Kunjungan Ke Perpustakaan Nasional Bersama Anak

September 27, 2018

Sejak tahu bila Perpustakaan Nasional Republik Indonesia akan reopening di Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Sejak itu saya ingin sekali datang kesana, walaupun letaknya tidak jauh dari kantor tapi selalu saja tidak ada kesempatan untuk berkunjung. 

Hingga akhirnya saya datang kesana bersama zaidan ketika kami mengikuti playdate dari komunitas Familygoers : Visit Perpustakaan Nasional dan Book Charity di bulan Juni lalu, tepatnya tanggal 30 Juni 2018.

Perpusnas

Sekitar jam 9 pagi kami sudah tiba di sana, karena ini kunjungan pertama kali, saya benar-benar takut nyasar, padahal sih datangnya dengan gojek juga dan abang gojek sudah meyakinkan kalau ia tahu tempatnya. Jadi Perpusnas ini terletak di sebelah kantor Pemda DKI, sangat strategis dan mudah di tuju dengan kendaraan umum. Untuk yang naik busway tinggal turun di halte Balai Kota lalu jalan kaki sekitar 5 menit bila menggunakan transportasi kereta bisa turun di St. Gambir sementara bila menggunakan KRL bisa turun di St. Gondangdia lalu lanjut dengan ojek online atau bajaj.

Untuk memasuki gedung Perpusnas kita akan memasuki sebuah rumah berarsitektur betawi kuno terlebih dahulu sebelumnya kita juga harus melewati bagian pemeriksaan. Di dalam rumah tersebut terdapat beberapa ruangan yang menampilkan perjalanan kepustakaan, koleksi sejarah perpustakaan Indonesia dan ada juga seni instalasi yang menarik perhatian, saya dan zaidan pun berkeliling untuk melihat-lihat ditempat tersebut.

Perpusnas

Perpusnas

Perpusnas

Perpusnas

Perpusnas

Perpusnas
Perpusnas




Perpusnas

Keluar dari rumah tersebut kita akan dapat langsung melihat Gedung Perpusnas yang disebut-sebut sebagai gedung Perpustakaan tertinggi di dunia dengan 24 lantai. Bangunan luarnya terlihat mengagumkan dan begitu masuk ke dalam lobinya lebih terkagum-kagum lagi karena ada sebuah rak yang sangat tinggi sekitar 5 lantai berisi buku-buku. 

Perpusnas

Perpusnas

Karena kedatangan saya dan Zaidan ke Perpusnas terhitung sebagai kunjungan grup, kami di ajak oleh karyawan Perpusnas dan Tim Familygoers Community untuk berkumpul ke Auditorium yang ada di lantai 2, kesan mewah langsung terasa begitu memasuki ruangan ini. Di Auditorium kami di putarkan tayangan tentang sejarah singkat dari Perpustakaan Nasional Indonesia. 

auditorium perpusnas

auditorium perpusnas

Kunjungan pun dilanjutkan ke lantai 7, yaitu lantai yang di khususkan untuk anak-anak, lansia dan difabel, selantai tapi beda ruangan yah. Wuah sangat menyenangkan sekali Perpusnas untuk anak-anak ini, selain bisa menemukan banyak sekali koleksi buku anak, tempatnya pun sangat nyaman, di design tidak seperti perpustakaan tapi seperti ruangan bermain anak-anak dengan lemari-lemari rendah untuk berbagai buku, terdapat banyak pilihan tempat untuk kita bisa membaca dengan santai, oiya ada wifi juga loh disini.

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

Yang saya suka di bagian anak ini tertib sekali, sebelum masuk kita harus membuka sepatu dan sandal lalu kita bisa menyimpan di laci-laci penyimpanan yang banyak tersedia di depan pintu masuk, setelah itu agar lebih leluasa untuk mencari buku, kita bisa menitipkan tas kita dengan meminta kunci loker di bagian pelayanan.

Selain terdapat banyak sekali koleksi buku-buku, di dalam ruangan juga ada sebuah panggung kecil yang dapat digunakan untuk pertunjukan. Hari itu dari Familygoers mengundang kak Rika Endang Triyani untuk mendongeng dan dari Perpusnas ada Kak Rakhim yang melakukan pertunjukan sulap. 

perpusnas lantai 7

perpusnas lantai 7

Setelah selesai acara, saya dan zaidan pun mampir juga ke lantai paling atas gedung Perpusnas, penasaran karena katanya bisa melihat sekeliling Jakarta dari ketinggian. Lantai paling atas ini disebut dengan Executive Lounge, disini terdapat banyak sekali sofa-sofa yang nyaman yang dapat kita gunakan untuk membaca atau bisa juga untuk kerja, atau mengerjakan tugas kuliah.

Nah diluar Executive Lounge di sebelah kanan dan kiri terdapat Observation Deck, waktu yang enak untuk kesini sih sebenarnya sore hari yah, karena tidak panas jadi kita bisa santai menikmati pemandangan atau kita bisa foto-foto dengan berlatar belakang Monas ataupun gedung-gedung pencakar langit yang terlihat indah sekali.

perpusnas lantai 24


perpusnas observation deck

perpusnas observation deck

perpusnas executive lounge

perpusnas executive lounge

perpusnas executive lounge

perpusnas executive lounge


Secara keseluruhan, rasanya puas dan senang sekali bisa datang ke Perpusnas hari itu. Sesuai dengan ekspektasi, terutama untuk perpustakaan anak yah, benar-benar di buat memang untuk mereka bahkan ketika saya dan Zaidan masuk ke toilet anaknya pun terdapat toilet khusus yang lebih kecil yang memang untuk penggunaan bagi anak-anak... dan masih ingin explor lagi ke lantai lainnya, katanya sih kantin yang berada di lantai 4 pun menjual aneka makanan yang enak-enak. Sebenarnya di lobi pun ada juga cafe kecil, namun hanya menjual roti dan kopi saja. 

Yuk yang belum pernah ke Perpusnas bisa cobain datang kesana, buka setiap hari loh termasuk weekend, hanya tutup di hari libur nasional. Biar nggak lupa cek deh jam layanannya yang dibawah ini biar bisa mengagendakan kedatangan bersama teman, pacar ataupun keluarga.

perpusnas jam layanan

perpusnas observation deck

perpusnas observation deck





loph,
Maya Rumi 

You Might Also Like

72 comments

  1. wah keren banget sampe 24 lantai dong duh pengen banget kesini surganya buku y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo teh main-main ke jakarta, mampir ke perpusnas lanjut monas deh tinggal nyebrang..

      Hapus
  2. Cuma pernah kesini sekali jaman masih kuliah dulu banget. Sekarang baguuus deh ya. Pengin kesana lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang dulu itu di salemba mbak, ini perpusnas yang barunya, yang disalemba tetap ada sih mungkin mbak lusi mau nostalgia ;)

      Hapus
  3. Waw kereeen Mbak bisa ke Perpusnas yang gedung baru, sebagai orang yang kerja di perpustakaan aku sampai saat ini aku malah belum ada kesempatan ke Perpusnas. Dulu pas diklat manajemen perpustakaan di Jakarta ada sih agenda kunjungan ke Perpusnas tapi mendadak diganti kunjungan ke tempat lain.
    Semoga nanti ada rejeki bisa main ke Jakarta sama keluarga dan main ke Perpusnas, aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin mas, seru kalo bisa ke perpusnas dengan keluarga, makin jadi deh explore setiap lantainya

      Hapus
  4. Waaa aku kagum banget mbaa, rapih perpusnasnya. Aku jadi pengen kesini mumpung ada rencana jalan ke Jkt. Kayaknya ramah anak juga nih ya, ada kantin pula..😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sekalian dari perpusnas bisa ke monas juga tinggal nyebrang aja

      Hapus
  5. Mb klo buku ansknya kira2 ada judul apa aja ya, soale dari kmaren mang pingin mampir ke sini, nostalgia buku2 cerita ilustrasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak sekali judulnya dan pilihan bukunya, maaf tidak hafal

      Hapus
  6. wa gila sih, ini mah surga banget bagi pencinta buku. Saya kalau ke Jakarta tahunya ke mall aja huhuhu. Next kesini ah ajak anak juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kalo ke jakarta emang paling seneng yah ke mall, tapi bolehlah diagendakan ke perpusnas juga, nggak jauh kok dari mall grand indonesia

      Hapus
  7. aku belum pernah ke perpusnas.. boro2 ajak anak.. mesti coba dulu kesana ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung bareng bocah aja biar makin seru

      Hapus
  8. bagus sekali perpustakaan nasionalnya, bersih dan instagramable pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, banyak juga yang datang untuk berfoto-foto

      Hapus
  9. Saya sudah pernah mengunjungi Perpusnas. Tempat nyaman dan Instagramable.

    http://www..kompasiana.com/rakyatjelata

    BalasHapus
  10. jadi berasa di ingetin untuk segera ke perpusnas, anak-anak minta kesana, belum ada waktu yang cocok. Enak banget ya ini suasananya mba
    bakal betah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak nunu segera bawa anak-anak kesana

      Hapus
  11. Belum sempet bawa anakku ke sini. Semoga lekas ada waktunya. :)

    BalasHapus
  12. Keren mbak Maya udah kelilingan perpusnas. Daku baru ke lantai 2, 3, ama langsung 24 aja.. Dan mau ke sana lagi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum keliling kok fen, sama seperti fenni baru beberapa lantai aja

      Hapus
  13. Wow, Perpusnas udah keren banget! Terakhir ke sini pas study tour dari kampus. Kekinian banget, beradaptasi sama perkembangan zaman ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes bener mbak edwina, harus dateng lagi deh biar ngerasain langsung kerennya perpusnas zaman now

      Hapus
  14. Mpo suka ke perpustakaan nasional. Suka ke lantai 19 dan 21 . perpustakaan modern kembangkan minat baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mpo, aq malah blm pernah ke lt 19 dan 21

      Hapus
  15. Saya belum kesampaian aja mau ke sini. Wajib banget deh suatu saat nanti. Penasaran banget dengan tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak mira, tempat wajid di kunjungi biar hilang penasaran

      Hapus
  16. Jadi lebih nyaman perpusnas sekarang, Kalau dulu kesannya kaku jadi orang agak malas. Saya juga suka ke sana sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sil, semakin menyenangkan untuk di kunjungi yah

      Hapus
  17. Krucils betah banget mba waktu aku ajak ke sana. Banyak pilihan buku dan mainan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak wian, betah gak mau pulang

      Hapus
  18. Bisa jadi alternatif liburan bersama anak nih di perpusnas ini, jadi pengen ajak haidar kesini weekend nanti, makasih sharing nya kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah seneng pasti haidar di ajak ke perpusnas

      Hapus
  19. Udah pernah aku stay di lantai 24 kerjain tugas hahaha. Enak deh pokoknya PERPUS sekarang

    BalasHapus
  20. Perpustakaan yang menyenangkan sekali buat aktivitas. Tidak hanya sekedar membaca. Ini dia perpustakaan yang bikin betah.

    BalasHapus
  21. Aku pun jatuh cinta sama si Perpusnas ini, beberapa waktu lalu pernah meeting disana dan terkesima banget waktu masuk dalam area Perpusnas dan emang keren banget sih. Sayang waktu itu aku lagi meeting dan gak bisa keliling jadi kayaknya harus mengagendakan kembali untuk kesana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih kalo yang meeting2 gitu aq malah penasaran dilantai berapa yah mbak chichie

      Hapus
  22. Untung di Jogja juga ada perpustakan yang rapi dan gede walau bukan perpusnas begini. Tapi aku setuju bgt mbak ngajakin anak untuk main ke perpustakan. At least ini ya untuk ngenalin ke mereka. secara sekarang jaman apa2 google gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tujuannya gitu er, biar anak-anak gak cuma tahu google atau gramedia tapi juga tahu ada perpusnas yang tempatnya seru krn banyak buku dan nyaman

      Hapus
  23. Aku dari dulu pengen kesini sama anak-anak belum jadi-jadi nih huhu. Semoga aja bisa kesini secepatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiken ini mungkin mbak nia sm anak2 bisa ke sini

      Hapus
  24. Makin bagus ya perpusnas ini. Udah bertahun2 nggak masuk ke ruangan perpus. Kapan2 ah aku nyobain kesini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo kak nia nyobain datang ke perpusnas pasti ketagihan deh

      Hapus
  25. Sedih karena belum berhasil main ke sini berkali-kali deh. Padahal sungguh ingin lah apalagi liat fasilitasnya gini uhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sempetinlah kak put, nggak nyesel deh

      Hapus
  26. mantulll tempatnyaaa... aku sering ksna mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkabarlah doel kalo wiken kesini juga ;)

      Hapus
  27. Keren banget perpustakaannya ya :) Semoga dengan dibangun-nya perpustakaan nasional ini, minat baca masyarakat semakin meningkat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa terwujud yah mbak, jadi pemerintah pun akan ada motivasi untuk membangun tempat serupa di seluruh negri ini

      Hapus
  28. Keren ya perpustakaanya. Next klo anak dijkt mau dibawa ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi destinasi wisata lain yang menyenangkan di jakarta yah mbak

      Hapus
  29. Mbaaa, keren banget sih ada perpus kayak gini ternyata di Indonesia, setelah banyak orang yang bangga ke perpus di negara lain, ternyata Indonesiapun gak kalah keren ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq pun kagum sekali mbak dengan perpusnas

      Hapus
  30. Perpustakaan zaman sekarang memang harus dimodifikasi semenarik mungkin ya. Biar pada betah yang berkunjung. Bagus nih kalo ngajak anak ke perpustakaan nasional.. wisata sambil edukasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju wisata tidak hanya selalu dengan hiburan tapi juga harus dengan edukasi

      Hapus
  31. Aku ke perpusnas terakhir tahun 2006, setelah itu pindah kota. Sekarang udah bagus banget ih, kereen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih udah lama banget yah mbak yoanna, mungkin nanti ke jakarta bisa mampir ke perpusnas ;)

      Hapus
  32. Wah, perpusnas keren banget ternyata. Semoga nanti pas ke Jakarta bisa mampir ke Perpusnas. Asik banget ya kalo perpusnas buka pas weekend. Pasti rame banget kalo pas weeekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak senang wiken nggak selalu ke mall buat orang jakarta, tapi juga bisa ke perpusnas

      Hapus
  33. Ih keren ya pake ada executive loungenya segala. Udah kayak bandara aja hehehe. Butuh berapa hari ya kalau mau ngelilingi semua ruang dan fasiitas yang ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah sepertinya butuh waktu seminggu deh mbak untuk keliling eh tapi nggak semua lantai dibuka untuk umum, ada lantai tertentu yang tidak di buka untuk umum, tapi kalau untuk ke lantai anak aja sih seharian juga sudah puas disana

      Hapus
  34. Wagelaseh, ini perpustakaan gak kayak punya pemerintah yang biasanya kaku dan membosankan. Gini donk, mengikuti perkembangan jaman. Semoga perpustakan di daerah lain bisa mengikuti Perpusnas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yah mbak, jadi masyarakat di daerah lain pun bisa rajin ke perpus

      Hapus
  35. Bangga punya Perpusnas sekeren ini..Koleksinya lengkap, tempatnya nyaman ...wah bisa males pulang sayaaa hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak aq juga termasuk yang seneng nongkrong lama-lama di perpus ;)

      Hapus
  36. Kalo perpus begini bagus n kerennya ada dikotaku.. Dijamin tiap week end ngajak anak kesini dah. Tp disini perpusnya ga begini. Heu heu. Semoga suatu saat kota kami jg pny perpus sekeren ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yah mbak, segera menyusul ada perpus yang menarik perhatian masyarakat untuk bisa datang berkunjung

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik