Daycare 101 : All About Daycare

November 30, 2017



daycare

Bulan November ini, bulan keempat Zaidan di daycare, bulan ini nggak ada kejadian yang luar biasa selama di daycare jadi saya mau cerita seputar daycare saja, karena banyak yang nanya-nanya pengalaman saya, mudah-mudahan di tulisan ini bisa membantu jawab pertanyaan keresahan dan kebingungan serta bisa menjadi bahan pertimbangan yang mencerahkan buat orang tua tentang daycare.

Apa itu daycare ? 
Ternyata nggak semua orang tahu dan mengerti apa itu daycare. Saya pikir zaman sekarang mah sudah sangat familiar yah daycare, karena sudah lebih mudah ditemukan di jakarta dan sekitarnya, namun ternyata saya salah deh. Teman saya yang sudah menikah namun belum mempunyai anak saja tidak tahu apa itu daycare.

Jadi kalau menurut saya daycare adalah tempat dimana orang tua bisa menitipkan anaknya karena kedua orang tua si anak sama-sama bekerja, bukan hanya ibunya saja yah yang kerja. kebanyakan orang yang tahu daycare pun hanya berpikir kalau ibunya irt (ibu rumh tangga) ngapain anak di titip di daycare.

Buat saya yah orang tua yang menitipkan anaknya ke daycare, atau lebih tepatnya ibu yang menitipkan anaknya ke daycare nggak mesti dia kerja juga, kalau dia punya kegiatan atau alasan lain yang tidak memungkingkan untuk mengasuh anaknya yah bisa juga kan untuk menitip anaknya di daycare.

Anak usia berapa yang bisa di titip di daycare ?
Di daycare zaidan, jangan kaget yah bayi usia 3 bulan pun ada yang sudah dititip sampai usia 5 tahun. Kenapa saya bilang jangan kaget ? Karena beberapa teman saya berfikir daycare itu untuk anak-anak diatas usia 1-2 tahun keatas bukan new born. Anak-anak yang di tinggal di daycare karena ibunya bekerja yah rata-rata masuk daycare usia 3 bulan, berbarengan dengan cuti melahirkan si ibu yang telah selesai.

Kemudian untuk informasi saja, untuk pertanyaan yang agak mengganggu buat ibu-ibu yang menitipkan anak di daycare, mohon diabaikan saja tidak perlu diambil hati dan jadi sensitive seperti yang teman saya tanyakan : "tega banget ibunya masih bayi sudah dititip di daycare ?". Saya tidak bisa bilang tidak tega yah, namun setiap orang tua punya alasan tersendiri, jadi plis jangan menghakimi atau mengecilkan hati orang tua yang menitipkan anak di daycare dari bayi, karena berat sekali beban perasaan yang harus di tanggung apalagi ditambah komentar yang tidak menyenangkan, lebih baik support untuk menguatkan keputusan mereka.

Berapa lama anak berada di daycare selama sehari dan kegiatannya apa saja ? 
Di tempat zaidan anak-anak boleh datang dari jam 7 pagi dan pulang jam 5 sore, jadi sekitar 10 jam, namun waktu itu tidak mengikat, zaidan biasanya baru datang jam 8.30 dan sudah saya jemput jam 4.30. Namun kalau terlambat dari jam 5 sore, kita akan kena biaya ekstra dan masing-masing daycare berbeda nominal untuk biaya keterlambatan penjemputan tersebut.

Untuk kegiatan daycare pun berbeda, ada yang daycare sekaligus preschool namun ada juga yang hanya daycare saja. Untuk yang hanya daycare saja kegiatan tidak terlalu banyak tidak terlalu lama juga, seperti menggambar, mewarnai, berolahraga atau menyanyi, dikeseharian lebih banyak main dengan teman-temannya. Namun kalau daycare sekaligus preschool ada jam belajar selama 3 jam perhari, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 11 siang.



Kondisi daycare seperti apa ?
Sebagai orang tua yang akan menitipkan anak, kita harus punya kriteria dulu untuk daycare-nya buat nemuin yang sesuai yah kita harus rajin survey untuk menemukan daycare tersebut, setelah itu bawa anak kita agar kita tahu daycare itu cocok dan nyaman untuk anak atau nggak, tapi hal ini berlaku kalau anaknya sudah ngerti saja sih yah, misal seperti zaidan sudah 3 tahun saat masuk daycare, jadi keputusan saya di pengaruhi oleh zaidan juga untuk pemilihan daycare-nya.

Kalau saya kemarin mencari daycare yang ada ruang terbuka untuk bermainnya, kebetulan malah menemukan yang taman bermainnya itu ada pasir, makanya langsung sreg karena itu tempat bermain favoritnya zaidan.

Kemudian saya mencari daycare yang jaraknya dekat dari rumah atau bisa juga yang jaraknya dekat dari kantor, pokoknya jangan yang memilih daycare yang letaknya ditengah-tengah antara rumah dan kantor. Karena bila terjadi sesuatu, misal anak tiba-tiba sakit, kalau dekat rumah kita bisa minta tolong orangtua atau saudara untuk segera melihat anak kita, kalau dekat kantor yah kita sendiri yang bisa segera datang.



Pengasuh di daycare ?
Ditempat zaidan mbak/ibu yang menjaga dipanggil dengan miss. Ada 3 orang yang menjaga untuk 10 orang anak, karena tidak semua anak full daycare dari pagi sampai sore, beberapa hanya setengah hari ada di daycare. Oiya untuk penjaga daycare ini, kalau saya sih minta kontak WA mereka karena di daycare zaidan kebetulan tidak ada cctv jadi kalau mengecek kegiatan zaidan saya wa ke mereka dan mereka bisa kirimkan foto zaidan atau video. 

Berapa biayanya ? 
Nah ini juga macam-macam, tidak sama antara daycare satu dan yang lain, ada yang mahal ada juga yang murah yah tergantung dengan fasilitasnya. Jadi jangan berekspetasi tinggi tapi maunya daycare harga murah. Untuk pemilihan daycare sebisa mungkin sesuaikanlah denga budget yang kita punya, kalau budget nggak sesuai jangan maksain dengan daycare mahal.

Apa saja yang harus di persiapkan ketika masuk daycare ? 
Ketika awal masuk zaidan membawa membawa perlengkapan untuk tidur, yaitu : bantal, guling dan selimut sendiri yang kemudian di tinggal di daycare. lalu perlengkapan untuk mandi, seperti : handuk (dibawa pulang seminggu sekali untuk penggantian), shampo, sabun, dan lainnya.  Untuk bawaan setiap hari yaitu : sarapan, karena makan hanya dapat untuk siang dan sore hari dan cemilan. Oiya zaidan juga bawa mainan dari rumah tiap kali datang, agar dia betah selama seharian di daycare, ketika pulang mainan juga dibawa pulang tidak ditinggal.

Kelebihan dan kekurangan daycare ? 
Plusnya buat saya banyak banget, salah satunya berhasil toilet training karena terbantu oleh miss dari daycare, terus zaidan juga sudah bisa melakukan hal-hal tertentu sendiri dan menolak untuk dibantu. kalau kata orang-orang rumah sih, zaidan sekarang lebih cerewet, lebih kepo kalau buat saya sih kosa katanya memang bertambah banyak. 

Kekurangannya apa yah ? Saya nggak bisa jawab nih. Hahaha. Selama ini belum ada masalah yang akhirnya menjadi kekurangan dari daycare tersebut sih. kalau nggak enaknya sih ada, saya baru menemukan di bulan ke empat ini, karena kebetulan lagi musim hujan agak ribet dan males yah kalau pas hujan di pagi hari saat mengantar zaidan ke daycare atau saat pulang pas menjemputnya. 

Apalagi yah, oh ya siapkan mental kali yah. Meninggalkan anak seharian dengan penjagaan orang lain, ktia sebagai orang tua pasti khawatir di awal-awal. Tapi sebisa mungkin kurangi khawatir terutama yang ibu-ibu, karena sepengalaman saya, perasaan khawatir itu berpengaruh ke anak kalau kita sering cemas, terus kepikiran anak melulu selama kita tinggal, anak jadi tidak betah juga di daycare jadi harus berfikir positif anak betah, aman dan nyaman di daycare dan kalau kita ibu yang bekerja begitu melepas anak di daycare, fokus aja ke kerjaan agar segera selesai dan cepat bisa ketemu anak lagi.

Kalau ada yang kurang informasinya silahkan yah kontak saya di email : mayarumi@gmail.com dengan senang hati deh kasih info-info terkait daycare, terutama daycare zaidan yang ada di daerah Jakarta Barat.






loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

16 comments

  1. Di dekat rumah ku masih jarang banget daycare, kalau ada membantu banget, jadi masih nyusahin orangtua kalau saya kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak daycare juga sepertinya baru banyak ada beberapa tahun ini, mudah-mudahan segera ada yah mbak

      Hapus
  2. Wah, sampai jam 5 ya daycare nya nyaman ya untuk anak. Anakku juga di daycare tapi sampai jam 4 rasanya udah rindu seharian gak ketemu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan lama mbak, tapi itu juga aq harus buru2 kalau pulang kerja, rindu sekali seharian ninggalin anak, jadi weekend bener2 manfaatin waktu sama anak mbak

      Hapus
  3. banyak teman ya kalau di Daycare...yang penting anak merasa nyaman ya mbak, masalah orang bilang apa, biar jadi urusan mereka sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak yang paling penting anaknya nyaman bundanya pun tenang ninggalin

      Hapus
  4. Ga ada cctv nya mba? Waahh kalau saya pribadi sih takut ya hehehe.. karena ga bisa ngecek langsung dan kalau ada apa apa ga ada bukti yang mengikat. Semoga daycare nya bisa menambah cctv demi keamanan dan kenyamanan anak anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, awalnya juga agak ragu, tapi yang deket rumah keduanya sama tidak ada cctv juga, alhamdullilah selama 4 bulan ini sih aman-aman dan nyaman saja anaknya.. mudah2an segera ada cctv biar makin tenang ninggalin anaknya..

      Hapus
  5. Aku juga sempet mau masukin anak ke daycare.Mungkin kalau buat aku yang paling penting ada cctv jadi kita bisa pantau kegiatan anak di day care.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aq juga sempet mikir2 krn gak ada cctv, tp alhamdullilah sampai saat ini baik-baik aja

      Hapus
  6. Makin banyak yang melirik jasa daycare. Semoga sharing mbak bermanfaat untuk orang tua yang membutuhkan daycare.

    BalasHapus
  7. Pernah ada rencana nitipin anak di Daycare selama kerja. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain yang harian aja mbak kalau belum yakin

      Hapus
  8. Kemaren aku juga menitipkan Syuna sekitar 3 hari karena ada acara di luar kota dan nggak mungkin bawa anak mbak. Alhamdulillah nggak masalah, malahan Syuna seneng karena ketemu sama teman-teman yang baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuah enak syuna langsung cocok yah di daycare, lain waktu ada acara lagi diluar kota bisa andalin daycare yah mbak

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik

part of