakan Herboris Minyak Zaitun dan alhamdullilah sekali pemijatan kaki saya langsung berkurang bengkaknya dan setelah itu saya rutin melakukan pijat kaki dan kaki saya kembali normal alias tidak bengkak lagi.

Herboris Minyak Zaitun dijual bebas sehingga mudah di temukan terutama di supermarket dan harganya pun terjangkau.

Untuk para ibu hamil dan mengalami beberapa masalah yang sama dengan saya, semoga postingan ini mencerahkan dan membantu yah dan bila ada saran atau pertanyaan boleh tinggalkan di kolam komentar







loph,
Maya Rumi





Komentar

  1. bio oil ini emang ajaib ya, aku pake pas hamil mulai 2 bulan, sampai lahiran thanks God stretch mark nya gak ada, so happy :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik, semua komentar akan di moderasi terlebih dahulu oleh penulis.

Formulir Kontak