5 Fasilitas Umum yang menjadi Favorit Di Mall

Januari 06, 2018


Untuk ibu-ibu di Jakarta, mall itu andalan banget sebagai tempat berakhir pekan bersama anak dan suami. Yah karena emang paling banyak mall ada di Jakarta, terdata ada 173 unit mall hanya di Jakarta saja (sumber info : www.vebma.com)

Yakin banget ini jumlahnya tidak ada setengahnya dari jumlah ruang terbuka untuk taman yang ada di Jakarta. Lama-lama habis lahannya untuk bangun mall-mall baru.

Kenapa kita suka ngemall ?
Ya sudah pastilah karena mall itu adalah pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan tentu saja tempat wisata kuliner. 3 hal yang paling di cari oleh semua orang dan mall-mall tersebut memenuhi kebutuhan itu.

Pokoknya tidak hanya kebutuhan kitanya, kebutuhan-kebutuhan lain seperti untuk rumah misalnya juga akan bisa terpenuhilah kalau pergi ke mall, selama ada uang didompet atau kartu debit yang ada isinya atau kartu kredit yang nggak overlimit. Hihihi.

Kalau saya sih sebenarnya ada alasan lain kenapa sampai jadi demen banget pergi ke mall. Tidak semua mall yah, hanya mall tertentu saja, mall favorit lah dari sekian banyak mall yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Mall ini jadi favorit bukan karena hanya banyak ataupun lengkapnya toko untuk belanja. Ada banyak pilihan resto atau restonya selalu ada yang baru yang buat kita ingin nyobain menu baru atau karena tersedianya pilihan hiburan yang beragam buat orang dewasa maupun anak-anak.

Namun lebih ke fasilitas umum-nya mall tersebut. Nah fasilitas umum ini yang disediakan, diberikan untuk pengunjung atau bisa digunakan bersama-sama oleh para pengunjung dengan tujuan memberikan nilai tambah pada kenyamanan dan kepuasan pengunjung selama berada di mall tersebut, karena setidaknya kita akan berada di mall itu kan 2 sampai lebih dari 3 jam, bahkan mungkin ada yang bisa seharian ada di mall.

Saya tidak akan menyebutkan nama mall-nya, hanya memberikan clue-nya saja, jadi silahkan di tebak-tebak yah. Kalau saya suka sama fasilitas umum-nya mall itu...

Toilet yang banyak 
Salah satu mall terbaru di daerah BSD punya toilet yang membuat saya terkagum-kagum. Ya ampun toiletnya aja ada banyak banget pilihan, biasanya yah di mall itu cuma ada toilet untuk laki-laki dan perempuan, nilai plus bila menyediakan toilet untuk yang berkebutuhan khusus tapi ini ada toilet buat anak-anak juga, di pisah pula laki-laki dan perempuan. Duh ! saya senang banget lihatnya.

Toilet anak-anak ini membantu banget buat orang tua yang lagi menjalankan toilet training ke anaknya, jadi mereka tidak ikutan antri di toilet dewasa yang kadang ramai banget. Yang bikin wuah lagi sama mall ini, toilet itu ada di semua lantai dengan kategori pilihan toilet yang sama, jadi urusan pertoiletan disini aman banget deh, beda jauh sama urusan parkirnya. hahaha.

Mushola yang besar
Mall-mall yang baru di bangun sekarang telah lebih banyak memperhatikan kebutuhan untuk muslim yang harus menjalankan ibadah 5 waktu, jadi tidak heran sudah pasti mereka akan menyediakan mushola bahkan masjid.

Saya baru datang pertama kali ke musholanya beberapa hari lalu ke mall di daerah Jakarta Barat ini, salah satu mall dari grup yang sekarang sedang gencar-gencarnya mempromosikan sebuah kota saingannya Jakarta.

Kalau menurut saya sih harusnya itu bukan mushola tapi masjid, karena tempatnya besar dan luas. 

Di mushola ini kita disediakan bukan hanya tempat untuk penitipan sandal, namun ada loker-loker yang dilengkapi dengan kunci untuk menaruh tas atau barang belanjaan, banyak keran wudhu, mukena bersih yang tergantung rapi, dan paling penting buat saya ada tempat menggantungkan atau menaruh tas di atas tempat wudhu.

Kenapa ini penting, karena kalau datang sendirian ke mushola nggak ada yang bisa di titipkan tas, sementara kalau menaruh tas di loker kebetulan pakaian tidak ada kantong kan was-was juga kunci lokernya hilang atau biasanya setelah sholat saya suka ngaca-ngaca dulu dan sedikit touch up, agak ribet kalau harus ambil tas dulu di loker terus balik lagi.

Oiya disini juga di sediakan kaca besar-besar buat para perempuan yang mau touch up atau bener-benerin kerudungnya.

Playground gratis
Main di playground di mall itu mahal-mahal banget kalau menurut saya, per jam-nya ada yang sampe 150 ribu untuk main selama satu jam saja.

Padahal anak-anak kalau sudah main bisa lebih dari satu jam. Tapi ada loh mall yang menyediakan playground gratis tak berbayar, Ini mall favoritnya zaidan kalau saya bilang mah, letaknya ada di daerah Jakarta Selatan.

Playground gratis ini tidak hanya ada di 1 lantai, tapi 1 lantai bisa ada lebih dari 1 playground.

Ukurannya memang tidak besar-besar dan di batasi untuk penggunaannya berdasarkan umur pengguna. Jadi yang batita bisa main sama batita dan yang balita-sama balita, jadi nggak rusuh.

Zaidan kalau disini nggak bisa berhenti untuk nyobain semua playground-nya. Mana mall-nya luas banget sampai nyebrang-nyebrang pula gedungnya. Ngos-ngosan-lah kalau bawa zaidan datang kesini.

Satu lagi mall yang menyediakan free playground ada di daerah Tangerang, karena kebetulan di mall tersebut ada toko besar yang menjual kebutuhan rumah tangga.

Di sini cuma ada satu playground-nya tapi besar banget dan macam-macam mainannya sudah seperti playground yang berbayar, tapi tempatnya penuh banget sama anak kecil, usia juga tidak dibatasi, kalau kesini kadang saya suka ngeri-ngeri karena banyak anak-anak yang sudah lebih besar dari zaidan ikut main bersama.

Ruang laktasi yang nyaman
Zaman sekarang banyak kemudahan banget buat ibu-ibu menyusui, yah salah satunya adalah tersedianya ruang laktasi yang nyaman di mall, jadi pergi ke mall buat ibu-ibu benar-benar refreshing tanpa harus ribet untuk cari tempat buat mengASIhi.

Salah satu favorit saya ada di Jakarta Barat, satu-satunya mall yang punya taman besar di dalamnya. Ruangan Laktasi-nya tidak terlalu besar, tersedia 2 meja untuk mengganti popok dan 2 wastafel untuk bersih-bersih setelah anak pup.

Lalu tersedia juga 2 ruang menyusui dengan sofa empuk dan ada gordeng penutupnya juga. Disini juga disediakan sabun cair, minyak telon, bola-bola kapas, bedak untuk keperluan penggantian posfak. lengkap deh. Interiornya juga lucu dengan gambar-gambar yang disukai anak-anak seperti binatang dan bunga-bunga.

Kursi yang empuk
Lebih tepatnya sofa. Mallnya ada di daerah Jakarta barat juga, saya tidak tahu apakah sofa-sofa super empuk ini hanya bagian dari promosi sehingga tidak permanen keberadaannya karena awal-awal berdirinya mall ini, sofa-sofa empuk ini belum ada, saya baru tahu sih bulan ini. sofanya tidak hanya ada satu-dua buah yah, tapi ada banyak.

Enak banget ini buat duduk-duduk nungguin orang kalau janjian, atau cuma duduk untuk memperhatikan sekitar aja.

Kalau saya 5 hal itu yang bikin saya sering bolak-balik ke mall yang jadi kesayangan itu untuk jalan-jalan.

Kalau ibu-ibu gimana ? ada yang sama seperti saya ? atau punya alasan lain kenapa memilih salah satu mall jadi favorit karena fasilitas umumnya, ditunggu sharingnya di kolom komentar yah.




loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

4 comments

  1. Saya juga ke mall yang punya banyak toilet, jadinya gak antri panjang-panjang. Dan juga kalau toiletnya bersih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq kebetulan yang jarang ke toilet di mall krn males antrinya, selalu prepare sudah pipis dirumah

      Hapus
  2. Saya suka mall yang menyediakan banyak tempat duduk untuk menunggu, seperti Grand Indonesia, Pacific Place, dan Gandaria City. Kalau capek muter-muter, bisa rehat sebentar tanpa harus jajan minuman dulu di coffee shop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener aq juga mikirnya gitu mbak

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik

part of