10 Hal Wajib Bawa, Ketika Ke Pantai Bersama Anak

Oktober 20, 2017




Maunya saya zaidan nggak takut main di air, terus gedenya bisa jago renang seperti ayahnya, karena bundanya nggak bisa renang sama sekali, padahal pernah ikut les renang waktu smp tapi karena males-malesan, menyesal deh sekarang. Makanya sejak bayi zaidan sudah di kenalkan dengan air. Awalnya di tempat baby spa, lanjut di rumah dengan kolam renang anak terus nyobain di kolam renang dan akhirnya pantai.

Eh yang terjadi malah kebablasan, anaknya terlalu suka berada di air apalagi di pantai, karena selain renang atau main air bisa main pasir sekalian berjemur seharian. Paling sering kami ke pantai anyer dan pantai ancol, yang untungya sekarang airnya sudah bersih, jadi saya sama suami senang mengajak zaidan kesana, karena letaknya yang dekat juga.





Saya sama ayahnya tuh kalau pergi membawa zaidan ke pantai pasti berangkat pagi sekali dan akan pulang di tengah hari setelah jam makan siang dan demi kepuasan jalan-jalan ke pantai itulah bawaannya ampun-ampunan deh banyaknya, apalagi perginya bersama dengan anak balita. Oiya bawaan-bawaan ini, nggak beda jauh sih dengan yang ke kolam renang atau water park. Ini dia daftar bawaanya : 

1. Baju renang
Untuk baju renang anak yang saya tahu sih ada 2 macam. Waktu zaidan masih batita, saya membelikannya yang model jumper, sekarang sih karena bajunya sudah kekecilan saya belikan yang model atasan dan bawahan, bahannya pollyster, ringan, licin dan strech. Saya suka sebel saat mencuci baju renang, susah dibersihinnya terutama menghilangkan pasir yang menempel. Biasanya saya memakaikan zaidan pakaian renang itu sudah dari rumah, jadi begitu sampai pantai langsung byur anaknya. Tips dari saya, belilah pakaian renang yang bagus kwalitasnya dan nyaman saat di pakai anak. Nggak harus yang mahal yah, yang penting teliti ketika membeli dan dicobain ke anaknya biar nggak salah ukuran.



2. Handuk & Mantel Handuk
Walaupun malas membawa keduanya karena menghabiskan tempat di dalam tas tapi jangan sampai lupa bawa yah ibu-ibu. Kenapa sih bawanya harus dua ? Kalau menurut saya, karena ketika main di pantai itu akan nyebur ke air terus main pasir, kering kan tuh badan dan bajunya tapi terus nyebur lagi, begitu terus berkali-kali sampai akhirnya kulit mengkerut-kerut karena kedinginan, baru deh beneran selesai mantai-nya. Saya langsung pakaikan mantel handuk ke zaidan, nah setelah selesai mandi dan bersih-bersih baru pakai handuk mandi, jadi handuk mandi-nya nggak basah duluan sebelum mandi, bisa mengeringkan badan dengan lebih baik.

Untuk itu wajib punya handuk yang memang untuk dibawa pergi, bukan handuk yang biasa dipakai dirumah, ukuran dan ketebalannya pilih yang sedang. Jadi bisa digunakan oleh orang tua ataupun anak-anak.



3. Perlengkapan mandi
Yang wajib bawa itu : Shampo, sabun, minyak telon, sisir, sunblock, dan handbody anak. Untuk shampo dan sabun zaidan biasanya saya bawa yang 2 in 1, terus yang ukuran kecil aja (travel size) jangan bawa yang besar agar tidak menuh-menuhin tas dan berat-beratin, jangan juga bawa shampo sachet karena susah bukanya. Telon cream/Minyak telon wajib bawa yah agar badan anak hangat setelah bermain air, Untuk handbody agar kulit anak tidak kusik setelah berjam-jam terkena air. Oiya untuk pemakaian sunblock pastinya sebelum turun ke pantai.


4. Ban renang, rompi atau lengan pelampung
Kalau yang ini tergantung perginya kemana, kalau rompi pelampung biasanya ke water park, kalau ban renang sama lengan pelampung bawanya pas ke pantai, tapi zaidan sih lebih suka pake lengan pelampung saja.




5. Pakaian ganti
Untuk pakaian ganti biasanya saya bawa kaos panjang dan celana panjang atau pakaian tidur yang bahannya kaos, agar zaidan hangat setelah main air seharian di pantai dan biasanya juga karena sudah lelah, tidak lama begitu masuk mobil ia akan terlelap. Jangan lupa juga membawa singlet dan celana dalam yah.

6. Plastik besar
Ini ini yang sering banget terlupa untuk dibawa padahal paling penting untuk menampung pakaian-pakaian dan handuk yang sudah basah. Kadang kalau tidak bawa susah untuk bisa dapat plastik yang besar, tips saya kalau ke pantai dan kebetulan membawa snack yang di beli di supermarket, nah plastik inilah yang kemudian dijadikan wadah untuk pakaian dan handuk basah tersebut.

7. Topi
Zaidan kan seringnya kalau sudah dipantai, kalau nggak dipaksa udahan, nggak akan selesai-selesai. Kalau datang dari pagi sih enak yah mataharinya memang menyehatkan tapi lama-lama siang dan tambah terik, nah topi inilah penyelamat dari sengatan matahari, biar gak makin item juga sih.


8. Kacamata renang & kacamata hitam
Kacamata renang dibawanya paling sering pas ke kolam renang atau water park, kalau dipantai jarang banget di pakai sama zaidan, tapi saya gak pernah absen buat bawain. Kacamata hitam baru terpakai kalau zaidan main dipantai dan saya perhatikan matanya sudah kerut-kerut karena menahan silau sinar matahari, jadi jarang dipakai juga sih.



9. Mainan 
Nah ini dia bawaan yang paling bikin rempong kalau ke pantai, harus bawa goodie bag besar yang isinya 3 mobilan yang selalu dibawa kalau ke pantai untuk main pasir, yaitu : mobil truk, mobil cement mixer sama mobil escavator. Untuk mainan ini, zaidan sendiri yang nyiapin dan bawa-bawa, biasanya dia akan seret-seret, lucu kalau lihat dia lagi seperti ini, antusias banget. Mainan lain yang dibawa juga yaitu ember sekaligus cetakan yang bisa untuk membuat istana pasir dengan 1 set sekop-nya dan aneka cetakan-cetakan binatang laut. Bahkan beberapa waktu lalu pernah juga zaidan ke pantai bawa mobil-mobilan escavator.

Dipantai itu akan penuh dengan anak-anak juga kan, jadi sebagai orang tua, saran bijak saya sih jangan malas bawakan anak mainan. Jangan sampai akhirnya terpaksa beli dipantai karena anak ngambek dan ngiri lihat anak lain yang seru dengan mainan di pantai, beli mainan di tempat wisata harganya bisa 2x lipat loh daripada di toko dan belum tentu kwalitasnya sama bagusnya. Jadi lebih baik persiapkan mainan setidaknya, ember dan cetakan untuk dibawa, jadi di pantai nggak ada tambahan pengeluaran untuk beli mainan. Itu kalau ada yang jual mainan nah kalau tidak ada yang jual, ke pantai maunya senang-senang malah jadi membuat anak rewel dan karena anak rewel orang tua malah jadi bete. Gagal deh liburannya.






10. Cemilan
Kalau main air bawaannya sering lapar yah, begitu juga zaidan. Kalau piknik ke pantai saya lebih seringnya bawa makanan dan minuman dari rumah, lebih hemat juga yah. Kalau ke waterpark tergantung tempatnya karena ada yang memperbolehkan bawa makanan dan minuman dari luar namun di bawa dengan tupperware. Namun ada juga waterpark yang melarang membawa makanan dan minuman dari luar, jadi harus beli di toko-toko yang ada di dalam water park tersebut.

Untuk cemilan saya biasanya bawa roti, wafer, telor rebus (bisa telor ayam atau telor puyuh yang sudah di kupas kulitnya yah) atau jagung rebus dan beberapa botol air putih. Untuk makananya biasanya saya bawain zaidan mie goreng, kentang goreng sama nasi, makanan favoritnya zaidan, yang kebetulan mudah dibuat dan disiapkan. Tipsnya kalau cemilan sebisa mungkin bawa yang anak dan orang tua bisa sama-sama makan, jadi nggak bawa terlalu banyak pilihan. Oiya sebaiknya, anak sudah makan yah sebelum main dipantai, biar nggak masuk angin saya kadang memberi zaidan obat tolak angin anak setelah makan.



Nah itulah list bawaan bunda zaidan kalau ke pantai. Banyak banget kan yah ?. Namun saya lebih memilih repot, riweh, rempong apalah sebutannya, daripada... lupa, malas atau sengaja nggak bawa, misalnya baju renang terus anaknya dipakaikan celana kolor atau celana pendek sama singlet atau kaos, yang ada ketika dipantai pakaian penuh sama pasir yang menempel.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, menghilangkan pasir yang menempel di baju renang itu lumayan sulit, apalagi kalau nempelnya di singlet, duh pe-er banget cucinya. Atau kemalasan lainnya yaitu nggak membawa handuk karena besar ukurannya, lah terus anaknya selesai berenang kedinginan atau setelah mandi mau di lap pakai apa itu badannya yang basah.

Walaupun bawaannya rempong banget kalau liburan ke pantai, namun saya paling suka kalau ke pantai, bukan cuma karena zaidan senang main di pantai, tapi kalau di pantai itu banyak keseruan yang terjadi, terutama zaidan sama ayahnya, mereka bisa betah banget main dan melakukan macam-macam, sementara saya sih dipantai lebih banyak foto-fotoin sama baca novel saja.

Kalau ibu-ibu gimana nih bawaanya kalau kepantai sama anaknya, ada yang serempong saya ? atau lebih simple lagi, sharing komentarnya yah..

Happy Holiday !!





loph,
Maya Rumi

You Might Also Like

32 comments

  1. Waaaaaa serunya! Aku udah lama nggak ke Pantai mbak. Sepertinya bareng anak bakalan ramai nih ya. Jadi pengen cepet-cepet ke Pantai deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aq juga udah lumayan lama nih gak kepantai lagi,,, seru mbak kalo bawa anak,, terima kasih sudah mampir mbak

      Hapus
  2. Waahh!! Tips menarik nih untuk diingat buat aku yang hobi ke pantai...terkadang ada saja Yang lupa dibawa..😄😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas, mdh2an gak lupa2 lagi yah sm bawaan ke pantainya..

      Hapus
  3. Satu satunya yang bayi ku pakai disini itu bebe rosie.. Tapi menurut ku ga hangat ya mba telon krim nya. Pengen ganti tapi belum nemu yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak terlalu hangat tapi ampuh kok mbak untuk menangkal masuk angin,, aq kalau yang cair pake my baby minyak telon mbak asti

      Hapus
  4. Aku sering kelupaan bawa cadangan daleman anak. :'D Duh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus di list mbak biar gak lupa, aq tuh orangnya lupaan bgt makanya selalu buat list bawaan kalo pergi2

      Hapus
  5. Waaah senangnnya Zaidan main di pantai... Waktu awal ngenalin Raya ke pantai, Raya takut banget sama pasir hahahha, mgkn dikakinya berasa ngga enak, sekarang sekali main pasir malah nagih & udah bilang kl ke beach jgn lupa pake kacamata hitam ya mamih.. -_-" eeeerrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. raya sudah pintar bergaya nih pake kacamata hitam yah mbak, zaidan malah gak suka pakai kacamata hitam...

      Hapus
  6. Dulu saya juga gini mbak, tp pas anaknya udah gedean kami suka impromtu aja tiba2 nyebur ke laut dekat rumah, pdh ga ada persiapan apa2. Maklum tinggal di kepulauan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah enak mbak nisa kalo lautnya dekat rumah, aq juga kayanya bakal malas persiapan macam2, hihihi.. makasih sudah mampir yah mbak nisa

      Hapus
  7. wahh jadi pengen ke pantai lagi nih. Saya tuh ngak pernah beli kacamata hitam buat anak, kenapa juga ya ngak pernah kepikiran padahal penting hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kacamata anak itu lucu-lucu dan keren loh mbak turis, hihihi

      Hapus
  8. Total bersihinnya heheee anak2 di pantai mah nggak tau diri banget, main air & guling2 di pasir. Belajar renang nggak kenal usia kok, kakakku belajar di usia 50 lo, skrg lebih pandai dr aku krn dia rutin renang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak anak2 kalau sudah di pantai lupa daratan,, hahaha aq belajar renang sama malesnya dengan belajar nyetir.. hehehe

      Hapus
  9. Ahahaha bener sun block, tapi kemarin aku lupa coba huhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl aq gak mungkin lupa sm sunblock soalnya anak aq kalo gak pake langsung gosong kulitnya,, hahaha jd yg paling di inget justru sunblock.

      Hapus
  10. Toss! Sama nih.. Sepuluh2nya emang barang wsjib dibawa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo terbawa semua bawaannya, liburan senang deh yah mbak dian

      Hapus
  11. Noted mbak, aku belum pernah ajak anak mantai heheu. Belum ada waktu yang lowongnya panjang, padahal anak2 udah ngajakin dari lebaran kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak tetty segera agendakan biar anak-anak hepi

      Hapus
  12. Wah kacamatanya lucu banget.

    BalasHapus
  13. pernah beberapa kali ke pantai dengan sepupu yang masih SD dan bawaan paling banyak adalah mainan dan camilan. itu pun sengaja berangkatnya sorean.. soalnya kalau dari pagi, meski mereka udh menggigil kedinginan tetap gak mau naik tuh. Akhirnya ngakalin ya sorean.. jadi kalau udah gelap kan gak keliatan apapun. mereka juga takut. pulang deh. hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tante kesayangan, ngjakin ponakan main ke pantai.. Enaknya lagi kl sore itu udah sekalian mandi yah mbak

      Hapus
  14. Iya tips bener semua kmrn waktu mereka kecil happy bngt di bawa ke pantai nambah pengalaman baru jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ank kecil emg paling hepi kl kd pantai yah mbak

      Hapus
  15. Bener mba, aku pernah ngerasain repotnya nyuci baju anak-anak yang kena pasir.. Gak rencana main di pantai jadinya pakai baju biasa, deh.. Untung kemana2 suka bawa handuk, meski handuk kecil.. Hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung yah mbak siap sedia handuk kmn2, kdg yg nyebelin itu mbak, baju yg kena pasir gak hilang pasirnya dg sekali cuci...

      Hapus
  16. Seru banget mba, kok samaan ya kalo ke pantai bekalnya telur rebus hihi, btw kacamatanya lucuu banget, aku suka mickey mouse soalnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos jauh mbak laras, aq juga suka sama mickey mouse makanya beli mbak,,, hihihi

      Hapus

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik